Memahami Dasar-Dasar Search Engine Marketing

Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Mesin pencarian banyak diakses oleh khalayak untuk mencari berbagai informasi di internet. Termasuk untuk mencari informasi produk atau jasa beserta ulasannya.

Dengan menggunakan strategi SEM, pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi. Cara kerja SEM yaitu iklan memilih beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual. Jadi, ketika orang mencari kata kerja kunci tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Search Engine Marketing (SEM)

Apa Pentingnya Menggunakan SEM?

SEM menjadi media promosi yang efektif dan menjadi cara tercepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda. Mengapa? Karena SEM yang efektif dapat menempatkan website Anda di halaman pertama dalam mesin pencarian. Pengguna mesin pencarian umumnya hanya mengakses situs-situs pada halaman pertama di mesin pencarian ketika mereka mencari informasi. Dengan begitu, SEM yang efektif akan meningkatkan kemungkinan website Anda dipilih oleh calon konsumen yang membutuhkan informasi.

Calon konsumen yang melakukan pencarian akan informasi secara sadar mengunjungi website Anda karena dilakukan atas kemauannya sendiri sehingga mereka dalam keadaan yang sangat baik untuk menerima informasi pemasaran dan produk. Berbeda dengan iklan di televisi, radio atau media sosial lainnya yang muncul dengan menginterupsi kegiatan konsumen. Search engine marketing menjangkau konsumen pada waktu yang tepat yakni ketika mereka terbuka untuk informasi baru.

Perbedaan dengan SEO

Pada dasarnya search engine optimization atau SEO merupakan salah satu jenis dari search engine marketing. SEO mengoptimalkan hasil pencarian organik dengan membuat website Anda berada di posisi tertinggi pada halaman hasil pencarian search engine. Sementara SEM melakukan pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website lewat hasil pencarian organik dan juga lewat iklan. Jadi SEM mencakup berbagai kegiatan, yakni SEO serta strategi pemasaran di mesin pencarian lainnya seperti pay per click (PPC) dan bahkan social media marketing (SMM).

Sistem Kerja SEM

Search engine menggunakan algoritma rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian. Namun dengan SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin telusur untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan pencarian organik. Untuk mencapai hasil tersebut, cara ini bisa Anda lakukan ketika ingin mengadopsi layanan search engine marketing:

  1. Lakukan registrasi pada penyedia layanan search engine marketing.
  2. Tentukan detail iklan yang diinginkan seperti kata kunci, lokasi dan lain sebagainya.
  3. Search engine akan melakukan pelelangan antara para pengiklan dengan keyword yang sama.
  4. Search engine akan menampilkan pemenang lelang pada halaman hasil mesin telusur.
  5. Anda mendapat laporan kinerja iklan dan selanjutnya membayar sejumlah klik yang didapatkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya SEM diwujudkan dengan menyematkan keyword pada format yang digunakan. Sebelum menentukan keyword yang akan disematkan seperti pada poin kedua, biasanya dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui tren apa yang paling banyak dicari saat itu. Lalu dari tren tersebut, tentukan mana yang relevan dan yang memungkinkan dipakai ketika mencari produk atau jasa yang Anda sediakan.

Ketika melakukan riset, Anda juga bisa menambahkan keyword yang berhubungan dengan kegiatan pembelian seperti beli, diskon, kupon, promo dan kata kunci lain yang memiliki intensi pembelian. Ada banyak webiste yang memberi layanan riset ini seperti Ahrefs, Google Trends hingga Ubersuggest. Sebagai contoh Google Trends yang memberikan saran keyword yang sedang tren secara real time. Selain itu Google Trends juga dapat menunjukkan informasi di wilayah mana yang volume pencariannya tinggi.

Baca juga: Langkah-Langkah Belajar Internet Marketing Dasar untuk Pemula

Contoh Search Engine Marketing

Terdapat bermacam format dalam Search Engine Marketing, diantaranya format berbentuk text, dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berbentuk produk, harga, review dan rating yang bersifat visual. Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Berikut ini contoh Google Adwords.

Agar lebih memudahkan, diambil contoh gambar iklan Google Adwords diatas dengan kata kunci “Google Adwords”. Ketika seseorang mencari kata kunci dengan “Google Adwords”, website/iklan milik marketer yang melakukan bidding pada kata kunci tersebut akan muncul di paling atas. Disinilah muncul terms Pay Per Click (PPC) yang berarti seorang marketer akan membayar ke Google setiap kali iklannya diklik.

Manfaat SEM untuk Bisnis

Penggunaan SEM sebagai sarana marketing dalam bisnis dengan cara yang benar dan tepat akan membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga dapat meningkatkan brand awareness pada produk Anda. Apalagi manfaat dari SEM lainnya?

1. Hasil yang Cepat

Proses pembuatan SEM seperti Google Adwords termasuk proses yang cepat. Terlebih lagi, Anda dapat melihat hasil setelah iklan bisnis Anda sudah tayang. SEM diakui lebih unggul dalam hal kecepatan dibanding dengan SEO yang butuh waktu lebih lama.

2. Targeted Marketing

Penggunaan SEM menguntungkan seorang marketer karena mereka dapat langsung menyampaikan iklan yang mereka inginkan pada target market yang sesuai.

3. Sesuai dengan Budget

Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Anda. Ketika budget keuangan bisnis Anda untuk SEM sudah tidak ada lagi, maka iklan tersebut akan secara otomatis berhenti.

Baca juga : SEM vs SEO, Ketahui Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya

Itulah tadi beberapa dasar dari search engine marketing yang diharapkan semakin meningkatkan pemasaran Anda. Untuk melakukan kegiatan pemasaran yang efisien, sebaiknya diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Oleh karena itu, segera daftarkan bisnis Anda pada software akuntansi Jurnal! Jurnal merupakan software akuntansi yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam mencatat pembukuan keuangan. Di mana Anda dapat menggunakan 24 tools untuk membantu pengelolaan bisnis agar lebih berkembang. Dapatkan informasi lengkap berbagai tools tersebut hanya di sini.


PUBLISHED03 Jan 2020
Desra
Desra

SHARE THIS ARTICLE: