Food & Beverages

Kelola bahan baku usaha dengan lebih mudah

Potong pengeluaran usaha dengan sistem manajemen bahan baku yang otomatis, real time & mudah digunakan

Kelola bahan baku usaha dengan lebih mudah

Dapatkan transparansi atas performa cabang dengan Paket Enterprise+

Gabung bersama 20.000+ perusahaan yang telah meningkatkan performa bisnis dengan Jurnal

Sistem pengelolaan usaha end-to-end untuk bisnis F&B

Kelola pembukuan usaha, pantau stok bahan baku, bayar supplier, semuanya terintegrasi dalam satu aplikasi, dengan akses real-time

Integrasi POS

Integrasi POS

Integrasikan data penjualan ke dengan Jurnal untuk pembukuan usaha yang lebih teratur dan bebas kecurangan.

  • Memudahkan pembayaran untuk raih target lebih cepat
  • Up-to-date dengan rekonsiliasi bank dari Jurnal
Product Bundling

Product Bundling

Pantau setiap stok bahan baku dengan lebih mudah. Stok akan terupdate secara simultan untuk setiap bahan baku, sesuai dengan kombinasi yang telah anda atur sebelumnya

  • Pantau proses produksi lebih jelas
  • Sesuaikan produk berdasarkan kebutuhan Anda
Gudang multi lokasi

Gudang multi lokasi

Pantau setiap gudang yang Anda miliki dalam satu sistem yang tersentralisasi. Kelola pergerakan stok barang untuk setiap gudang, secara real-time

  • Transfer gudang
  • Lacak barang di gudang-gudang tertentu secara instan
  • Laporan nilai dan jumlah barang yang ada di gudang

Dapatkan transparansi penuh untuk setiap cabang dengan Paket Enterprise+

Pegang kontrol penuh atas semua cabang yang Anda miliki. Hindari kerugian akibat kecurangan maupun fraud dengan fitur approval dari paket Enterprise+

Hindari kemungkinan fraud dengan fitur Approval

Hindari kemungkinan fraud dengan fitur Approval

Berikan level otorisasi yang berbeda untuk setiap user, sehingga hanya transaksi yang telah Anda disetujui yang akan diproses.

Kelola penagihan cabang secara terpusat, dengan lebih mudah

Kelola penagihan cabang secara terpusat, dengan lebih mudah

Gabungkan beberapa faktur dengan join invoice, atau gunakan proforma invoice untuk pembayaran dengan termin serta DP.

Maksimalkan keuntungan dengan pengaturan harga fleksibel

Maksimalkan keuntungan dengan pengaturan harga fleksibel

Atur harga bervariatif pada produk, sesuai dengan jenis pembeli yang telah anda tentukan sebelumnya.

Keuntungan lain dari Jurnal

Bekerja lebih efisien dengan berbagai fitur unggulan lainnya dari Jurnal yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis

  • Dashboard performa bisnis
  • Laporan keuangan lengkap
  • Kas & bank
  • Manajemen aset tetap otomatis
  • Rekonsiliasi bank
  • Pembayaran online lewat Jurnal Pay
  • Multi mata uang
  • Invoice online
  • Budgeting
  • Laporan pajak otomatis

Apa itu pembukuan dan laporan keuangan restoran?

Pembukuan restoran adalah kegiatan pengumpulan dan pencatatan data terkait dengan keuangan restoran atau cafe yang dilaksanakan oleh pihak pengelola. Selama bisnis kuliner yang Anda tekuni terus berjalan, maka pembukuan juga harus selalu dibuat.

Sedangkan laporan keuangan restoran adalah catatan informasi keuangan dan transaksi dari suatu restoran atau bisnis kuliner lainnya pada suatu periode yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja usaha.

Pembukuan keuangan pada bisnis kuliner bisa memberikan beberapa manfaat, dan salah satunya adalah sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan. Selain itu, pembukuan bisa membuat Anda mengetahui apa saja transaksi yang telah dilakukan dan laba rugi yang didapat.

Manfaat lainnya adalah Anda juga bisa membuat laporan keuangan restoran dan rumah makan dengan mudah, dan keuangan restoran jadi lebih terkontrol karena telah dirincikan.

Kendala utama dalam pembukuan resstoran dan bisnis kuliner lainnya adalah banyaknya angka dan transaksi yang harus diolah membuat pembukuan bsinis kuliner akan menghabiskan banyak waktu dan rumit untuk dilakukan. Anda harus melakukannya secara teliti agar tidak menyebabkan kekeliruan yang merugikan.

Namun kini pembukuan keuangan restoran bisa dilakukan lebih mudah, cepat, dan akurat dengan menggunakan aplikasi pembukuan.

Memiliki laporan keuangan yang akurat dan langkap dapat membantu menentukan keputusan bisnis sehingga Anda dapat menghindari kerugian dan mendapat lebih banyak keuntungan.

Salah satu faktor utama mengapa memerlukan laporan keuangan adalah karena jumlah transaksi yang terjadi pada bisnis kuliner sangat banyak dan cepat.

Pembukuan keuangan restoran terdiri dari 8 jenis yang beberapa diantaranya adalah pembukuan pengeluaran, pemasukan, dan kas utama. Selain itu, ada juga pembukuan stok barang, inventaris, laba rugi, transaksi dan laporan keuangan restoran, rumah makan dan bisnis kuliner lainnya.

Membuat pembukuan keuangan restoran bisa diawali dengan membuat catatan pengeluaran dan pemasukan yang telah dilakukan.

Catatan pengeluaran dan pemasukan ini dibuat secara terpisah, sehingga Anda bisa mengetahui secara lebih detail terkait pengeluaran dan pemasukan.

Pada catatan pengeluaran, Anda bisa mencatat berapa besar biaya yang dikeluarkan sebagai biaya operasional dan gaji karyawan. Kemudian pada catatan pemasukan, silahkan catat mengenai apa saja biaya yang masuk, misalnya hasil penjualan produk. Catatan pemasukan bisa membantu Anda untuk mengetahui seberapa banyak pemasukan yang berhasil diterima.

Selanjutnya Anda bisa membuat buku kas utama untuk melihat berbagai transaksi yang telah terjadi dalam periode tertentu secara menyeluruh. Buku kas utama merupakan penggabungan antara catatan pengeluaran dan pemasukan.

Buku stok barang menjadi jenis pembukuan selanjutnya yang harus dibuat dalam proses pembukuan restoran. Dalam pembukuan stok barang, silahkan catat jumlah dan jenis stok bahan baku yang tersedia di gudang.

Setelah mencatat stok barang, Anda perlu membuat buku inventaris barang yang berfungsi untuk pendataan aset milik restoran.

Tahap terakhir adalah membuat laporan perubahan ekuitas dan neraca keuangan. Laporan ekuitas mencakup semua perubahan kekayaan dari pemilik restoran pada harta restoran dalam satu periode. Sedangkan neraca keuangan menjadi penentu kondisi keuangan restoran dalam periode tertentu, dan isinya terdiri dari unsur harta, kewajiban, dan modal.

Pembukuan restoran terdiri dari beberapa siklus, yakni siklus pendapatan, pengeluaran, produksi, penggajian, serta pelaporan dan buku besar. Siklus pendapatan umumnya melibatkan beberapa komponen, yakni dapur, gudang, supplier, dan kasir.

Siklus pendapatan diawali keinginan konsumen mencoba produk dan kemudian berakhir di pembayaran yang dilakukan di kasir. Selanjutnya siklus pengeluaran diawali dari bahan baku restoran yang habis dan kemudian dilanjutkan dengan proses pemesanan barang di supplier.

Setelah siklus pengeluaran, terdapat siklus produksi yang tahapnya terdiri dari persiapan produksi, proses produksi, dan penghitungan HPP. Jika proses produksi telah selesai dilakukan, siklus berikutnya yang akan terjadi adalah siklus penggajian karyawan. Siklus penggajian karyawan melibatkan direktur, personalia dan karyawan, prosesnya terdiri dari pencatatan data, penghitungan gaji karyawan, dan pembuatan laporan.

Terakhir adalah siklus pelaporan dan buku besar yang melibatkan bendahara, kontroler, direktur bagian anggaran, manajer, dan pemakai eksternal, proses yang terjadi adalah memperbarui buku besar, memasukan ayat jurnal penyesuaian, serta membuat laporan keuangan dan manajerial

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda  langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami