Mekari Jurnal
Pembukuan

Aplikasi Pembukuan Keuangan Online Usaha dan Bisnis

Pembukuan perusahaan di akhir bulan tidak lagi repot dengan bantuan aplikasi pembukuan usaha kecil dan bisnis. Catatan transaksi otomatis terintegrasi ke laporan keuangan, lengkap dengan data neraca, laba rugi & arus kas.

Aplikasi Pembukuan Keuangan Online Usaha dan Bisnis

CoA (Daftar Akun)

Kapanpun Anda perlu untuk melacak, membandingkan ataupun menganalisa pembukuan data usaha kecil, koperasi atau perusahaan Anda, temukan kemudahannya dengan mengakses Daftar Akun yang telah disusun secara sistematis dan terstruktur di sistem Jurnal.

CoA (Daftar Akun)
General Ledger (Buku Besar)

General Ledger (Buku Besar)

Membuat laporan pembukuan jadi mudah dengan semua rincian transaksi yang tercatat rapi lewat program pembukuan keuangan otomatis dan teliti. Mengurangi kesalahan dalam penyimpanan semua semua mutasi dan akun penting bisnis Anda. Data laporan pembukuan akuntansi menjadi terpercaya.

Neraca Saldo

Neraca Saldo

Setiap transaksi akan secara otomatis terlampir dalam laporan neraca saldo yang bisa langsung dicocokkan. Jurnal juga melakukan pemeriksaan dan saldo tanpa manual memastikan jumlah debit dan kredit sama.

Pencatatan Jurnal

Pencatatan Jurnal

Catat segala bentuk pembukuan perusahaan baik dari sisi pendapatan, beban dan lainnya lewat sistem aplikasi otomatis yang dapat membuat jurnal umum dengan mudah, cepat, dan terperinci.

Lampiran transaksi digital

Lampiran transaksi digital

Tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan bukti transaksi. Fitur software pembukuan keuangan Jurnal dilengkapi dengan fitur lampiran transaksi digital yang mudah dilacak lewat file yang paperless yang mudah disimpan.

Manfaat aplikasi pembukuan online untuk usaha

Permudah proses kerja dengan aplikasi pembukuan online lewat fitur otomatis yang hemat waktu dan tenaga, sehingga bisnis Anda pun jadi lebih efisien

Mudah, bahkan bagi pemula

Mudah, bahkan bagi pemula

Jurnal dirancang dengan tampilan dan alur kerja yang mudah dipahami, bahkan untuk mereka yang non akuntan sekalipun

Lebih akurat dan rinci

Lebih akurat dan rinci

Simpan dan kelola data secara otomatis yang minim risiko human error untuk menghasilkan laporan akurat dan rinci

Kelola pengaturan ke semua proses

Kelola pengaturan ke semua proses

Otomatisasi pada seluruh pekerjaan akuntansi Anda dengan mudah, sehingga lebih efisien dan bisa fokus pada pengembangan bisnis.

Kemudahan pembukuan otomatis

Dapatkan berbagai manfaat dari aplikasi pembukuan sederhana dan otomatis yang akan memudahkan Anda dalam menyusun laporan toko, koperasi, usaha kecil sampai perusahaan dengan akurat, efisien dan cepat.

  • Alat pencatatan keuangan dengan keamanan tersertifikasi
  • Transaksi keuangan tersusun berdasarkan kategori
  • Kemudahan menyetujui saran pencocokan otomatis dan membuat perubahan dan penambahan laporan
  • Buat dan export ringkasan bisnis dengan mudah

Apa yang dimaksud dengan aplikasi pembukuan?

Aplikasi pembukuan adalah perangkat lunak untuk mencatat pembukuan transaksi keuangan usaha kecil, UMKM atau perusahaan secara lebih cepat, mudah dan akurat, aman.

Menggunakan sistem ini akan sangat membantu pemilik usaha kecil, menengah dan skala lebih besar dalam mengambil keputusan bisnis yang terukur dan tepat. Pembukuan akuntansi sederhana biasanya meliputi modal, kewajiban, keuntungan, harta, dan biaya lainnya.

Berikut ini contoh produk software pembukuan yang dapat digunakan:

1. Aplikasi Pembukuan Online Mekari Jurnal
Sistem ini merupakan salah satu bagian dari integrasi software akuntansi Jurnal, membantu perusahaan atau pebisnis untuk mengelola keuangan secara lebih efektif, lebih optimal, dan juga lebih efisien. Fitur-fitur yang didapat pengguna aplikasi tersebut sangat lengkap terkait pembukuan keuangan usaha dan bisnis dengan kemampuan berjalan secara online. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh Jurnal adalah sebagai berikut:

    • Dasbor interaktif, mudah dipahami dalam memberikan informasi keuangan terkini.
    • Pengelompokan jenis transaksi secara otomatis dan terlacak.
    • Terintegrasi dengan sistem bank, perpajakan, POS, dan payroll.
    • Membantu memberikan monitoring pergerakan produk yang optimal
    • Lebih dari 30 pilihan template laporan yang profesional dan siap pakai
    • Sistem yang bisa digunakan melalui brower komputer atau laptop, perangkat iOS dan Android

2. Aplikasi Quickbooks
Berikutnya bagi yang mencari informasi mengenai aplikasi pembukuan terbaik, beserta beberapa manfaat yang terkait, dapat pula mempertimbangkan Quickbooks. Saat ini aplikasi ini banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan di seluruh dunia karena fitur dan manfaatnya yang cukup menarik.

    • Pros / Kelebihan: Biasa digunakan oleh akuntan pro. Berbasis cloud dan online, tersedia versi mobile.
    • Cons / Kekurangan: Harga termurah sekitar $26 atau Rp.377,000. Masalah sinkronisasi sesekali dengan bank dan kartu kredit, butuh upgrade untuk pengguna banyak user, software dari luar negeri butuh komunikasi lebih untuk berkonsultasi.
    • Features / Fitur: Memiliki sistem akuntansi umum seperti pembukuan, pajak, inventory, invoicing dan budgeting.
    • Price / harga: Tidak ada versi gratis, free trial 30 hari, dengan harga essential sekitar $26/bulan.
    • Overview / Kesimpulan: Software ini merupakan aplikasi yang umum digunakan oleh para professional, memiki fitur cukup lengkap dengan harga yang cukup terjangkau untuk program sekelas internasional.

3. Aplikasi Wave
Ada juga aplikasi Wave yang juga dapat memberikan kemudahan dalam pencatatan transaksi pembayaran hingga pengeluaran dana dari keuangan perusahaan. Melalui aplikasi ini pebisnis dapat menggunakan seluruh fitur yang ditawarkan dengan gratis. Selain itu ada berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan aplikasi Wave ini.

    • Pros / Kelebihan: Gratis akunting dan invoice, user unlimited, tidak ada batasan transaksi, mobile app tersedia.
    • Cons / Kekurangan: App dari luar butuh waktu lebih untuk konsultasi, integrasi terbatas dengan sistem lain.
    • Features / Fitur: Fitur akuntansi yang dibutuhkan sebagian besar usaha kecil, seperti pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pelaporan keuangan, faktur, dan tanda terima pemindaian, semuanya disertakan dengan perangkat lunak gratis ini.
    • Price / Cost: Termurah sekitar $20 + $6 untuk pengguna atau kontraktor.
    • Overview / Kesimpulan: Fitur lengkap dengan harga yang mirip dengan kompetitor lain, tersedia juga versi gratis dengan fitur terbatas

4. Aplikasi Freshbooks
Aplikasi Freshbooks merupakan salah satu pilihan selanjutnya bagi para pebisnis yang ingin memastikan sistem pembukuan yang lebih efektif dan efisien. Dengan aplikasi ini tentu mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan dapat berjalan lebih mudah dan lebih cepat. Tidak heran jika aplikasi yang dibesut pada tahun 2004 ini memiliki berjuta-juta pengguna aktif saat ini.

    • Pros / Kelebihan: Integrasi dengan app lain, terjangkau, online, invoice yang lengkap.
    • Cons / Kekurangan: Keterbatasan fitur di mobile app.
    • Features / Fitur: Fitur akuntansi lengkap dengan pengguna diseluruh dunia, dari akuntansi hingga invoicing, harga relatif terjangkau.
    • Price / Cost: Termurah $15/bulan.
    • Overview / Kesimpulan: Termasuk salah satu software yang paling banyak di gunakan di dunia, bisa dijadikan pilihan jika Anda tidak keberatan dengan software dari luar.

5. Buku Warung
Namanya lumayan menarik dan sangat bersahabat bagi usaha kecil, mungkin sangat cocok bagi and yang membutuhakn apliaski pembukuan untuk usaha kecil seperti warung toko atau toko grosir. Aplikasi ini banyak digunakan untuk manajemen keuangan. Sistem yang sederhana, mudah digunakan, dapat berjalan tanpa internet, tersedia dalam versi mobile.

    • Pros / Kelebihan: Sederhana, ada versi gratis, mudah digunakan, mobile app tersedia, memiliki sistem manajemen stok barang.
    • Features / Fitur: Pembukaun keuangan, stok barang, sistem pembayaran
    • Price / Cost: Termurah gratis dengan limitasi.
    • Overview / Kesimpulan: Sangat pas untuk usaha kecil dan kurang fitur besar terkait kemampuan untuk usaha besar atau perusahaan

6. CrediBook
Dengan model sistem sebagai aplikasi catatan keuangan berbasisi digital, sistem pembukuan mereka cukup lengkap terkait masalah pendataan keuangan.

    • Pros / Kelebihan: banyak fitur termasuk pengajuan modal usaha.
    • Features / Fitur: Catatan penjualan dan pengeluaran, kelola data produk, manajemen piutang.

7. Aplikasi pembukuan Akuntansiku
Sistem yang secara khusus dibuat untuk mengelola laporan keuangan dan bisnis. Fiturnya cukup banyak terutama untuk fitur-fitur terkait pembukuan dan pencatatan keuangan.

    • Pros / Kelebihan: Sistem cloud, privasi terjaga, transaksi unlimited, data kontak unlimited, tesedia versi mobile dan akses level beragam.
    • Features / Fitur: Pendataan laporan, jurnal umum, buku besar, neraca laba rugi dan arus kas..

8. Aplikasi Kashoo
Aplikasi berikutnya yang tidak kalah menarik yaitu aplikasi Kashoo. Mungkin masih jarang yang mengenal atau menggunakan aplikasi ini dalam mendukung jalannya pembukuan keuangan perusahaan. Namun demikian rupanya saat ini aplikasi tersebut tercatat memiliki lebih dari 200 ribu pengguna aktif yang terdaftar di smartphone.

Belum banyak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari app ini, hanya saja rating di Android cukup baik dan bisa Anda coba untuk mengeloa pemasukan dan pengeluaran serta manajemen invoice usaha Anda.

Pembukuan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara berkala untuk mengumpulkan informasi keuangan yang mencakup harta, kewajiban, biaya, penghasilan dan modal, termasuk pula info jumlah harga dari transaksi jasa atau barang. Diakhiri dengan membuat laporan keuangan yang meliputi neraca, laba-rugi untuk rentang waktu tahun pajak tersebut.

Semua proses pembukuan akuntansi sederhana tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat dengan aplikasi pembukuan keuangan online.

Butuh software laporan keuangan perusahaan? Anda dapat mencoba aplikasi Jurnal hari ini! Gratis selama 14 hari!

Fitur aplikasi pembukuan usaha dari Jurnal menyiapkan laporan keuangan, penjualan, pembelian, biaya, pelanggan, supplier, stok dan lainnya; tergantung dari paket yang Anda pilih. Contoh laporan yang kami siapkan adalah: neraca rugi-laba, arus kas, piutang, hutang, stok dan sebagainya.

Dapatkah saya membuat laporan bisnis akhir tahun di Jurnal? Ya Anda dapat melakukannya, laporan di dasbor aplikasi pembukuan Jurnal akan memberi Anda akses mudah ke semua laporan bisnis yang tersedia di fitur software akuntansi Jurnal.

Anda bisa mendapatkan laporan laba & rugi hingga ringkasan pajak penjualan, Jurnal memberi Anda laporan bisnis standar untuk membantu Anda memahami kondisi bisnis Anda secara lebih baik, cepat, dan akurat. Anda juga dapat dengan mudah mendownload laporan untuk dibagikan dengan akuntan Anda.

Anda bisa memperhatikan garis bawah laporan laba & rugi yang dapat Anda buat hanya dalam hitungan detik. Selain itu, setiap akun memiliki dasbor interaktif yang dengan rapi menampilkan berapa banyak pengeluaran vs. penghasilan bisnis Anda selama periode waktu yang Anda pilih.

Ya. Informasi Anda di sinkronkan di semua perangkat Anda sehingga Anda selalu dapat mengakses data Anda di mana pun Anda berada, di perangkat mana pun yang Anda inginkan.

Namun, kami menyarankan untuk menggunakan fitur software pembukuan perusahaan melalui komputer untuk proses operasional Accounting yang lebih lengkap, nyaman dan intuitif. Pembukuan akuntansi sederhana semakin mudah dikerjakan dan cepat.

Seorang  pemegang buku / book-keeper tidak dituntut untuk memiliki skill yang terlalu banyak, karena proses pembukuan hanya pada pencatatan tanpa memerlukan analisis apa pun. Berikut ini ruang lingkup kerja pembukuan:

  1. Menyusun, memberi klasifikasi, memproses dan juga mencatat payroll karyawan
  2. Menerbitkan dan mencatat faktur penjualan
  3. Mencatat perubahan persediaan perusahaan
  4. Mencatat penerimaan dan transaksi kas kecil
  5. Melakukan pembayaran atas pembelian

 

Sementara seorang akuntan haruslah memiliki skill yang mumpuni untuk dapat menganalisis dan menginterpretasikan informasi di buku besar ke dalam laporan. Berikut ruang lingkup kerja akuntansi:

  1. Membuat daftar akun
  2. Menyiapkan Buku Besar
  3. Merancang laporan keuangan
  4. Menerbitkan laporan manajemen yang disesuaikan dengan isu-isu yang spesifik
  5. Membuat anggaran dan membandingkannya dengan hasil sebenarnya
  6. Membuat laporan pajak dan lain sebagainya.

Aplikasi spreadsheet semisal excel bukan dikhususkan untuk pembukuan, sehingga diperlukan rumus tertentu untuk bisa menjalankan perhitungan pembukuan, sedangkan pembukuan online Jurnal sudah memiliki fitur software pembukuan khusus sehingga proses pembukuan perusahaan dan bisnis bisa dikerjakan secara otomatis, cepat, akurat dan real time.

Aplikasi pembukuan usaha adalah racikan tepat dan solusi mudah untuk mengerjakan semua pekerjaan pembukuan dengan cara yang lebih profesional dan cepat.

Harga satu paket lengkap termurah dari software pembukuan usaha Jurnal dapat dimiliki dengan harga sangat murah dan terjangkau. Cek harga langganan Jurnal disini.

Anda juga dapat mencobanya secara gratis selama 14 hari! silahkan klik disini

Ya, Jurnal menggaransi keamanan dari kehilangan atau kerusakan, dan bahkan pencurian data. Keuntungan ini dimungkinkan bahwa faktanya, informasi bisnis Anda dapat disimpan dengan aman di server Jurnal, dibandingkan dengan menyimpannya pada drive Anda sendiri.

Dengan Jurnal, data pengguna akan selalu dibackup secara otomatis. Dengan cara itu, keamanan dan kelangsungan informasi bisnis dengan layanan online seperti Jurnal daripada menggunakan software yang harus diinstall di komputer.

Data perusahaan dan sistem keamanan Jurnal sangat ketat, data konsumen dan pengguna Jurnal dilindungi dengan fitur:

  • Jurnal telah tersertifikasi ISO 27001
  • Data Anda tersimpan dengan memakai metode encryption AES-256
  • Data komunikasi ter-encrypt dengan SSL menggunakan sertifikat 2048-bit
  • Akses data-data administratif dan karyawan yang terstuktur dan terorganisir

Lihat selengkapnya di sini.

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-user-response.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-calendar.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami