Memahami Istilah Integrated Marketing Communication Key Takeaways IMC adalah strategi pemasaran yang menyampaikan pesan yang konsisten melalui berbagai saluran komunikasi, baik offline maupun online. Pendekatan promosi IMC dapat berupa soft sell dan hard sell. IMC menjadi bagian penting untuk membangun dan memperkuat citra brand. IMC membantu menyampaikan pesan yang kuat dan konsisten, membangun identitas merek, dan meningkatkan efektivitas pemasaran. Integrated Marketing Communication (IMC) menjadi salah satu konsep yang semakin banyak diterima di dalam dunia pemasaran. Sebenarnya IMC sendiri bukanlah hal baru. Sejak pertengahan dekade 1980-an, konsep ini sebenarnya sudah mulai dilontarkan dan semakin terkenal setelah Don Schultz meluncurkan bukunya yang diberi judul Integrated Marketing Communication. Kegiatan IMC di era modern ini telah berkembang dan dapat dilakukan di dalam berbagai media baik secara offline maupun online. Apa itu Integrated Marketing Communication? Integrated marketing communication (IMC) atau biasa disebut komunikasi pemasaran terpadu merupakan suatu strategi pemasaran bagi bisnis Anda untuk mengomunikasikan pesan yang sama di semua saluran pemasaran. Tujuan yang ingin dicapai oleh strategi IMC adalah untuk memengaruhi khalayak ramai dengan elemen promosinya sampai ke tingkat kognisi, afeksi, dan konasi. Elemen promosi yang digunakan biasanya terbagi menjadi dua, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell dapat berupa advertising, public relation, CSR, interactive marketing yang bertujuan untuk memengaruhi konsumen ke tingkat kognisi dan afeksi. Sedangkan, hard sell dapat berupa personal selling, direct marketing, sales promotion untuk memengaruhi konsumen ke tingkat konasi. Baca juga: Retargeting Ads Strategy untuk Meningkatkan Penjualan Unsur-Unsur yang Terdapat Dalam Strategi IMC Anda perlu mengetahui unsur-unsur yang terdapat dalam strategi Integrated Marketing Communication, hal ini bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai alat promosi agar pesan yang disampaikan benar diterima oleh pelanggan. Berikut unsur-unsur strategi IMC: Direct Marketing: Pendekatan pemasaran yang berfokus pada komunikasi langsung dengan konsumen individu untuk menghasilkan respons atau transaksi langsung, tanpa perantara. Contohnya termasuk mengirim email. Sales Promotion: Taktik komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk mendorong pembelian jangka pendek melalui penawaran insentif kepada konsumen, distributor, atau tenaga penjual. Contohnya diskon harga. Public Relation: Upaya membangun dan memelihara citra positif perusahaan atau merek melalui komunikasi yang bersifat informatif, kredibel, dan non-komersial kepada publik. Contohnya siaran pers. Personal Selling: Pendekatan pemasaran yang melibatkan interaksi langsung antara tenaga penjual dan calon pelanggan, dengan tujuan membujuk mereka untuk membeli produk atau jasa. Contohnya B2B. Word of Mouth Marketing: Bentuk promosi di mana konsumen secara sukarela menyebarkan informasi positif tentang suatu produk atau merek kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui media digital. Contohnya ulasan dari sosial media. Pentingnya Melakukan Strategi IMC Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seorang pemasar memerlukan strategi Integrated marketing communication: IMC bertujuan untuk menyampaikan pesan yang konsisten. Sehingga calon konsumen dapat benar-benar menerima dan memahami pesan yang ingin disampaikan. IMC berguna untuk membangun pencitraan suatu merek. Bukan hanya pesan Anda yang akan selalu sama, tetapi unsur-unsur merek Anda juga akan ikut serta terbentuk dengan lebih mudah. Ketika ciri khas, logo, konten, dan suara bekerja dengan baik secara bersama-sama, maka Anda dapat memaksimalkan pencapaian merek Anda dengan lebih mudah. IMC untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Di dunia digital, pelanggan tidak hanya mencari produk atau layanan favorit saja. Namun mereka menginginkan pengalaman yang benar-benar sesuai dengan keinginan mereka. Melalui strategi IMC, pelanggan akan ikut membantu menentukan bagaimana pesan bisnis Anda tersampaikan, sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik bagi bisnis Anda. Strategi IMC tidak hanya memperkuat pesan yang sama di benak konsumen saja, tetapi juga dapat menjaga pesan dan tujuan yang jelas dalam bisnis Anda sendiri. Proses Melakukan Integrated Marketing Communication Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam melakukan strategi Integrated Marketing Communication, yaitu: Analysis of promotional program situation, yaitu Anda harus menganalisa kelebihan dan kelemahan data, menemukan titik permasalahan, kemudian mencari solusinya. Analysis of communication process, Anda harus menganalisa tanggapan penerima informasi, tahapan dalam pengiriman informasi, serta saluran informasi yang digunakan. Budget determination, yaitu melakukan cara penyusunan anggaran, apakah dengan top-down (modal sudah tersedia di awal) atau bottom-up (melihat berapa biaya yang dibutuhkan dalam penyusunan rencana dan bagaimana pengalokasiannya). Develop IMC program, yaitu mengembangkan program komunikasi pemasaran yang akan ditempuh. Integrate and implement IMC strategies, yaitu menggunakan kombinasi strategi marketing mix. Kemudian memproduksi iklan, membeli media time and space, serta melaksanakan desain yang sudah ditetapkan sesuai dengan program yang ditempuh. Monitor, evaluate, and control IMC program, yaitu mengevaluasi hasil kinerja apakah sudah efektif atau belum. Serta melihat apakah taktik yang sudah ditempuh telah sesuai dengan strategi yang diambil atau tidak. Integrated marketing communication dapat membentuk identitas merek dan pesan yang kuat di pasar. Sebab IMC mengoordinasikan dan memadukan semua saluran pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten. Susun strategi IMC Anda dengan tepat dan jangan lupa untuk menentukan biaya yang dibutuhkan untuk strategi tersebut. Untuk penerapan integrasi bisnis yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi online terintegrasi seperti Mekari Jurnal untuk mencatat segala keuangan yang diperlukan dalam pemasaran. Daftarkan bisnis Anda sekarang dan coba Mekari Jurnal gratis selama 14 hari!