Dunia digital yang semakin berkembang membuat orang bisa melakukan apapun dengan mudah, termasuk berbisnis. Itu mengapa kini bisnis online semakin menjamur baik itu yang berskala kecil maupun besar. Pangsa pasar besar, modal yang relatif sedikit, akses informasi yang mudah serta keuntungan yang cukup besar biasanya menjadi alasannya. Akan tetapi perlu diingat bahwa persaingan di bisnis online juga tidak main-main. Untuk itu Anda memerlukan strategi tersendiri untuk mengatasinya.

Banyak yang salah menetapkan langkah pertama sehingga usaha tidak bisa berkembang. Ada pula yang telah memulai dan berjalan, namun karena kurangnya eksplorasi dan inovasi akhirnya bisnis yang dirintis terbengkalai. Oleh karena itu, meskipun bisnis online menawarkan banyak kemudahan, Anda tetap harus mempunyai persiapan dan rencana jangka panjang yang matang agar tetap stabil. Berikut Jurnal merangkum beberapa hal yang harus dilakukan sebagai langkah awal dan apa yang sebaiknya dilakukan ke depan untuk menghadapi persaingan bisnis online.

Lakukan Riset & Tentukan Target Pasar

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis Online Bisnis online yang tidak bertahan lama biasanya disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang di awal sehingga owner bingung menentukan langkah lanjutan untuk bisnisnya. Langkah awal yang bisa dilakukan sebelum melakukan bisnis online adalah dengan melakukan riset dan menentukan target pasar. Ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terhadap konsumen dan kompetitor. Riset konsumen menjadi penting karena dapat membantu mengetahui bagaimana perilaku konsumen, apakah bisnis yang Anda bangun dibutuhkan dan berapa banyak konsumennya.

Untuk pebisnis pemula, riset sederhana bisa dilakukan dengan wawancara, diskusi atau paling mudah dengan survei online. Anda bisa sekaligus menawarkan produk kepada konsumen dan meminta tanggapan mereka. Selain melakukan riset konsumen, lakukan juga riset terhadap kompetitor. Dengan ini Anda bisa menemukan tantangan dalam bidang bisnis online yang dijalankan. Manfaatkan data-data yang tersedia di internet untuk mendapatkan informasi mengenai kompetitor.

Kedua riset ini akan memberi pemahaman mengenai kondisi pasar dan potensi pertumbuhan bisnis online Anda kedepannya. Sehingga Anda pun bisa mengetahui kepada siapa nanti bisnis Anda ditujukan dan strategi untuk bersaing.

Tunjukkan Keunikan Produk

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineCara menghadapi persaingan bisnis online lainnya adalah dengan membuat produk serta layanan yang berbeda dari lainnya. Perhatikan apa saja yang tidak ditawarkan oleh kompetitor. Jadikan produk dan layanan yang tidak tersedia tersebut sebagai komoditas di bisnis online Anda. Jika yang Anda tawarkan banyak ditemukan dipasaran, usahakan untuk memiliki keunggulan lain yang bisa ditonjolkan. Contohnya dari segi bahan yang lebih kuat, desain yang lebih baru atau harga yang lebih murah.

Lakukan Branding

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineBrand merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat menentukan pertumbuhan bisnis di masa depan, khususnya di dunia digital. Dengan melakukan branding Anda sedang membuat konsumen familiar dengan bisnis yang sedang dijalankan. Semakin familiar konsumen,  akan semakin sering bisnis online Anda ditargetkan sebagai pilihan ketika membutuhkan sesuatu. Ini juga akan menumbuhkan kepercayaan terhadap produk dan layanan yang disediakan. Anda bisa melakukan branding melalui media sosial, adword, bazar dan SEO.

Website yang Menarik

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineBisnis online sangat mengandalkan dunia digital untuk seluruh kegitannya, mulai dari promosi, penjualan hingga follow up pelanggan di kemudian hari. Untuk itu berikan tampilan menarik pada website online Anda agar konsumen pun tertarik untuk berkunjung. Aplikasikan desain yang elegan dan tampilkan foto produk yang menarik. Selain itu bangunlah website yang user-friendly agar mudah digunakan oleh konsumen.

Inovasi Produk

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineRiset dan branding maksimal, jika tidak diimbangi dengan produk yang berkualitas maka resiko konsumen beralih kepada kompetitor masih akan tetap tinggi. Oleh karena itu, produk unik dan menarik yang ditawarkan juga harus diberikan peningkatan dengan berbagai inovasi. Selalu lakukan eksplorasi terhadap produk dan layanan sendiri mulai dari terkecil hingga terbesar untuk meningkatkan kualitasnya. Lengkapi juga katalog Anda dengan lebih banyak pilihan agar konsumen bisa menemukan barang yang diinginkan dengan mudah.

Menjaga Loyalitas Konsumen

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineDalam berbisnis, pemilik usaha tidak sekadar memperhatikan kualitas merek dan kualitas produk. Pemilik usaha juga harus memperhatikan fasilitas dan layanan terhadap konsumen. Karena bisnis ini dilakukan secara online, maka manfaatkanlah dunia digital semaksimal mungkin untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sering-seringlah berinteraksi dengan mereka. Balas pesan konsumen secepat mungkin dan jawablah pertanyan-pertanyaan mereka menganai produk Anda dengan baik. Bersikaplah ramah, berbicara dengan sopan serta sabar merupakan kunci untuk menjadikan pembeli sebagai raja. Follow up kembali konsumen lama dengan memberikan informasi terbaru mengenai produk dan layanan Anda. Impresi yang konsumen dapatkan dari penjual juga menjadi salah satu yang membuat mereka mau bertahan pada satu penyedia produk.

Memberikan Diskon, Promosi, Voucher, dan Bonus

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineMemberikan diskon, promo, voucher, dan bonus tidak akan membuat rugi bisnis yang sedang Anda jalankan. Keuntungan yang didapat mungkin akan sedikit dalam periode pemberian tersebut. Namun Anda juga harus melihat dampak kini dan jangka panjang yang bisa dihasilkan. Konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang diberikan potongan harga. Konsumen akan beranjak untuk belanja ketika mereka ada promo atau mereka mempunyai voucher di toko online tertentu. Selain itu, jangan ragu untuk memberikan hadiah dan bonus kepada untuk pelanggan setia untuk meningkatkan loyalitas mereka.

Berkolaborasi dengan Kompetitor atau Mencari Mitra Usaha

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineKompetitor dalam bisnis tidak hanya sebagai saingan saja. Kompetitor juga bisa menjadi salah satu jalan agar bisnis bisa terus berkembang. salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama ataupun kolaborasi. Kerjasama kreatif dan saling menguntungkan dengan keunggulan kalian masing-masing bisa menjadi solusi untuk menembus segmen pasar yang baru. Akan ada ide-ide segar yang muncul jika Anda mau membuka diri untuk mengambil resiko berteman dengan kompetitor.

Menggunakan Jasa Digital Marketing

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlinePebisnis saat ini banyak memanfaatkan jasa digital marketing untuk menangani masalah pemasaran online. Dengan jasa ini pengiklanan dan promosi bisnis online Anda bisa semakin optimal karena dibantu dengan meningkatkan traffic pengunjung. Anda bisa memanfaatkan media sosial, Facebook ads, SEO atau Google adwords. dana yang dikeluarkan mungkin cukup besar, namun cara ini biasanya cukup efektif.

Jujur

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis OnlineSudah tidak diragukan lagi, di dunia maya dimana produsen dan konsumen tidak saling bertemu, kejujuran dan kepercayaan adalah poin krusial. Dalam bisnis online, konsumen biasanya akan membayar terlebih dahulu sebelum mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan. Di sinilah kejujuran dari pemilik usaha dibutuhkan untuk membangun kepercayaan konsumen. Selain itu Anda juga harus berani bertanggung jawab jika terjadi sesuatu. Terkadang ada barang yang sedikit cacat, pengiriman yang terlambat, packaging yang rusak dan masalah lain. Anda sebaiknya langsung melakukan follow up terhadap masalah ini atau lebih baik dengan memberikan kompensasi. Konsumen akan sangat mengapresiasi hal ini, bahkan bisa menaruh kepercayaan tinggi pada bisnis Anda.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi persaingan di bisnis online. Kompetitor memang cukup banyak, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak berkembang. Selain mengaplikasikan hal-hal di atas, Anda juga bisa belajar dari para pegiat bisnis yang sudah berhasil. Karena pengalaman-pengalaman yang telah mereka lalui sebelumnya merupakan sebuah pembelajaran yang lebih baik dan berharga.

Setelah bisnis online berjalan, dilanjutkan dengan mengelola keuangan. Untuk pengelolaan ini memang tidak sulit namun juga tidak mudah. Apalagi Anda yang tidak mempunyai basic di bidang akuntansi. Namun tidak perlu khawatir, karena kini Jurnal hadir sebagai solusi pengelolaan keuangan bisnis Anda. Jurnal menyediakan software akuntansi user-friendly dengan fitur yang lengkap. Mulai dari pencatatan keuangan biasa, perhitungan pajak hingga pengelolaan aset bisa dilakukan di dalam satu aplikasi. Tertarik mencoba? Dapatkan dengan mudah di sini.

Author