Mekari Jurnal
Supply Chain Management

Kelola operasional supply chain terpusat untuk akurasi data keuangan

Dapatkan vibilitas keuangan lebih baik dengan mengelola produksi, inventori dan gudang secara terpusat di software akuntansi

Dipercaya 35.000+ bisnis di Asia Tenggara

Kelola seluruh proses supply chain secara online

Kelola permintaan pembelian hingga terima barang masuk di satu software online

  • Dokumentasi proses lengkap dari permintaan pembelian hingga purchase invoice secara online
  • Kirim purchase order ke fulfillment untuk memberikan notifikasi persiapan barang masuk dan pantau secara online
  • Berikan informasi batch dan lokasi row rack bin untuk kemudahan penggunaan inventori kedepannya
Inbound Fulfillment

Catat seluruh proses perubahan barang untuk akurasi laporan keuangan

  • Bill of materials untuk dokumentasi barang apa saja yang akan digunakan untuk memproduksi barang baru
  • Work order untuk memantau proses assembly/disassembly dari barang yang akan di produksi
  • Berikan serial number, batch dan expiry untuk memastikan penggunaan inventori yang optimal
Bill of material x perintah kerja

Kelola stok dan pantau aktivitas gudang secara online

  • Awasi stok tersedia di setiap gudang secara online untuk cegah terjadinya kekurangan stok
  • Pantau aktivitas seperti warehouse transfer dan stock adjustment melalui dashboard online
  • Berikan informasi row, rack dan bin di setiap gudang untuk penggunaan gudang yang optimal
Info stock product

Penjualan lancar dengan sistem terintegrasi dan online

  • Kirim sales order ke fulfillment untuk kirim permintaan pengambilan dan pengiriman barang ke cutomer
  • Laporan stok real-time dengan adanya segregasi stok ketika barang sudah masuk proses pengambilan barang di fulfillment
  • Pantau proses pengambilan barang secara real-time untuk tingkatkan customer experience
Data Pemenuhan penjualan

Beragam keuntungan pengunaan solusi Supply Chain Management Mekari Jurnal

Visiblitas end to end

Visiblitas end to end

Lacak setiap tahap dari pengadaan bahan baku, produksi, penyimpanan, dan penjualan

Sinkronisasi dengan akuntansi

Sinkronisasi dengan akuntansi

Data inventori, biaya produksi dan operasional tercatat otomatis di laporan keuangan

Manajemen inventori optimal

Manajemen inventori optimal

Anda dapat menyematkan informasi expiry dan batch untuk penggunaan barang yang efektif

Kemudahan kolabroasi

Kemudahan kolabroasi

Cek stok, kirim permintaan dan pantau status dilakukan secara online, tidak perlu manual lagi

partner

Kontrol akses

Batasi kemampuan akses, edit dan tindakan lainnya berdasarkan pekerjaan setiap user

No learning curve

No learning curve

Sistem dengan UI intuitif yang user-friendly yang mudah dipahami

Ary Budiman

“Mekari Jurnal membantu bisnis memiliki sistem inventory yang mudah seperti pemberitahuan & kalkulasi produk secara langsung, melacak penjualan produk terbanyak, mengimpor data persediaan, memantau bisnis multi cabang, hingga mengatur jumlah minimal stok sehingga pemesanan dapat tepat waktu.”

Ari Budiman
Founder Rock Nation

Frequently
Asked
Questions

Apa itu Supply Chain Management?

SCM atau Supply Chain Management adalah suatu sistem untuk mengelola aliran produk, material, informasi, dan proses dari pemasok hingga konsumen.

Tujuan utama dari Supply Chain Management adalah untuk mengoptimalkan efisiensi dan kinerja keseluruhan rantai pasokan.

Banyak poin penting yang biasanya ada di dalam sebuah sistem SCm, pada umumnya termasuk:

  • Pembelian (Procurement): Pengadaan bahan baku, komponen, atau produk jadi dari pemasok eksternal.
  • Produksi: Proses pembuatan dan perakitan produk menggunakan bahan-bahan yang telah dibeli.
  • Distribusi dan Logistik: Transportasi, pergudangan, dan pengelolaan persediaan untuk memastikan produk mencapai pelanggan dengan efisien.
  • Manajemen Persediaan (Inventory Management): Pengelolaan stok untuk menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan. Selengkapnya tentang software inventory disini.
  • Informasi dan Teknologi: Penggunaan teknologi informasi untuk memonitor dan meningkatkan kinerja rantai pasokan.
  • Manajemen Permintaan (Demand Management): Perencanaan dan pengelolaan permintaan pelanggan untuk menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan.

SCM melibatkan koordinasi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemasok, produsen, distributor, dan retailer, untuk mencapai efisiensi operasional, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mengoptimalkan biaya keseluruhan.

Umunya SCM sangat penting untuk dipahami dan sistemnya dimiliki oleh para manajer bisnis. Ini karena SCM dapat membantu dalam mengidentifikasi risiko, meningkatkan respons terhadap perubahan pasar, dan meningkatkan ketahanan rantai pasokan.

Tentu saja, Mekari Jurnal memiliki bberapa fitur SCM diantaranya untuk sentralisasi informasi berbagai produk, pengawasan stok secara langsung atau real-time, sistem manajemen untuk multi gudang, mencatat seluruh proses produksi, serta tentu saja sistem untuk pengelolaan keluar masuk barang.

Dapatkan -> disini.

WhatsApp Hubungi Kami