Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

6 Tips Menjalankan Strategi Word of Mouth dengan Baik

Tayang 05 Apr 2024

Pernahkah Anda mendengar atau melihat teman atau kerabat Anda merekomendasikan suatu produk secara langsung? Dalam dunia pemasaran, hal ini biasa disebut word of mouth.

Word of mouth dalam ilmu pemasaran atau marketing adalah sebuah komunikasi tentang produk dan jasa antara orang-orang yang dianggap independen dari perusahaan yang menyediakan produk atau jasa, dalam medium yang akan dianggap independen dari perusahaan.

Menurut George Silverman dalam bukunya, The Secret of WOM Marketing, komunikasi WOM bisa berupa percakapan atau testimonial seperti berbicara langsung, melalui telepon, email, list group, atau sarana komunikasi lainnya.

Di era digital seperti saat ini, strategi WOM juga bisa dijalankan melalui email, website, maupun social media.

Misalnya, seseorang membeli suatu produk makanan melalui marketplace A, jika puas dengan produk dan layanannya, ia akan memberikan review dan testimoni melalui marketplace tersebut.

Secara tidak langsung, ia sudah melakukan strategi word of mouth.

Strategi pemasaran yang satu ini lebih terlihat simpel dan tidak membutuhkan biaya yang besar, namun memiliki tingkat efektif yang cukup besar.

Strategi ini sangat cocok digunakan di Indonesia, karena kebanyakan orang Indonesia senang bersosialisasi dan berkumpul dengan teman-temannya.

Banyak dari mereka juga memiliki kebiasaan untuk menanyakan ke teman terdekatnya tentang suatu produk sebelum melakukan pembelian.

Jika temannya bilang produk A lebih baik, mereka akan dengan mudahnya percaya. Inilah yang membuat strategi word of mouth masih berjalan hingga sekarang.

Aplikasi akuntansi Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola transaksi keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat.

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

6 Tips Menjalankan Strategi Word of Mouth dengan Baik

Lalu bagaimana caranya produk atau merek yang ingin Anda pasarkan bisa mendapat word of mouth positif? Ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Berikan Layanan Terbaik

Melalui pelayanan terbaik, Anda tidak perlu khawatir ditinggalkan pelanggan, karena dengan pelayanan yang baik pelanggan akan lebih merasa nyaman, sehingga dapat membuat mereka lebih loyal.

Bukan hanya itu, dengan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap layanan yang Anda jual, pelanggan juga akan bersedia merekomendasikan bisnis dan produk Anda ke teman, keluarga, maupun rekan kerja.

Untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, Anda harus memperlakukan mereka dengan baik, hormat, sopan, dan empati.

Cobalah dengarkan apa yang mereka inginkan dan apa yang tidak mereka inginkan. Setelah Anda mengetahui hal tersebut, cobalah memberikan solusi terbaik untuk mereka.

Misalnya jika Anda menjual produk kosmetik, Anda dapat memberikan rekomendasi produk kosmetik yang tepat sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga : Tips Sukses Memulai Bisnis Online yang Tepat

2. Siapkan Media Komunikasi yang Mudah

Terkadang ada beberapa pelanggan yang ingin menanyakan sesuatu tentang produk yang Anda jual, atau mungkin ingin melakukan komplain terhadap produk yang Anda jual.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan word of mouth, Anda harus menyiapkan suatu media sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan pelanggan.

Dengan media tersebut, pelanggan dapat menceritakan semua yang dibutuhkan atau menyampaikan semua komplain mereka, dan Anda dapat segera menyelesaikan masalah tersebut tanpa membutuhkan banyak waktu.

Baca Juga : 8 Pinjaman Modal Usaha yang Tepat untuk Dimanfaatkan

3. Dapatkan Testimoni Pelanggan

Untuk mendapatkan word of mouth positif, cara selanjutnya adalah meminta pelanggan untuk melakukan review dan memberikan testimoni terhadap produk.

Anda dapat meminta pelanggan yang puas untuk memberikan pernyataan tertulis, atau membuat video singkat mengenai kepuasan mereka terhadap produk yang Anda jual.

Anda juga bisa memberikan sedikit reward bagi mereka yang ingin memberikan testimoni, misalnya memberikan diskon dipembelian berikutnya.

Setelah mendapatkan testimoni, Anda dapat meng-upload testimoni tersebut di social media, website, dan media lainnya.

88% konsumen memiliki tingkat kepercayaan lebih tinggi terhadap brand ketika teman atau anggota keluarga merekomendasikannya.”

4. Dapatkan Ulasan dan Reputasi Positif

Tidak hanya mencari testimoni dan ulasan yang banyak, namun titikberatkan kepada hasil yang bersifat positif.

Memiliki ulasan dan testimoni yang baik tentunya akan berdampak kepada reputasi merek yang positif dan akan dikenal dengan cepat oleh masyarakat.

Ini akan membantu strategi word of mouth yang efektif karena konsumen akan cepat merespon produk yang sedang dipasarkan.

Selain itu, secara natural, pelanggan yang puas lebih mungkin untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

26% orang akan menghindari suatu produk tertentu jika teman atau keluarganya memiliki pengalamannya yang negatif atau buruk.”

5. Libatkan Pelanggan di Media Sosial

Media sosial adalah salah satu media yang sedang diminati banyak orang dan menjadi salah satu peluang bagi pengusaha yang ingin mempromosikan bisnisnya.

Melalui media sosial, Anda bukan hanya bisa mempromosikan produk, tapi juga bisa lebih mudah mengetahui keinginan pelanggan.

Dalam menggunakan media sosial, cobalah sebisa mungkin melibatkan pelanggan, misalnya mem-posting foto mereka yang sedang menggunakan produk Anda.

Jangan lupa untuk mention dan men-tag mereka dan ucapkan terima kasih atas kepercayaan mereka menggunakan produk Anda.

Dengan begitu, mereka akan merasa senang dan bangga karena telah memakai produk yang Anda jual.

6. Miliki Key Opinion Leader (KOL)

Apa itu Key Opinion Leader? KOL atau key opinion leader adalah orang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi sebuah keputusan.

Hingga saat ini, KOL masih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk membantu strategi pemasaran word of mouth.

Key Opinion Leader ini pada umumnya akan lebih didengar oleh khalayak umum, karena mereka dianggap orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih.

KOL biasanya digunakan perusahaan untuk melakukan review atau memberikan testimoni terhadap produk yang dijual melalui social media, khususnya Instagram.

KOL adalah salah satu aset penting bagi perusahaan, di mana sebagai pengusaha Anda harus memikirkan baik-baik siapa orang yang cocok menjadi opinion leader produk Anda.

Jika Anda memilih KOL yang tepat, strategi word of mouth Anda akan berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Itulah kelima tips mendapatkan word of mouth yang baik dari pelanggan Anda.

Jika strategi word of mouth Anda sudah berjalan dengan baik, bisnis akan lebih mudah berkembang dan pelanggan pun akan datang dengan sendirinya.

Setelah berhasil menjalankan strategi ini, Anda berarti juga harus mulai membuat strategi bisnis lainnya.

Untuk membuat strategi yang tepat bagi bisnis, Anda harus melihat kondisi keuangan perusahaan melalui laporan keuangan.

Mekari Jurnal membantu Anda menyediakan laporan keuangan secara instan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, Anda juga dapat lebih mudah memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime.

Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Forbes, “The Impact Of Influencer And Word-Of-Mouth Marketing”.

Semrush, “Word of Mouth Marketing”

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal