Strategi Pemasaran 4P dan Contoh Penerapan dalam Bisnis Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil juga harus memilikinya, contohnya seperti strategi pemasaran 4P (marketing mix 4P). Sesuai namanya, ada 4 variabel penting dalam bauran pemasaran ini. Apa saja? Berikut penjelasannya yang bisa Anda baca di Blog Mekari Jurnal. Ada banyak tujuan marketing, salah satunya adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat perusahaan dapat dikenal masyarakat, sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari transaksi penjualannya. Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil seperti UKM juga harus memilikinya. Justru malah jenis usaha menengah dan kecil yang harus gencar membuat dan menjalankan strategi pemasaran sehingga UKM menjadi lebih berkembang. Dengan membaca tulisan ini Anda akan lebih memahami terkait topik 4p dalam pemasaran ini dan bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti: Berikut ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional kecuali? Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk adalah dengan menggunakan metode 4p adalah? Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang mempengaruhi permintaan pasar yang dikenal dengan istilah 4p? Suatu strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan disebut apa? Penerapan dari marketing strategi perusahaan yang bisa terdiri dari beragam cara untuk mencapai suatu target yang sama dalam bisnis disebut apa? Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal! Apa itu Strategi Pemasaran 4P? Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan dikenal masyarakat sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari penjualannya. Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil juga harus memilikinya, contohnya seperti bauran pemasaran 4P. Istilah strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P dalam pemasaran) merupakan dasar yang harus dijadikan patokan awal, saat Anda hendak menjalankan bisnis. Khususnya bagi para pelaku usaha kecil menengah atau UKM yang semakin hari semakin merangkak naik jumlahnya di Indonesia. Namun, masalahnya beberapa banyak yang masih bingung dalam penerapan konsep strategi pemasaran terutama UKM. Setiap elemen dari strategi ini saling memperkuat dan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda terutama UKM di Indonesia. Padahal jika saja mereka mau menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik akan membantu bisnis mereka menjadi lebih berkembang dan maju. Biasanya, konsep strategi pemasaran 4P termasuk dalam materi yang dipelajari pertama kali di setiap pelajaran tentang marketing atau pemasaran. Bahkan sejak dulu, strategi pemasaran ini tetap relevan. Tapi tentu saja, di era digital yang membuat bisnis tak mengenal batas ini, strategi harus lebih jitu dan tepat sasaran. Bagi Anda yang masih bingung juga tentang bauran pemasaran 4P, artikel kali ini akan membahas mengenai pengaplikasian salah satu konsep strategi marketing pada sebuah usaha. Strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P dalam pemasaran) merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari: Product (produk) Price (harga) Place (tepat) Promotion (promosi) Keempat komponen atau variable ini dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar. Manfaat Bauran Pemasaran Ada beberapa manfaat bauran pemasaran yang menjadikannya penting bagi bisnis yaitu: Membantu memahami apa yang dapat ditawarkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda Membantu merencanakan penawaran produk yang sukses Membantu perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan bauran pemasaran yang efektif Membantu bisnis memanfaatkan kekuatan mereka dan menghindari biaya yang tidak perlu Membantu menjadi proaktif dalam menghadapi risiko Membantu menentukan apakah produk atau layanan Anda cocok untuk pelanggan Anda Membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan Membantu mempelajari kapan dan bagaimana mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda. Variabel Strategi Pemasaran 4P Berikut ini adalah penjelasan tentang empat variabel dalam strategi pemasaran 4P (marketing mix 4P dalam pemasaran): Product (Produk) Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa membuat produk atau jasa yang diterima oleh masyarakat. Beberapa dari Anda mungkin bingung, produk apa yang harus Anda jual? Strategi pemasaran produk apa yang perlu dicoba? Anda dapat memulainya dengan cara mengembangkan produk atau jasa yang dimiliki menjadi lebih baik. Mintalah kritik dan saran dari konsumen Anda, kemudian tampung semua saran dan kritik tersebut sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan. Selain itu, Anda juga dapat membuat produk atau jasa apapun yang kualitasnya baik. Kualitas produk atau jasa yang baik tentu saja akan memberikan kepuasan yang tinggi dari konsumen. Sebaliknya, kualitas produk atau jasa yang buruk juga akan membuat konsumen kecewa dan mereka tidak mau untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa Anda yang kedua kalinya. Beberapa pertanyaan di bawah ini dapat membantu Anda dalam menentukan marketing mix atau strategi pemasaran 4P untuk produk adalah: Apa yang diinginkan oleh pelanggan dari produk / layanan yang Anda tawarkan? Apakah produk ini bisa memenuhi kebutuhan pelanggan? Fitur apa yang dimiliki produk ini? Fitur-fitur apa saja? Bagaimana dan di mana pelanggan akan menggunakannya? Seperti apa bentuk, ukuran, warna? Bagaimana logo atau mereknya? Bagaimana cara membedakannya dengan pesaing Anda? Baca juga: 10 Jenis Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital Price (Harga) Harga merupakan salah satu hal yang sensitif dalam sebuah bisnis. Umumnya, konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan Anda dengan kompetitor. Sehingga, penting untuk Anda menentukan harga yang baik, karena harga akan berpengaruh terhadap penjualan. Jangan sampai Anda salah menentukan harga yang membuat konsumen menjadi tidak tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda. Lalu bagaimana strategi menentukan harga yang baik? Untuk menentukan harga sebenarnya mudah, Anda dapat melihat harga pasar atau dengan menghitung HPP dan profit yang diinginkan dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan program akuntansi sederhana dalam menghitung dan menentukan harga produk bisnis Anda. Penggunaan program akuntansi tentu lebih akurat daripada penghitungan secara manual Intinya, harga yang Anda tawarkan atau tetapkan sebaiknya adalah harga yang masuk akal. Dalam menentukan harga dalam strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P dalam pemasaran), coba pikirkan beberapa hal di bawah ini: Berapa nilai dari produk atau jasa bagi pembeli? Apakah ada titik harga yang ditetapkan untuk produk atau layanan di area ini? Akankah sedikit penurunan harga memberi Anda pangsa pasar ekstra? Atau akankah kenaikan kecil tidak terlihat, dan dengan demikian memberi Anda margin keuntungan tambahan? Diskon apa yang harus ditawarkan untuk menarik pelanggan, atau ke segmen tertentu lainnya dari pasar Anda? Bagaimana harga Anda dibandingkan dengan pesaing Anda? Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini! Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Konsultasi Dengan Sales Jurnal Sekarang! Place (Tempat) Place atau tempat merupakan salah satu unsur P dari marketing mix atau bauran pemasaran 4P. Tempat atau lokasi merupakan salah satu faktor penentu bisnis Anda. Karenanya pilihlah lokasi yang tepat atau yang pas. Maksudnya pilihlah lokasi yang strategis dan benar. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang ramai, dilalui oleh banyak orang. Sehingga calon konsumen dan konsumen tertarik serta mudah untuk menemukan tempat jualan Anda. Namun, strategi saja tidak cukup, perlu ada kata tempat yang pas atau tepat. Mengapa demikian? Karena tempat yang strategis jika tidak tepat atau pas juga tidak memiliki efek apapun. Perhatikan ilustrasi berikut: Jika Anda menjual jilbab atau peralatan muslim maka jualan lah di daerah masyarakat yang beragama Islam, dekat masjid-masjid besar atau apapun tetapi jangan menjualnya di daerah kawasan non-muslim. Jika Anda menjual di kawasan non-muslim tentu penjualan tidak akan sebanyak saat Anda menjual di daerah dekat masjid-masjid besar bukan? Untuk itulah memilih tempat juga perlu Anda perhatikan dengan baik. Beberapa hal yang yang perlu diperhatikan ketika memilih strategi pemasaran 4P tempat: Di mana pembeli mencari produk atau layanan Anda? Jika mereka mencari di toko, jenis apa? Di supermarket, mall, atau online? Bagaimana Anda bisa mengakses saluran distribusi yang benar? Apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda, dan bagaimana Anda bisa belajar dari mereka? Promotion (Promosi) Promosi merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat. Dengan strategi pemasaran marketing mix 4p yang baik, maka diharapkan penjualan juga akan meningkat. Kini kegiatan pemasaran atau promosi lebih mudah dilakukan dengan sosial media. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, memasang iklan, kerja sama sponsorship, mengikuti bazar dan banyak lagi. Untuk membantu Anda menentukan kegiatan promosi yang sesuai, coba jawab pertanyaan ini: Di mana dan kapan Anda bisa menyampaikan pesan promosi ke pasar sasaran Anda? Apakah Anda akan menjangkau audiens Anda dengan beriklan secara online, di media, di TV, di radio, atau di billboard? Kapan waktu terbaik untuk berpromosi? Pas hari raya, atau momen-momen tertentu? Bagaimana pesaing Anda melakukan promosi? Apakah memengaruhi pilihan aktivitas promosi Anda? Contoh Kasus Perusahaan yang Menggunakan Strategi Pemasaran 4P Atau Marketing Mix 4P Mari kita ambil contoh salah satu perusahaan besar yaitu McDonald’s untuk mempelajari strategi 4P dalam pemasaran. Product McDonald’s Sebagai bisnis F&B, McDonald’s memiliki campuran produk yang sebagian besar terdiri dari produk makanan dan minuman. Bauran produk McDonald’s memiliki lini produk utama berikut: Hamburger dan sandwich Ayam goreng Salad Makanan ringan Minuman Menu Sarapan McCafé Places Restoran dalah tempat bagi McDonald’s menghasilkan sebagian besar pendapatan penjualannya. Beberapa restoran juga mengelola kios untuk menjual produk pilihan terbatas, seperti sundae dan makanan penutup lainnya. Ada juga beberapa kios bersifat sementara, seperti dalam kasus kios yang digunakan dalam event-event tertentu: Strategi pemasaran 4P (Places) untuk McDonald’s adalah: Restoran Kios Mobile App Price Dalam strategi pemasaran 4P McDonald’s, bisa dilihat bahwa harga bundel dan harga psikologis (harga yang tidak dibulatkan) menjadi pendorong pelanggan membeli lebih banyak produk. Dalam strategi harga paket, McDonald’s menawarkan makanan dan paket produk lainnya dengan harga yang didiskon, dibandingkan dengan membeli setiap item secara terpisah. Strategi harga paket lebih murah dari satuan Strategi harga psikologis, contohnya Rp 49,900 daripada Rp 50,000 Promotion Beberapa stragi promosi yang dilakukan oleh McDonald’s adalah: Iklan Promosi penjualan Public Relations (PR) Baca juga: Marketing Mix 7P, Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis! Kesimpulan Dari Strategi Pemasaran Marketing Mix 4P Itulah pengertian dan cara menerapkan strategi pemasaran 4P. Mudah bukan? Tidak harus memiliki usaha bisnis yang besar untuk menerapkan strategi 4P ini. Justru apapun bisnis Anda, adalah hal yang krusial untuk menerapkan strategi ini dengan maksimal. Tapi ingat, tidak ada strategi yang sama satu dan lainnya. Sesuaikan kondisi lokasi, target promosi, daya beli konsumen, hingga produk Anda dengan situasi sekitar. Jangan memaksakan untuk menurunkan atau menaikkan standar hanya demi mengikuti bisnis lain yang sudah lebih dulu hype. Tentu saja riset ini tidak akan berlangsung dengan mudah. Ada proses trial and error yang perlu dilakukan sebelum benar-benar menemukan pola penerapan bauran pemasaran 4P yang tepat. Kini Anda telah mengetahui strategi pemasaran 4P, saatnya bagi Anda untuk memahami tools bisnis melalui ebook 24 Tools Digital untuk Bisnis Lebih Modern dan Berkembang yang dapat Anda unduh gratis! Sekarang saatnya, Anda mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut. Sementara untuk membantu masalah pengelolaan keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal software akuntansi online. Banyak fitur yang disediakan di dalamnya yang dapat memudahkan Anda menyusun laporan keuangan. Cukup memasukkan informasi dan data-data keuangan bisnis Anda, Jurnal sebagai software inventaris barang akan menghitungnya secara otomatis. Terlebih Jurnal juga berbasis teknologi cloud sehingga Anda dapat mengaksesnya kapanpun dan di mana pun secara realtime. Untuk melihat produk dan promo dari Aplikasi Jurnal, Anda dapat klik di sini. Dapatkan juga free trial selama 14 hari untuk mendapatkan pengalaman terbaik Anda dalam membuat laporan keuangan. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Jadwalkan Demo Ke Sales Jurnal Sekarang! Nah, diatas telah diulas mengenai marketing mix, bauran pemasaran atau strategi pemasaran 4p. Tentu sekarang Anda sudah semakin paham mengenai 4p dalam pemasaran dan bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti: Berikut ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional kecuali? Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk adalah dengan menggunakan metode 4p, 4p tersebut adalah? Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang mempengaruhi permintaan pasar yang dikenal dengan istilah 4p? Suatu strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan disebut apa? Penerapan dari marketing strategi perusahaan yang bisa terdiri dari beragam cara untuk mencapai suatu target yang sama dalam bisnis disebut apa? Semoga informasi ini bisa berguna buat anda, dan silahkan untuk dibagikan ke sosial media!