Mekari Jurnal
Daftar Isi
1 min read

Cloud ERP: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat

Tayang 11 Mar 2022
Diperbarui 17 November 2023

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang beroperasi pada platform cloud vendor yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses melalui internet.

Software ini mengintegrasikan dan mengotomatiskan fungsi ERP ke bisnis keuangan dan operasional yang penting dan menyediakan satu sumber data.

Sumber data tersebut mencakup inventaris, pesanan, dan manajemen rantai pasokan serta bantuan dalam pengadaan, produksi, distribusi, dan pemenuhan.

Perusahaan dapat mengakses software tersebut melalui internet, jadi yang diperlukan hanyalah koneksi dan browser.

Mau tahu informasi lebih lanjut mengenai Cloud ERP?  Simak terus pembahasan artikel di Blog Mekari Jurnal!

Apa Itu Cloud ERP?

Cloud ERP adalah jenis software perencanaan sumber daya perusahaan yang dioperasikan pada platform komputasi cloud provider, bukan di pusat data perusahaan itu sendiri.

ERP atau enterprise resource planning adalah sistem perangkat lunak modular yang dirancang untuk mengintegrasikan proses bisnis organisasi. Misalnya, akuntansi, manajemen SDM, manajemen inventaris, dan pembelian, ke dalam sistem terpadu.

Sebelum mempopulerkan komputasi cloud modern di akhir 1990-an, sistem Enterprise Resource Planning (ERP)  diimplementasikan pada server klien di pusat data perusahaan sendiri (on premise)

Namun saat ini, software tersebut dapat dikirimkan melalui internet sebagai aplikasi perangkat lunak berbasis layanan cloud.

Software ini umumnya ditawarkan dan dikelola di platform vendor, berbeda dengan perusahaan yang menghosting sendiri di server mereka.

Daripada dibeli langsung, model ini bisa disewa bulanan. Ada banyak perbedaan mencolok lainnya antara perangkat lunak ERP on-premise dan berbasis cloud.

Termasuk di antaranya variabilitas dalam fleksibilitas dan keamanan data perusahaan.

Bagaimana Cara Kerja Cloud ERP?

pengertian manfaat cara kerja cloud erp adalah 2

Sistem Cloud ERP bekerja dengan kombinasi teknologi yang terhubung oleh jaringan internet berkecepatan tinggi.

Sistem ini selalu online dan pembaruan keamanan ditangani oleh provider.

Dalam banyak kasus, ERP cloud dapat diakses oleh pengguna di perangkat seluler atau komputer desktop.

Itu bisa mencakup berbagai aplikasi bisnis dengan tujuan untuk menjaga bisnis Anda berjalan secara efisien serta fokus pada kebutuhan pelanggan dan laba bisnis.

ERP berbasis cloud menawarkan kemampuan yang hampir tak terbatas untuk memberdayakan perusahaan untuk mengakses informasi apa pun yang dibutuhkan.

Perusahaan dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun, mulai dari rapat penjualan pelanggan, lokasi kerja remote, maupun kantor pusat perusahaan.

Kelebihan inilah yang menjadikannya banyak digunakan di lingkungan bisnis, terutama pasca-Covid.

Dengan begitu, karyawan dan perusahaan tetap saling terhubung meski lokasi kerja berbeda.

Fitur utama ERP berbasis cloud ini mencakup kemampuan untuk mengakses informasi pelanggan, riwayat penjualan, data keuangan, dan tools manajemen SDM.

Sistem ini juga bisa dipakai perusahaan untuk mengakses metrik operasi langsung, status rantai pasokan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sistem ini juga dapat menyatukan hampir semua sistem komputer yang dibutuhkan perusahaan Anda.

Bergantung pada kebutuhan bisnis perusahaan, Anda dapat memilih di antara berbagai model penerapan dengan ERP module dan pengaturan yang dioptimalkan untuk jenis perusahaan.

Jadi, perusahaan bisa tetap fokus pada metrik dan alur kerja yang tepat untuk memenuhi tujuan dan target.

Baca juga: Contoh Penerapan ERP Pada Perusahaan

Manfaat Menggunakan Cloud ERP

Dengan menggunakan Cloud ERP, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Di antaranya:

Biaya Infrastruktur dan Operasional di Muka

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan solusi ERP berbasis cloud adalah dapat menghemat biaya secara keseluruhan.

Dengan ERP on-premise, perusahaan hanya membayar di muka dalam pembelian server, pembuatan basis data, implementasi awal, konsultan, staf IT, keamanan, dan pencadangan.

Perusahaan dengan sistem ERP on-premise umumnya akan mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaan, sumber daya in-house atau on-call khusus.

Biaya tersebut juga mencakup peningkatan dan pembaruan, serta server tambahan seiring pertumbuhan perusahaan.

Cloud ERP umumnya berharga sekitar 30% lebih murah daripada ERP lokal.

Kecepatan Implementasi

Salah satu tantangan terbesar dalam menggunakan sistem ERP berbasis cloud adalah durasi implementasi.

Pasalnya, hal ini secara langsung dapat mempengaruhi waktu henti operasional bisnis perusahaan.

Sebuah bisnis biasanya lebih cepat beroperasi dan berkembang dengan dukungan sistem ERP berbasis cloud daripada ERP on-premise.

Itu karena sistem ini tidak memerlukan pemilihan dan pengaturan hardware maupun proses perekrutan dan pelatihan staff IT.

Aksesibilitas

Manfaat selanjutnya adalah pengguna dapat mengakses informasi bisnis secara real time, dari mana saja dan di perangkat apa saja.

Dengan demikian, perusahaan bisa memastikan bahwa seluruh karyawan bekerja dengan data yang sama, terlepas dari unit bisnis atau lokasi kerja.

Selain itu, hal ini juga memudahkan perusahaan dalam membuat keputusan lebih cepat dan lebih percaya diri untuk mencapai tujuan perusahaan.

Skalabilitas

Dengan kemudahan dalam menambahkan lebih banyak server untuk pengguna, lokasi, atau anak perusahaan, perusahaan pun dapat membuat penskalaan bisnis menjadi lebih mudah.

Jadi, pertumbuhan ERP berbasis cloud juga berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan bisnis suatu perusahaan.

Perusahaan tidak lagi memerlukan server lokal, sehingga saat perusahaan tumbuh dengan merger atau akuisisi, unit baru dapat dibawa online dengan cepat.

Vendor cloud biasanya memiliki pusat data di seluruh dunia dan akan menyimpan data setiap pelanggan di beberapa lokasi.

Dengan begitu, perusahaan tetap bisa memberikan layanan yang lebih baik dan lebih andal daripada yang dapat dikelola sendiri oleh kebanyakan perusahaan itu sendiri.

Kustomisasi dan Kelincahan

Seperti halnya ERP berbasis cloud yang dapat diskalakan dengan organisasi, fungsi ERP juga dapat lebih mudah disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa beberapa perusahaan lebih memilih untuk menggunakannya daripada sistem ERP lokal yang ketinggalan zaman.

Selain itu, sistem dengan berbasis cloud cenderung terintegrasi dengan produk berbasis cloud lainnya.

Apalagi modul baru dapat ditambahkan ke sistem tanpa downtime atau hardware tambahan.

Kelincahan semacam ini memungkinkan bisnis untuk tetap proaktif alih-alih reaktif, lebih cepat menyesuaikan diri dengan perubahan industri, tren konsumen, masih dan banyak lagi.

Baca juga: Pentingnya Aplikasi atau Software SAP ERP Bagi Perusahaan

Upgrade

Vendor Cloud ERP biasanya mengelola semua pemutakhiran dan pembaruan sistem secara berkelanjutan, mengikuti perkembangan kebutuhan bisnis.

Untuk memperbarui software ERP lokal memerlukan lebih banyak waktu dan bahkan mungkin harus merekrut kontraktor untuk mengelola prosesnya.

Namun, dengan Cloud ERP, pembaruan dapat memakan waktu hanya 30 menit sehingga tidak mengganggu operasional bisnis.

Keamanan

Umumnya, penyedia ERP berbasis cloud menawarkan keamanan yang lebih baik daripada yang dapat ditangani oleh perusahaan.

Jadi, perusahaan bisa tetap yakin bahwa datanya selalu dicadangkan, dan vendor dibekali dengan prosedur pemulihan bencana yang praktis dan terencana.

Berbeda jika perusahaan memakai ERP lokal yang kemungkinan terjadi risiko data hilang sangat besar jika terjadi error pada hardware, software, bencana alam, atau pembobolan.

Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Sistem ERP Berbasis Cloud

Kebanyakan bisnis merasa jika menghentikan sistem milik sendiri dan beralih sepenuhnya ke cloud adalah hal yang kurang nyaman untuk dilakukan.

Sementara itu, jika menggunakan sistem lama dan mengabaikan semua keuntungan dari perencanaan sumber daya perusahaan sebagai solusi cloud juga bukan lagi merupakan jalur yang ideal.

Mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi cloud untuk menggantikan atau ditambahkan ke sistem lokal Anda?

Siap mengadopsi teknologi SaaS yang baru dan berkembang

Teknologi generasi berikutnya, seperti kecerdasan buatan (AI), membantu sistem berbasis cloud dengan cepat meningkatkan kemampuannya tanpa perlu pembaruan berkala, tidak seperti sistem lama Anda.

Sekarang, tanpa masukan tambahan atau baru dari pengguna akhir, sistem ERP secara signifikan menjadi lebih mudah untuk dikelola dan digunakan.

Meningkatkan nilai Sistem ERP yang sudah ada

Menambahkan dan mengintegrasikan perangkat lunak lama dengan aplikasi cloud dapat melengkapi, menyempurnakan, dan melengkapi tugas-tugas penting.

Pendekatan ini dapat memberikan kehidupan baru ke dalam sistem ERP lama, memberikan peluang besar bagi bisnis untuk mulai mengadopsi kemampuan cloud.

Akses teknologi baru

Menemukan aplikasi cloud yang melengkapi modul perangkat aplikasi ERP lama Anda memungkinkan Anda segera memanfaatkan kemajuan teknologi baru dengan cepat dan meningkatkan paradigma pengguna.

Hal ini menyediakan sistem pelengkap yang memberikan kemampuan dan nilai bisnis langsung tanpa perubahan mendasar dalam operasi Anda.

Mengurangi ketergantungan pihak ketiga

Pelaporan dan analitik untuk sistem lama biasanya memerlukan keterlibatan dari vendor pihak ketiga untuk menghasilkan kecerdasan bisnis operasional.

Menggunakan aplikasi cloud dari vendor ERP System lama Anda sering kali menghasilkan kecerdasan yang adalah sama atau lebih baik tanpa memerlukan hubungan vendor tambahan.

Mengembangkan pelaporan keuangan Anda

Sistem lama sudah tidak cocok lagi sebagai sistem manajemen keuangan perusahaan.

Teknologi berbasis cloud lahir dalam dekade terakhir dan dikembangkan, sebagai prinsip inti, dengan pola pikir dan pemahaman yang sama sekali berbeda tidak hanya tentang apa yang mungkin tetapi apa yang dibutuhkan agar berhasil untuk platform ERP.

Sumber daya keamanan yang lebih kuat

Penyedia layanan solusi cloud memiliki tim besar dan penuh waktu yang secara eksklusif berdedikasi untuk secara proaktif memantau dan selalu mengikuti perkembangan masalah dan ancaman keamanan cloud, 24 jam sehari.

Menarik bakat yang dibutuhkan

Generasi pekerja muda berikutnya telah tumbuh dengan teknologi mulus yang mobile, mudah digunakan, dan selalu aktif. Tidak ada perusahaan yang terus mengandalkan teknologi milik sendiri yang dapat merekrut talenta terbaik, berapa pun usianya.

Pentingnya ERP atau Enterprise Resource Planning untuk pertumbuhan bisnis harus Anda utamakan.

Keberadaannya bisa menjadi salah satu indikasi kesuksesan produk yang dikembangkan melalui jalur online.

Mekari Jurnal, Software ERP Berbasis Cloud Memberikan Banyak Manfaat Bagi Bisnis Anda!

Jurnal adalah salah satu software akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu Anda mengelola keuangan hingga membuat laporan keuangan secara instan di mana pun dan kapan pun.

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Jurnal seperti mengelola stok barang atau inventory, memantau biaya dan anggaran, serta melakukan pemonitoran lebih akurat terhadap kas masuk dan keluar.

Jurnal terintegrasi dengan berbagai jenis aplikasi POS  seperti program aplikasi toko gratis dan juga bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia untuk mempermudah proses pembayaran, baik itu dari pelanggan maupun kepada supplier.

Buktikan dengan coba gratis Jurnal selama 14 hari dengan menekan tombol dibawah ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, itulah artikel tentang Cloud ERP yang perlu Anda pahami, mulai dari pengertian, cara kerja, hingga keuntungannya.

Dengan membaca artikel ini diharapkan Anda bisa menemukan solusi ERP yang tepat untuk kemajuan bisnis Anda.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal