Pembiayaan Ekuitas atau Utang? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Saat ini, pembiayaan ekuitas dan pembiayaan utang sudah banyak beredar di lingkungan bisnis. Kedua pilihan tersebut dimiliki oleh bisnis baru hingga bisnis yang sudah memasuki tahap penggalangan dana. Tapi sebelum Anda memilih untuk mendapatkan pendanaan dalam berbasis ekuitas atau pembiayaan utang, ada baiknya untuk mengetahui pro dan kontra masing-masing pembiayaan tersebut.

Berikut kelebihan dan kekurangan pembiayaan ekuitas dan pembiayaan utang yang dirangkum oleh Jurnal by Mekari.

Pembiayaan Ekuitas

unsur modal dan ekuitas

Anda mungkin memiliki uang tunai yang ingin Anda masukkan ke dalam bisnis sendiri, sehingga akan menjadi dasar awal mula bisnis berjalan. Mungkin Anda juga memiliki keluarga atau teman yang tertarik dengan ide bisnis Anda dan mereka ingin berinvestasi dalam bisnis. 

Hal tersebut mungkin terdengar bagus bagi Anda, tetapi bahkan jika ini adalah jalan terbaik untuk Anda, ada faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda memilih bagaimana pendanaan bisnis Anda. Jika Anda memutuskan untuk menerima investasi dari keluarga dan teman, Anda akan menggunakan bentuk pembiayaan yang disebut pembiayaan ekuitas

Satu hal yang Anda ingin jelaskan adalah apakah keluarga dan teman-teman Anda ingin berinvestasi dalam bisnis atau meminjamkan sejumlah uang untuk bisnis Anda? Keduanya adalah hal yang berbeda! 

Jika mereka ingin berinvestasi, maka mereka menawarkan Anda pembiayaan ekuitas. Jika mereka ingin meminjamkan uang, maka dianggap sebagai pembiayaan utang.

  • Keuntungan Pembiayaan Ekuitas

  1. Anda dapat menggunakan uang tunai dan uang investor saat memulai bisnis untuk semua biaya di awal, alih-alih melakukan pembayaran pinjaman besar ke bank atau organisasi atau individu lain. Anda bisa terus berjalan tanpa beban utang.
  2. Jika Anda telah menyiapkan prospektus untuk investor dan menjelaskan kepada mereka bahwa uang mereka berisiko, mereka akan memahami jika bisnis gagal, mereka tidak akan mendapatkan uang mereka kembali.
  3. Bergantung pada siapa investor Anda, mereka mungkin menawarkan bantuan bisnis berharga yang mungkin tidak pernah Anda miliki sebelumnya. Hal ini menjadi penting, terutama pada bisnis yang baru saja dimulai. Anda mungkin ingin mempertimbangkan investor atau pendanaan modal ventura. Pilih investor Anda dengan bijak!
  • Kekurangan Pembiayaan Ekuitas

  1. Ingatlah bahwa investor benar-benar akan memiliki bisnis Anda; seberapa besar potongan itu tergantung pada berapa banyak uang yang mereka investasikan. Anda mungkin tidak ingin melepaskan kendali atas bisnis Anda, jadi Anda harus menyadari beberapa hal ini ketika Anda memutuskan untuk menggunakan investor.
  2. Investor juga biasanya berharap mereka mengetahui dari mana keuntungan yang akan mereka peroleh. Tetapi jika Anda tidak mendapat untung selama tahun-tahun pertama bisnis, maka investor tidak berharap dibayar dan Anda tidak memiliki utang untuk membayar kembali uang yang telah mereka investasikan.
  3. Karena investor memiliki sebagian dari bisnis Anda, Anda diharapkan untuk bertindak demi kepentingan terbaik mereka. Dalam beberapa kasus, jika Anda membuat sekuritas perusahaan untuk beberapa investor, dokumen-dokumen tersebut mungkin membuat Anda kewalahan. Anda juga perlu mengetahui persyaratan sebelum membuat keputusan tentang seberapa luas Anda ingin membuka bisnis untuk investasi.

Baca juga: Memaksimalkan Modal Bisnis dengan Ekuitas

Pembiayaan Utang

10 Cara Efektif Mengelola Utang Perusahaan

Jika Anda memutuskan tidak ingin menggunakan investor dan ingin kontrol total atas bisnis sendiri, Anda mungkin ingin menggunakan pembiayaan utang untuk memulai bisnis. Anda akan mencoba memanfaatkan sumber dana sendiri terlebih dahulu dengan menggunakan pinjaman pribadi, pinjaman ekuitas rumah, dan bahkan kartu kredit . 

Mungkin keluarga atau teman akan bersedia untuk meminjamkan Anda dana yang diperlukan dengan suku bunga yang lebih rendah dan ketentuan pembayaran yang lebih baik. 

  • Kelebihan Pembiayaan Utang

  1. Pembiayaan utang memungkinkan Anda untuk mengendalikan nasib sendiri terkait bisnis Anda. Anda tidak memiliki investor atau mitra untuk dipertanggungjawabkan, Anda dapat membuat semua keputusan. Anda memiliki semua keuntungan yang Anda hasilkan.
  2. Jika Anda membiayai bisnis Anda menggunakan utang, bunga yang Anda bayar atas pinjaman dapat dikurangkan dari pajak. Hal ini berarti, pembiayaan utang melindungi sebagian pendapatan bisnis Anda dari pajak dan menurunkan kewajiban pajak Anda setiap tahun. Bunga Anda biasanya didasarkan pada suku bunga utama.
  3. Pemberi pinjaman tidak berbagi keuntungan dengan Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan pembayaran pinjaman tepat waktu.
  4. Anda dapat mengajukan pinjaman yang memiliki persyaratan yang lebih menguntungkan untuk usaha kecil daripada pinjaman bank komersial.
  • Kekurangan Pembiayaan Utang

  1. Kerugian dari meminjam uang untuk bisnis kecil mungkin besar. Anda mungkin memiliki pembayaran pinjaman dalam jumlah besar berbarengan dengan kebutuhan bisnis akan modal yang besar pula.
  2. Jika Anda tidak membayar pinjaman tepat waktu , Anda dapat merusak riwayat kredit Anda dan membuat pinjaman selanjutnya menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin.
  3. Anda juga dapat merusak pertemanan atau hubungan dengan keluarga jika Anda tidak membayar secara tepat waktu kepada mereka.

Baca juga: Kelola Hutang dan Piutang dengan Software Akuntansi Online yang Simple

Mana yang terbaik? Pembiayaan utang atau ekuitas? Hal ini tergantung situasi. Modal keuangan bisnis, calon investor, status kredit, rencana bisnis, situasi pajak, situasi pajak investor, dan jenis bisnis yang Anda rencanakan, segalanya berdampak pada keputusan Anda. Campuran pembiayaan utang dan ekuitas juga dapat Anda gunakan dalam penentuan modal bisnis.

Untuk itu, sebelum Anda menentukan apa yang akan dipilih dan bagaimana cara terbaiknya. Gunakan software akuntansi dan keuangan seperti Jurnal. Ketahui bagaimana kondisi laporan keuangan terkini secara lengkap sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan yang terbaik. Buat keputusan keuangan bisnis Anda dengan bijak!


PUBLISHED05 Jun 2020
Septina Muslimah
Septina Muslimah


Kategori : Bisnis