Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Saat menjalankan bisnis, Anda pasti menginginkan produk atau jasa yang ditawarkan bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat, bukan? Oleh karena itu, strategi pemasaran yang efektif dibutuhkan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Selain itu, strategi ini juga membantu meningkatkan performa perusahaan.

Dalam menjalankan usaha, menawarkan produk atau jasa kepada banyak orang adalah salah satu kunci kesuksesan. Jika kualitas produk atau jasa tersebut cukup baik, tentunya bisnis akan berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan berlimpah. Strategi pemasaran yang efektif akan membantu konsumen untuk mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Definisi Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli 

Pemaparan definisi mengenai strategi pemasaran diungkapkan oleh beberapa ahli sebagai berikut.

a. Tjiptono

Strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang dirancang atau direncanakan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan dengan melakukan pengembangan keunggulan bersaing yang berkesinambungan lewat pasar yang dimasuki dan program yang digunakan untuk melayani pasar sasarannya.

b. Philip Kotler

Strategi pemasaran merupakan pola pikir yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan, bisa mengenai startegi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran (marketing mix), dan besarnya sebuah pengeluaran pemasaran.

c. Guiltinan dan Paul

Strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapkan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan.

d. Stanton

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menetapkan harga suatu produk sampai memasarkannya serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memberi kepuasan pembeli aktual serta potensial.

Konsep Strategi Pemasaran 

Konsep strategi pemasaran terbagi menjadi lima, yaitu:

a. Segmentasi Pasar

Setiap pasar tentunya terdiri dari berbagai pembeli yang memiliki kebutuhan dan kebiasaan berbeda. Dalam hal ini, perusahaan pun tidak bisa memenuhi kebutuhan semua pembeli sehingga perlu mengelompokkan pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan pasar yang bersifat homogen.

b. Market Positioning

Perusahaan tidak bisa menguasai pasar secara keseluruhan sehingga prinsip dalam strategi pemasaran selanjutnya adalah memilih pola pasar perusahaan yang spesifik. Konsep ini akan membantu membuka peluang maksimal kepada perusahaan untuk menempatkan diri di kedudukan yang kuat. Dengan kata lain, perusahaan wajib memilih segmen pasar yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang besar.

c. Market Entry Strategy

Market entry strategy adalah strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar untuk sasaran penjualan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi ini, salah satunya adalah mengakusisi perusahaan lain. 

d. Internal Development

Beberapa perusahaan lebih tertarik mengembangkan usaha sendiri melalui research and development karena cara ini akan membantu mencapai kepemimpinan dalam industri.

e. Marketing Mix Strategy 

Marketing Mix Strategy adalah kumpulan variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk memengaruhi tanggapan dari konsumen. Variabel yang dapat memengaruhi pembeli disebut 7P (Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, dan People Physical evidence).

f. Timing Strategy

Menentukan saat yang tepat dalam memasarkan barang adalah hal penting untuk diperhatikan. Namun, saat perusahaan melihat adanya kesempatan untuk menetapkan serta menyusun strategi pemasaran, tidak berarti bahwa kegiatan pemasaran bisa langsung dimulai. Perusahaan harus melakukan persiapan terlebih dahulu, lalu menentukan kapan waktu terbaik untuk memasarkan barang atau jasa ke pasar.

Fungsi Strategi Pemasaran 

Adapun strategi pemasaran memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Mengatur arah jalannya bisnis atau perusahaan. Tentunya, hal ini akan membantu koordinasi tim pemasaran lebih efektif sehingga akan mudah mencapai target.
  • Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan bisnis yang tengah dijalankan. Strategi pemasaran menuntut para pelaku bisnis untuk memperkirakan laju bisnis di masa mendatang sehingga secara tidak langsung memberikan semangat untuk menjalankannya.
  • Sebagai standar penilaian dari prestasi kerja para anggota di perusahaan. Dengan adanya standar penilaian ini, tentunya pengawasan mutu dan kualitas kerja menjadi efektif.
  • Sebagai alat bantu untuk mencapai target atau tujuan suatu perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek atau panjang. 

Tujuan Strategi Pemasaran 

Selain fungsi, tentunya kita perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan strategi pemasaran. Saat merancang strategi, umumnya perusahaan memiliki tujuan beragam, di antaranya:

  • Dapat digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan. 
  • Membantu meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran sehingga lebih efektif dan mampu mencapai target dengan mudah.
  • Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi.
  • Dasar pemikiran untuk mengambil keputusan pemasaran.

Strategi Pemasaran yang Perlu Dicoba 

Pemasaran produk adalah salah satu hal terpenting dalam menentukan performa suatu perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah kegiatan yang dapat membantu memperkenalkan produk secara luas. Lantas, apakah ada strategi pemasaran yang bisa dilakukan guna meningkatkan penjualan produk bisnis? Ini dia cara yang bisa Anda lakukan.

  • Menggunakan Media Sosial
    Seperti yang kita tahu bahwa media sosial (social media) adalah alat pemasaran yang efektif karena hampir semua orang aktif menggunakannya. Media sosial membantu perusahaan untuk berinteraksi secara luas dengan berbagai kalangan. Selain itu, media sosial juga membantu perusahaan untuk memilih komunitas yang tepat untuk memasarkan produk sehingga peluang produk terjual lebih besar. 
  • Menawarkan Produk Gratis
    Selain menggunakan media sosial, strategi ini juga dianggap ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan mudah menarik perhatian. Alasan lain kenapa strategi ini juga diperlukan karena sering kali seorang pelanggan belum mau membeli produk karena belum pernah mencobanya. Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, cobalah untuk mengisi event atau acara dan menawarkan sample langsung kepada konsumen. Namun, jika perusahaan menawarkan jasa atau media digital, sebaiknya tawarkan free trial sehingga konsumen dapat mencoba dan mengetahui produk tersebut.
  • Memilih Tempat yang Strategis
    Strategi pemasaran yang selanjutnya tidak kalah penting adalah memilih tempat yang strategis. Tempat yang tepat tentunya akan membuka peluang produk terlihat lebih tinggi sehingga memicu terjadinya penjualan. Kriteria pemilihan tempat yang strategis harus menyesuaikan target sasaran dan kemudahan untuk menjangkaunya. 
  • Memberi Reward untuk Rekomendasi
    Teknik pemasaran mulut ke mulut memang masih mencuri perhatian karena diangagp efektif. Kebanyakan konsumen akan tertarik menggunakan produk berdasarkan review bagus dari orang-orang yang pernah memakainya. Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu strategi efektif untuk memasarkan produk atau jasa.

    Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya jika ada yang merekomendasikannya. Jika Anda ingin mendapatkan rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang sudah memakai produk atau jasa yang ditawarkan, Anda bisa memberi sebuah reward yang menarik. Ingat, reward tidak selalu soal uang, tapi Anda bisa memberi hadiah berupa produk atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya. 

Strategi pemasaran memiliki peranan penting dalam kemajuan bisnis yang Anda jalankan. Namun, tentunya Anda harus menerapkan strategi yang tepat agar sasaran yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik. Jangan pernah melakukan pemasaran tanpa strategi karena ini hanya akan membuang waktu dan biaya. Anda harus merencanakan semua aspek dengan matang dan rinci sehingga eksekusinya pun dapat berjalan dengan maksimal.