Alasan Software Akuntansi Online Dianggap Terbaik

Semakin besarnya sebuah bisnis, dibutuhkan sistem akuntansi yang akurat untuk dapat mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi. Keberadaan software akuntansi online terbaik merupakan suatu keharusan untuk melihat strategi pengelolaan akuntansi mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. 

Banyaknya pilihan software akuntansi di pasaran seringkali membuat Anda kebingungan untuk memilihnya. Untuk mempermudah pencarian software akuntansi online terbaik, ada beberapa faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Simak penjelasannya berikut ini.

Pembukuan yang Akurat

Akurasi merupakan elemen yang penting bagi sistem akuntansi. Agar sepadan dengan biaya dan waktu yang telah Anda keluarkan, sistem akuntansi harus menjaga saldo yang akurat pada setiap akun di buku besar. 

Perbedaan angka dapat terjadi karena kesalahan pada basis data, server, atau komunikasi antar sistem eksternal. Sistem akuntansi yang baik harus dapat mengidentifikasi, menandai, hingga memperbaiki kesalahan yang menyebabkan ketidakakuratan pada data.

Pengawasan ini akan membantu Anda menemukan penyebab kesalahan data baik karena kecerobohan, pemborosan, penipuan, maupun penggelapan.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Bisnis F&B Butuh Software Aplikasi Akuntansi

Pelaporan yang Lengkap dan Kuat

Semua sistem akuntansi minimal harus memiliki kemampuan untuk membuat laporan keuangan dasar seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca dan perubahan modal.

Sistem akuntansi online terbaik harus menyediakan fitur pelaporan yang lebih lengkap dan kuat sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat laporan khusus sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. 

Misalnya, bisnis Anda membutuhkan laporan yang menunjukkan volume penjualan produk tertentu kepada pelanggan A dalam satu periode tertentu, maka pilih software akuntansi yang menyediakan laporan terkait volume penjualan dengan periode tertentu.

Kasus lain, bisnis Anda membutuhkan informasi perubahan biaya pembelian untuk inventaris kantor dari waktu ke waktu oleh satu vendor. Maka pilih software akuntansi yang bisa menyediakan hal tersebut.

Data-data di atas bisa didapatkan pada software akuntansi online terbaik pilihan Anda. Semakin kuat pelaporannya, semakin banyak insight data yang diberikan sistem kepada pihak manajemen bisnis. Hal ini tentu saja berpengaruh pada pengelolaan keuangan bisnis yang lebih efisien.

Jurnal software akuntansi UKM

Skalabilitas

Salah satu ciri sistem akuntansi online terbaik adalah memiliki skalabilitas, termasuk juga sistem yang dirancang untuk bisnis kecil. Setidaknya sistem akuntansi memiliki kemampuan untuk tumbuh bersama bisnis.  

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis adalah memilih software akuntansi yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis pada saat pembelian.

Mereka tidak memperhitungkan bahwa bisnis akan berkembang dan membutuhkan software akuntansi yang lebih lengkap.

Migrasi dari satu software ke software yang lain itu prosesnya sangat rumit dan membutuhkan banyak waktu. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pilih sistem akuntansi yang tidak memiliki batasan penggunaan dan lisensi software. Serta pertimbangkan untuk memilih software yang dirancang untuk operasional perusahaan yang tersebar secara geografis.

Baca Juga: 3 Fungsi Program Akuntansi bagi Bisnis

Fungsi Audit

Dalam software akuntansi, fitur audit memiliki peran yang sangat penting dan sangat diandalkan. Meskipun catatan bank dan inventaris fisik tidak dapat diaudit oleh sistem, setidaknya terdapat pencatatan rinci untuk melacak perubahan pada sistem. 

Fitur yang berfungsi untuk melakukan audit pada software akuntansi sangat berguna untuk melacak sumber, waktu, dan pengguna di balik perubahan catatan pada sebuah sistem. Fitur ini sangat berfungsi jika terjadi perbedaan antara pencatatan audit dan sistem, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan pelacakan.

Fitur Integrasi

Untuk menambah efisiensi, sistem akuntansi sebaiknya memiliki beberapa opsi fitur integrasi. Fitur rekonsiliasi bank, pembuatan dan pengiriman faktur, hingga pemantauan pertumbuhan bisnis lewat aplikasi seluler harus menjadi bagian dari software tersebut. 

Fitur integrasi semacam ini mampu menghemat waktu dan biaya operasional dari divisi keuangan. 

Menemukan software akuntansi online terbaik memang tidak mudah, karena perangkat lunak seperti ini termasuk ke dalam investasi perusahaan. Bagi Anda yang sedang mencari software akuntansi yang cocok untuk berbagai sektor bisnis, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba layanan Jurnal by Mekari. 

Dengan menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data telah diproses dengan baik oleh Jurnal.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsoliasi  pembayaran, dan pencatatan invoice.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login. Cari tahu selengkapnya mengenai produk di website Jurnal atau tak ada salahnya mencoba demo gratis 14 hari.

CTA promo agustus 2020


PUBLISHED10 Aug 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: