Dalam perjalanan sebuah usaha, adakalanya kita mengalami kendala kekurangan modal. Untuk mengatasi hal ini, para pelaku usaha biasanya  mendapatkan tambahan dana dari investor perorangan maupun lembaga keuangan yang ada seperti Bank. Tapi tahukah Anda, melakukan pinjaman ataupun kerja sama penanaman modal harus dilakukan karena alasan-alasan usaha yang penting. Di bawah ini akan kita bahas beberapa alasan mengapa Anda perlu mencari investor untuk tambahan modal usaha, sehingga tidak terjebak pada penambahan modal sia-sia yang justru akan membebani keuangan usaha pada akhirnya.

 

Ekspansi Bisnis

Dalam proses perjalanan usaha, Anda pasti akan senang ketika mengalami peningkatan usaha. Namun, untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha, Anda membutuhkan modal tambahan untuk berbagai keperluan seperti pemasaran, kantor atau gudang inventaris baru, renovasi, rekrut karyawan baru, dan sebagainya. Mencari investor untuk tambahan modal usaha adalah hal yang biasa dilakukan oleh para pengusaha. Dengan memiliki dana tambahan dari para investor, perusahaan akan memiliki keluasan untuk melakukan sebuah ekspansi bisnis. Karena semakin bisnis berkembang, semakin besar pula biaya operasional yang dibutuhkan.

 

Menjaga Arus Kas

Sebagai pengusaha, Anda memerlukan arus kas yang tetap berjalan. Terutama ketika produk yang Anda jual belum tersebar luas sehingga belum memiliki banyak pemasukan. Banyak biaya atau beban usaha yang tetap harus Anda bayarkan. Untuk mengatasi kelancaran arus kas dan memiliki tambahan modal, Anda butuh seorang investor untuk mendukung usaha Anda. Menjaga arus kas merupakan sebuah tantangan terbesar dan masalah yang harus ditangani dengan serius. Dalam kaitannya membayar biaya operasional, gaji karyawan, berbagai tagihan-tagihan yang perlu dibayar. Dengan arus kas yang lancar, usaha dapat berjalan dengan baik.

 

Menambah Inventaris Usaha

Ketika sebuah usaha sedang berkembang dan mulai memiliki banyak permintaan barang. Mungkin Anda sering mendapatkan kesulitan dalam pengelolaan ketersediaan barang tersebut. Misalnya, jumlah permintaan barang yang masuk tidak seimbang dengan jumlah stok barang yang Anda miliki. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan tambahan stok yang tentunya juga berimbas pada tambahan biaya produksi. Jika Anda kesulitan untuk menambah produksi karena ketiadaan biaya, maka hal ini akan sangat disayangkan sekali. Seorang investor sebagai penambah modal usaha akan menjadi solusi yang tepat.

 

Menambah & Menjaga Aset

Walaupun terkesan sepele, penambahan dan perawatan aset akan berimbas pada banyaknya produksi yang bisa Anda lakukan. Untuk memenuhi hal tersebut, Anda harus menyediakan anggaran khusus dan mungkin dana yang akan dikeluarkan tidak sedikit. Untuk menjaga ketersediaan dana, maka keberadaan investor bisa menjadi alternatif yang paling tepat untuk membeli peralatan maupun perlengkapan demi mendongkrak aktivitas bisnis Anda.

 

Apabila hal-hal di atas Anda alami, sudah saatnya Anda mulai mencari investor untuk membantu dalam penambahan modal usaha. Cobalah membuat investor yang Anda tuju percaya akan usaha yang Anda jalankan. Untuk menambah keyakinan investor dalam memberikan kepercayaan berinvestasi, Anda perlu memiliki laporan keuangan yang baik.

 

Jurnal software akuntansi online, dapat menjadi solusi tepercaya bagi Anda yang membutuhkan laporan keuangan secara instan dengan data realtime. Selain menyediakan laporan keuangan, Jurnal juga dapat membantu Anda mengelola bisnis lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman dengan berbagai fitur yang tersedia. Temukan fitur Jurnal yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis, di sini.