Mendirikan suatu usaha merupakan sebuah ide yang menggiurkan bagi sebagian orang, entah dengan skala kecil atau besar. Dalam membangun usaha, diperlukan strategi marketing yang tepat agar bisnis Anda dapat berkembang. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika budget yang dimiliki tidak terlalu banyak, Anda mungkin lebih baik membuka usaha kecil sebelum akhirnya menjadikan usaha Anda sebagai usaha berskala besar.

Dengan modal kecil, bukan berarti pilihan Anda terbatas, ada banyak jenis usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal yang tidak begitu besar. Tentunya bantuan teknologi internet akan berperan cukup besar dalam bisnis Anda. Teknik pemasarannya pun bisa Anda lakukan lewat media sosial, sehingga Anda tidak perlu membuka toko fisik untuk menjual produk Anda. Hal ini dapat meminimalisir biaya yang perlu dikeluarkan jika Anda baru membangun usaha.

Meski membuka usaha dengan modal kecil, Anda pasti berkeinginan untuk mengembangkan usaha Anda ke skala yang lebih besar. Berikut merupakan strategi marketing yang dikutip dari Moneysmart yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.

1. Membangun Brand yang Kuat

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda Branding merupakan salah satu hal krusial yang perlu Anda bangun dari awal bisnis berjalan. Meskipun usaha yang Anda dirikan masih dalam skala kecil, Anda harus mulai membangun citra yang baik dan meningkatkan brand awareness agar masyarakat sadar dengan usaha yang Anda dirikan. Dimulai dari memperkenalkan identitas brand ke calon pembeli lewat media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Identitas brand yang dibangun harus mengandung informasi terkait apa yang dijual, apa tujuan usaha Anda, dan seperti apa persaingan bisnis Anda saat ini. Beri tahu kepada calon pembeli kelebihan-kelebihan yang ada di usaha Anda, dan juga berikan alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk Anda.

Tidak lupa, Anda juga perlu membuat sesuatu yang unik dan berbeda dari usaha-usaha kompetitor. Hal ini bertujuan untuk menarik calon pembeli, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pasalnya, brand tidak hanya soal logo dan tagline, namun juga bagaimana pelanggan melihat bisnis Anda sebagai brand yang terpercaya.

2. Membuat Logo yang Menarik

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Jika Anda memiliki citra brand yang baik, ada baiknya jika logo yang merepresentasi brand Anda juga bagus dan menarik. Karena bagaimanapun juga, logo yang dibuat akan sangat menempel dengan identitas bisnis Anda. Logo yang dibuat harus menarik, dan mengandung makna yang dapat mewakili usaha Anda.

Anda bisa meminta bantuan jasa freelance graphic designer untuk konsultasi tentang logi, karena graphic design pastinya lebih paham dengan pembuatan logo. Diskusikan bagaimana logo yang cocok dengan usaha Anda, dan buatlah logo yang khas dengan warna yang menarik. Dengan logo yang menarik, otomatis calon pembeli juga akan tertarik untuk mencari tahu produk apa yang Anda tawarkan.

3. Menulis Konten Sebagai Strategi Marketing

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Internet merupakan salah satu cara yang paling tepat dalam melaksanakan strategi marketing pada bisnis Anda, apalagi jika usaha yang Anda bangun merupakan bisnis kecil. Lewat internet, Anda bisa membangun brand awareness tentang usaha Anda, sekaligus untuk mempromosikan produk yang Anda jual.

Salah satu caranya yaitu dengan menulis blog di situs-situs komunitas secara menarik, kemudian cantumkan link usaha Anda. Cara ini merupakan strategi marketing paling murah dan efektif. Anda bisa memulai menulis konten tentang usaha Anda lewat forum komunitas, atau mulai dari media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

4. Gunakan Facebook Ads

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Hingga saat ini, media sosial masih menjadi wadah yang paling efektif untuk mengembangkan pasar usaha Anda. Salah satu media sosial yang bisa Anda gunakan adalah Facebook.  Pengguna Facebook di Indonesia sendiri merupakan yang terbanyak ke-4 di dunia, yaitu mencapai 130 juta orang. Buatlah akun untuk usaha Anda di Facebook, dengan begitu Anda bisa memperlihatkan produk yang Anda tawarkan kepada calon pembeli.Agar halaman usaha Anda mendapatkan banyak sorotan dari pengguna Facebook, ada baiknya jika Anda menggunakan Facebook Ads.

Facebook Ads merupakan fitur yang memungkinkan profil usaha Anda terpampang di halaman akun pengguna lainnya. Jika Anda menggunakan fitur ini, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan menjadi lebih besar, karena banyaknya pengguna Facebook yang bisa terjangkau dengan fitur ini. Kelemahannya yaitu Anda harus mengeluarkan biaya yang disesuaikan dengan jumlah klik dan page view, sehingga Anda perlu menyiapkan budget tersendiri untuk menggunakan Facebook Ads.

5. Lakukan Riset Pasar

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Tren pasar yang selalu berubah, membuat Anda harus rajin melakukan riset kecil-kecilan. Tujuannya yaitu agar Anda bisa memahami kepuasan pelanggan terhadap produk Anda, serta untuk mengetahui tren yang sedang disukai oleh pasar. Dengan begitu, Anda jadi mempunyai bekal untuk menentukan arah bisnis kedepannya.

Setelah mengetahui tren yang disukai oleh pasar, tentu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing kedepannya agar bisnis Anda tidak kalah saing dengan usaha sejenis.

6. Manfaatkan Media Sosial

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Tidak hanya dari Facebook, tapi Anda bisa menggunakan segala platform media sosial untuk memaksimalkan strategi marketing usaha Anda. Banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai sarana promosi, seperti Instagram, Twitter, bahkan YouTube.

Hingga saat ini, Instagram merupakan platform yang paling efektif untuk mempromosikan usaha Anda. Dengan Instagram, Anda bisa dengan mudah memperlihatkan produk Anda dengan foto yang diupload ke akun Anda dan gunakan hashtag agar dapat dilihat oleh banyak orang. Jangan lupa untuk menyertakan caption tentang produk Anda secara jelas, dan informasi yang lengkap agar calon pembeli tidak harus banyak bertanya.

Platform ini terbukti sebagai sarana pemasaran yang sangat efektif dan murah untuk usaha dengan skala kecil. Jika Anda ingin meningkatkan awareness, Anda bisa menggunakan Instagram Ads agar produk Anda muncul di feeds pengguna lainnya, namun fitur ini merupakan fitur berbayar.

7. Evaluasi Bisnis Anda

7 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Melakukan evaluasi terhadap bisnis Anda juga merupakan salah satu strategi marketing yang perlu rutin Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengamati arus bisnis, apakah ada penurunan atau peningkatan.

Jika terjadi penurunan, Anda harus segera mencari cara baru untuk jadi strategi marketing yang akan digunakan. Hal ini harus dilakukan secara rutin untuk menjaga bisnis Anda berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Strategi marketing memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu hal penting yang juga perlu diperhatikan dalam membangun bisnis yaitu arus keuangan. Dengan perkembangan zaman, masalah keuangan tidak lagi dilakukan secara manual. Kini, ada banyak software akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah urusan keuangan bisnis Anda, salah satunya adalah Jurnal.

Dengan sistem berbasis cloud, Anda bisa mengakses Jurnal dimana saja dan kapan saja. Selain itu, dengan berbagai macam fitur seperti pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur, hingga manajemen aset akan membantu Anda dalam menjalankan urusan keuangan pada bisnis Anda. Cari tahu berbagai fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan di sini.