Tidak peduli seberapa besar atau kecilnya ukuran bisnis Anda, aspek pemasaran berperan penting bagi kesuksesan bisnis. Dengan kata lain, tidak menerapkan aspek pemasaran secara benar akan berdampak fatal bagi bisnis Anda. Dampak buruk tersebut salah satunya berupa gagalnya bisnis Anda dalam menarik pelanggan. Terdapat enam aspek penting dalam usaha pemasaran, yaitu: Strategi Pemasaran, Riset Pasar, Pemasaran Online dan atau Digital, Penjualan Perusahaan, Pengiklanan dan Branding, serta Pemasaran Ritel. Namun pada artikel ini akan secara khusus hanya akan membahas aspek nomor dua, yaitu Riset Pemasaran.

Untuk memahami cara mengembangkan materi pemasaran, Anda harus mendapatkan pemahaman mendalam tentang target pelanggan Anda. Pemahaman tersebut bisa Anda dapatkan melalui Riset Pasar. Jika Anda ingin Riset Pasar bisnis Anda benar-benar menguntungkan usaha atau kampanye pemasaran, Anda perlu mengonsep dan mempertimbangkan beberapa faktor terkait Riset Pasar bisnis Anda.  Faktor-faktor tersebut dirangkum melalui beberapa pertanyaan berikut ini

Apakah Target Pelanggan yang Disasar Akan Bernilai untuk bisnis Anda?

Tujuan dari Riset Pasar adalah untuk mencari tahu cara terbaik untuk menarik calon pelanggan yang akan membeli produk atau jasa bisnis Anda. Tetapi bagaimana jika target Anda tidak tertarik, tidak cocok, dan bahkan tidak membutuhkan jenis penawaran yang disediakan bisnis Anda? Ini jelas akan membuang-buang waktu dan upaya pemasaran Anda. Maka dari itu, jadikan ini sebagai pertimbangan pertama dari faktor riset pasar Anda. Dengan demikian, penting bagi Anda untuk secara hati-hati mempertimbangkan apakah segmen pasar yang ingin Anda teliti memiliki tingkat minat yang wajar dan berpotensi bagi upaya pemasaran bisnis Anda.

Apakah Target Pelanggan Cukup Terkendali?

Anda pastinya ingin menjual produk bisnis kepada pelanggan sebanyak mungkin. Namun, mencoba meneliti semua orang secara “membabi buta” sangatlah tidak praktis dan efisien. Apa pun jenis bisnis Anda, jangkauan orang-orang atau calon pelanggan yang ingin Anda jaring terlalu luas bagi Anda. Agar bisnis Anda bisa menguasai segmen pelanggan atau pasar, Anda perlu mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang di mana lokasi pelanggan yang ingin Anda jaring, bagaimana pendekatan yang efektif terhadap mereka, dan lainnya. Jika Anda mendekati suatu populasi pelanggan yang terlalu beragam, maka hasil riset pasar Anda akan tersebar dan tidak akurat. Hal ini bisa menyebabkan kesalahan dalam membuat keputusan pemasaran.

Daripada menggunakan pendekatan secara menyeluruh, sebaiknya Anda mempersempit target dari populasi pelanggan menjadi suatu sampel. Atau Anda bisa mengkategorikan populasi calon pelanggan tersebut menjadi beberapa segmen dan pilih segmen pelanggan yang karakternya cocok dengan produk yang Anda tawarkan.

Siapa Saja Kompetitor dalam Target Pasar Anda?

Tentunya Anda tidak sendirian dalam  suatu ekosistem bisnis. Bahkan jika Anda mempunyai produk yang unik, ada beberapa bisnis di luar sana yang mungkin memiliki keunikan serupa dan memengaruhi target pelanggan Anda. Dengan demikian, Anda memiliki para kompetitor dalam suatu segmen pasar. Anda harus memperhitungkan hal ini di dalam riset pasar Anda, karena bagaimanapun konsumen akan merespon pula upaya pemasaran pesaing Anda.

Apa yang Anda Inginkan dari Riset Pasar Anda?

Sekarang mungkin Anda sudah mendapatkan calon target pelanggan yang ingin diteliti. Berikutnya Anda harus mempertimbangkan tujuan akhir dari riset pasar Anda untuk meningkatkan usaha pemasaran Anda. Lalu bagaimana caranya? Akan berbahaya Jika Anda tidak memikirkan dengan matang mengenai apa yang Anda harapkan dan inginkan dari riset pasar. Karena ini hanya akan menjadi pemborosan waktu dan usaha. Bahkan bisa jadi Anda mendapatkan informasi dari riset pasar yang tidak dibutuhkan bisnis Anda. Pastikan tujuan akhir yang diharapkan dari upaya pemasaran Anda terdefinisi secara rinci dan jelas. Lakukan hal tersebut sebelum Anda merangkum beberapa pertanyaan dalam suatu survei Riset Pasar Anda.

Tujuan melakukan Riset Pasar sebagai salah satu aspek pemasaran yang penting adalah membuka mata dan pikiran terhadap apa saja yang perlu bisnis Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat lebih dari usaha pemasaran Anda. Tidak hanya aspek pemasaran, aspek lain yang terkait dengan bisnis juga harus Anda pikirkan. Salah satunya adalah aspek keuangan.

Keuangan bisnis Anda bisa tertangani dengan cepat, efisien, dan efektif dengan menggunakan Software Akuntansi. Sebut saja Jurnal, Software Akuntansi Online yang memberikan berbagai manfaat dengan fitur-fitur akuntansinya yang lengkap dan komprehensif. Diimbangi dengan hasil Riset Pasar, Laporan Keuangan seperti Laporan Laba Rugi akan membantu Anda menilai dan mengevaluasi kinerja bisnis. Selengkapnya mengenai produk Jurnal bisa Anda lihat di sini.