Integrated Marketing Communication (IMC) menjadi salah satu konsep yang semakin banyak diterima di dalam dunia pemasaran. Sebenarnya IMC sendiri bukanlah hal baru. Sejak pertengahan dekade 1980-an, konsep ini sebenarnya sudah mulai dilontarkan dan semakin terkenal setelah Don Schultz meluncurkan bukunya yang diberi judul Integrated Marketing Communication. Kegiatan IMC di era modern ini telah berkembang dan dapat dilakukan di dalam berbagai media baik secara offline maupun online.

Baca juga: Retargeting Ads Strategy untuk Meningkatkan Penjualan

 

Apa itu Integrated Marketing Communication?

Integrated marketing communication (IMC) atau biasa disebut komunikasi pemasaran terpadu merupakan suatu strategi bagaimana bisnis Anda dapat mengomunikasikan pesan yang sama di semua saluran pemasaran. Tujuan yang ingin dicapai oleh strategi IMC adalah untuk memengaruhi khalayak ramai dengan elemen promosinya sampai ke tingkat kognisi, afeksi, dan konasi. Elemen promosi yang digunakan biasanya terbagi menjadi dua, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell dapat berupa advertising, public relation, CSR, interactive marketing yang bertujuan untuk memengaruhi konsumen ke tingkat kognisi dan afeksi. Sedangkan, hard sell dapat berupa personal selling, direct marketing, sales promotion untuk memengaruhi konsumen ke tingkat konasi.

 

Pentingnya Melakukan Strategi IMC

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seorang pemasar memerlukan strategi IMC:

  1. IMC bertujuan untuk menyampaikan pesan yang konsisten. Sehingga calon konsumen dapat benar-benar menerima dan memahami pesan yang ingin disampaikan.
  2. IMC berguna untuk membangun pencitraan suatu merek. Bukan hanya pesan Anda yang akan selalu sama, tetapi unsur-unsur merek Anda juga akan ikut serta terbentuk dengan lebih mudah. Ketika ciri khas, logo, konten, dan suara bekerja dengan baik secara bersama-sama, maka Anda dapat memaksimalkan pencapaian merek Anda dengan lebih mudah.
  3. IMC untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Di dunia digital, pelanggan tidak hanya mencari produk atau layanan favorit saja. Namun mereka menginginkan pengalaman yang benar-benar sesuai dengan keinginan mereka. Melalui strategi IMC, pelanggan akan ikut membantu menentukan bagaimana pesan bisnis Anda tersampaikan, sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik bagi bisnis Anda.
  4. Strategi IMC tidak hanya memperkuat pesan yang sama di benak konsumen saja, tetapi juga dapat menjaga pesan dan tujuan yang jelas dalam bisnis Anda sendiri.

 

Proses Melakukan IMC

Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam melakukan strategi Integrated Marketing Communication, yaitu:

  1. Analysis of promotional program situation, yaitu Anda harus menganalisa kelebihan dan kelemahan data, menemukan titik permasalahan, kemudian mencari solusinya.
  2. Analysis of communication process, Anda harus menganalisa tanggapan penerima informasi, tahapan dalam pengiriman informasi, serta saluran informasi yang digunakan.
  3. Budget determination, yaitu melakukan cara penyusunan anggaran, apakah dengan top-down (modal sudah tersedia di awal) atau bottom-up (melihat berapa biaya yang dibutuhkan dalam penyusunan rencana dan bagaimana pengalokasiannya).
  4. Develop IMC program, yaitu mengembangkan program komunikasi pemasaran yang akan ditempuh.
  5. Integrate and implement IMC strategies, yaitu menggunakan kombinasi strategi marketing mix. Kemudian memproduksi iklan, membeli media time and space, serta melaksanakan desain yang sudah ditetapkan sesuai dengan program yang ditempuh.
  6. Monitor, evaluate, and control IMC program, yaitu mengevaluasi hasil kinerja apakah sudah efektif atau belum. Serta melihat apakah taktik yang sudah ditempuh telah sesuai dengan strategi yang diambil atau tidak.

Baca juga: Menciptakan Strategi Community Marketing dalam Berbisnis

 

Integrated marketing communication dapat membentuk identitas merek dan pesan yang kuat di pasar. Sebab IMC mengoordinasikan dan memadukan semua saluran pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten. Susun strategi IMC Anda dengan tepat dan jangan lupa untuk menentukan biaya yang dibutuhkan untuk strategi tersebut. Gunakan software akuntansi seperti Jurnal untuk mencatat segala keuangan yang diperlukan dalam pemasaran. Daftarkan bisnis Anda sekarang dan coba Jurnal gratis selama 14 hari.