Jurnal Enterpreneur

Pembukuan Simple Mengatasi Rendahnya Efisiensi Arus Bahan Baku Bisnis Makanan dan Minuman

Seberapa sulitkah pemilik bisnis dalam mengatur dan memantau arus barang serta pengelolaan makanan dan minumannya sehari-hari? Tidak semua pebisnis makanan dan minuman mengalami repotnya mengurus arus makanan dan minuman mereka, tapi hampir semua pemilik usaha pasti pernah merasakannya. Di mulai dari sulitnya menentukan biaya harga pokok penjualan yang tepat dan akurat hingga bagaiamana mengusahakan efisiensi dalam logistik barang dagangannya.

Diluar dari kualitas produksi yang dihasilkan, tingkat pemasaran, dan kualitas pelayanan, ada hal lain yang terbilang sulit. Salah satunya adalah mengurus logistik dalam bisnis makanan dan minuman. Mengapa?

Saat membeli kebutuhan untuk logistik makanan dan minuman, belum ada sistem yang tepat untuk mengetahui kapan saatnya membeli kebutuhan yang tepat. Perkiraan setiap pemilik usaha tidak selalu benar, bukan?

Salah perhitungan dalam keputusan membeli barang/bahan baku baru hanya akan membuatnya busuk dalam penyimpanan, dan akhirnya hanya akan merugi. Skenario lain adalah memaksakan untuk mengolahnya ketika telah membeli dan hanya akan meningkatkan biaya operasional di hari itu. Ingat, barang dan bahan baku yang dibeli harus disesuaikan dengan kapasitas yang ada!

Produk yang telah siap jual juga seharusnya disimpan dengan kualitas dan manajemen yang baik (selain restoran, dan makanan siap saji). Tersimpan dengan stok yang dipantau pergerakannya dan ketersediaannya. Untuk restoran dan makanan siap saji, pengelolaan bahan baku serta penyimpanannya harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki usaha itu. Sekali lagi,untuk menjaga kualitas yang baik harus diperhatikan kuantitas penyimpanannya.

Mulai dari keputusan pembelian hingga penyimpanan bahan dalam bisnis makanan dan minuman, semua bentuk keputusan pemilik bisnis adalah penting. Sangat diperlukan deretan angka untuk mendukungnya dalam melakukan pembelian.

Ditambah lagi, logistik makanan yang profesional dapat meningkatkan efisiensi operasional sekaligus meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya dengan menggunakan solusi manajemen inventaris. Dengan industri telematika masih tumbuh, akan ada banyak kemajuan di masa depan fungsi dan fitur yang dirancang khusus untuk industri makanan dan minuman.

Dengan perangkat yang tepat, pengelolaan bisnis, salah satunya akuntansi secara mandiri dapat dibuat dengan mudah dan membantu pemilik memotong biaya serta mendapatkan informasi keuangan lebih luas. Setelah bisnisnya tumbuh melewati suatu titik tertentu, pebisnis mungkin akan lebih mudah untuk menyewa akuntan. Bookkeeper atau akuntan akan membantu pemilik membangun sistem pembukuan, meminimalkan kewajiban pajak serta menghemat waktu dan uang.

Apakah pembukuan Anda dilakukan secara real-time? Akuntansi berbasis cloud mungkin mempermudah untuk memasukkan transaksi dan faktur setiap hari. Dengan lebih fokus pada keuangan pebisnis setiap hari, mereka akan memiliki lebih banyak informasi ke dalam bisnis, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih akurat, dan memiliki semua transaksi yang terorganisir. Kembangkan bisnis lebih cepat dengan solusi pembukuan maupun melalui software gudang yang simple dari sekarang!

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo