Mekari Jurnal
Pembukuan restoran & cafe

Monitor stok bahan baku lewat satu software

    • Aplikasi akuntansi keuangan yang cocok untuk cafe & restoran
    • Sistem pembukuan untuk mengelola usaha yang berkembang
    • Kontrol stok dan bahan baku dengan sistem terpercaya
makanan & minuman

Lebih dari 20.000 bisnis telah menggunakan Jurnal

vilo
heavenly
little talk logo
logo ku de ta
bittersweet logo
lacamera
fedwell
mad bagel logo
kanvas pattiserie
dough darling
lapis aren
gaya gelato logo

Pengawasan bisnis F&B yang aman dengan aplikasi restoran dan cafe

Mengelola pembukuan secara manual memiliki resiko kesalahan yang tinggi. Laporan manual menyulitkan pemilik untuk mengetahui kondisi terkini, pengawasan stok membutuhkan sistem online yang siap di akses kapan saja. software akuntansi restoran dan cafe memenuhi kebutuhan bisnis ini.

icon

Kesulitan memantau stok bahan dari berbagai gudang

Stok bahan tidak tercatat dengan akurat sehingga sering kehabisan bahan baku

Ketahui cepat status stok bahan baku

Dapatkan data bahan baku real-time di berbagai gudang dari Mekari Jurnal, sistem visual dengan dukungan data yang mudah dan bisa di akses di ponsel membuat usaha semakin berkembang.

Mekari Jurnal

Kelola dan monitor stok setiap gudang

Kontrol posisi barang di banyak gudang dengan sistem terintegrasi. Kelola stok bahan baku dengan lebih akurat antar gudang dengan fitur transfer gudang.

    • Cek status barang secara real-time
    • Update status barang otomatis
Mekari Jurnal

Lacak stok bahan dengan cepat

Cari stok bahan di search bar dengan fitur tagging. Kelompokkan tag transaksi sesuai kategori berdasarkan menu atau outlet.

  • Tarik laporan lebih mudah lewat data yang dikelompokkan
  • Kontrol dan monitor status transaksi
Mekari Jurnal

Pantau pergerakan bahan di banyak gudang

Pelajari ketersediaan bahan baku secara keseluruhan dengan cepat melalui fitur multi gudang.

    • Cek stok bahan yang habis
    • Dapat reminder stok bahan yang mau habis
    • Cek nilai dan jumlah barang setiap dapur
Image

“Peran Jurnal sangat penting karena mampu memberi data real time. Jadi kami tahu ke depan mau berencana apa. Perhitungan real time juga sangat berpengaruh pada kondisi stok barang.”

Michael ChrisyantoCo-founder Eatlah
Icon

Kelola stok jadi lebih mudah dengan Jurnal by Mekari

Dengan kalkulasi otomatis setiap ada transaksi, stok jadi lebih akurat. Lihat jumlah stok barang di berbagai gudang lewat satu dasbor

icon

Biaya produksi tidak terkontrol akibat pencatatan yang tidak akurat

Sulit menghitung harga pokok penjualan untuk setiap menu

Rincian lengkap komponen biaya untuk setiap menu

Atur biaya produksi makanan dengan terpusat untuk setiap menu. Dapatkan kalkulasi otomatis lewat Mekari Jurnal dan kemudahan melacak biaya

Mekari Jurnal

Kontrol biaya setiap proyek secara menyeluruh

Catat, lacak dan kelola pengeluaran bisnis F&B dengan mudah dengan fitur Biaya dan Anggaran. Tak ada lagi pengeluaran yang tidak diketahui.

    • Biaya operasional terkendali dengan perbandingan tiap bulan
    • Atur anggaran untuk beberapa bulan ke depan otomatis
Mekari Jurnal

Pembelian lebih terkontrol dengan otorisasi

Pantau setiap transaksi pembelian melalui fitur approval di fitur Akuntansi. Transaksi bisnis jadi lebih transparan

    • Pembukuan otomatis dari pemesanan hingga pembayaran
    • Lengkap dengan lampiran dokumen digital
    • Pengeluaran lebih transparan dan akuntabel
Image

“Foresthree kini dapat mengelola sekaligus memantau biaya yang dilakukan untuk pembelian bahan baku dalam jumlah besar setelah memakai Mekari Jurnal.”

Izza Pradana PutraSPV Finance & Accounting
Icon

Mulai kelola biaya operasional F&B bersama Jurnal by Mekari

Anda dapat mengatur dan membatasi akses tiap user untuk menjamin keamanan data transaksi untuk pengeluaran dan biaya

icon

Profitabilitas tidak transparan akibat data tidak terintegrasi

Manajemen sulit memantau tren penjualan karena data tidak terintegrasi

Pelajari profit dan margin dari penjualan setiap menu

Dapatkan kemudahan memantau profitabilitas bisnis secara menyeluruh dengan data penjualan yang terintegrasi dari Mekari Jurnal

Mekari Jurnal

Pantau bisnis secara menyeluruh

Nikmati kemudahan memantau bisnis dari hulu ke hilir dengan proses pembukuan terstandar di setiap outlet. Tarik laporan konsolidasi secara instan

    • Transaksi lebih terkontrol dan akurat
    • Pembukuan terstandar dan terintegrasi
Mekari Jurnal

Temukan insight bisnis menarik secara instan

Pelajari tren penjualan dengan Dasbor Performa Bisnis. Cari tahu menu paling laris berdasarkan periode tertentu.

    • Ringkasan bisnis yang mudah dipahami
    • Desain dasbor sesuai kebutuhan Anda
    • Akses 30+ laporan keuangan dan bisnis secara instan
Image

“Fitur laporan laba rugi dari Mekari Jurnal juga membantu Eatlah untuk memantau keuangan perusahaan di banyak cabang secara realtime. Hal ini membantu Eatlah untuk melakukan kontrol lebih baik untuk setiap unit bisnisnya.”

Michael ChrisyantoCo-founder Eatlah
Icon

Pantau bisnis lebih akurat dengan Mekari Jurnal

Ambil keputusan bisnis yang tepat didukung data real-time dan insight handal secara menyeluruh

Kami merekomendasikan paket dan add-ons
berikut untuk industri F&B

Enterprise

Paket yang tepat untuk bisnis dengan kebutuhan multi gudang, multi currency dan integrasi dengan API

Icon
Multi Product Pricing
mulai dariRp 150.000per bulan

Tentukan aturan harga khusus untuk kondisi yang berbeda

Icon
Profitability Report
mulai dari Rp 150.000per bulan

Kenali kontribusi setiap produk terhadap keuntungan usaha secara umum

  • Logo
  • Logo

Apa itu aplikasi pembukuan cafe dan restoran?

Software aplikasi pembukuan akuntansi cafe & restoran adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola pencatatan transaksi dan laporan akuntansi keuangan bisnis cafe, restoran juga usaha F&B lainnya.

Didalamnya terdapat pula sistem terintegrasi seperti pengelolaan stok barang, pencatatan penjualan dan pembuatan invoice serta manfaat lainnya.

Perangkat lunak tipe ini dapat membuat manajemen penjualan terkontrol dengan baik, dapat mempermudah operator, customer service bahkan pelayan dan barista dalam mengelola transaksi yang ada di resotran, cafe, rumah makan dan industri F&B lainnya, dan tenjua saja Jurnal juga dapat ditambahakn addon seperti aplikasi Moca untuk urusan pencatatan penjualan.

Pembukuan restoran adalah kegiatan pengumpulan dan pencatatan data terkait dengan keuangan restoran atau cafe yang dilaksanakan oleh pihak pengelola. Selama bisnis kuliner yang Anda tekuni terus berjalan, maka pembukuan juga harus selalu dibuat.

Sedangkan laporan keuangan restoran adalah catatan informasi keuangan dan transaksi dari suatu restoran atau bisnis kuliner lainnya pada suatu periode yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja usaha.

Pembukuan keuangan pada bisnis kuliner bisa memberikan beberapa manfaat, salah satunya adalah sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan. Selain itu, pembukuan bisa membuat Anda mengetahui apa saja transaksi yang telah dilakukan dan laba rugi yang didapat.

Manfaat lainnya adalah Anda juga bisa membuat laporan keuangan restoran dan rumah makan dengan mudah, dan keuangan restoran jadi lebih terkontrol karena telah dirincikan.

Kendala utama dalam pembukuan resstoran dan bisnis kuliner lainnya adalah banyaknya angka dan transaksi yang harus diolah membuat pembukuan bsinis kuliner akan menghabiskan banyak waktu dan rumit untuk dilakukan. Anda harus melakukannya secara teliti agar tidak menyebabkan kekeliruan yang merugikan.

Namun kini pembukuan keuangan restoran bisa dilakukan lebih mudah, cepat, dan akurat dengan menggunakan aplikasi pembukuan.

Pembukuan keuangan restoran terdiri dari 8 jenis yang beberapa diantaranya adalah pembukuan pengeluaran, pemasukan, dan kas utama. Selain itu, ada juga pembukuan stok barang, inventaris, laba rugi, transaksi dan laporan keuangan restoran, rumah makan dan bisnis kuliner lainnya.

Membuat pembukuan keuangan restoran bisa diawali dengan membuat catatan pengeluaran dan pemasukan yang telah dilakukan.

Catatan pengeluaran dan pemasukan ini dibuat secara terpisah, sehingga Anda bisa mengetahui secara lebih detail terkait pengeluaran dan pemasukan.

Pada catatan pengeluaran, Anda bisa mencatat berapa besar biaya yang dikeluarkan sebagai biaya operasional dan gaji karyawan. Kemudian pada catatan pemasukan, silahkan catat mengenai apa saja biaya yang masuk, misalnya hasil penjualan produk. Catatan pemasukan bisa membantu Anda untuk mengetahui seberapa banyak pemasukan yang berhasil diterima.

Selanjutnya Anda bisa membuat buku kas utama untuk melihat berbagai transaksi yang telah terjadi dalam periode tertentu secara menyeluruh. Buku kas utama merupakan penggabungan antara catatan pengeluaran dan pemasukan.

Buku stok barang menjadi jenis pembukuan selanjutnya yang harus dibuat dalam proses pembukuan restoran. Dalam pembukuan stok barang, silahkan catat jumlah dan jenis stok bahan baku yang tersedia di gudang.

Setelah mencatat stok barang, Anda perlu membuat buku inventaris barang yang berfungsi untuk pendataan aset milik restoran.

Tahap terakhir adalah membuat laporan perubahan ekuitas dan neraca keuangan. Laporan ekuitas mencakup semua perubahan kekayaan dari pemilik restoran pada harta restoran dalam satu periode. Sedangkan neraca keuangan menjadi penentu kondisi keuangan restoran dalam periode tertentu, dan isinya terdiri dari unsur harta, kewajiban, dan modal.

Pembukuan restoran terdiri dari beberapa siklus, yakni siklus pendapatan, pengeluaran, produksi, penggajian, serta pelaporan dan buku besar. Siklus pendapatan umumnya melibatkan beberapa komponen, yakni dapur, gudang, supplier, dan kasir.

Siklus pendapatan diawali keinginan konsumen mencoba produk dan kemudian berakhir di pembayaran yang dilakukan di kasir. Selanjutnya siklus pengeluaran diawali dari bahan baku restoran yang habis dan kemudian dilanjutkan dengan proses pemesanan barang di supplier.

Setelah siklus pengeluaran, terdapat siklus produksi yang tahapnya terdiri dari persiapan produksi, proses produksi, dan penghitungan HPP. Jika proses produksi telah selesai dilakukan, siklus berikutnya yang akan terjadi adalah siklus penggajian karyawan. Siklus penggajian karyawan melibatkan direktur, personalia dan karyawan, prosesnya terdiri dari pencatatan data, penghitungan gaji karyawan, dan pembuatan laporan.

Terakhir adalah siklus pelaporan dan buku besar yang melibatkan bendahara, kontroler, direktur bagian anggaran, manajer, dan pemakai eksternal, proses yang terjadi adalah memperbarui buku besar, memasukan ayat jurnal penyesuaian, serta membuat laporan keuangan dan manajerial

WhatsApp Hubungi Kami