Jurnal Enterpreneur

Enterprise Resource Planning (ERP): Pengertian dan Fungsi

Berbicara mengenai bisnis, maka Anda juga harus paham tentang ERP atau Enterprise Resource Planning, salah satunya mengembangkan usaha. Berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu pengertian serta beberapa contoh penerapan dari sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

Pengertian Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menyambungkan beberapa kegiatan fungsional dan teknis dalam sebuah perusahaan.

Dalam ERP terdapat sebuah sistem terpadu yang berisi sumber daya manusia.

Tugasnya untuk memberikan standarisasi, menyederhanakan, dan mengintegrasi proses bisnis dengan beragam sumber daya manusia, sumber keuangan, hingga distribusinya.

Pengertian dan Sejarah Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang Mendunia

ERP pada awalnya diciptakan oleh Gartner pada tahun 1990 bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan kebutuhan material dan perencanaan sumber daya manufaktur.

Keberadaan fungsi ERP memang dikhususkan agar bisa memonitor perkembangan bagian lainnya dalam perusahaan.

Perkembangan Enterprise Resource Planning ini semakin meningkat ketika mendapatkan response yang cukup menggugah dalam peristiwa Y2K dan pengenalan Euro.

Umumnya, perusahaan skala internasional membutuhkan langkah perbaikan dengan ERP untuk menggantikan sistem lama.

Beberapa Tingkatan dalam ERP (Enterprise Resource Planning)

apa itu pengertian enterprise resource planning

Dalam prosesnya, terdapat beberapa tingkatan ERP berdasarkan ukuran dan kompleksitas sebuah perusahaan.

Hal ini akan membuat kebutuhan dalam bisnis Anda pun berbeda dengan kebutuhan ERP pada perusahaan lainnya.

Di bawah ini adalah beberapa tingkatan Enterprise Resource Planning (ERP) yang perlu Anda ketahui.

1. Tier I

ERP Tier I akan berupaya untuk mendukung perusahaan global yang bisa mengatasi seluruh permasalahan yang terjadi dalam skala nasional.

Di dalamnya termasuk permasalahan mata uang, bahasa, kode pos, alfabet, dan lainnya.

2. Government Tier I

Pada level Government Tier, sistemnya lebih banyak mendukung agensi pemerintahan yang besar.

Maka, vendor ERP pada level ini juga ditingkatkan agar bisa mendukung segala teknis tentang asuransi, SDM, hingga pengadaan di pemerintahan.

3. Government Level (Tier) II

Jika sudah berada di level government, maka pengembangan software Enterprise Resource Planning juga akan dikhususkan bagi kebutuhan pemerintah.

Mulai dari instansi daerah, instansi negara bagian, atau instansi federal.

4. Software ERP Tier (Level) III

Pada tingkatan satu ini, software ERP yang dikembangkan memang ditujukan untuk mendukung perusahaan pada skala menengah ke atas.

Sebagian besar materi ERP pada level ini menangani beberapa bahasa dan mata uang hanya dengan satu alfabet saja.

5. ERP Software Tier IV

Pada tingkat IV ERP berbeda dengan tingkat ke III karena software ini dirancang untuk bisnis dengan skala kecil.

Sistem Enterprise Resource Planning untuk usaha mikro satu ini, secara umum lebih difokuskan pada akuntansi dan IT saja, sehingga kerap dianggap sebagai sistem yang tidak lengkap.

Baca juga: 5 Keunggulan Menggunakan Software Toko

Manfaat Menggunakan ERP untuk Perusahaan

Untuk masyarakat awam yang belum paham sistem ERP alias Enterprise Resource Planning, tentu akan banyak mempertanyakan tentang manfaat dan keuntungan menggunakannya.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa alasan umum bagi perusahaan yang menggunakan ERP dalam bisnis mereka.

1. Untuk Mengintegrasi Informasi Keuangan

Keberadaan ERP akan menjadi pembantu digital yang ampuh untuk dapatkan informasi keuangan dari berbagai departemen.

Anda akan dimudahkan karena sistem yang tersambung pada semua divisi juga akan mempersingkat waktu dan tenaga dalam rekonsiliasi dan evaluasi.

2. Dapat Mengelola Pesanan dan Produksi

Keberadaan lain dari sistem ERP akan mempermudah perusahaan dalam mengelola segala input dan output yang terjadi selama proses berbisnis terjadi.

Dengan adanya laporan digital dari ERP, maka semua aspek dapat dikendalikan dan dipantau secara lebih mudah.

3. Dapat Mengelola HR

Keberadaan sistem Enterprise Resource Planning, Anda akan lebih mudah mengelola kebutuhan karyawan dalam berbagai unit bisnis.

Sistem ini memungkinkan perusahaan dapat menyimpan informasi karyawan secara detail agar lebih mudah mengatur gaji, memantau kehadiran, melacak pengeluaran, dan lainnya.

4. Menjadi Jembatan Manajemen Hubungan Pelanggan

Manfaat menggunakan Enterprise Resource Planning selanjutnya yakni bisa menjadi jembatan manajemen hubungan dengan pelanggan.

Anda dapat memusatkan informasi pelanggan, sehingga bisa dapatkan akses yang lebih cepat.

Keberadaan ERP untuk CRM juga bisa jadi perpanjangan tangan untuk pemasaran kreatif.

Selain itu, aktivitas jalur penjualan dan manajemen produk juga akan terpantau secara otomatis ketika melihat sistem yang ada.

Contoh Fitur Wajib dalam Sistem Enterprise Resource Planning (ERP)

Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak yang wajib ada dalam sebuah software Enterprise Resource Planning (ERP) untuk perusahaan baik skala mikro maupun makro.

  • Fitur Integrasi

Karena tujuan utama keberadaan sistem ini adalah sebagai penyambung data, maka harus ada fitur integrasi di dalamnya.

ERP akan menganalisis, memantau, dan melakukan tugas berbasis data utama yang diberikan.

Melalui data tunggal, sistem ini akan mengolah hasilnya kemudian dibagikan ke platform yang ada dalam semua departemen kerja.

Hal ini akan memungkinkan tiap divisi bisa berkomunikasi lebih lancar di dalam perusahaan Anda.

  • Fitur Otomatisasi

Kemampuan Enterprise Resource Planning atau ERP seharusnya bisa mengotomatiskan tugas umum yang bisa dilakukan manusia seperti mengatur pesanan dan keuangan, menjadi solusi utama.

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menjalankan hal lainnya yang lebih penting, sehingga waktu bekerja juga akan lebih produktif.

Fitur otomatisasi juga akan mengurangi kesalahan teknis dari manusia.

Data yang sudah paten dan terstruktur akan memperkecil peluang kesalahan yang bisa merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang.

  • Fitur Pelaporan

Dalam sistem Enterprise Resource Planning, wajib memiliki sistem pelaporan yang baik agar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhannya.

Umumnya, hal ini akan dibarengi dengan beragam alat dalam dasbor yang mencakup bagan-bagan laporan hasil performa dalam divisi di perusahaan Anda.

Sistem dalam ERP juga akan menyediakan laporan yang lebih rinci, sehingga memudahkan dalam evaluasi.

Selain itu, Anda dapat melihat berbagai kesalahan, inkonsistensi, dan hal-hal lainnya yang perlu diperbaiki untuk setiap divisi yang bekerja di bawah naungan Anda.

  • Fitur Analisis Data

Dikarenakan tugas ERP sebagai salah satu pemroses data dari divisi yang ada, maka fitur analisis data wajib ada di dalamnya.

Keberadaan sistem ini akan menemukan tren dan pola yang sudah terstruktur dalam sistem di perusahaan Anda.

Hal ini akan membuat sistemnya lebih mudah memberikan hasil laporan yang merefleksikan efektivitas kerja untuk semua bidang.

Selain itu, hal ini bisa dijadikan rujukan dalam memberikan perkiraan tindak lapangan untuk pemasaran di masa mendatang.

  • Fitur Akuntansi

Dalam sebuah perusahaan, akuntansi dan bagian keuangan menjadi salah satu bagian penting yang harus terus diperhatikan.

Hal ini membuat ERP wajib memiliki fitur satu ini untuk dapat memantau lalu lintas keuangan yang terjadi.

Sistem dalam ERP dapat membantu dalam pengelolaan proses utang piutang, manajemen aset tetap, manajemen risiko, hingga pengelolaan pajak.

Dengan demikian, Anda bisa memantau seluruh pergerakannya hanya dengan satu software yang memiliki manfaat yang beragam ini.

Salah satu sistem enterprise resource planning yang memiliki fitur akuntansi adalah Jurnal by Mekari.

Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan hingga membuat laporan keuangan secara instan di mana pun dan kapan pun.

Dengan memiliki laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi sekaligus menganalisa keuangan perusahaan.

Dapatkan kemudahan mengelola keuangan untuk bisnis Anda sekarang melalui aplikasi catatan keuangan maupun aplikasi ERP Jurnal dengan free trial hingga 14 hari!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

  • Fitur Pelacakan dan Visibilitas

Salah satu aspek paling penting yang wajib ada dalam ERP adalah kemampuannya dalam memberikan visibilitas yang akurat.

Dengan integrasi tingkat tinggi, Anda bisa mengetahui semua informasi produk datang dan keluar secara lebih rinci.

Tingkat visibilitas pada ERP juga akan membuat pengguna lebih cepat memahami masalah yang ada.

Hal ini akan membuat mereka bisa melakukan langkah lain untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Pentingnya ERP atau Enterprise Resource Planning untuk pertumbuhan bisnis harus Anda utamakan.

Keberadaannya bisa menjadi salah satu indikasi kesuksesan produk yang dikembangkan melalui jalur online.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang apa itu pengertian dari Enterprise Resource Planning (ERP), serta contoh penerapan atau penggunaan dari sistem ini. Semoga bermanfaat.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo