Mekari Jurnal
Daftar Isi
9 min read

15 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Tayang 03 Mar 2022
Diperbarui 24 November 2023

Mendirikan suatu usaha merupakan sebuah ide yang menggiurkan bagi sebagian orang, entah dengan skala kecil atau besar. Dalam membangun usaha, diperlukan strategi marketing yang tepat agar pengembangan bisnis lebih optimal dan terus menghasilkan keuntungan.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika budget yang dimiliki tidak terlalu banyak, Anda mungkin lebih baik membuka usaha kecil sebelum akhirnya menjadikan usaha Anda sebagai usaha berskala besar.

Dalam memasarkan produk, ada istilah yang dikenal dengan nama biaya pemasaran atau marketing cost.

Dalam arti sempit, biaya pemasaran ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjual atau membawa produk ke pasar.

Biaya ini harus diperhitungkan karena akan memengaruhi harga pokok penjualan sebuah produk.

Contoh dari biaya pemasaran adalah biaya iklan, biaya pemeliharaan, gaji salesman, komisi, sewa gudang, dan lain-lain. Biasanya, semakin besar usaha yang Anda kelola, biaya yang dikeluarkan juga semakin besar.

Bagaimana dengan usaha yang kecil? Apakah biaya pemasaran bisa ditekan atau bahkan dihilangkan?

Dengan modal kecil, bukan berarti pilihan Anda terbatas, ada banyak jenis usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal yang tidak begitu besar.

Tentunya bantuan teknologi internet akan berperan cukup besar dalam bisnis Anda.

Strategi pemasaran digital pun bisa Anda lakukan lewat media sosial, sehingga Anda tidak perlu membuka toko fisik untuk menjual produk Anda.

Hal ini dapat meminimalisir biaya yang perlu dikeluarkan jika Anda baru membangun usaha.

Meski membuka usaha dengan modal kecil, Anda pasti berkeinginan untuk mengembangkan usaha Anda ke skala yang lebih besar.

Berikut merupakan strategi marketing  yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.

1. Membangun Brand yang Kuat

Branding adalah salah satu hal krusial yang perlu Anda bangun dari awal bisnis berjalan.

Meskipun usaha yang Anda dirikan masih dalam skala kecil, Anda harus mulai membangun citra yang baik dan meningkatkan brand awareness agar masyarakat sadar dengan usaha yang Anda dirikan.

Dimulai dari memperkenalkan identitas brand ke calon pembeli lewat media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Identitas brand yang dibangun harus mengandung informasi terkait apa yang dijual, apa tujuan usaha Anda, dan seperti apa persaingan bisnis Anda saat ini.

Beri tahu kepada calon pembeli kelebihan-kelebihan yang ada di usaha Anda, dan juga berikan alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk Anda.

Tidak lupa, Anda juga perlu membuat sesuatu yang unik dan berbeda dari usaha-usaha kompetitor. Hal ini bertujuan untuk menarik calon pembeli, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pasalnya, brand tidak hanya soal logo dan tagline, namun juga bagaimana pelanggan melihat bisnis Anda sebagai brand yang terpercaya.

2. Membuat Logo yang Menarik

Jika Anda memiliki citra brand yang baik, ada baiknya jika logo yang merepresentasi brand Anda juga bagus dan menarik. Karena bagaimanapun juga, logo yang dibuat akan sangat menempel dengan identitas bisnis Anda.

Logo yang dibuat harus menarik, dan mengandung makna yang dapat mewakili usaha Anda.

Anda bisa meminta bantuan jasa freelance graphic designer untuk konsultasi tentang logi, karena graphic design pastinya lebih paham dengan pembuatan logo.

Diskusikan bagaimana logo yang cocok dengan usaha Anda, dan buatlah logo yang khas dengan warna yang menarik. Dengan logo yang menarik, otomatis calon pembeli juga akan tertarik untuk mencari tahu produk apa yang Anda tawarkan.

3. Menulis Konten Sebagai Strategi Marketing

Internet merupakan salah satu cara yang paling tepat dalam melaksanakan strategi marketing pada bisnis Anda, apalagi jika usaha yang Anda bangun merupakan bisnis kecil.

Lewat internet, Anda bisa membangun brand awareness tentang usaha Anda, sekaligus untuk mempromosikan produk yang Anda jual.

Salah satu caranya yaitu dengan menulis blog di situs-situs komunitas secara menarik, kemudian cantumkan link usaha Anda. Cara ini merupakan strategi marketing paling murah dan efektif.

Anda bisa memulai menulis konten tentang usaha Anda lewat forum komunitas, atau mulai dari media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Anda dapat mengerjakannya sendiri atau meng-hire freelance content writer untuk menuliskan produk-produk Anda di forum online.

4. Gunakan Facebook Ads

Hingga saat ini, media sosial masih menjadi wadah yang paling efektif untuk mengembangkan pasar usaha Anda. Pemasaran lewat media sosial yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan Facebook.

Pengguna Facebook di Indonesia sendiri merupakan yang terbanyak ke-4 di dunia, yaitu mencapai 130 juta orang.

Buatlah akun untuk usaha Anda di Facebook, dengan begitu Anda bisa memperlihatkan produk yang Anda tawarkan kepada calon pembeli.Agar halaman usaha Anda mendapatkan banyak sorotan dari pengguna Facebook, ada baiknya jika Anda menggunakan Facebook Ads.

Facebook Ads merupakan fitur yang memungkinkan profil usaha Anda terpampang di halaman akun pengguna lainnya. Jika Anda menggunakan fitur ini, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan menjadi lebih besar, karena banyaknya pengguna Facebook yang bisa terjangkau dengan fitur ini.

Kelemahannya yaitu Anda harus mengeluarkan biaya yang disesuaikan dengan jumlah klik dan page view, sehingga Anda perlu menyiapkan budget tersendiri untuk menggunakan Facebook Ads.

5. Lakukan Riset Pasar

Tren pasar yang selalu berubah, membuat Anda harus rajin melakukan riset kecil-kecilan. Tujuannya yaitu agar Anda bisa memahami kepuasan pelanggan terhadap produk Anda, serta untuk mengetahui tren yang sedang disukai oleh pasar.

Dengan begitu, Anda jadi mempunyai bekal untuk menentukan arah bisnis kedepannya.

Setiap bisnis tentu miliki ciri khas pasar yang berbeda, sehingga penting sekali untuk Anda melakukan riset pasar ini. Setelah mengetahui tren yang disukai oleh pasar, tentu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing kedepannya agar setiap strategi pemasaran yang Anda keluarkan bisa tepat sasaran.

Tujuan akhirnya tetap sama, yaitu agar Anda tidak kalah saing dengan usaha sejenis.

6. Manfaatkan Media Sosial, Strategi Marketing Penting! 

Tidak hanya dari Facebook, tapi Anda bisa menggunakan segala platform media sosial untuk memaksimalkan strategi marketing usaha Anda.

Banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai sarana promosi, seperti Instagram, Twitter, bahkan YouTube.

Hingga saat ini, Instagram merupakan platform yang paling efektif untuk mempromosikan usaha Anda. Dengan Instagram, Anda bisa dengan mudah memperlihatkan produk Anda dengan foto yang diupload ke akun Anda dan gunakan hashtag agar dapat dilihat oleh banyak orang.

Jangan lupa untuk menyertakan caption tentang produk Anda secara jelas, dan informasi yang lengkap agar calon pembeli tidak harus banyak bertanya.

Platform ini terbukti sebagai sarana pemasaran yang sangat efektif dan murah untuk usaha dengan skala kecil.

Jika Anda ingin meningkatkan awareness, Anda bisa menggunakan Instagram Ads agar produk Anda muncul di feeds pengguna lainnya, namun fitur ini merupakan fitur berbayar.

7. Membuat Website yang Menarik

Kebanyakan bisnis sekarang sudah memiliki websitenya sendiri untuk memasarkan produknya. Di dalam website tersebut berisi katalog produk yang dijual, serta pembeli juga bisa langsung membeli lewat website.

Hal ini memudahkan calon pembeli untuk melihat-lihat produk apa yang dijual, serta untuk mengenal bisnis Anda.

Agar lebih menarik, Anda juga bisa mencantumkan informasi promo menarik yang sedang berlangsung.

Serta Anda juga bisa mencantumkan testimoni positif pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli produk Anda.

Jangan lupa untuk mendesain website se-menarik mungkin agar calon pembeli merasa tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

8. Tempat Usaha Sebagai Tempat Nongkrong

Mungkin strategi marketing yang satu ini lebih cocok untuk jenis usaha kuliner. Jika Anda memiliki bisnis coffee shop atau restoran, Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk mengunjungi tempat usaha Anda.

Jika sering melakukan ini, lama kelamaan teman-teman dan keluarga dengan sendirinya akan sering mengunjungi tempat usaha Anda.

Belum lagi, jika teman-teman atau keluarga menyukai tempat usaha Anda, mereka juga akan dengan senang hati mempromosikan tempat usaha Anda pada teman-teman mereka.

Lewat strategi marketing ini, tempat usaha Anda bisa terlihat ramai dan akan menarik perhatian orang untuk berkunjung.

9. Mengadakan Open House

Strategi marketing yang satu ini cocok dilakukan jika Anda memiliki bisnis kuliner atau fashion.

Agar Open House yang Anda selenggarakan ramai, coba undang tokoh terkenal atau influencer serta beberapa media sebagai sarana promosi Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon atau promosi yang menarik bagi pengunjung.

10. Mengikuti Pameran atau Bazaar

Cara yang satu ini membuat bisnis Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dikenal oleh masyarakat.

Cari tahu informasi pameran atau bazaar yang akan ada di kota Anda, dan segera daftarkan bisnis Anda untuk hadir dalam pameran tersebut.

Tentunya di dalam bazar nantinya akan ada banyak kompetitor yang mungkin saja sejenis dengan bisnis Anda. Maka dari itu, Anda harus mendekorasi stand se-menarik mungkin agar orang-orang tertarik untuk mengunjungi stand Anda.

11. Mengikuti Acara Amal

Acara amal sangatlah cocok untuk segala jenis bisnis. Anda bisa berpartisipasi secara sukarela dalam acara-acara amal. Salah satu acara amal yang ramai yaitu penggalangan dana untuk bencana alam. Kamu bisa ikut membantu sebagai sponsor dalam membantu korban, atau bahkan kamu bisa menggalang dana sendiri, sambil mengajak pembeli untuk ikut menyumbang.

Saat ini banyak platform yang memungkinkan Anda untuk menggalang dana, atau kamu juga bisa menyumbangkan sekian persen dari transaksi penjualan sebagai amal kepada korban bencana alam. Dengan cara-cara ini, Anda bisa meningkatkan branding bisnis di mata masyarakat.

12. Memberikan Diskon atau Hadiah untuk Pelanggan

Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan agar setia yaitu memberikan diskon khusus atau hadiah. Strategi marketing yang satu ini bisa Anda lakukan jika pelanggan Anda pernah membeli produk Anda selama berkali-kali.

Biasanya, cara ini diterapkan lewat sistem membership, sehingga Anda bisa melihat riwayat transaksi si pelanggan untuk menentukan promosi atau hadiah apa yang akan diberikan.

13. Sertakan Ucapan Terima Kasih

Sebuah ucapan terima kasih yang bisa Anda selipkan setiap pelanggan membeli produk Anda bisa berarti banyak untuk mereka.

Kebanyakan pelanggan menganggap sentuhan kecil seperti itu membuat mereka senang dan terasa eksklusif.

Anda bisa menggunakan kartu ucapan yang sudah di-desain khas dengan brand Anda, dan jangan lupa untuk menyertakan nama pelanggan.

14. Bergabung dengan Forum-Forum Pengusaha

Anda dapat bergabung dengan forum-forum online pengusaha. Sekarang banyak sekali forum dan grup yang dibuat oleh para pengusaha.

Di sana Anda dapat melakukan sharing, ataupun kerja sama bisnis. Sehingga Anda akan memiliki banyak relasi dan pengetahuan. Ini merupakan hal yang baik bagi pemula bisnis.

15. Evaluasi Bisnis dan Strategi Marketing Anda

Melakukan evaluasi terhadap bisnis Anda juga merupakan salah satu strategi marketing yang perlu rutin Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengamati arus bisnis, apakah ada penurunan atau peningkatan.

Jangan lupa untuk selalu membekali evaluasi dengan report yang telah dibuat selama tahun berjalan. Report adalah salah satu cara untuk melakukan evaluasi yang efektif.

Jika terjadi penurunan, Anda harus segera mencari cara baru untuk jadi strategi marketing yang akan digunakan.

Jika terjadi kenaikan, harus dicari tahu juga apa yang sebenarnya disukai oleh pasar sehingga dapat Anda maksimalkan. Hal ini harus dilakukan secara rutin untuk menjaga bisnis Anda berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Strategi marketing memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu hal penting yang juga perlu diperhatikan dalam membangun bisnis yaitu arus keuangan.

Dengan perkembangan zaman, masalah keuangan tidak lagi dilakukan secara manual. Kini, ada banyak software bisnis yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah urusan keuangan bisnis Anda, salah satunya adalah aplikasi pembukuan usaha milik Mekari Jurnal.

Dengan sistem berbasis cloud, Anda bisa mengakses Jurnal dimana saja dan kapan saja. Selain itu, dengan berbagai macam fitur seperti pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur, hingga manajemen aset akan membantu Anda dalam menjalankan urusan keuangan pada bisnis Anda.

Bagi Anda juga pengelola atau pemilik usaha koperasi, Anda dapat mempelajari juga pembukuan koperasi untuk membantu pekerjaan Anda.

Cari tahu berbagai fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan website Jurnal.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal