Mekari Jurnal
Daftar Isi

Repeat Order: Apa Itu, Manfaat, Tips, dan Solusi dari Mekari Jurnal

Tayang 08 Mar 2024
Diperbarui 14 Maret 2024

Konsumen yang senang dan puas dengan pelayanan maupun barang yang diterima tentu akan kembali membeli barang dan di tempat yang sama, hal ini yang dikenal dengan istilah repeat order.

Fenomena ini merupakan sebuah hal cukup ditunggu oleh para pemilik bisnis, karena adanya repeat order tentu membuktikan bahwa pelayanan dan barang yang disajikan sudah yang terbaik.

Dari sisi konsumen juga mengalami keuntungan karena tidak perlu repot-repot lagi jika ingin membeli barang yang sama atau mencari pelayanan yang membuat dirinya nyaman.

Namun, hal yang perlu pemilik bisnis miliki adalah sebuah pengetahuan dalam mempertahankan proses tersebut. Bagaimana caranya?

Simak tips untuk meningkatkan dan mengatasi hambatan yang terjadi dalam mengelola repeat order dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Pengertian Repeat Order?

Berdasarkan Cambridge Dictionaryrepeat order berarti sebuah pesanan lain yang berasal dari konsumen yang telah memesan barang yang sama sebelumnya. Singkatnya, repeat order mengacu kepada pesanan yang berulang.

Jika digali lebih dalam, adanya pesanan kembali dari konsumen yang sama menandakan adanya pengakuan bahwa produk tersebut memiliki nilai yang dibutuhkan pembeli.

Di sisi lain, pemilik bisnis melihat bahwa produk atau layanan sudah berhasil dioptimalkan untuk dapat memberikan profit yang ingin dicapai.

Adanya repeat order memberikan keuntungan yang maksimal bagi pelaku industri dalam bidang B2C maupun B2B. Bagi B2B (Business to Business), ini akan membantu dalam mendapatkan profit yang berulang dari klien yang sama melalui proses pengadaaan barang dan jasa perusahaan.

Dalam konteks B2B, repeat order artinya proses pengadaan barang berupa penambahan barang dari pemasok yang sama tanpa melalui proses pengadaan normal.

Law Insider

Ada banyak alasan mengapa konsumen kembali membeli di tempat yang sama, mulai dari suka dengan kualitas yang diberikan, harga yang sesuai dengan kualitas, pelayanan yang memuaskan, hingga kenyamanan dalam melakukan transaksi jual-beli.

Faktor-faktor penentu ini yang membantu mengembangkan pertumbuhan bisnis melalui merek dagang yang semakin kuat di pasar serta volume penjualan yang meningkat.

apa itu repeat order dan apa manfaatnya bagi perkembangan bisnis?

Apa Manfaat Repeat Order bagi Bisnis?

Secara tidak langsung, repeat order memberikan kontribusi dalam meningkatkan nilai merek dagang, volume penjualan, dan produktivitas operasional bisnis.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya, di antaranya:

1. Mempertahankan Arus Kas

Pesanan yang berulang memberikan aliran pendapatan yang stabil secara berkala. Bagi bisnis, ini penting untuk mempertahankan kestabilan keuangan bisnis terlebih ketika pasar sedang mengalami penurunan atau fluktuasi yang tinggi.

2. Membangun Konsumen yang Setia

Repeat order dapat menjadi metrik untuk mengetahui bahwa konsumen tersebut menyukai barang atau pelayanan yang bisnis berikan.

Jika kenyamanan ini dapat dipertahankan, bisa saja Anda mendapatkan konsumen tetap dan loyal yang dapat bertahan dalam jangka lama yang tentunya sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.

3. Memperluas Jangkauan Pasar

Adanya konsumen yang loyal dan nyaman terhadap produk dan layanan yang diberikan tentunya dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas.

Hal ini dapat membantu untuk membangun ikatan dalam jangka panjang antara bisnis dengan konsumen.

Selain itu, ikatan yang kuat ini dapat berpeluangan konsumen tersebut akan aktif merekomendasikan toko ke orang-orang terdekatnya.

90% responden lebih percaya terhadap suatu merek berdasarkan rekomendasi temen dan keluarganya.

Hubspot

4. Biaya Akuisisi yang Rendah

Mencari target pelanggan baru biasanya akan memakan waktu, tenaga, dan juga biaya. Oleh karena itu, daripada mengeluarkan sumber daya untuk mencari konsumen baru secara terus-menerus, akan lebih baik dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas bisnis.

Strategi tentunya akan meningkatkan konsumen melakukan pemesanan berulang, sehingga Anda dapat mengurangi biaya marketing dan penjualan.

Namun, sebenarnya apasih yang dimaksud dengan akuisisi? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini: Pengertian Akuisisi, Manfaat dan Klasifikasinya

Apa Saja Hambatan Ketika Mencoba Meningkatkan Repeat Order?

Meningkatkan tingkat repeat order dalam sebuah usaha dan bisnis bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa faktor yang kadang menjadi tantangan atau hambatan ketika mencoba untuk meningkatkannya.

Beberapa tantangan atau hambatan yang bisa dihadapi oleh bisnis dalam mencapai tujuan ini, seperti:

  1. Kualitas produk yang kurang menarik dan kurang memuaskan.
  2. Pelayanan bisnis yang tidak memenuhi harapan, seperti pelayanan atau pengiriman yang lambat.
  3. Kalah persaingan dengan kompetitor yang memiliki nilai jual lebih kompetitif.
  4. Tidak berhasil membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen.
  5. Produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan bisnis yang gagal dalam memahaminya.
  6. Tidak adanya persediaan barang yang mencukupi, sehingga menghambat jalannya proses repeat order.
  7. Kurangnya bisnis dalam melakukan riset pasar dan berinovasi dalam produk baru.

Tips untuk Meningkatkan Repeat Order

Untuk mengatasi hambatan dan tantangan dalam meningkatkan repeat order, diperlukan penanganan dan perencanaan yang tepat agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

Oleh karena itu, terdapat beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan repeat order dalam bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

Cara pertama dan yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Memberikan pelayanan pelanggan yang unggul adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan mendorong mereka untuk kembali.

Ini akan memberikan mereka pengalaman belanja yang baik, dan kenyamanan tersebut akan berpeluang besar membuat mereka kembali ke bisnis Anda.

Salah satu hal pasti yang perlu Anda perhatikan nantinya adalah bagaimana Anda dapat mempertahankan tingkat kualitas ini.

Oleh karena itu, Anda dapat mempertahankannya dengan merespons pertanyaan, masukan, atau keluhan pelanggan dengan cepat dan memperbaiki area yang bisa ditingkatkan.

Simak lebih lanjut: Customer Service Sebagai Sebuah Aset Produk Bernilai Tinggi

2. Program Loyalitas

Program ini hampir seperti sama dengan penawaran khusus namun lebih ditunjukkan kepada konsumen yang sudah setia dan loyal, sehingga mereka dapat mempertahankan melakukan repeat order pada bisnis Anda.

Biasanya, program loyalitas akan diterapkan melalui penawaran diskon eksklusif, doorprize, hingga pemberian bonus dalam bentuk poin reward. Ini akan mendorong mereka untuk kembali membeli barang.

3. Membangun Komunikasi yang Berkelanjutan

Berkomunikasi secara teratur dan berkelanjutan dengan pelanggan dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan peluang untuk repeat order.

Anda dapat melakukannya dengan melalui channel komunikasi digital seperti email, media sosial, atau pesan langsung.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan informasi yang disampaikan masih relevan dan menarik seperti promosi atau informasi produk terbaru yang mungkin menarik minat mereka.

4. Personalisasi Pengalaman

Menerapkan personalisasi terhadap pendekatan konsumen bisa menjadi cara yang bisa Anda terapkan dalam meningkatkan repeat order.

Ini penting untuk menyesuaikan produk dan layanan dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Agar akurat dan tepat, Anda bisa menggunakan data karakterisik konsumen untuk memberikan rekomendasi produk yang relevan dengannya. Metode ini yang biasa dikenal dengan personalized marketing.

Jika berhasil, nantinya konsumen akan merasa nyaman dan sangat dihargai,

5. Penawaran Khusus untuk Pelanggan yang Ada

Salah satu cara yang paling menarik bagi konsumen untuk mempertahankan pembelian adalah adanya penawaran eksklusif dan juga diskon.

Penawaran bisa berkaitan dengan product bundle, potongan harga pada pembelian ke-2 (dan selanjutnya), free ongkir, serta bonus diskon referensi atau referral.

6. Pemenuhan Stok (Fulfillment)

Persediaan stok juga memberikan kontribusi dalam mendorong konsumen untuk melakukan repeat order.

Salah satu faktornya adalah karena konsumen juga mencari toko yang memiliki stok yang dapat menyediakan kebutuhannya dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengelolaan stok barang yang komprehensif agar dapat memenuhi permintaan pesanan ketika terjadi repeat order.

Untuk lebih lengkapnya, simak artikel terkait berikut ini: Memahami Fulfillment dalam Bisnis dan Implementasinya

7. Analisis Data Pelanggan

Untuk cara yang selanjutnya adalah mengedepankan data penjualan dan forecasting untuk meningkatkan efisiensi strategi di periode selanjutnya.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi dan menganalisis data-data yang berkaitan dengan periode tren pembelian, preferensi produk, dan pola perilaku konsumen.

Ini akan sangat membantu sebagai acuan dasar untuk mengambil keputusan strategi bisnis di periode selanjutnya terkait strategi pemasaran dan penjualan, harga penjualan, dan pengelolaan stok barang.

Contoh Bagaimana Meningkatkan Repeat Order

Untuk lebih mudah memahami bagaimana suatu bisnis dapat memiliki konsumen yang melakukan repeat order atau meningkatkannya, simak contoh kasusnya berikut ini.

Sebuah bisnis bernama PT. Jurnal Karya menjalankan usaha bisnis pakaian secara online di sebuah marketplace. Pada tiga bulan pertama sejak membuka penjualan bisnis, volume penjualan masih cuma baik, namun tidak ada pembelian berulang.

Akhirnya, kas bisnis semakin menyusut karena biaya akuisisi pelanggan terlalu besar. Oleh karena itu, pemilik bisnis mencoba merencanakan ulang strateginya untuk mencoba meningkatkan tingkat repear order.

Beberapa rencana strategi yang ingin diterapkan pada PT. Jurnal Karya adalah:

  1. Meningkatkan pelayanan, caranya dengan meningkatkan waktu balas admin jika ada pertanyaan, serta meningkatkan proses pengemasan dan pengiriman barang.
  2. Membangun komunikasi yang teratur, melalui broadcast massages yang isinya berkaitan dengan voucher diskon atau bundle barang yang sedang diterapkan,
  3. Personalisasi, dengan memahami apa yang dibutuhkan oleh target pembeli Anda. Misalkan, target pembeli PT. Jurnal Karya merupakan pekerja kantoran. Maka, produk yang diperjual-belikan akan berkaitan dengan celana dan rok kerja, kemeja, dan dasi.
  4. Membangun review yang positif, konsumen yang puas dengan pelayanan Anda tentunya akan memberikan review yang juga positif dalam toko online Anda. Maka, berikan bentuk apresiasi seperti penawaran khusus jika mereka bersedia memberikan review singkat seputar pengalamannya.

Setelah PT. Jurnal Karya berhasil menganalisis data terkait pemasaran dan penjualannya, akhirnya mereka berhasil menemukan empat solusi yang akan mulai diterapkan.

Empat bulan setelah strategi bisnis berjalan, mereka-pun berhasil mencapai tujuan utamanya yaitu meningkatkan repeat order dari konsumen yang sudah pernah membeli produk di toko onlinenya.

Masih membutuhkan ide strategi bisnis lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis? Yuk, baca artikel ini: Strategi Bisnis Online Efektif Terbaik Wajib Dicoba!

Solusi dengan Mekari Jurnal dalam Manajemen Persediaan dan Order

Itulah penjelasan selengkapnya mengenai manfaat ketika mendapatkan repeat order dalam sebuah bisnis dan tips cara meningkatkannya.

Melalui tips-tips yang dibahas itu, peran manajemen persediaan dan pesanan mejadi cukup penting karena berkaitan penuh dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Perlu adanya pengendalian secara penuh dan berkala agar pengelolaan dapat terus terpantau secara akurat. Untuk memudahkan hal ini, Anda bisa menggunakan perangkat lunak yang terdapat fitur ini di dalamnya.

Mekari Jurnal dapat menjadi solusi Anda untuk memantau dan mengelola aspek-aspek ini secara realtime dan mudah karena memiliki beberapa fitur pendukung, seperti aplikasi stok barang untuk memantau persediaan di gudang yang up-to-date secara otomatis dan realtime.

Kemudian, Mekari Jurnal juga memiliki fitur invoice & faktur online yang dapat membantu Anda dalam mengelola pesanan dengan mudah. Ini dikarenakan Anda dapat membuat bukti transaksi secara cepat karena terdapat template yang beragam dan dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan, serta update status invoice secara otomatis.

Kedua fitur itu sudah mampu memberikan perkembangan yang cukup signifikan dalam pelayanan bisnis Anda sehingga konsumen menjadi puas dan kembali melakukan repeat order di toko Anda.

Masih terdapat beragam fitur unggulan lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas da produktivitas bisnis Anda.

Eksplorasi selengkapnya dengan mendaftarkan bisnis Anda dan dapatkan free trial selama 7 hari dari kami sekarang juga!

Daftar dan Dapatkan Free Trial Mekari Jurnal Sekarang!

Terima kasih, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda!

 

 

 

Referensi:

Hubspot, “71% More Likely to Purchase Based on Social Media Referrals [Infographic]”.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal