Mekari Jurnal
Daftar Isi
16 min read

9 Strategi Bisnis untuk Mencapai Keuntungan Usaha Maksimal

Tayang 10 May 2023
Diperbarui 13 Oktober 2023

Dalam menjalankan sebuah usaha, menyusun strategi dalam bisnis adalah hal penting yang perlu dilakukan perusahaan berbagai skala sejak awal.

Strategi bisnis adalah upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis.

Dengan adanya strategi bisnis, perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan lain sebagainya.

Untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal, berikut enam strategi bisnis yang dapat dilakukan.

Apa Itu Strategi Bisnis?

Strategi bisnis adalah sebuah peta jalan cerdas yang dirancang oleh perusahaan untuk meraih unggul dalam arena persaingan bisnis.

Dengan merumuskan kebijakan-kebijakan ini, perusahaan bertujuan tidak hanya untuk merealisasikan visi dan misi, tetapi juga untuk mencapai target bisnisnya.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menetapkan pandangan jelas dengan menganalisis tantangan pasar, pesaing, dan elemen-elemen lainnya.

Strategi ini bertindak sebagai penyatuan berbagai departemen dalam satu harmoni yang mendukung perusahaan secara holistik.

Lebih dari itu, strategi bisnis juga berfungsi sebagai perisai perusahaan dalam menghadapi perubahan tren bisnis yang terus berkembang.

Dengan demikian, hambatan-hambatan yang muncul dan tujuan-tujuan yang dicanangkan memiliki jalur yang terang untuk terwujud.

Dalam dunia bisnis yang dinamis, strategi yang tepat akan memandu perusahaan menuju puncak kesuksesan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Elemen-Elemen Komponen Esensial Strategi Bisnis

Ada enam komponen inti dalam strategi bisnis yang patut dipahami dengan jelas.

Berikut paparan mendalam dan contoh dari setiap elemen:

Visi dan Misi Bisnis

Strategi bisnis menjadi alat penting untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis.

Visi yang jelas membantu membentuk instruksi yang terperinci dalam strategi bisnis, seperti tujuan investasi, pemegang tanggung jawab, dan lainnya.

Nilai Inti

Strategi bisnis memberikan panduan kepada eksekutif dan departemen perusahaan tentang apa yang sejalan atau tidak sejalan dengan nilai inti organisasi.

Nilai-nilai ini membentuk budaya perusahaan dan pengambilan keputusan.

Analisis SWOT

Komponen penting lainnya adalah analisis SWOT, mencakup Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman.

Analisis ini membantu perusahaan memanfaatkan kekuatan mereka dan mengatasi kelemahan serta menghadapi peluang dan ancaman.

Taktik

Strategi bisnis harus merinci taktik operasional yang mendukung efisiensi.

Rincian tentang bagaimana tugas dilakukan untuk mencapai tujuan harus disusun dengan cermat, membantu penghematan waktu dan sumber daya.

Perencanaan Alokasi Sumber Daya

Perencanaan strategis juga harus mencakup alokasi sumber daya yang dibutuhkan.

Ini melibatkan pemikiran tentang bagaimana sumber daya akan dialokasikan, siapa yang bertanggung jawab, dan bagaimana pengelolaannya.

Pengukuran

Pengukuran kinerja adalah bagian integral dari strategi bisnis.

Ini melibatkan cara perusahaan melacak hasil, mengevaluasi pencapaian terhadap target yang telah ditetapkan sebelumnya, dan menyesuaikan strategi bila diperlukan.

Jenis-Jenis Strategi Bisnis yang Umum Digunakan

Ada 5 strategi yang efektif yang dapat diterapkan agar bisnis yang sedang digeluti dapat terus berkembang, yaitu:

Strategi Pertumbuhan Bisnis

Growth strategy berarti secara konstan memperkenalkan fitur baru dari produk yang sudah ada.

Seringkali perusahaan dituntut untuk memodifikasi atau menjadi lebih inovatif agar dapat terus kompetitif di industrinya.

Jika tidak, pelanggan akan lari ke produk kompetitor yang menawarkan teknologi yang lebih canggih.

Tidak hanya pada perusahaan besar, UMKM juga dapat mengadopsi strategi bisnis pertumbuhan ini.

Terkadang, sebuah perusahaan dapat menemukan market baru untuk produk mereka secara tidak sengaja.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan sabun colek melakukan market research / riset pasar dan hasilnya menunjukkan produk mereka paling digemari oleh para buruh pabrik.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu berfokus pada menjual produk mereka pada ritel besar, tetapi bisa berfokus untuk menjualnya di warung-warung atau ritel kecil sekitar pabrik atau kawasan industri.

Strategi Diferensiasi Produk Bisnis

Strategi diferensiasi produk adalah salah satu strategi dalam bisnis yang paling efektif untuk UMKM.

Melalui strategi bisnis jenis ini, perusahaan dapat menggali secara strategis faktor-faktor pembeda produk dan jasa dari kompetitor.

Nilai pembeda dalam strategi ini tidak harus selalu menjadikan perusahaan mengeluarkan biaya lebih untuk mengkapitalisasikannya.

Diferensiasi produk dapat lahir dari bagaimana melakukan business model, bagaimana membuat produk, atau menerapkan pendekatan pada layanan.

Dan semua itu tidak harus mengeluarkan biaya tambahan jika riset mendalam dilakukan secara cermat dan lebih strategis.

Strategi Harga

Strategi harga seringkali meliputi pemberlakuan harga produk yang lebih tinggi dibanding kompetitor, terutama ketika ada di fase awal pengenalan produk.

Para pelaku UMKM dapat menggunakan strategi ini dan menjadikannya motor akselerasi pembalik modal produksi dan iklan yang mungkin telah dilakukan jika sukses diimplementasikan.

Namun, jangan lupa memastikan bahwa Anda benar-benar memiliki sesuatu yang spesial pada produk atau layanan Anda ketika memberlakukan strategi ini.

Jika Anda berada di lingkungan pasar yang tidak banyak pemainnya atau bahkan hanya Anda yang ada di sana, maka strategi ini bisa menjadi strategi yang efektif.

Karena pelanggan hanya akan melihat brand Anda saja.

Strategi Akuisisi Bisnis

Para pebisnis yang memiliki modal yang cukup besar dapat memakai strategi bisnis akuisisi ini.

Strategi bisnis akuisisi artinya membeli salah satu perusahaan dan/atau lini produksi tambahan dari produk yang sudah ada.

Keuntungan dari strategi ini adalah dengan modal yang besar, maka sebuah perusahaan dapat lebih leluasa dalam menilai potensi bisnis perusahaan yang akan diakuisisi yang sesuai dengan visi perusahaan pemilik modal.

Strategi Konten

Di era digital yang semakin canggih ini, strategi konten merupakan strategi bisnis efektif yang wajib dikembangkan secara matang dan diimplementasikan dengan benar.

Ketika bisnis Anda menggunakan strategi bisnis yang jelas melalui konten, maka konten Anda akan bekerja dengan efisien.

Hal ini karena konten yang dikembangkan akan menjadi lebih spesifik.

Strategi konten ini setidaknya akan melibatkan pengembangan konten blog, email marketing, dan aktivasi media sosial yang relevan bagi bisnis Anda.

Salah satu aspek yang terpenting dari strategi ini adalah jangan hanya memproduksi dan mendistribusikan konten, namun Anda juga harus responsif terhadap setiap interaksi yang terjadi dari setiap konten tersebut.

Peranan Strategi Bisnis: Mengungkap Fungsi yang Mendalam

Strategi bisnis, sebagaimana diuraikan dalam definisi, memegang peran sentral dalam kemajuan perusahaan.

Setiap entitas bisnis memiliki tim khusus yang merancangnya, yang kemudian mengimplementasikan strategi tersebut secara optimal.

Berikut adalah fungsi-fungsi penting dari penerapan strategi dalam konteks bisnis.

Fungsi Perencanaan

Strategi bisnis memandu pemilik bisnis dan seluruh tim dalam merumuskan langkah-langkah perencanaan yang terukur dan terarah.

Menilai Kekuatan dan Kelemahan

Strategi bisnis membantu perusahaan dalam menganalisis kekuatan dan kelemahan internal.

Informasi ini menjadi landasan untuk mengatasi masalah dan meminimalkan risiko yang terkait dengan kelemahan.

Efisiensi

Rencana bisnis memiliki peran efisiensi dalam alokasi sumber daya, memastikan penggunaan yang optimal dan hasil yang diinginkan.

Kontrol

Strategi bisnis memungkinkan pemimpin untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas organisasi, memastikan kontribusi yang sejalan dengan tujuan perusahaan.

Menciptakan Keunggulan Kompetitif

Penerapan strategi bisnis membantu perusahaan mengembangkan faktor unik yang membedakannya dari pesaing, mengarah pada pencapaian tujuan perusahaan.

Dengan memahami kedalaman fungsi-fungsi ini, perusahaan dapat merancang strategi yang kokoh dan berfokus pada kemajuan berkelanjutan.

Tips dalam Menjalankan Strategi Bisnis untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Setelah mengetahui beberapa strategi di atas, berikut adalah beberapa tips perlu Anda perhatikan agar dalam menjalankan strategi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal bagi bisnis Anda.

6 Strategi Bisnis Untuk Membuat Bisnis Anda Lebih Efisien

Identifikasi Masalah dalam BisnisAgar bisnis Anda berjalan dengan efisien maka sebaiknya identifikasi permasalahan yang ada di bisnis Anda.

Untuk mencari permasalahan, Anda dapat memulainya dengan menilai apa saja yang dianggap kurang efisien.

Jika Anda merasa kesulitan mengidentifikasi masalah karena bias, maka Anda dapat meminta pendapatan dari orang lain yang juga terlibat dalam bisnis Anda seperti karyawan atau konsumen.

Hal tersebut dapat mengurangi bias dalam penilaian.

Jika Anda sudah menemukan masalah yang membuat bisnis Anda berjalan kurang efisien, maka telusuri penyebab dari masalah tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat memutuskan untuk membuat strategi bisnis dengan melakukan perubahan pada sistem dalam bisnis Anda.

Mengingat dampak efisiensi sendiri akan membuat bisnis Anda lebih kompetitif dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, maka segeralah lakukan perubahan agar pendapatan usaha Anda meningkat.

Namun, meskipun Anda sudah membuat strategi bisnis yang efisien, tetaplah membuat rencana cadangan lain.

Hal ini dikarenakan perubahan sistem atau strategi bisnis yang baru mungkin ada bagian lain yang tidak cocok dengan perubahan yang baru.

Membuat bisnis menjadi lebih efisien memang tidak mudah, tetapi memperbaiki sekarang akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Libatkan Semua Pihak

Cara kedua untuk membuat bisnis Anda lebih efisien yakni dengan membuat strategi bisnis yang melibatkan semua pihak.

Ingat pepatah ‘dua lebih baik dari satu, tiga lebih baik dari dua dan seterusnya’?

Pada cara kedua ini, Anda dapat mengikuti pepatah tersebut.

Coba bayangkan jika Anda harus mengangkat karung seberat 1 ton, pasti Anda akan merasa kewalahan.

Berbeda jika Anda mengangkatnya bersama teman-teman, beban yang ada tentu menjadi berkurang.

Seperti hal tersebut, membuat strategi bisnis juga harus melibatkan semua pihak.

Anda tidak mungkin mengetahui secara mendalam semua bagian di perusahaan.

Tentunya ada pihak lain yang lebih profesional dalam bidangnya masing-masing.

Sehingga saat akan membuat strategi bisnis yang efisien, bertanyalah kepada semua pihak yang terlibat.

Bahkan masyarakat selaku konsumen pun perlu Anda dengarkan sarannya.

Namun, semua masukkan yang ada jangan ditelan mentah-mentah.

Identifikasi mana yang sesuai dan masuk akal untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih efisien.

Mengutip publikasi Arbedeen Group yang menyatakan bahwa perusahaan atau entitas yang menggunakan sistem demokratisasi memiliki retensi pelanggan sebanyak 30% dan pendapatannya dapat meningkat sebanyak 55%.

Perhatikan Kualitas

Sekarang ini, semakin banyak bisnis baru yang bermunculan dengan produk beragam.

Namun, bisnis yang benar-benar memerhatikan kualitas dapat dibilang hanya sedikit, sehingga strategi bisnis yang perlu Anda perhatikan termasuk poin satu ini

Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen.

Perhatikan kualitas dari beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis tersebut.

Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku hingga kualitas layanan yang terbaik.

Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju.

Kenali Target Pasar

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, Anda harus menjadi konsumen terlebih dahulu.

Dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual, maka Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual tersebut.

Hal ini akan membuat Anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis Anda.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Mekari Jurnal. Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam menjalankan strategi bisnis.

Oleh karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi.

Ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis Anda.

Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang Anda tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.

Baca juga: 5 Tips Penerapan Psikologi Marketing yang Patut Dicoba Bisnis Anda

Membangun Komunitas

Membangun komunitas yang dimaksud adalah membuat sebuah kelompok atau forum khusus konsumen dari produk atau jasa perusahaan Anda.

Maksud atau tujuan dari membangun komunitas ini yakni menciptakan komunikasi antara perusahaan sebagai pembuat produk atau jasa dan konsumen sebagai pemakai produk atau jasa tersebut.

Mengingat kini era bisnis berfokus pada konsumen sentris, maka mendapatkan masukan dari konsumen merupakan sebuah aset.

Dengan membangun komunitas dalam strategi bisnis, Anda juga akan membuat konsumen merasa dihargai.

Akan tetapi, membangun komunitas seperti itu tidaklah mudah.

Terlebih komunitas ini merupakan pihak dari luar perusahaan.

Maka pikirkanlah dengan bijak dan matang untuk membangun sebuah komunitas.

Berani Mengambil Risiko

berani ambil resiko

Setiap usaha pasti memiliki risiko. Risiko dalam sebuah usaha ini ada yang sifatnya bawaan dan ada yang tidak.

Anda tidak mungkin menghilangkan risiko, maka hal yang dapat dilakukan yaitu tekan risiko yang mungkin terjadi dengan baik.

Salah satu cara membuat strategi agar lebih efisien yaitu Anda harus siap untuk menghadapi kejadian-kejadian yang tidak terduga.

Tahukah Anda, bahwa mengambil risiko merupakan bagian dari menemukan ketidakefisienan (inefisiensi)?

Oleh karena itu, Anda harus berani untuk mengambil risiko.

Dengan begitu, Anda dan perusahaan akan maju dan sukses.

Promosi Sebagai Strategi Bisnis Efektif

Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi bisnis yang wajib dilakukan oleh pebisnis.

Saat ini, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan secara gratis.

Anda dapat menggunakan social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk Anda.

Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang Anda jual.

Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

Manfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi untuk bisnis dapat memotong biaya produksi yang dibutuhkan.

Contohnya jika sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan teknologi mesin hingga robot, makan otomatis biaya operasional karyawan juga dapat ditekan.

Terlebih jika bisnis digital, Anda dapat menjalankan bisnis secara otomatis dengan memanfaatkan platform yang ada.

Pelajari bagaimana teknologi software akuntansi terbaik online merubah bisnis menjadi lebih efisien.

Perkembangan teknologi yang pesat mempermudah cara hidup kita, hanya dengan sekali klik anda juga dapat download aplikasi pajak yang dapat membantu anda dalam mengelola bisnis Anda.

Jalankan Strategi Bisnis Lebih Efektif dengan Software Akuntansi Mekari Jurnal

Salah satu aplikasi penunjang bisnis adalah aplikasi akuntansi.

Aplikasi akuntansi dapat membantu Anda mencatat transaksi keuangan pada sebuah bisnis dan menyediakan berbagai jenis laporan keuangan.

Salah satu contoh aplikasi akuntansi yaitu Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal adalah layanan aplikasi akuntansi online yang aman dan dapat diandalkan untuk usaha kecil dan menengah.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan Mekari Jurnal:

  • Pengelolaan data yang lebih cepat.
  • Lebih akurat dan teliti.
  • Dapat di-review setiap saat.
  • Mudah digunakan.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online bersetifikat ISO / IEC 27001 yang memenuhi standar keamanan sistem manajemen informasi yang berlaku.

Mekari Jurnal juga memiliki garansi keamanan setara dengan proteksi keamanan bank sehingga data keuangan klien aman.

Selain itu, fitur Mekari Jurnal juga sangat lengkap mulai dari laporan keuangan, faktur, cash link, pengelolaan biaya, stok barang dan kegiatan akuntansi lainnya.

Dengan menggunakan sistem berbasis Cloud, data Anda akan secara otomatis tersimpan sehingga dengan menggunakan Mekari Jurnal, Anda dapat mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun.

Saat ini Mekari Jurnal memberikan penawaran free trial selama 7 hari untuk Anda yang ingin mencoba.

Dapatkan semua informasi produk dan promo dari Mekari Jurnal dengan klik tombol di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

 

Contoh Strategi Bisnis yang Efektif untuk Pertumbuhan Perusahaan

Pada era persaingan bisnis yang semakin kompleks, penerapan strategi bisnis yang tepat menjadi kunci keberhasilan suatu perusahaan.

Dengan memilih dan mengadaptasi strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan, pasar, dan tujuan bisnis, sebuah perusahaan dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Berikut adalah beberapa contoh strategi bisnis yang dapat menjadi inspirasi dalam mengembangkan perusahaan.

Cross-selling: Meningkatkan Penjualan Melalui Penawaran Lain

Strategi cross-selling adalah cara untuk menjual lebih banyak produk atau layanan kepada pelanggan yang sudah ada.

Ini dapat diterapkan oleh berbagai jenis perusahaan, mulai dari pemasok peralatan kantor hingga bisnis retail online.

Dengan menawarkan produk yang berkaitan dengan produk utama yang dibeli oleh pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan nilai transaksi rata-rata.

Misalnya, toko online yang menawarkan produk terkait saat pelanggan sedang berbelanja dapat mendorong pembelian lebih lanjut.

Strategi Optimalkan Potensi Teknologi Untuk Efisiensi Proses Bisnis

Tidak terbantahkan lagi bahwa teknologi telah mengubah lanskap bisnis.

Sebagai contoh strategi bisnis yang dapat dipertimbangkan adalah pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan mendominasi pasar.

Anda bisa merangkul teknologi dalam riset dan pengembangan, melakukan akuisisi perusahaan yang menguasai teknologi terkini, atau merekrut tenaga kerja berkompeten yang membawa keahlian teknologi yang unggul bagi perusahaan.

Dengan mengadopsi pendekatan ini, perusahaan dapat mengoptimalkan proses bisnisnya, meningkatkan inovasi produk, dan berada di garis depan dalam persaingan.

Namun, penting untuk memastikan bahwa investasi dalam teknologi sejalan dengan tujuan jangka panjang perusahaan dan mampu memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Inovasi Produk atau Layanan: Menghadirkan Solusi Baru

Inovasi adalah kunci untuk memenangkan hati konsumen modern.

Perkembangan teknologi memungkinkan perusahaan untuk menciptakan produk yang lebih canggih dan solusi yang lebih baik untuk masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Strategi ini terutama relevan bagi perusahaan dalam industri teknologi, kesehatan, dan manufaktur.

Dengan menawarkan produk yang lebih inovatif dan bermanfaat, perusahaan dapat memenangkan pasar dan membangun keunggulan kompetitif.

Pengembangan Produk Baru: Meraih Pangsa Pasar yang Lebih Luas

Mengembangkan produk baru adalah strategi yang memungkinkan perusahaan untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.

Ini terutama penting jika pasar produk utama sudah jenuh atau jika perusahaan ingin memasuki pasar yang berbeda.

Namun, perlu melakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen agar pengembangan produk baru berhasil.

Peningkatan Pelayanan: Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Superior

Kualitas pelayanan pelanggan adalah faktor penting dalam membangun reputasi perusahaan.

Dengan meningkatkan pelayanan, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan membedakan dirinya dari pesaing.

Menyediakan layanan pelanggan yang responsif, solutif, dan cepat, baik melalui platform online maupun pusat panggilan, dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Strategi Akuisisi Perusahaan: Ekspansi Bisnis Melalui Kolaborasi

Mengakuisisi perusahaan lain adalah strategi ekspansi yang dapat membantu perusahaan mencapai pasar baru atau memperluas portofolio produknya.

Dengan menggabungkan sumber daya dan pelanggan dari perusahaan yang diakuisisi, perusahaan dapat mengoptimalkan efisiensi operasional dan meraih peluang pertumbuhan yang lebih besar.

Terapkan Strategi Bisnis Penentuan Harga Terbaik

Sebagai alternatif, sebuah perusahaan dapat memanfaatkan kreativitas dalam menentukan harga produk.

Ini berarti menawarkan skema harga yang tidak biasa atau paket bundling yang menarik.

Tujuannya adalah menarik pelanggan dengan nilai yang unik dan mengeksplorasi cara-cara baru dalam penentuan harga.

Jika perusahaan memilih jalur ini, mereka perlu mengkalkulasi dengan cermat agar harga yang ditawarkan masih bisa memberikan keuntungan.

Mungkin margin keuntungan per produk tidak terlalu besar, tetapi strategi ini dapat menciptakan minat yang kuat dari pelanggan dan membawa pertumbuhan jangka panjang yang lebih berkelanjutan.

***

Penting untuk diingat bahwa setiap strategi bisnis harus disesuaikan dengan konteks perusahaan, termasuk model bisnis, visi misi, dan tujuan jangka panjang.

Analisis mendalam tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan (analisis SWOT) menjadi dasar dalam memilih strategi yang paling sesuai.

Dalam menjalankan strategi bisnis, perusahaan harus tetap adaptif terhadap perubahan pasar dan fleksibel dalam mengatur taktik sesuai keadaan terbaru.

Dengan demikian, bisnis akan memiliki fondasi yang kuat untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan dalam jangka panjang.

Itulah beberapa strategi bisnis yang bisa diterapkan dalam perusahaan Anda.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal