Mekari Jurnal
Daftar Isi

Pengertian Akuisisi, Manfaat dan Klasifikasinya

Tayang 23 Aug 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Pernahkah Anda mendengar istilah akuisisi? Dapatkah Anda menjelaskan apa yang dimaksud dengan akuisisi serta jenis dan klasifikasinya? Untuk memahaminya, baca terus artikel ini!

Pengambilalihan kepemilikan sebuah perusahaan dalam dunia bisnis bisa terjadi kapan saja.

Alasan yang sering dikemukakan ketika perusahaan bergabung dengan perusahaan lain atau melakukan akuisisi adalah karena dengan adanya hal ini, perusahaan mampu mencapai pertumbuhan lebih cepat daripada harus membangun unit usaha sendiri.

Di bawah ini akan kita bahas mengenai pengertian, manfaat dan jenis akuisisi.

pengertian, jenis, dan klasifikasi akuisisi

Pengertian Akuisisi

Dibawah ini merupakan pengertian akuisisi menurut para ahli:

  • PSAK No. 2 paragraf 08 tahun 1999

Menurut PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), akuisisi (acqusition) adalah suatu penggabungan usaha di mana salah satu perusahaan yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva neto dan operasi perusahaan yang diakuisisi (acquiree), dengan memberikan aktiva tertentu, mengakui suatu kewajiban, atau mengeluarkan saham.

  • Michael A. Hitt

Yang dimaksud dengan akuisisi yaitu memperoleh atau membeli perusahaan lain dengan cara membeli sebagian besar saham dari perusahaan sasaran.

  • P.S Sudarsanan

Sebuah perjanjian, di mana sebuah perusahaan membeli aset atau saham perusahaan lain, dan para pemegang saham dari perusahaan lain menjadi sasaran akuisisi akan berhenti menjadi pemilik perusahaan.

  • Marcell Go

Akuisisi sering juga disebut sebagai investasi peranan modal yang mana adalah adalah penguasaan sebagian saham dari perusahaan subsidiary, melalui pembelian saham hak suara perusahaan subsidiary, dalam jumlah material (lebih dari 50%).

Berdasarkan beberapa definisi di atas, maka akuisisi dapat disimpulkan sebagai pengambilalihan kepemilikan suatu perusahaan oleh perusahaan lain yang dilakukan dengan cara membeli sebagian atau seluruh saham perusahaan, di mana perusahaan yang diambil alih tetap memiliki hukum sendiri dengan maksud untuk pertumbuhan usaha.

Manfaat Akuisisi

Menurut Shapiro (1991 : 933) dalam Christina (2003 : 12), keuntungan atau manfaat akuisisi adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dalam bisnis sekarang daripada melakukan pertumbuhan secara internal.
  2. Mengurangi tingkat persaingan dengan membeli beberapa badan usaha guna menggabungkan kekuatan pasar dan pembatasan persaingan.
  3. Memasuki pasar baru penjualan dan pemasaran sekarang yang tidak dapat ditembus.
  4. Menyediakan managerial skill, yaitu adanya bantuan manajerial mengelola aset-aset badan usaha.

Kelebihan dan Kekurangan Akuisisi

Beberapa kelebihan pada sistem akuisisi:

  1. Adanya pengendalian yang besar atas saham dan aset perusahaan yang diakusisisi.
  2. Tidak perlu mengurus banyak persyaratan terutama yang berkaitan dengan badan hukum.
  3. Tetap mempertahankan perusahaan yang telah ada sebelumnya dengan mengambil alih perusahaan kompetitor.

Beberapa kekurangan pada sistem akuisisi:

  1. Mengeluarkan biaya yang tinggi dalam proses legalitas.
  2. Akuisisi bisa gagal jika pemegang saham minoritas banyak yang tidak setuju.
  3. Perlunya pengawasan dan sistem yang baik agar perusahaan yang telah diakusisisi selaras dengan visi dan misi perusahaan yang mengakuisisi.

Klasifikasi Pengambilalihan Kepemilikan

Berdasarkan Bentuk Dasar atau Objek

Terdapat tiga prosedur dasar yang tepat dilakukan perusahaan untuk mengambil alih perusahaan lain, yaitu:

1. Merger atau Konsolidasi

Istilah merger sering digunakan untuk menunjukkan penggabungan dua perusahaan atau lebih, dan kemudian tinggal nama salah satu perusahaan yang bergabung.

Sedangkan konsolidasi menunjukkan penggabungan dari dua perusahaan atau lebih, dan dari perusahaan-perusahaan yang bergabung tersebut hilang, kemudian muncul nama baru dari perusahaan gabungan.

2. Akuisisi Saham

Cara kedua untuk mengambil alih perusahaan lain adalah membeli saham perusahaan tersebut, baik dibeli secara tunai, ataupun menggantinya dengan sekuritas lain (saham atau obligasi).

3. Akuisisi Aset

Suatu perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan lain dengan jalan membeli aktiva tetap perusahaan tersebut.

Cara ini akan menghindarkan perusahaan dari kemungkinan memiliki pemegang saham minoritas, yang dapat terjadi pada peristiwa pemerolehan saham.

Pengambilalihan kepemilikan asets dilakukan dengan cara pemindahan hak kepemilikan aktiva-aktiva yang dibeli.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Sistem Informasi Manajemen

Berdasarkan Keterkaitan dengan Jenis Usaha

1. Akuisisi Horizontal

Pengambilalihan kepemilikan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atas perusahaan target yang memiliki bidang usaha yang sama, sehingga merupakan pesaing usaha, baik pesaing yang memproduksi produk yang sama maupun daerah pemasaran yang sama.

Tujuannya  yaitu untuk memperbesar pangsa pasar atau membunuh pesaing.

2. Akuisisi vertikal

Pemerolehan dilakukan antara suatu perusahaan dengan perusahaan yang masih dalam satu mata rantai produksi, yakni suatu perusahaan yang bergerak dalam produksi dari hulu ke hilir.

Tujuan ini yaitu untuk memperoleh kepastian adanya pasokan dan penjualan barang.

3. Akuisisi konglomerat

Pengambilalihan kepemilikan perusahan yang tidak terkait dengan perusahaan-perusahaan lain baik secara horizontal maupun secara vertikal.

Tujuan ini yaitu agar perusahaan yang diakuisisi dapat  menunjang perusahaan yang mengakuisisi secara keseluruhan serta untuk memantapkan kondisi portepel (portfolio) grup perusahaan.

Dilihat dari segi akuntansinya, apabila dua atau lebih badan usaha diselenggarakan bersama atau digabungkan dengan tujuan untuk melanjutkan usaha-usahanya yang terdahulu, hal tersebut bisa dikatakan sebagai bentuk pengambilalihan kepemilikan.

Sebagai akibat adanya kombinasi tersebut, maka prosedur pencatatan akuntansinya terdiri dari dua macam metode yaitu metode pembelian (by purchase) dan metode penyatuan kepentingan (by pooling of interest).

Untuk mendapatkan pencatatan keuangan yang baik selama proses akuisisi, ada baiknya setiap perusahaaan mulai memiliki program akuntansi online seperti Jurnal, yang didalamnya terdapat banyak fitur seperti aplikasi inventaris, laporan keuangan dan aplikasi invoice.

Dengan menggunakan Jurnal, pencatatan keuangan perusahaan Anda tidak hanya mudah diakses oleh beberapa pihak secara bersamaan namun juga memungkinkan Anda untuk memiliki data keuangan secara lengkap.

Jurnal, memberi efisiensi laporan keuangan Anda secara aman dan mudah. Dapatkan free trial  Jurnal selama 14 hari.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal