Mekari Jurnal
Daftar Isi
12 min read

7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

Tayang 12 Jul 2023
Diperbarui 18 Oktober 2023

Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Bagaimana sebenarnya teknik cara memasarkan produk dan contoh strategi pemasaran produk yang baik dan benar?

Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya secara lengkap pada tulisan ini.

Mengetahui dengan tepat cara pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan.

Maka itu, Anda sebagai pelaku bisnis perlu menerapkan contoh strategi pemasaran produk yang efektif ini untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda.

Setelah membaca tulisan di Blog Mekari Jurnal, maka Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan Anda terkait teknik strategi pemasaran produk seperti:

  • Jelaskan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk?
  • Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan apa?
  • Sebutkan apa saja strategi pemasaran yang bisa diterapkan?
  • Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan?
  • Bagaimana metode pemasaran dan cara marketing produk yang paling baik?
  • Sebutkan bagaimana metode pemasaran untuk memperkenalkan makanan fungsional?
  • Bagaimana cara melakukan promosi yang tepat untuk produk pasar global?
  • Bagaimana strategi pemasaran dan promosi pengusaha?

Mengenal Tentang Strategi Pemasaran 

Strategi pemasaran produk adalah usaha dalam memasarkan sebuah produk, barang, atau jasa dengan cara tertentu untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat. sehingga penjualan akan meningkat.

Sederhananya, marketing atau pemasaran dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencapai target tertentu.

Tujuan utama strategi pemasaran produk, yaitu:

  1. Untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim marketing. Dilakukan bertujuan agar setiap anggota tim dapat bekerja sama dengan baik, efektif dan efisien.
  2. Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang sudah ditentukan. Jika tidak ada pembukuan yang jelas maka perusahaan tidak dapat mengukur nilai penjualan.
  3. Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran. Karena dunia pasar sangat dinamis, maka perlu dibentuk strategi yang tepat dengan integrasi terhadap divisi perusahaan lain.
  4. Sebagai dasar yang masuk akal untuk pengambilan keputusan. Adanya data hasil penjualan, maka perusahaan dapat menetapkan strategi pemasaran selanjutnya yang akan dilakukan.

tujuan strategi pemasaran produk

Konsep Strategi Pemasaran

Terdapat konsep khusus dalam strategi pemasaran produk atau jasa, agar saat melaksanakannya lebih terarah.

Berikut konsep khusus strategi pemasaran:

a. Segmentasi Pasar

Anda perlu melakukan klasifikasi market terlebih dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda.

Klasifikasi yang bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen.

b. Positioning Market

Tentukan pola yang spesifik agar Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda.

Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi kuat dalam market yaitu segmen yang bisa menguntungkan bisnis.

Hal ini dilakukan karena tidak ada perusahaan yang dapat menguasai kebutuhan pasar.

c. Market Entry Strategy

Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah market entry strategy.

Konsep strategi pemasaran ini dapat dilakukan jika perusahaan Anda ingin memasuki pada segmen pasar tertentu.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu

  • Membeli perusahaan lain
  • Internal Development
  • Kerjasama dengan perusahaan lain

Jangan lupa juga kalau Branding juga memiliki peranan cukup penting seperti yang dijelaskan pada video dari channel Yotube Mekari Jurnal dibawah ini.

d. Marketing Mix Strategy

Strategi marketing mix yaitu kumpulan dari banyak variabel yang digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.

Berikut variabel yang terdapat pada marketing mix.

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

e. Timing Strategy

Disini perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Ini adalah merupakan penjabaran dari timing strategy pada konsep strategi pemasaran.

Dengan pemilihan waktu yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa persiapan konsep strategi pemasaran di bidang produksi.

Selain itu, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Pakai Mekari Jurnal untuk toko online Anda! Terhubung dengan Markeplace permudah lacak transaksi toko.

Jenis Strategi Pemasaran Produk

Berikut ini merupakan 4 jenis strategi pemasaran produk yang perlu Anda ketahui:

1. Direct Selling

Direct selling atau penjualan langsung merupakan jenis strategi pemasaran di mana penjual akan menjual secara langsung produknya kepada konsumen.

Meskipun langsung, tetapi umumnya penjual tidak dilakukan di toko retail.

Caranya Anda dapat melakukannya dengan door-to-door atau menemui konsumen secara langsung. Anda sebagai pemasar bisa mendatangi rumah-rumah konsumen yang ditargetkan.

Penawaran barang dilakukan di sana dengan mengandalkan kemampuan persuasif. Kelebihan dari strategi ini yakni modalnya yang tidak perlu besar, sehingga cocok untuk bisnis yang tidak memiliki modal besar.

Namun, kekurangannya yaitu pemasar atau marketer akan cepat atau lebih lelah karena terus berjalan.

Selain itu, beberapa masyarakat atau konsumen juga tidak nyaman dengan cara ini karena mengganggu dan seperti dipaksa untuk membeli.

2. Earned Media

Cara memasarkan produk yang kedua adalah earned media.

Berbeda dengan penjualan langsung, jenis strategi ini justru dilakukan secara tidak langsung.

Hal utama yang harus Anda lakukan untuk menerapkan strategi ini yakni membangun hubungan dan kepercayaan dengan masyarakat.

Sehingga, Anda perlu membangun brand dan membentuk image yang baik melalui media sosial.

Baca juga: Mengenal Arti, Fungsi, dan Bagian Sistem Informasi Akuntansi

3. Point of Purchase

Point of Purchase (POP) merupakan strategi marketing dengan cara menempatkan material marketing atau iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan.

Strategi ini sangat cocok diterapkan pada toko retail yang menjual berbagai macam produk.

Menurut penelitian, sekitar 64% orang yang datang ke toko retail masih belum menentukan produk yang akan dibelinya.

Kondisi tersebut dapat Anda manfaatkan dengan mengarahkan mereka untuk membeli produk Anda.

Kerahkan semua product knowledge dan kemampuan komunikasi sehingga konsumen tertarik dan susah untuk menolak.

Strategi pemasaran produk point of purchase ini dapat Anda lakukan dengan cara membuat display dengan desain khusus yang menarik dan menempatkannya pada tempat yang strategis seperti di dekat pintu masuk dan keluar.

4. Internet Marketing

Pasti Anda juga sudah tidak asing dengan strategi pemasaran ini bukan?

Internet marketing merupakan strategi pemasaran yang cukup dikenal dan dilakukan oleh banyak pelaku usaha pada saat ini.

Caranya yang mudah dan cepat membuat strategi ini banyak dipilih.

Selain itu, media sosial yang menjadi pilihan juga banyak seperti Instagram, Facebook, website, email marketing dan banyak lagi yang lain.

Jenis strategi pemasaran ini akan berjalan dengan lancar jika Anda dapat membuat konten yang menarik pembeli.

Apalagi jika Anda dapat membuat brand tersendiri dalam media sosial, itu merupakan keuntungan yang sangat bagus.

Oh ya semua jenis konten yang Anda buat juga merupakan aset berupa hak cipta, janganlah membuat konten dengan asal-asalan.

Itulah beberapa jenis strategi pemasaran produk yang perlu Anda ketahui.

Sehingga Anda dapat memilih strategi pemasaran yang akan dilakukan dengan efektif dan membuat bisnis Anda semakin maju.

Misalnya, untuk cara melakukan promosi yang tepat untuk produk pasar global Anda bisa pelajari dengan menonton video dari Mekari Jurnal dibawah ini.

7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?

Selain menjaga kualitas produk, beberapa hal lain bisa dilakukan dengan menerapkan teknik pemasaran yang baik dan benar.

Disini Anda akan belajar bagaimana cara pemasaran atau cara memasarkan produk yang baik dan benar.

Lalu tentu saja selain menerapkan strategi pemasaran, Anda juga perlu menetapkan strategi pengelolaan keuangan yang praktis dan mudah.

Salah satunya bisa menggunakan aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal

Hal ini bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih tepat dan akurat.

Buktikan sendiri dengan coba gratis aplikasi Jurnal!

Di bawah ini akan dibahas 7 (tujuh) cara memasarkan produk terbaik yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

Lalu agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu.

7 cara terbaik dalam memasarkan produk

1. Ketahui Target Pasar Anda Sebelum Mulai Menerapkan Strategi Pemasaran Produk Anda

Anda harus benar-benar mengenali pasar Anda, kuasailah target pasar Anda.

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda.

Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses.

Contohnya jika Anda bergerak di bagian pakaian remaja perempuan.

Maka Anda dapat menargetkan pasar Anda dengan penyesuaian pada produk yang di produksi.

Seperti perempuan yang masih sekolah dan berumur 12-18 tahun.

2. Optimalkan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Social Media

Kita semua pasti setuju, media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya.

Contohnya berpromosi menggunakan Instagram dan Facebook adalah salah satu cara memasarkan produk lewat internet.

Biasanya untuk Anda yang punya usaha online atau bisnis online akan sering melakukan pemasaran lewat media sosial.

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pemasaran di media sosial.

Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi.

Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual.

Dalam pemasaran media sosial, Anda juga dapat berkolaborasi dengan influencer.

Ini adalah salah satu contoh strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen.

Banyak orang yang menggunakan influencer di sosial media untuk mempromosikan produknya.

Biarkan pengikut mereka mengetahui produk Anda melalui influencer.

3. Menawarkan Produk Secara Gratis Adalah Salah Satu Contoh Strategi Pemasaran Yang Efektif

Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.

Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut.

Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya.

Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan dapat menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk.

Beberapa teknik pemasaran dan contoh strategi pemasaran produk ini cukup efektif diterapkan.

4. Memilih Tempat Strategis Adalah Salah Satu Cara Memasarkan Produk Yang Tepat

Tempat strategis masih menjadi salah satu contoh strategi pemasaran yang patut dipertimbangkan.

Karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi.

Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.

Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka berjualan di dekat area kampus atau tempat sekolah akan membuat kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.

Bagaimana cara kelola bisnis makanan dan minuman secara efektif dengan bantuan aplikasi Mekari Jurnal? Tonton video di bawah ini, dan Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya di sini!

5. Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya.

Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik.

Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang, namun dapat berupa hadiah produk atau potongan harga.

Ini adalah salah satu contoh cara juga strategi pemasaran produk yang bisa dicoba.

Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu konsumen yang loyal dan calon konsumen.

Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir semua produk.

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen Anda adalah apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat.

Mengingat konsumen yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan.

Mereka telah berulang kali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin.

Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya Anda memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan.

Salah satunya dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan.

Hal ini cukup efektif menjadi cara pemasaran produk makanan karena produk jenis ini mengandalkan loyalitas pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.

Baca juga : Maksimalkan Strategi Pemasaran untuk Menyasar Pasar Lebih Luas

7. Manfaatkan Teknik Pemasaran Mulut ke Mulut

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pemasaran mulut ke mulut ini.

Dengan cara ini tim pemasaran Anda berkomunikasi secara langsung dengan konsumen.

Setelah konsumen membeli produk dan merasa puas dengan produk tersebut, konsumen akan memberitahu konsumen lainnya yang berpotensi untuk membeli produk tersebut.

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat dan tentu saja mendapatkan banyak konsumen.

Jika Anda tetap fokus pada hal yang satu ini, tentu saja penjualan Anda akan semakin meningkat.

Jadinya, agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu beberapa hal yang telah disebutkan diatas.

Karena strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa hal yang sudah disebutkan seperti lewat media sosial, pemilihan tempat usaha yang strategis hingga menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Pemasaran dan Konsepnya di Era Digital

Kelola Bisnis Lebih Mudah Dengan Bantuan Aplikasi Mekari Jurnal

Nah, sekarang sudah terjawab bukan apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?

Setelah cara dan strategi pemasaran produk ini berjalan dengan baik, Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik.

Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis pun akan terus berkembang.

Software akuntansi Jurnal adalah penyedia sistem software akuntansi online yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda lebih baik.

Dengan aplikasi akuntansi android dari Jurnal, Anda dapat melakukan penyimpanan dan pengecekan catatan keuangan bisnis kapan pun dan di mana pun bahkan melalui ponsel untuk mengelola keuangan bisnis dan mengembangkan aset usaha.

Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur lain yang dimiliki Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Anda juga bisa beralih ke Jurnal sekarang dan dapatkan coba gratis aplikasi selama 7 hari dengan klik disini.

Nah, semoga beberapa contoh cara strategi pemasaran produk diatas bisa berguna buat Anda yang memerlukannya.

Membaca tulisan ini sekarang Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait pemasaran seperti :

  • Jelaskan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk?
  • Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan apa?
  • Sebutkan apa saja strategi pemasaran yang bisa diterapkan?
  • Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan?
  • Bagaimana metode pemasaran dan cara marketing produk yang paling baik?
  • Sebutkan bagaimana metode pemasaran untuk memperkenalkan makanan fungsional?
  • Bagaimana cara melakukan promosi yang tepat untuk produk pasar global?
  • Bagaimana strategi pemasaran dan promosi pengusaha?

Lalu jangan lupa untuk membagikan tulisan ini ke sosial media jika Anda merasa informasi ini berguna.

Jurnal Hadirkan Fitur Software Akuntansi Terlengkap di Indonesia!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal