Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Dibalik Manfaat Software Akuntansi untuk Bisnis

Tayang 31 Jan 2020
Diperbarui 14 Desember 2023

Mengelola bisnis adalah hal yang menantang dan rumit. Apapun jenis bisnisnya, manajemen bisnis memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Namun, hal itu bukan masalah dengan hadirnya software akuntansi. Lalu, apa saja manfaat menggunakan software akuntansi?

Pemilik usaha diharapkan mampu mengetahui tentang laporan keuangan sederhana, cara pemasaran, produksi, penjualan, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan bisnis.

Ketelitian dalam mengelola bisnis menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Termasuk ketika mencatat setiap transaksi bisnis yang terjadi.

Setia transaksi bisnis dicatat dengan teliti dan tepat agar tidak terjadi kesalahan pada saat pelaporan keuangan.

Karena laporan keuangan merupakan dokumen penting perusahaan, proses pengerjaannya pun harus detail dan rinci.

Termasuk salah satunya adalah dengan detailnya catatan transaksi bisnis yang terjadi.

Saat ini, semakin banyak bisnis dengan skala kecil menengah yang bermunculan.

Hal ini berarti semakin banyak pemilik usaha yang juga berusaha mengelola keuangan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak juga software keuangan dan akuntansi untuk perusahaan yang bermunculan.

Software keuangan dan akuntansi ini digunakan untuk membantu tugas akuntansi sebuah bisnis.

Tentunya perangkat lunak akunting berbeda dengan proses akuntansi konvensional.

Perbedaan Akuntansi Konvensional dan Software Akuntansi

Perbedaan antara akuntansi konvensional dan perangkat lunak akunting antara lain:

a. Akuntansi Konvensional

  • Akuntansi konvensional membuat semua pekerjaan Anda dilakukan mulai dari proses pencatatan hingga pengikhtisaran yang murni dilakukan oleh tangan dan pikiran manusia. Semua dicatat oleh manusia dengan proses pencatatan manual.
  • Manusia yang memegang peranan penting dalam menjalankan proses akuntansi secara  konvensional.
  • Kecermatan dan ketepatan waktu sangat dibutuhkan untuk menjalankan proses perhitungan keuangan dengan akuntansi konvensional.
  • Kecermatan dan ketepatan waktu dalam mencatat data keuangan dan juga penyajian laporan keuangan diperlukan secara detail dalam akuntansi konvensional.
  • Perlu adanya pemisahan antara pihak yang mempersiapkan buku harian, buku besar dan jurnal akuntansi. Sehingga lebih perlu banyak tenaga ahli dalam hal tersebut.

b. Perangkat Lunak Akunting

  • Pada proses akuntansi berbasis software, melibatkan tangan manusia dalam kegiatan mencatat dokumen bisnis atau pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan untuk memasukkan data kedalam komputer.
  • Dengan akuntansi berbasis software, dibutuhkan kecermatan dan ketepatan waktu untuk pencatatan hingga penyajian informasi dan laporan keuangan sudah cukup terjamin oleh komputer. Karena software akan memproses setiap data yang telah dimasukkan.
  • Software komputer yang dipakai dalam memproses kegiatan akuntansi cukup handal. Kehandalan hardware, Issue G.I.G.O (Garbage In Garbage Out) dan muncul dalam sistem komputerisasi.

Sebenarnya, akuntansi berbasis software tidak memerlukan software yang sangat canggih dan mesin yang sangat pintar.

Ms Excel yang sudah tersedia di setiap komputer sudah cukup untuk menjadi perangkat lunak akunting sederhana.

Tentu saja program ini sangat membantu Anda menyelesaikan semua pekerjaan secara cepat, termasuk mengelola laporan keuangan excel dengan mudah.

Manfaat Menggunakan Perangkat Lunak Akunting untuk Bisnis

manfaat menggunakan perangkat lunak akunting1

Dengan banyaknya bisnis berskala kecil menengah saat ini, semakin banyak pula pemilik usaha yang selalu mencari alternatif agar bisa mengelola bisnisnya dengan lancar dan mengembangkan bisnisnya menjadi lebih sukses.

Hanya saja, terkadang pemilik usaha mengalami kendala dengan proses akuntansi.

Tidak banyak pemilik usaha yang memahami tentang proses akuntansi dalam sebuah bisnis. Tetapi dengan adanya perangkat lunak akunting, pemilik bisnis tidak perlu khawatir lagi.

Berikut manfaat manfaat software akuntansi untuk bisnis:

  • Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan rumus-rumus penghitungan akuntansi. Karena di dalam perangkat lunak akunting sudah terdapat sistem yang akan menghitung data yang disajikan secara otomatis. Sehingga proses akuntansi bisnis lebih cepat dan mudah.
  • Mengalokasikan waktu untuk yang lebih penting. Dengan proses akuntansi yang telah ditangani oleh perangkat lunak akunting, tentunya Anda memiliki waktu lebih untuk mengatasi hal lain dalam bisnis. Anda bisa lebih fokus dengan proses pemasaran produk, riset pasar, bahkan mengembangkan produk baru untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.
  • Tidak memerlukan tenaga ahli. Untuk menjalankan perangkat lunak akunting, Anda tidak perlu menyewa tenaga ahli untuk melakukan pekerjaan. perangkat lunak akunting akan bekerja dengan sistem yang handal sehingga Anda hanya tinggal mengamati.
  • Menghemat biaya perusahaan. Dengan menggunakan perangkat lunak akunting, Anda tidak perlu lagi menyewa tenaga ahli. Dengan begini, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan untuk menggaji tenaga ahli. Bahkan alokasi dana untuk tenaga ahli bisa Anda gunakan untuk keperluan lain untuk mendukung bisnis Anda.
  • Meminimalisir kesalahan. Jika akuntansi konvensional dilakukan secara manual yaitu mencatat setiap transaksi dan menghitung satu persatu, perangkat lunak akunting berbeda dalam hal proses pengerjaannya. Mencatat transaksi secara manual bisa terjadi kemungkinan kesalahan. Karena setiap pencatatan membutuhkan ketelitian tinggi. Tetapi jika menggunakan perangkat lunak akunting, kesalahan yang terjadi karena human error akan lebih sedikit. Karena perangkat lunak akunting sudah didesain untuk merekam data dan memprosesnya secara otomatis dan akurat.
  • Data aman. Manfaat menggunakan perangkat lunak akunting adalah data perusahaan Anda menjadi sangat aman. Pastikan hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki akses untuk perangkat lunak akunting bisnis Anda agar tidak terjadi kecurangan.
  • Bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan menggunakan teknologi cloud server, tentunya perangkat lunak akunting bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Anda tidak perlu menunggu sampai kantor untuk melihat kondisi keuangan perusahaan Anda. bahkan setiap informasi keuangan diupdate secara real time oleh perangkat lunak akunting. Sehingga Anda akan mampu memantau kondisi perusahaan dengan mudah.

Banyak sekali manfaat menggunakan software akuntansi untuk sebuah bisnis. Di era digital seperti sekarang, teknolog memudahkan pekerjaan manusia dengan memberikan solusi dari setiap permasalahan yang dialami manusia.

manfaat menggunakan perangkat lunak akunting1

Keuntungan lainnya untuk bisnis yang menggunakan perangkat lunak akunting adalah.

  • Pengambilan keputusan bisnis yang cepat. Karena laporan keuangan dapat diakses dari manapun dan kapan saja, pemilik usaha menjadi lebih tanggap terhadap pengambilan keputusan. Tidak perlu menghitung secara manual terlebih dahulu karena perangkat lunak akunting menyediakan data real time dan selalu update.
  • Pengelolaan persediaan lebih teratur. perangkat lunak akunting juga menyediakan fitur inventory, dimana pengguna bisa memasukkan data persediaan perusahaan. Dengan fitur ini, Anda bisa memantau pengelolaan persediaan dan mengatur persediaan lebih teratur.
  • Proses stok opname dengan mudah. Dengan adanya fitur stok opname, Anda bisa mengetahui kebenaran dari laporan keuangan. Memastikan kecocokan, melihat adanya kecurangan dan hal ini bisa didapat dari proses stok opname.
  • Mencatat setiap transaksi. Fitur yang sangat menguntungkan pemilik bisnis adalah pencatatan transaksi. Sering kali human error melakukan kesalahan terhadap pencatatan transaksi sehingga membuat pelaporan keuangan juga terjadi kesalahan. perangkat lunak akunting mampu mengurangi kesalahan tersebut dengan pencatatan transaksi yang detail dan tepat.
  • Laporan keuangan bisa diproses dimanapun dan kapanpun. Karena data transaksi bisnis telah dimasukkan kedalam software, tentunya Anda bisa memproses menjadi laporan keuangan dan mencetaknya kapanpun dan dimanapun.

Keunggulan dan manfaat software akuntansi sangat menguntungkan untuk pemilik bisnis.

Terutama jika bisnis yang Anda jalankan berskala kecil dan menengah. Tentunya setiap data transaksi dan laporan keuangan akan lebih mudah dan praktis dengan menggunakan perangkat lunak akunting.

Saatnya berlangganan software akuntansi online untuk mempermudah pencatatan laporan keuangan bisnis lebih cepat dan akurat. Cari tahu informasi selengkapnya terkait harga Mekari Jurnal dan coba gratis selama 14 hari di sini.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal