Tahukah Anda jika Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pengguna social media terbanyak di dunia? Sebut saja seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, BBM, Youtube dan social media lainnya sangatlah akrab di masyarakat Indonesia. Hadirnya berbagai macam platform social media ini tentu saja dimanfaatkan oleh perusahaan. Jika dulu produsen atau perusahaan mempromosikan produk atau jasanya dengan cara konvensional. Sementara, kini banyak perusahaan yang memakai social media dalam kegiatan marketingnya. Adapun salah satu strategi yang dinilai ampuh untuk memasarkan produk atau jasa dalam social media adalah menggunakan influencer.

Apa Itu Influencer?

Influencer merupakan orang yang memiliki followers atau audience yang cukup banyak di social media. Sehingga mereka dianggap memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka. Yang disebut dengan influencer ini contohnya seperti artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, atau reputasinya.

Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat

Karena pemasaran dengan menggunakan influencer ini memiliki pengaruh yang signifikan,  Anda tidak boleh salah memilih. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara menentukan influencer yang tepat? Berikut merupakan tips jitu memilihnya.

  1. Lihat Followers

Hal penting dan yang paling utama dalam memilih influencer yakni followers-nya. Semakin banyaknya followers ini akan berpengaruh terhadap banyaknya audience yang melihat pemasaran produk atau jasa Anda. Oleh karena itu, pilihlah influencer yang memiliki banyak followers. Selain banyaknya followers, Anda juga harus memperhatikan followerfollowernya, apakah mereka followers asli atau fiktif? Hal ini karena akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan jasa “jual beli” followers. Jika followers dari influencer yang Anda pilih fiktif tentu saja tidak akan berpengaruh terhadap strategi marketing Anda.

  1. Persentase Engagement

Engagement atau hubungan dari seorang influencer dengan followers juga perlu untuk diperhatikan. Seorang influencer merupakan penyambung lidah dari brand Anda kepada konsumen dan calon konsumen. Untuk melihat hubungan ini caranya, Anda dapat melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer. Jika influencer memiliki followers lebih dari satu juta tetapi hanya mendapat likes kurang dari 100 atau komentarnya  5 saja, maka Anda perlu mempertanyakan hal tersebut.

  1. Perhatikan Relevansi Brand

Tips ketiga untuk memilih influencer yang tepat adalah relevansi atau keterkaitan brand. Caranya Anda dapat memilih influencer yang bergerak dibidang industri yang sama. Lihat saja isi konten yang sering mereka upload, setidaknya 7 hari terakhir. Sebagai contoh misalnya, perusahaan Anda bergerak dibidang make up halal, maka Anda perlu mencari influencer yang bergerak dibidang dakwah atau minimal memakai jilbab atau kerudung. Janganlah memilih influencer yang rambutnya di cat atau berpakaian mini, karena jika demikian kurang relevan.

  1. Akun Social Media yang Dimiliki

Selanjutnya, perhatikan akun social media dari influencer yang Anda pilih. Umumnya masyarakat memiliki lebih dari social media seperti Instagram, Facebook, Twitter. Maka carilah influencer yang memiliki pengaruh di banyak media sosialnya. Selain itu, Anda juga perlu membuat strategi pemasaran yang cocok untuk menyampaikan pesan yang tepat dari setiap akun sosial media influencer. Hal tersebut bertujuan agar target pasar yang ditentukan tercapai.

  1. Cek Riwayat Feed Influencer

Selain engagement, Anda juga harus mengetahui brand apa saja yang pernah bekerja sama dengan calon influencer Anda. Hal ini penting, dengan begitu Anda dapat memastikan tidak ada kompetitor dari brand. Anda juga perlu memerhatikan feed  pribadinya karena feed pribadi yang terlalu banyak dapat dianggap spam. Sehingga penting untuk Anda melakukan pengecekan riwayat feed influencer dengan teliti.

Manfaat Menggunakan Influencer Marketing

Setelah mengetahui tentang influencer dan cara memilihnya maka selanjutnya Anda perlu mengetahui manfaat dari influencer marketing. Dengan begitu, Anda akan lebih paham mengenai influencer dalam strategi pemasaran bisnis Anda. Adapun manfaatnya seperti:

  • Membangun kepercayaan

Salah satu manfaat menggunakan influncer dalam kegiatan pemasaran adalah dapat membangun kepercayaan konsumen. Adanya konten yang dibagikan oleh influencer membuat bisnis Anda terlihat memiliki kredibilitas dan nilai yang baik melalui testimoninya. Kemudian followers akan memiliki pandangan yang baru dari produk Anda. Dengan kata lain konsumen dapat melihat kualitas produk Anda melalui idolanya. Sehingga secara tidak langsung sebenarnya influencer juga ikut membangun kepercayaan masyarakat terhadap brand Anda.

  • Menentukan target pasar

Influencer memiliki platform media sosial yang berbeda-beda, sehingga Anda juga dapat memanfaatkan keuntungan ini dengan membuat target pasar yang berbeda-beda. Namun, sesuaikan jenis social media dengan target pasar brand Anda. Dengan begitu, strategi pemasaran yang telah dibuat tepat sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.

  • Mendapatkan feedback dengan cepat

Manfaat lain dari influencer yakni Anda dapat mendapat feedback secara langsung dan cepat. Feedback ini dapat Anda lihat langsung dari banyaknya likes, komentar ataupun bentuk interaksi lain yang ditinggalkan para followers pada postingan yang dilakukan influencer. Selanjutnya, Anda dapat melakukan perbaikan-perbaikan produk atau jasa Anda berdasarkan masukan atau kritik yang ada.

  • Meningkatkan penjualan

Ketika seorang influencer tepercaya merekomendasikan suatu produk atau jasa, maka para followersnya akan mempertimbangkan bahwa yang diposting merupakan pilihan yang menarik untuk dibeli. Karena itulah bekerja sama dengan seorang influencer dalam strategi pemasaran perusahaan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Itulah beberapa hal tentang influencer yang perlu Anda ketahui. Strategi marketing dengan menggunakan influencer memang banyak mendapatkan keuntungan dengan catatan Anda dapat memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan tujuan dari pemasaran perusahaan. Namun, tahukah Anda? untuk mendukung kemajuan usaha bisnis, tidak hanya strategi pemasaran, Anda juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis.

Untuk memudahkan mengelola keuangan perusahaan, menggunakan software akuntansi. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu meng-input semua transaksi, Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan.  Selain itu, Jurnal juga memberikan fasilitas tutorial dengan lengkap mengenai menu dan fitur-fitur nya yang akan memudahkan Anda dalam penggunaannya. Sebagai contoh simak video berikut ini:


Video d iatas merupakan salah satu video tutorial dalam mengatur pencatatan penjualan. Menarik bukan? Selain penjualan, Jurnal juga memiliki fitur-fitur lain yang memudahkan Anda untuk mengelola usaha. Makanya segera daftarkan badan usaha Anda di Jurnal, dengan klik di sini. Sementara jika Anda ingin melihat pedoman cara penggunaan nya fitur Jurnal secara manual, Anda dapat melihatnya pada link berikut. Jurnal memiliki sistem yang terintegrasi dan juga standar keamanan yang telah tersertifikasi ISO/IEC 27001 sehingga Anda tidak perlu khawatir. Sebagai info pada saat ini Jurnal memberikan penawaran free trial selama 14 hari untuk Anda yang ingin mengetahui fitur-fitur yang dimiliki. Jadi tunggu apalagi, mulai gunakan pemasaran influencer dan kelola keuangan perusahaan Anda sekarang juga dengan Jurnal.