Jurnal Enterpreneur

8 Alasan Mengapa Social Media Marketing Dibutuhkan UKM

Masalah anggaran terbatas yang biasanya terjadi pada UKM membuat bisnis ini sangat berhati-hati dalam memilih strategi pemasaran yang digunakan. Karena jumlah anggaran tersebut mengharuskan membelanjakannya secara bijak, sesuai kebutuhan, namun harus mendapatkan hasil yang maksimal. Social Media Marketing adalah salah satu strategi yang paling fleksibel dan efektif digunakan untuk UKM.

Social Media Marketing sendiri adalah upaya menciptakan konten promosi di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan lain sebagainya. Media Sosial dianggap menjadi media yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi penjualan. Bahkan dikatakan apapun produk dan layanan yang ditawarkan kepada konsumen, media sosial adalah bagian utama dari setiap inisiatif pemasaran digital yang dapat dibuat.

Jadi apa sebenarnya yang membuat Social Media Marketing menjadi sesuatu yang dianggap sangat hebat? Berikut 8 alasan mengapa harus mencoba Social Media Marketing khususnya untuk UKM.

Baca Juga: 11 Kesalahan Marketing Melalui Social Media yang Perlu Dihindari

Konsumen Beraktivitas di Media Sosial

Masyarakat digital saat ini hampir seluruhnya mempunyai akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Menurut “Digital Around The World 2019”, di Indonesia sendiri ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 268 juta penduduk. Setidaknya mereka menghabiskan waktu 3 jam 26 menit setiap harinya mengakses media sosial untuk tujuan apapun.

Menurut data statistik pengguna media sosial di dunia akan mencapai angka 3,1 miliar di tahun 2021. Inilah yang menjadi salah satu alasan terbaik mengapa UKM harus mencoba memasarkan melalui media sosial, yakni karena konsumen menghabiskan sebagian besar waktunya di media sosial. Banyaknya aktivitas tersebut menghadirkan peluang besar untuk menjangkau konsumen dimana saja dan kapan saja.  Jika belum menggunakan media sosial, besar kemungkinan kehilangan peluang untuk terhubung dengan konsumen.

Mudah Berinteraksi dengan Konsumen

Pengguna media sosial biasanya mengakses akun mereka untuk mencari hiburan dan informasi terbaru. Mereka merupakan pihak yang kurang reseptif jika terpapar iklan secara langsung. Namun bukan berarti tidak dapat memasarkannya kepada mereka. Media sosial justru menjadi tempat dimana konsumen lebih mudah menerima pesan produk.

Alasan mengapa konsumen lebih menerima pesan pemasaran di media sosial adalah karena media sosial memungkinkan untuk lebih banyak berinteraksi dan memasarkan merek dari sisi yang berbeda. Media sosial merupakan saluran yang menawarkan cara yang menyenangkan dan mudah untuk berinteraksi dengan para konsumen.

Di media sosial, Anda dapat membuat koneksi yang sesuai dengan kepribadian mereka daripada hanya mengirimkan pesan pemasaran langsung. UKM dapat mendiskusikan kekhawatiran merek di Twitter, melakukan tanya jawab di Instagram Stories dan lain sebagainya.

Meningkatkan Visibilitas Merek

Platform ini membantu meningkatkan visibilitas sehingga akan meningkatkan pengakuan terhadap merek. Berikan profil yang jelas dan menarik yang menggambarkan kepribadian merek. Sehingga orang-orang yang belum mengenal merek Anda pun bisa mengenal dengan mudah. Ditambah dengan mengunggah konten menarik yang akan menambah nilai merek di mata target konsumen.

Misalnya, konsumen baru menemukan merek Anda di media sosial. Mereka mungkin belum pernah mendengar sebelumnya. Akan tetapi, melalui konten yang jelas dan menarik, mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek dan nilai yang diberikan. Situasi yang sama ini dapat berlaku untuk konsumen yang sudah ada. Setelah melihat konten media sosial dapat meningkatkan minat untuk melakukan pembelian berulang.

Wadah Word-Of-Mouth Terluas

Word-of-mouth adalah salah satu media pemasaran yang paling ampuh untuk bisnis apapun termasuk UKM. Tidak hanya gratis, tetapi juga membantu membangun kepercayaan dengan sangat efektif. Dalam banyak hal, media sosial telah menjadi media yang sangat luas untuk melakukan pemasaran dari mulut ke mulut.

Konsumen biasanya lebih percaya dan memutuskan untuk membeli sesuatu setelah mendengar ulasan dari orang terdekat atau influencer favoritnya.  Di media sosial konsumen dapat dengan mudah meninggalkan ulasan dan merekomendasikan produk dan layanan kepada teman serta keluarga.

Mempunyai Banyak Jenis Platform dengan Tipe Konsumen Berbeda

Media sosial juga mempunyai banyak jenis platform dengan audiens  masing-masing. Dengan sedikit analisis dan inovasi pemasaran, maka Anda dapat secara strategis menargetkan konsumen yang berbeda pada setiap platform. Daripada hanya mempublikasikan konten promosi di media mainstream agar dapat dilihat semua orang, lebih baik menggunakan berbagai platform media sosial untuk menjangkau target pasar yang sesuai.

Buat daftar yang jelas tentang demografis konsumen yang mencakup jenis kelamin, usia, lokasi, minat, merek yang mereka ikuti, hobi, dan lain sebagainya. Semakin rinci maka akan semakin baik. Informasi ini akan memberikan lebih banyak wawasan tentang platform mana yang harus digunakan dan membantu menyesuaikan konten di tiap platform, jika memilih untuk memanfaatkan seluruhnya.

Membantu Targeting dan Retargeting Konsumen

Bisnis tanpa target yang jelas akan membuang sumber daya secara tidak efektif. Media sosial memungkinkan untuk menyesuaikan konten promosi dengan target konsumen, menayangkan konten, dan kemudian menargetkan ulang pada bagian audiens yang tidak terkonversi menjadi konsumen.

Contohnya Facebook yang memungkinkan untuk dapat menargetkan pengguna berdasarkan lokasi, riwayat pembelian, halaman yang diikuti, dan bahkan tingkat pendidikan. Dengan kemampuan penargetan yang canggih, media sosial dapat membantu menargetkan konsumen ideal.

Menggunakan Biaya Lebih Efektif

Mendaftar dan membuat akun gratis di setiap jenis platform membuat pemasaran melalui media sosial menjadi cara terhemat yang bisa dijalankan. Pemasaran ini cenderung menuntut untuk menginvestasikan waktu dalam membuat dan menerbitkan konten serta melakukan interaksi dengan audiens dibandingkan dengan uang.

Investasi waktu ini pun tetap menghasilkan pengaruh yang signifikan terhadap bisnis. Akan tetapi jika memutuskan untuk menggunakan iklan berbayar, media sosial juga memfasilitasi untuk memulai dari biaya kecil. Ini sangat sesuai untuk UKM yang biasanya dimulai dengan biaya yang kecil.

Meningkatkan Penjualan

Pada akhirnya, efektivitas pemasaran media sosial diukur berdasarkan kemampuannya untuk memberikan penjualan. Data statistik menyatakan bahwa 70% penjual memperoleh konsumen baru melalui media sosial. Dengan berinteraksi dengan konsumen potensial secara berkala, merupakan upaya yang efektif untuk membuat mereka membeli produk dan menjadikannya pelanggan.

Di bidang pemasaran,  Social Media Marketing menjadi andalan untuk melakukan promosi dengan biaya yang efisien namun dengan hasil yang maksimal. Di bidang keuangan bisnis software akuntansi yang diciptakan khusus untuk UKM adalah andalan untuk mengelola keuangan.

Jurnal adalah salah satu software akuntasi UKM yang dapat membantu mempermudah proses pencatatan keuangan bisnis kecil Anda. Fitur yang ada pada Jurnal seperti laporan keuangan, aplikasi pembukuan sederhana, pengelolaan stok barang, hingga pelaporan pajak sangat mendukung untuk industri UKM. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial 14 hari!

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo