Belum menemukan yang Anda cari?
Pencatatan otomatis akurat dari aplikasi Akuntansi terbaik
Tracking semua aktivitas produk dengan mudah
Kelola laporan keuangan Anda dengan analisa dan insight yang lebih strategis
Permudah proses Akuntansi Anda dengan integrasi berbagai platform
Pelajari bagaimana Mekari Jurnal membantu bisnis berkembang
Mengelola pembukuan secara manual memiliki resiko kesalahan yang tinggi. Laporan manual menyulitkan pemilik untuk mengetahui kondisi terkini, pengawasan stok membutuhkan sistem online yang siap di akses kapan saja. software akuntansi restoran dan cafe memenuhi kebutuhan bisnis ini.
Stok bahan tidak tercatat dengan akurat sehingga sering kehabisan bahan baku
Sulit menghitung harga pokok penjualan untuk setiap menu
Manajemen sulit memantau tren penjualan karena data tidak terintegrasi
Dapatkan data bahan baku real-time di berbagai gudang dari Mekari Jurnal, sistem visual dengan dukungan data yang mudah dan bisa di akses di ponsel membuat usaha semakin berkembang.
Kontrol posisi barang di banyak gudang dengan sistem terintegrasi. Kelola stok bahan baku dengan lebih akurat antar gudang dengan fitur transfer gudang.
Cari stok bahan di search bar dengan fitur tagging. Kelompokkan tag transaksi sesuai kategori berdasarkan menu atau outlet.
Pelajari ketersediaan bahan baku secara keseluruhan dengan cepat melalui fitur multi gudang.
“Peran Jurnal sangat penting karena mampu memberi data real time. Jadi kami tahu ke depan mau berencana apa. Perhitungan real time juga sangat berpengaruh pada kondisi stok barang.”
Dengan kalkulasi otomatis setiap ada transaksi, stok jadi lebih akurat. Lihat jumlah stok barang di berbagai gudang lewat satu dasbor
Atur biaya produksi makanan dengan terpusat untuk setiap menu. Dapatkan kalkulasi otomatis lewat Mekari Jurnal dan kemudahan melacak biaya
Catat, lacak dan kelola pengeluaran bisnis F&B dengan mudah dengan fitur Biaya dan Anggaran. Tak ada lagi pengeluaran yang tidak diketahui.
Pantau setiap transaksi pembelian melalui fitur approval di fitur Akuntansi. Transaksi bisnis jadi lebih transparan
“Foresthree kini dapat mengelola sekaligus memantau biaya yang dilakukan untuk pembelian bahan baku dalam jumlah besar setelah memakai Mekari Jurnal.”
Anda dapat mengatur dan membatasi akses tiap user untuk menjamin keamanan data transaksi untuk pengeluaran dan biaya
Dapatkan kemudahan memantau profitabilitas bisnis secara menyeluruh dengan data penjualan yang terintegrasi dari Mekari Jurnal
Nikmati kemudahan memantau bisnis dari hulu ke hilir dengan proses pembukuan terstandar di setiap outlet. Tarik laporan konsolidasi secara instan
Pelajari tren penjualan dengan Dasbor Performa Bisnis. Cari tahu menu paling laris berdasarkan periode tertentu.
“Fitur laporan laba rugi dari Mekari Jurnal juga membantu Eatlah untuk memantau keuangan perusahaan di banyak cabang secara realtime. Hal ini membantu Eatlah untuk melakukan kontrol lebih baik untuk setiap unit bisnisnya.”
Ambil keputusan bisnis yang tepat didukung data real-time dan insight handal secara menyeluruh
Paket yang tepat untuk bisnis dengan kebutuhan multi gudang, multi currency dan integrasi dengan API
Tentukan aturan harga khusus untuk kondisi yang berbeda
Kenali kontribusi setiap produk terhadap keuntungan usaha secara umum
“Eatlah tak perlu menghabiskan 1-2 hari kerja hanya untuk membuat laporan keuangan secara manual, karena semua proses diselesaikan secara otomatis dalam aplikasi.”
Menghilangkan risiko kesalahan data akibat pengolah data manual
“Fitur Multi Product Pricing dari paket Enterprise+ sangat membantu, terutama dalam mengelola harga penjualan untuk setiap rekanan franchise yang berbeda.”
Outlet Foresthree yang dikelola menggunakan Mekari Jurnal
Software aplikasi pembukuan akuntansi cafe & restoran adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola pencatatan transaksi dan laporan akuntansi keuangan bisnis cafe, restoran juga usaha F&B lainnya.
Didalamnya terdapat pula sistem terintegrasi seperti pengelolaan stok barang, pencatatan penjualan dan pembuatan invoice serta manfaat lainnya.
Perangkat lunak tipe ini dapat membuat manajemen penjualan terkontrol dengan baik, dapat mempermudah operator, customer service bahkan pelayan dan barista dalam mengelola transaksi yang ada di resotran, cafe, rumah makan dan industri F&B lainnya, dan tenjua saja Jurnal juga dapat ditambahakn addon seperti aplikasi Moca untuk urusan pencatatan penjualan.
Pembukuan restoran adalah kegiatan pengumpulan dan pencatatan data terkait dengan keuangan restoran atau cafe yang dilaksanakan oleh pihak pengelola. Selama bisnis kuliner yang Anda tekuni terus berjalan, maka pembukuan juga harus selalu dibuat.
Sedangkan laporan keuangan restoran adalah catatan informasi keuangan dan transaksi dari suatu restoran atau bisnis kuliner lainnya pada suatu periode yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja usaha.
Pembukuan keuangan pada bisnis kuliner bisa memberikan beberapa manfaat, salah satunya adalah sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan. Selain itu, pembukuan bisa membuat Anda mengetahui apa saja transaksi yang telah dilakukan dan laba rugi yang didapat.
Manfaat lainnya adalah Anda juga bisa membuat laporan keuangan restoran dan rumah makan dengan mudah, dan keuangan restoran jadi lebih terkontrol karena telah dirincikan.
Kendala utama dalam pembukuan resstoran dan bisnis kuliner lainnya adalah banyaknya angka dan transaksi yang harus diolah membuat pembukuan bsinis kuliner akan menghabiskan banyak waktu dan rumit untuk dilakukan. Anda harus melakukannya secara teliti agar tidak menyebabkan kekeliruan yang merugikan.
Namun kini pembukuan keuangan restoran bisa dilakukan lebih mudah, cepat, dan akurat dengan menggunakan aplikasi pembukuan.
Pembukuan keuangan restoran terdiri dari 8 jenis yang beberapa diantaranya adalah pembukuan pengeluaran, pemasukan, dan kas utama. Selain itu, ada juga pembukuan stok barang, inventaris, laba rugi, transaksi dan laporan keuangan restoran, rumah makan dan bisnis kuliner lainnya.
Membuat pembukuan keuangan restoran bisa diawali dengan membuat catatan pengeluaran dan pemasukan yang telah dilakukan.
Catatan pengeluaran dan pemasukan ini dibuat secara terpisah, sehingga Anda bisa mengetahui secara lebih detail terkait pengeluaran dan pemasukan.
Pada catatan pengeluaran, Anda bisa mencatat berapa besar biaya yang dikeluarkan sebagai biaya operasional dan gaji karyawan. Kemudian pada catatan pemasukan, silahkan catat mengenai apa saja biaya yang masuk, misalnya hasil penjualan produk. Catatan pemasukan bisa membantu Anda untuk mengetahui seberapa banyak pemasukan yang berhasil diterima.
Selanjutnya Anda bisa membuat buku kas utama untuk melihat berbagai transaksi yang telah terjadi dalam periode tertentu secara menyeluruh. Buku kas utama merupakan penggabungan antara catatan pengeluaran dan pemasukan.
Buku stok barang menjadi jenis pembukuan selanjutnya yang harus dibuat dalam proses pembukuan restoran. Dalam pembukuan stok barang, silahkan catat jumlah dan jenis stok bahan baku yang tersedia di gudang.
Setelah mencatat stok barang, Anda perlu membuat buku inventaris barang yang berfungsi untuk pendataan aset milik restoran.
Tahap terakhir adalah membuat laporan perubahan ekuitas dan neraca keuangan. Laporan ekuitas mencakup semua perubahan kekayaan dari pemilik restoran pada harta restoran dalam satu periode. Sedangkan neraca keuangan menjadi penentu kondisi keuangan restoran dalam periode tertentu, dan isinya terdiri dari unsur harta, kewajiban, dan modal.
Pembukuan restoran terdiri dari beberapa siklus, yakni siklus pendapatan, pengeluaran, produksi, penggajian, serta pelaporan dan buku besar. Siklus pendapatan umumnya melibatkan beberapa komponen, yakni dapur, gudang, supplier, dan kasir.
Siklus pendapatan diawali keinginan konsumen mencoba produk dan kemudian berakhir di pembayaran yang dilakukan di kasir. Selanjutnya siklus pengeluaran diawali dari bahan baku restoran yang habis dan kemudian dilanjutkan dengan proses pemesanan barang di supplier.
Setelah siklus pengeluaran, terdapat siklus produksi yang tahapnya terdiri dari persiapan produksi, proses produksi, dan penghitungan HPP. Jika proses produksi telah selesai dilakukan, siklus berikutnya yang akan terjadi adalah siklus penggajian karyawan. Siklus penggajian karyawan melibatkan direktur, personalia dan karyawan, prosesnya terdiri dari pencatatan data, penghitungan gaji karyawan, dan pembuatan laporan.
Terakhir adalah siklus pelaporan dan buku besar yang melibatkan bendahara, kontroler, direktur bagian anggaran, manajer, dan pemakai eksternal, proses yang terjadi adalah memperbarui buku besar, memasukan ayat jurnal penyesuaian, serta membuat laporan keuangan dan manajerial
Tim kami akan segera menghubungi Anda. Mohon ditunggu dan pastikan kontak Anda aktif.
Mohon maaf saat ini demo produk hanya dapat diakses melalui browser komputer/laptop. Silahkan beralih device atau konsultasi gratis dengan kami
Dengan Jurnal, pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama dapat diselesaikan secara real time. Pekerjaan akuntansi bulanan dapat diselesaikan dalam beberapa hari saja