Bagi seorang pemula, untuk menjalankan sebuah usaha tidak selalu berhasil karena banyaknya kompetitor yang ada dan modal usaha yang terbatas. Ada banyak calon-calon pengusaha yang memiliki banyak ide kreatif untuk memulai sebuah bisnis yang sukses tetapi mereka tidak berani mengambil risiko yang tinggi. Sebenarnya ide-ide tersebut bisa berjalan dengan lancar jika bisa mendapatkan modal dari investor, tetapi mencari seorang investor tidaklah mudah. Perlu dilakukan beberapa cara agar bisa mendapatkan seorang  investor yang tertarik dengan bisnis Anda dan berani menanamkan modalnya. Di bawah ini akan kita diskusikan cara mendapatkan modal usaha dari investor.

 

Mengajukan Proposal

Proposal merupakan sebuah jembatan bagi perusahaan untuk mencari tambahan modal usaha baik untuk mencari investor ataupun untuk meminjam dana. Proposal yang menarik dan sesuai dengan situasi usaha akan memberikan dampak yang besar terhadap penilaian perusahaan. Oleh karena itu, buatlah proposal semenarik mungkin untuk menarik hati calon investor. Proposal ini harus berisi secara detail terkait visi dan misi perusahaan yang Anda jalani, mencantumkan posisi arus kas perusahaan, dan rencana usaha yang akan datang.

 

Presentasi yang Menarik

Untuk mencari seorang investor, Anda juga perlu mempresentasikan proposal yang telah Anda buat. Meskipun calon investor telah membaca proposal tersebut, presentasi yang tepat memberikan pengaruh yang sangat besar. Buatlah slide presentasi yang simpel, tidak terlalu banyak tulisan, dan tambahkan sedikit animasi, sehingga calon investor akan memperhatikan dengan seksama penjelasan Anda. Jelaskan secara detail tentang manajemen keuangan, prospek usaha, dan tim kerja perusahaaan Anda.

 

Jelaskan Risiko Usaha

Setiap usaha pasti akan mengalami sebuah risiko, untuk itu Anda juga perlu menjelaskan risiko yang akan dialami pada calon investor. Jangan menyembunyikan risiko tersebut pada calon investor jika ingin mendapatkan tambahan modal usaha. Investor perlu tahu hambatan apa yang akan dialami perusahaan dan mungkin saja bisa memberikan solusi untuk mengurangi risiko usaha tesebut. Investor juga lebih memilih pengusaha yang jujur dan bisa dipercaya untuk diajak bekerja sama.

 

Mengikuti Pameran dan Kompetisi

Mengikuti pameran dan kompetisi dalam bidang bisnis, juga termasuk salah satu jalan untuk mencari investor dan mendapatkan modal. Anda yang sudah memiliki usaha, bisa mengikuti pameran dan kompetisi karena di tempat itu akan ada banyak investor yang melihat. Mereka akan datang untuk melihat konsep bisnis yang menarik dan bersedia menanamkan modal untuk usaha tersebut.

 

Membuat Strategi Usaha

Setiap pengusaha pasti menginginkan bisnis yang berkembang sehingga diperlukan tambahan modal usaha dalam mencapainya. Ketika Anda mencari seorang investor, Anda perlu membuat strategi usaha yang tepat dalam mengembangkan bisnis. Calon investor selalu menanyakan strategi apa yang Anda gunakan, sehingga Anda perlu menyiapkannya dengan sempurna. Strategi usaha yang baik akan mencerminkan prospek usaha yang besar di kemudian hari.

 

Merapikan Laporan Neraca

Ketika seorang investor telah setuju untuk menanamkan modalnya pada perusahaan Anda, investor tersebut berharap bisa mendapatkan profit dari usaha tersebut. Sebelum memutuskan hal tersebut tentunya mereka sudah mempertimbangkan dengan matang kerugian apa yang akan mereka dapat. Mereka akan mengamati perjalanan arus kas perusahaan Anda melalui neraca keuangan. Oleh karena itu, sebelum mencari investor, Anda perlu merapikan neraca tersebut. Anda bisa membuat neraca yang rapi dengan perhitungan kas, utang, aktiva lancar, dan aktiva tetap secara terpisah dan detail.

 

Untuk membuat laporan tersebut tidaklah mudah, sehingga diperlukan bantuan program akuntansi handal yang dapat mempermudah tugas dari manajemen keuangan. Jurnal merupakan software akuntansi online yang mampu memberikan laporan neraca secara detail tentang posisi keuangan perusahaan. Dengan menggunakan software Jurnal, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tambahan modal usaha dari para investor. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini.

Author