Jurnal Enterpreneur

Kenali Jenis dan Contoh Invoice yang Penting untuk Bisnis

Dalam dunia bisnis, faktur menjadi bagian dari keseharian berjalannya bisnis tersebut. Namun apakah Anda sudah mengetahui arti apa yang dimaksud dengan invoice? Invoice atau faktur artinya adalah lembar transaksi, mari kita lihat contoh dengan menggunakan software akuntansi seperti Jurnal yang bisa digunakan untuk penagihan penjualan.

Apa itu Invoice?

Tahukah Anda kalau fitur program akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda dalam membuat invoice secara otomatis. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

contoh invoice

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti invoice atau faktur adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, dan harga apa yang dikeluarkan penjual dan harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan itu.

Transaksi yang dicatat dalam lembar faktur merupakan bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit.

Pada umumnya faktur dibuat dalam tiga rangkap, yakni satu lembar untuk pembeli bila telah melunasi tagihan, satu lembar untuk arsip bagian penjualan, dan satu lembar lainnya untuk laporan bagian keuangan.

Ada beberapa jenis dan contoh invoice yang kerap digunakan oleh sebuah bisnis arti pemilihan tersebut tergantung pada jenis tranksaksi dan bisnis yang dijalankan.

Bagi Anda yang belum mengetahui bentuk dari invoice, Anda dapat menemukan banyak contoh yang tersebar di dunia maya dan dapat dijadikan acuan dalam pembuatannya.

Baca juga: 6 Aplikasi Nota Online Jadikan Bisnis Lebih Mudah!

Keberadaan faktur ini sangat penting untuk merekam barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Jika dihubungkan dengan keuangan, juga sangat penting untuk mempermudah perhitungan laba sebuah bisnis.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengirim faktur sebagai tagihan pembayaran setelah pembeli menyelesaikan pesanan dan Anda mengirimkan barang dan jasa tersebut.

Jika lembar tersebut sudah diberikan, maka Anda akan dengan mudah memasukkan pembayaran ke dalam laporan keuangan.

Perlu diperhatikan pada faktur biasanya ada jangka waktu pembayaran yang disepakati, mulai dari harian, mingguan hingga bulanan. Dan Anda harus menunggu pembayaran selama jangka waktu yang telah disepakati.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Komponen Invoice

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan jenis dan format faktur disesuaikan dengan transaksi dan bisnis yang dijalankan.

Namun, ada beberapa komponen invoice yang harus ada agar informasi di dalamnya lengkap dan sesuai, apa saja itu?

Komponen-komponen tersebut antara lain:

  1. Nomor urut
  2. Purchase order/ nomor order
  3. DO/ SJ atau kode nomor transaksi DO/ SJ
  4. Detail barang
  5. Sub Total
  6. Diskon (bila ada)
  7. Biaya pengiriman (bila ada)
  8. Biaya PPN
  9. Total Biaya

Jenis-Jenis Invoice

Jenis-jenis invoice antara lain adalah, apa saja itu?

  1. Invoice Biasa

Seperti namanya, ini artinya adalah invoice biasa yang digunakan pada transaksi sederhana.

Biasanya hanya berisi rincian item, jumlah yang dibeli, harga per item dan harga total. Jenis ini diberikan pada pembeli seama transaksi secara umum.

  1. Invoice Proforma

Faktur yang satu ini bersifat sementara karena hanya sebagai faktur pengganti. Mengapa disebut sebagai pengganti? Invoice proforma dibuat karena barang pesanan pelanggan dikirim secara bertahap.

Sebelum barang tersebut dikirimkan seluruhnya, memiliki fungsi sebagai pengganti bukti ketika pelanggan melakukan pembayaran.

Apabila barang tersebut telah sampai kepada pelanggan secara lengkap, maka penjual akan menggantinya menjadi faktur biasa.

  1. Invoice Konsuler

Jenis terakhir ini merupakan jenis khusus yang biasanya digunakan pada perdagangan internsional atau ekspor impor.

Dokumen ini baru dinyatakan sah apabila telah disetujui oleh perwakilan negara yang mengimpor yaitu atase perdagangan, kantor konsuler dan kedutaan besar negara pengimpor yang berada di negara pengekspor.

Cek juga bagaimana Jurnal Enterprise membantu usaha dengan fitur akuntansi terlengkap.

Contoh Invoice

Sebagai gambaran bagaimana bentuk faktur pada umumnya, berikut ini beberapa contoh invoice dalam berbagai format yang berbeda.

Contoh Invoice Sederhana

 

Contoh Invoice Penagihan

Contoh Invoice Barang

Contoh Invoice Jasa

Contoh Invoice Menggunakan Jurnal

contoh invoice jurnal

Jika Anda bingung membuat invoice yang tepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi Jurnal.

Jurnal menyediakan template yang mudah, praktis dan efektif untuk melakukan penagihan.

Jurnal memiliki menu pembelian di mana didalamnya terdapat fitur pembuatan fakturyang rinci dan lengkap. Sehingga Anda dapat lebih mudah, cepat, dan aman mengelola bisnis Anda.

Informasi lebih lanjut tentang fitur yang ada pada Jurnal, lihat di sini.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Mempermudah Cara Membuat Invoice

Manfaat Membuat & Mengirim Invoice Menggunakan Jurnal

Jurnal, software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam membuat dan mengirim faktur secara langsung dan otomatis untuk kebermanfaatan bisnis Anda.

Inilah manfaat yang dapat Anda rasakan saat memercayakan Jurnal untuk pembuatan dan pengiriman faktur usaha Anda.

Membuat Transaksi Berulang

Dalam transaksi penjualan, membuat invoice merupakan aktivitas yang harus dilakukan.

Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang jasa seperti tempat kursus, layanan TV kabel, jasa hosting website, layanan catering bulanan, Internet berlangganan atau usaha lainnya yang memiliki banyak transaksi penjualan berulang (recurring) dan harus mengirimkan invoice secara periodik ke pelanggan yang sama akan dengan mudah menggunakan layanan dari Jurnal.

Jurnal membantu membuatkan transaksi yang sama secara berulang dan menjadwalkan pengiriman invoice secara otomatis.

Mencatat Transaksi Otomatis

Setelah membuat invoice, biasanya Anda harus melakukan pencatatan (penjurnalan) atas transaksi pembelian dan penjualan untuk dijadikan laporan keuangan.

Dengan software akuntansi Jurnal, Anda tidak perlu repot lagi melakukan pencatatan pembelian dan penjualan.

Jurnal akan membantu mencatatkan jurnal transaksi pembelian dan penjualan Anda secara otomatis ke dalam sistem, sehingga menghemat waktu dalam membuat laporan keuangan.

Baca juga: Proses Pembuatan Invoice Bisnis Lebih Mudah Secara Online

Mengirim Invoice Secara Otomatis

Dengan Jurnal, Anda dapat mengirimkan invoice secara otomatis melalui email sesuai jadwal yang telah ditentukan, artinya dapat menghindari terjadinya human error.

Hal ini dapat mengurangi risiko lupa mengirimkan faktur dan juga terhindar dari keterlambatan pembayaran dari pelanggan yang mengakibatnya arus kas (cash flow) dan operasional perusahaan terganggu.

Melampirkan Dokumen Pendukung

Jurnal juga memiliki fitur di mana Anda dapat melampirkan dokumen pendukung seperti memo, purchase order, surat jalan, dan dokumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan sebuah invoice.

Dokumen pendukung ini secara otomatis akan tersimpan ke dalam sistem Jurnal pada saat Anda melampirkan dan mengirimkan ke pelanggan, sehingga dapat mengurangi risiko hilangnya bukti transaksi.

Desain Profesional

Salah satu fitur yang menjadi favorit pengguna Jurnal adalah 11 desain profesional yang dapat Anda pilih. Upload logo perusahaan dengan mudah ke dalam komponen invoice pilihan Anda untuk mendapatkan faktur perusahaan sendiri yang terlihat profesional.

Hal ini tentunya dapat menambah kredibilitas perusahaan di mata pelanggan maupun supplier Anda.

Jurnal adalah aplikasi invoice yang membantu mengelola keuangan bisnis lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan keuangan secara instan dan real-time. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda lihat website Jurnal.

 

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Berikut tadi merupakan beberapa contoh invoice yang umum di gunakan oleh bisnis, artinya bisa digunakan sebagai acuan karena pembuatan invoice haruslah benar, tepat, dan jelas.  Ikuti media sosial Jurnal untuk informasi lainnya mengenai bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo