6 min read

8 Strategi Marketing Apple yang Dapat Anda Pelajari

Tayang 23 Jun 2025

Highlights
  • Sebelum mengembangkan strategi marketing, perusahaan dapat membangun nilai jual produk sebagai salah satu kunci vital dalam pemasaran yang sukses
  • Dengan slogan seperti “think different”, Apple berhasil membuktikan bahwa pesan sederhana bisa sangat kuat jika konsisten dan relevan dengan identitas brand
  • Tips dalam mempertahankan strategi pemasaran yang sukses adalah mendengarkan umpan balik dan ulasan dari pelanggan sebagai bagian dari perjalanan produk
  • Membangun pengalaman pembelian dan penggunaan yang berkesan, sehingga menciptakan loyalitas yang tidak mudah tergantikan

Apple Inc. merupakan salah satu brand teknologi yang paling terkenal dan sukses di dunia. Hal ini bukan saja karena produknya yang berkualitas tinggi, namun juga strategi marketing yang sukses besar.

Inovasi ini dilakukan oleh Steve Jobs, di mana menghasilkan produk yang selalu selangkah lebih maju dan tidak pernah terpikirkan oleh pelanggannya begitu juga kompetitornya.

Meskipun tidak menyelesaikan pendidikan formalnya, Steve Jobs berhasil membuktikan kesuksesannya melalui perusahaan Apple.

Disaat perusahaan teknologi lain beriklan dengan saling mengunggulkan produk satu sama lain. Steve Jobs dengan produk Apple-nya berani mengambil langkah berbeda.

Langkah inilah yang membuat Steve Jobs berhasil. Salah satunya yaitu  kombinasi dari strategi marketing Apple yang dirancang dengan sangat baik.

Berikut adalah beberapa tips sukses strategi marketing Apple yang dapat diterapkan dalam perusahaan Anda.

1. Fokus pada Nilai Keunikan Dibanding Harga

Apple tidak pernah terjebak dalam persaingan harga.

Perusahaan ini selalu mempunyai cara sendiri untuk menentukan harga setiap produknya.

Mereka lebih berfokus untuk mengembangkan nilai keunikan produknya daripada harus menghabiskan waktu dalam persaingan harga suatu produk.

Nilai keunikan tersebutlah yang menjadi kekuatan jika dibandingkan dengan kompetitor lain.

Anda dapat melihat sendiri bagaimana produk Apple memiliki desain yang unik, cantik dan menarik.

Baca Juga: Pentingnya Strategi Harga untuk Produk dalam Berbisnis

bagaimana apple membangun strategi pemasaran yang efektif?
Sumber: New York Times

2. Terus Melakukan Inovasi

Kunci dari semua yang dilakukan Apple adalah inovasi, inovasi inilah yang membuat Apple mampu bertahan dalam kondisi persaingan yang luar biasa ketat.

Apple tidak pernah berhenti untuk selalu berinovasi.

Apple terus meluncurkan produk-produk inovatif terbarunya. Inovasi inilah yang telah membuat perusahaan raksasa teknologi ini selalu berada di baris terdepan dari kompetitor lainnya.

Contoh inovasi yang dilakukan Apple yaitu pada produk iPhone.

Produk iPhone terus berinovasi dari generasi ke generasi.

IPhone menjadi salah satu smartphone pertama yang memiliki desain poni lebar (notch) di layar depannya.

Lalu, di tahun 2025 ini, Apple kembali merilis sebuah inovasi dalam ekosistemnya dengan memperkenalkan Liquid Glass.

Liquid Glass merupakan bahasa desain dinamis yang mengacu pada fitur antarmuka yang transparan dan estetis di seluruh perangkatnya.

Tidak hanya mempercantik UI, desain juga sekaligus menciptakan rasa emosional yang unik ketika pengguna berinteraksi dengan produk Apple.

Melaui inovasi ini, Apple mampu menampilkan strategi pemasaran yang menarik baik bagi pengguna setianya maupun calon pengguna baru.

3. Strategi Branding yang Baik

Dengan logo dan nama perusahaan yang mudah diingat, Apple menanamkan ide bahwa barang-barang produksinya merupakan teknologi canggih dan mudah digunakan atau dapat dikatakan user friendly.

Kebalikan dari pemahaman umum bahwa semakin canggih suatu alat, maka semakin rumit pengoperasiannya.

Dengan begitu, terbukti bahwa Apple memang memiliki strategi branding yang baik dengan selalu berkomitmen untuk menciptakan solusi pada setiap permasalahan yang dimiliki oleh target pasarnya.

Selain itu, Apple juga melakukan uji coba gratis pada setiap produknya. Setelah pelanggan menggunakan produk, Apple juga aktif mengumpulkan data testimonial atau ulasan produk untuk meningkatkan kepercayaan pasar.

Semakin banyak ulasan positif, semakin terbukti bahwa produk Anda memang yang terbaik. Jangan lupa juga gunakan kata-kata dalam branding yang mudah dimengerti oleh target pasar Anda.

Gunakanlah kata yang sederhana seperti “Think Different”, hanya dua kata namun mampu menggambarkan produk Apple. Anda harus dapat berteknologi tanpa harus menggunakan istilah tinggi.

4. Mendengar Masukan dari Pelanggan

Dengan hadirnya media sosial, pelanggan memiliki banyak cara untuk mengekspresikan opini mereka untuk produk-produk suatu perusahaan.

Apple menyadari pentingnya hal itu dengan mengarahkan pengembangan produk sesuai dengan keinginan dan kepuasan pelanggan.

Apple juga selalu update dan menjaga komunikasi dengan para pengguna produknya. Setiap meluncurkan produk terbarunya maka akan diadakan seminar dan gathering untuk para pelanggannya.

Dengan begitu, terbukti bahwa Apple memang mengenal setiap pelanggannya dengan baik.

5. Membangun Sebuah Pengalaman

Semua orang dapat membuat produk tetapi tidak semuanya mampu menciptakan sebuah pengalaman bagi penggunanya.

Pengalaman tersebut mampu diingat dan membuat mereka dengan rela kembali pada bisnis Anda lagi.

Dalam hal ini, Apple benar-benar menerapkan hal tersebut dengan sempurna.

Pengalaman merupakan senjata ampuh jika ingin produk Anda unggul di antara produk-produk lainnya.

Ketika terdapat 1 pengguna yang mengalami pengalaman baik dengan produk Anda, maka Ia akan menyebarkannya dengan sukarela dan menjadi ‘marketing gratis’ untuk Anda.

Baca juga : Maksimalkan Strategi Pemasaran untuk Menyasar Pasar Lebih Luas

6. Mengadopsi Teknologi yang Sedang Tren dan Dibutuhkan

Inovasi terus berkembang seiring berjalannya waktu, dan teknologi AI mulai dikenal dan dibutuhkan masyarakat baik untuk bekerja atau menjalankan kehidupan sehari-hari.

Apple melihat ini sebagai sebuah potensi untuk mengembangkan produk dan memasarkannya karena tren pencarian dan kebutuhan yang semakin meningkat.

Salah satu yang memiliki perkembangan cukup masif adalah teknologi AI, di mana seluruh ponsel generasi terbaru mulai mengadopsinya.

Dari tren dan kebutuhan ini, Apple berhasil menjalankan strategi untuk memperluas komunitasnya, menciptakan pemasaran yang tumbuh dari komunitas dev-nya.

Baca Juga: Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Dunia Bisnis

7. Memfokuskan Jadwal Peluncuran Produk secara Sinergis

Selain aktif menjalankan pemasaran secara digital, Apple secara konsisten menjalankan proses peluncuran produk secara konsisten.

Salah satu contohnya ketika Apple mengumumkan MacBook Air M4 dan update iPad/Mac secara bersamaan, menciptakan jadwal yang lebih sederhana, momentum, dan memusatkan perhatian media serta pelanggan.

Strategi pemasaran ini pada dasarnya membuat peluncuran menghasilkan lebih banyak buzz dan penyebaran informasi yang lebih terfragmentasi.

8. Menegaskan Posisi sebagai Premium Brand

Salah satu dasar karakter dari strategi pemasaran Apple adalah menciptakan ekslusifitas dan premium.

Sehingga dalam beberapa strateginya terlihat seperti menciptakan sensasi yang terburu-buru.

Dampaknya meningkatkan keinginan beli dan konsumen rela mengantre untuk mendapatkan produk yang baru rilis.

Kesimpulan

Menjadi besar seperti Apple tidaklah didapat dengan mudah. Butuh waktu dan pengalaman bertahun–tahun untuk mendapatkan kesuksesan seperti saat ini.

Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini, Anda harus dapat memenangkan pasar dengan strategi yang tepat dan juga ide yang inovatif seperti strategi marketing Apple.

Itulah penjelasan mengenai delapan strategi pemasaran Apple yang mampu menghasilkan dampak yang positif kepada produk dan brandnya.

Strategi marketing memang sangat diperlukan dalam sebuah bisnis. Akan tetapi, Anda juga perlu ingat bahwa Anda memiliki anggaran perusahaan untuk marketing Anda.

Tidak perlu secara manual, tidak perlu membawa kertas kesana-kesini.

Kini sudah banyak software accounting Indonesia terbaik berupa aplikasi akuntansi, salah satunya adalah Mekari Jurnal.

Software akuntansi Mekari Jurnal memiliki fitur lengkap yang mengintegrasikan akuntansi dan operasional bisnis yang lengkap, aman dan cepat untuk bisnis Anda.

Melalui dasbor online yang memberikan informasi bisnis secara realtime, bisnis dapat memantau perkembangan bisnis kapan saja dan di  mana saja.

Hal ini termasuk manajemen anggaran dan pengeluaran, yang dapat memantau seberapa besar dan dampak strategi pemasaran terhadap penjualan.

Masih banyak fitur-fitur lainnya yang dapat bermanfaat bagi bisnis Anda, silahkan konsultasi terlebih dahulu kepada tim kami untuk mengetahuinya, gratis!

Konsultasi dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Apple, “Apple introduces a delightful and elegant new software design”.

Business Model Analyst, “Apple Marketing Strategy”.

Marketing Explainers, “Apple’s Marketing Strategy Explained”.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami