Membicarakan strategi pemasaran kedengarannya sederhana. Karena masih banyak juga orang-orang yang memulai bisnis dengan pengetahuan bahwa promosi dan pemasaran adalah sesimpel mengiklankan di media dan menunggu calon konsumen. Padahal strategi pemasaran merupakan sesuatu yang lebih kompleks dibanding itu. Apalagi di era digital di mana media yang ada bukan sekadar koran, radio atau televisi.

Apabila di cara konvensional saja strategi pemasaran sudah terbagi-bagi, apalagi di era digital di mana media yang ada lebih bervariasi. Tentunya akan lebih banyak lagi strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Anda harus benar-benar bekerja keras menemukan strategi apa yang tepat untuk untuk perusahaan Anda. Untuk mempermudahnya, Jurnal merangkum 10 jenis strategi pemasaran efektif sebagai referensi untuk membantu bersaing di dunia digital.

Baca Juga: 6 Elemen Penting dalam Strategi Pemasaran Produk yang Perlu Anda Ketahui

 

Cloud Marketing

Cloud marketing adalah semua upaya pemasaran secara digital, yang dipersonalisasi dan terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman pembeli. Cloud Marketing juga adalah membawa semua sumber daya dan aset perusahaan ke dunia online. Strategi ini merupakan bentuk dasar dari berjualan secara online. Berjualan online yang bertujuan untuk menjangkau konsumen dimana pun mereka berada, baik ketika mereka beraktivitas di media sosial, memeriksa e-mail atau mengunjungi website.

 

Online Marketing

Online marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaat internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosialwebsite, email, bahkan augmented reality. Hal ini bisa dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar posting-an sederhana melalui media online.

Satu posting-an yang diunggah di internet bisa diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Jika menggunakan online marketing, dari mana pun bisnis dijalankan, akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara global.

 

Close Range Marketing

Pemasaran ini memanfaatkan perangkat yang mampu menjalankan bluetooth dan Wifi seperti smartphone. Dalam close range marketing perusahaan memanfaatkan Bluetooth dan Wifi untuk mengirim promosi, produk serta layanan langsung kepada konsumen ketika mereka berbelanja. Jika konsumen melakukan klik pada tombol “ya,” maka mereka memberi izin pada perusahaan untuk mengirim lebih banyak pesan dengan penawaran khusus.

 

Call To Action Marketing

Call to action marketing atau sering disingkat dengan CTA merupakan pemasaran menggunakan pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya. Jika Anda menemukan kata-kata imperatif seperti “dapatkan informasi lengkap hanya di sini”, “dapatkan sekarang juga, promo terbatas”, “tonton video ini” dan lain sebagainya, berarti Anda telah terpapar strategi ini. Tujuan diaplikasikannya CTA adalah untuk mendapatkan klik atau pindaian kode QR.

 

Email Marketing

Seperti namanya, pemasaran jenis ini menggunakan email sebagai media promosi perusahaan. Biasanya pihak pemasar akan mengirim email kepada calon konsumen maupun konsumen setia. Tujuannya adalah untuk menawarkan produk agar mendapatkan konsumen baru, memberi update produk terbaru serta menjalin hubungan dengan konsumen setia. Ini salah satu strategi efektif karena lebih personal dan email promosi langsung masuk ke inbox calon konsumen.

 

Augmented Reality Marketing

Memberikan pengalaman unik menggunakan teknologi terkini adalah fokus dari augmented reality marketing. Augmented reality adalah kemampuan untuk menambahkan elemen digital yang membuat orang dapat melihat tampilan langsung hanya dengan bantuan kamera. Dalam pemasaran biasanya perusahaan menggunakan teknologi ini untuk membuat konsumen dapat mencoba secara virtual produk incarannya sebelum dibeli.

Contohnya adalah store kosmetik Sephora yang menggunakan aplikasi virtual artist dengan ModiFace untuk memastikan konsumen dapat melihat bagaimana produk makeup akan terlihat di wajah mereka. Dengan aplikasi ini konsumen juga dapat mengetahui alat atau produk mana yang diperlukan untuk menerapkan produk tertentu.

 

Inbound Marketing

Inbound marketing adalah strategi pemasaran menggunakan konten serta interaksi yang relevan dan solutif untuk membuat konsumen yang mendekatkan diri pada produk dan layanan perusahaan. Dengan memanfaatkan kebiasaan konsumen saat ini yang hampir setiap hari menggunakan internet, inbound marketing benar-benar memaksimalkan fungsi media sosial, surat elektronik, search engine, website, dan blog. Melalui platform-platform ini, perusahaan menyuguhkan konten-konten berkualitas yang akan menarik perhatian konsumen.

 

Content Marketing

Content marketing merupakan proses pemasaran dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen. Konten-konten berupa foto, video, story, artikel, audio dan lain yang menarik, relevan dan bernilai merupakan kunci keberhasilan metode ini. Strategi ini sebaiknya  dijalankan dengan metrik yang jelas, agar perusahaan dapat memantau apakah materi konten benar-benar efektif meningkatkan pemasaran.

 

Search Engine Marketing

Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Atau dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google.

Strategi ini cukup efektif karena kini mesin pencarian banyak sekali diakses oleh khalayak, baik untuk mencari informasi produk atau jasa beserta ulasannya. Dengan menggunakan strategi SEM, pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi.

 

Social Media Marketing

Social media marketing adalah kegiatan pemasaran produk atau layanan menggunakan platform media sosial. Selain search engine, konsumen juga cenderung mencari berbagai produk dan layanan yang dibutuhkan melalui media sosial. Maka datang kepada konsumen dan berinteraksi dengan mereka melalui platform media sosial memberikan dampak yang besar pada perkembangan bisnis.

 

Setelah mengetahui mengetahui beberapa jenis strategi pemasaran di era digital, kini saatnya memilih mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda. dan lihat seberapa efektif strategi tersebut bekerja. Namun tentu saja tidak lupa pula untuk melakukan evaluasi dan pengelolaan berkelanjutan, khususnya bidang keuangan.

Untuk membuat proses ini lebih simpel, Anda dapat mengandalkan Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online nomor 1 di Indonesia yang memberikan manfaat lengkap dan menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenis perusahaan di Indonesia. Jurnal  dilengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari membuat invoice, mengelola stok barang, mengelola aset penjualan, dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga!

 

Author