Jurnal Enterpreneur

7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat? Bagaimana sebenarnya teknik cara memasarkan produk dan contoh strategi pemasaran produk yang baik dan benar? Bagaimana contoh strategi pemasaran yang baik? Beberapa cara yang akan diulas disini. Lalu tentu saja strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi ini juga.

Blog Akuntansi Jurnal By Mekari akan mengulasnya secara lengkap pada tulisan ini.

Mengetahui dengan tepat cara pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan.

Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya

Maka itu, Anda sebagai pelaku bisnis perlu menerapkan contoh strategi pemasaran produk yang efektif ini untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda.

Setelah membaca tulisan di blog Jurnal By Mekari ini maka Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan Anda terkait teknik strategi pemasaran produk seperti :

  • Jelaskan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk?
  • Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan apa?
  • Sebutkan apa saja strategi pemasaran yang bisa diterapkan?
  • Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan?
  • Bagaimana metode pemasaran dan cara marketing produk yang paling baik?
  • Sebutkan bagaimana metode pemasaran untuk memperkenalkan makanan fungsional?
  • Bagaimana cara melakukan promosi yang tepat untuk produk pasar global?
  • Bagaimana strategi pemasaran dan promosi pengusaha?

7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

Apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?

Selain menjaga kualitas produk, beberapa hal lain bisa dilakukan dengan menerapkan teknik pemasaran yang baik dan benar.

Disini Anda akan belajar bagaimana cara pemasaran atau cara memasarkan produk yang baik dan benar.

Lalu tentu saja selain menerapkan strategi pemasaran, Anda juga perlu menetapkan strategi pengelolaan keuangan yang praktis dan mudah.

Salah satunya bisa menggunakan aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari.

Hal ini bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih tepat dan akurat.

Buktikan sendiri dengan coba gratis aplikasi Jurnal, klik disini untuk mencoba sendiri Aplikasi Akuntansi Jurnal atau pelajari selengkapnya dengan klik banner di bawah ini.

Jurnal Enterprise Plus, Solusi Terlengkap Untuk Optimalkan Transaksi Bisnis Anda!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Di bawah ini akan dibahas 7 (tujuh) cara memasarkan produk terbaik yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

Lalu agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu.

1. Ketahui Target Pasar Anda Sebelum Mulai Menerapkan Strategi Pemasaran Produk Anda

Anda harus benar-benar mengenali pasar Anda, kuasailah target pasar Anda.

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda.

Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses.

Contohnya jika Anda bergerak di bagian pakaian remaja perempuan.

Maka Anda dapat menargetkan pasar Anda dengan penyesuaian pada produk yang di produksi.

Seperti perempuan yang masih sekolah dan berumur 12-18 tahun.

2. Optimalkan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Social Media

Kita semua pasti setuju, media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya.

Contohnya berpromosi menggunakan Instagram dan Facebook adalah salah satu cara memasarkan produk lewat internet.

Biasanya untuk Anda yang punya usaha online atau bisnis online akan sering melakukan pemasaran lewat media sosial.

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pemasaran di media sosial.

Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi.

Pakai Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual.

Dalam pemasaran media sosial, Anda juga dapat berkolaborasi dengan influencer.

Ini adalah salah satu contoh strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen.

Banyak orang yang menggunakan influencer di sosial media untuk mempromosikan produknya.

Biarkan pengikut mereka mengetahui produk Anda melalui influencer.

Pakai Jurnal untuk Online Shop Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah

3. Menawarkan Produk Secara Gratis Adalah Salah Satu Contoh Strategi Pemasaran Yang Efektif

Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.

Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut.

Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya.

Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan dapat menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk.

Beberapa teknik pemasaran dan contoh strategi pemasaran produk ini cukup efektif diterapkan.

Bagaimana sebenarnya cara memasarkan produk dan strategi pemasaran produk yang baik dan benar? Bagaimana contoh strategi pemasaran yang baik? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya secara lengkap.

4. Memilih Tempat Strategis Adalah Salah Satu Cara Memasarkan Produk Yang Tepat

Tempat strategis masih menjadi salah satu contoh strategi pemasaran yang patut dipertimbangkan.

Karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi.

Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.

Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka berjualan di dekat area kampus atau tempat sekolah akan membuat kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.

Kelola bisnis makanan dan minuman secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

5. Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya.

Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik.

Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang, namun dapat berupa hadiah produk atau potongan harga.

Ini adalah salah satu contoh cara juga strategi pemasaran produk yang bisa dicoba.

Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu konsumen yang loyal dan calon konsumen.

Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir semua produk.

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen Anda adalah apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat.

Mengingat konsumen yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan.

Mereka telah berulang kali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin.

Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya Anda memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan.

Salah satunya dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan.

Hal ini cukup efektif menjadi cara pemasaran produk makanan karena produk jenis ini mengandalkan loyalitas pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.

Baca Juga : Software Akuntansi untuk UKM

7. Manfaatkan Teknik Pemasaran Mulut ke Mulut

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pemasaran mulut ke mulut ini.

Dengan cara ini tim pemasaran Anda berkomunikasi secara langsung dengan konsumen.

Setelah konsumen membeli produk dan merasa puas dengan produk tersebut, konsumen akan memberitahu konsumen lainnya yang berpotensi untuk membeli produk tersebut.

Baca juga : Maksimalkan Strategi Pemasaran untuk Menyasar Pasar Lebih Luas

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat dan tentu saja mendapatkan banyak konsumen.

Jika Anda tetap fokus pada hal yang satu ini, tentu saja penjualan Anda akan semakin meningkat.

Jadinya, agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu beberapa hal yang telah disebutkan diatas.

Karena strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa hal yang sudah disebutkan seperti lewat media sosial, pemilihan tempat usaha yang strategis hingga menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Pemasaran dan Konsepnya di Era Digital

Nah, sekarang sudah terjawab bukan apa saja yang dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?

Setelah cara dan strategi pemasaran produk ini berjalan dengan baik, Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik.

Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis pun akan terus berkembang.

Jurnal adalah penyedia software akuntansi online yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda lebih baik.

Dengan aplikasi akuntansi android dari Jurnal, Anda dapat melakukan penyimpanan dan pengecekan catatan keuangan bisnis kapan pun dan di mana pun bahkan melalui ponsel untuk mengelola keuangan bisnis dan mengembangkan aset usaha. Jurnal software, membantu bisnis lebih mudah dan efisien.

Ketahui Target Pasar Anda Sebelum Mulai Menerapkan Cara Memasarkan Produk, Strategi Pemasaran Produk Anda, Dan Gunakan Jurnal Untuk Memantau Laporan Hasil Penjualannya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur lain yang dimiliki Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Anda juga bisa beralih ke Jurnal sekarang dan dapatkan coba gratis aplikasi selama 14 hari dengan klik disini.

Nah, semoga beberapa contoh cara strategi pemasaran produk diatas bisa berguna buat Anda yang memerlukannya.

Membaca tulisan ini sekarang Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait pemasaran seperti :

  • Jelaskan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk?
  • Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan apa?
  • Sebutkan apa saja strategi pemasaran yang bisa diterapkan?
  • Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan?
  • Bagaimana metode pemasaran dan cara marketing produk yang paling baik?
  • Sebutkan bagaimana metode pemasaran untuk memperkenalkan makanan fungsional?
  • Bagaimana cara melakukan promosi yang tepat untuk produk pasar global?
  • Bagaimana strategi pemasaran dan promosi pengusaha?

Lalu jangan lupa untuk membagikan tulisan ini ke sosial media jika Anda merasa informasi ini berguna.

Baca Juga : Strategi Pemasaran 4P & Cara Penerapannya Dalam Bisnis

 

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo