8 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Pengusaha UMKM

Seiring perkembangan teknologi informasi, cash register maupun pencatatan transaksi secara manual mulai digantikan oleh komputer sebagai media point of sale yang biasa disebut dengan aplikasi kasir, software kasir ataupun program toko. Hal ini dikarenakan dengan otomasi yang mudah ini, pengusaha dapat lebih teliti terhadap transaksi yang terjadi dan tentu saja memudahkan kinerja. Selain itu, dengan otomasi ini, proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat. Jadi, pelanggan tidak perlu mengantri panjang dan lama.

Sebagai seorang pengusaha UMKM yang sedang berkembang, Anda tentu juga ingin memiliki pencatatan penjualan yang baik dan efisien. Banyak usaha yang gagal karena masalah keuangan yang tidak beres atau transaksi penjualan yang tidak sesuai dengan penerimaan keuangan perusahaan di luar kendali pemilik usaha. Urusan keuangan ataupun transaksi merupakan hal yang sangat sensitif untuk UMKM. Terutama jika Anda baru saja merintis usaha. Aplikasi kasir akan menangani hal ini. Di bawah ini akan dibahas beberapa manfaat aplikasi kasir untuk menunjang bisnis UMKM Anda.

Berikut manfaat aplikasi kasir untuk pengusaha UMKM:

1. Efisiensi Waktu

Bila berjualan secara manual tanpa memiliki aplikasi kasir, Anda harus melihat rak atau tempat penyimpanan barang secara langsung untuk mengetahui produk yang paling banyak terjual. Hal ini akan terasa mudah ketika jenis dan jumlah barang yang dijual masih sedikit, tetapi apabila barang mulai banyak dan Anda sudah lelah dalam mengurusi distribusi barang. Hal itu mungkin sulit untuk dilakukan.

Demikian pula dengan pencatatan hasil penjualan harian. Jika masih melakukannya secara manual, maka setiap toko tutup, Anda harus menjumlah nota rangkap yang Anda buat untuk transaksi dari buka toko hingga tutup toko. Kegiatan ini, tentunya tidak cukup dalam waktu 5 menit, Anda butuh waktu 15 sampai 60 menit untuk menjumlah nota dan melakukan cross check dengan uang yang didapat. Dengan aplikasi kasir, laporan transaksi dalam satu hari langsung akan terbuat secara otomatis dan dapat dilihat dengan cepat.

Baca juga : Strategi Manajemen Keuangan Praktis bagi UMKM

2. Pengendali Kas

Aplikasi kasir mencatat semua rincian penjualan dalam satu hari dan menunjukkan barang apa saja yang telah terbeli serta berapa barang yang masih dimiliki. Aplikasi ini juga akan otomatis menjumlahkan semua angka nominal penjualan dalam satu hari sehingga Anda langsung mengetahui berapa banyak yang telah Anda terima pada hari tersebut. Hal ini dapat memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis tanpa harus melakukan penjumlahan sebanyak dua kali dengan risiko kesalahan penghitungan dari transaksi penjualan yang begitu banyak dalam sehari.

Dengan aplikasi kasir, Anda bahkan dapat mengetahui total penjualan dalam seminggu maupun sebulan dengan satu kali penghitungan secara mudah tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya. Anda dapat mengetahui angka penjualan secara pasti dan melakukan pemesanan barang secara cepat sehingga uang kas Anda akan dipergunakan dengan tepat dan terkendali.

3. Sistem Keamanan

Ketika bisnis makin berkembang, disadari atau tidak, waktu luang Anda pun semakin hilang. Hal ini tentunya harus mulai disiasati dengan baik. Salah satu solusi untuk membantu adalah dengan memiliki aplikasi kasir. Jika memiliki aplikasi kasir untuk bisnis, Anda dapat mulai mengambil jarak dari bisnis dan menyerahkan masalah pembayaran pada seorang karyawan.

Dengan aplikasi kasir, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena keuangan bisnis akan terjaga dan semua stok barang beserta jumlah uang yang diterima akan otomatis sesuai dengan jumlah pembelian. Tanpa adanya aplikasi kasir, ada kemungkinan bahwa jumlah uang yang diterima tidak sesuai dengan jumlah barang yang telah terbeli dari toko/ bisnis karena stok barang yang Anda miliki tidak langsung bisa diketahui dari jumlah uang yang diterima. Hal ini memungkinkan untuk terjadinya kebocoran keuangan yang mengganggu sistem operasional bisnis Anda.

4. Analisis Bisnis

Jika Anda dapat mengetahui angka penjumlahan dan stok barang yang tersisa dalam bisnis secara cepat dan akurat, Anda mungkin dapat segera melakukan pemesanan maupun menunda pembelian. Ini sama saja dengan memiliki strategi bisnis yang baik. Aplikasi kasir dapat mewujudkan hal ini, dengan pencatatan secara langsung yang akan terhubung antara penjualan dengan stok barang yang masih dimiliki.

5. Pelayanan Cepat

Aplikasi kasir dapat memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda secara cepat dan cepat. Dengan adanya sistem yang cepat, tentu ini tidak akan membuat pelanggan Anda harus terjebak dalam antrian panjang. Anda harus memiliki aplikasi kasir untuk bertransaksi dengan pelanggan yang dimulai dari pencatatan transaksi, menghitung total transaksi hingga menerima berbagai metode pembayaran dari pelanggan.

6. Tampil Kekinian dan Terpercaya

Dengan adanya aplikasi kasir, tentu saja ini menjadi nilai plus terhadap UMKM Anda. Bisnis Anda akan lebih terlihat kekinian serta profesional yang membuat pelanggan Anda akan lebih mudah percaya terhadap bisnis Anda. Tentu saja akan terlihat berbeda jika Anda masih menggunakan alat manual seperti buku tulis, kalkulator serta mesin cash register.

7. Mengurangi Kesalahan

Aplikasi kasir mengizinkan Anda untuk mengecek kembali produk – produk yang Anda input. Dengan begitu Anda dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan. Melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional, staf Anda akan rentan dengan kesalahan. Aplikasi kasir membantu Anda dan staf Anda untuk dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan tersebut. Bahkan Anda dapat memperbaiki kesalahan transaksi terakhir.

8. Biaya Perawatan dan Perbaikan Rendah

Jika dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, aplikasi kasir biasanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah. Terbatasnya perusahaan yang mampu memperbaiki mesin kasir tradisional, maka harga jasa perbaikan biasanya dipatok lebih mahal. Namun berbeda dengan aplikasi kasir. Perangkat yang sederhana serta banyaknya vendor yang menangani perbaikannya, membuat biaya perawatan dan perbaikannya menjadi lebih rendah.

Baca juga : Fitur Penting Software Akuntansi yang Dibutuhkan UMKM Masa Kini

Dengan beberapa penjelasan di atas, tentunya sekarang Anda tahu seberapa banyaknya manfaat aplikasi kasir untuk mendukung sistem pencatatan transaksi bisnis UMKM Anda. Setelah mendapatkan sistem pencatatan transaksi yang mudah, Anda harus mulai memikirkan untuk menggunakan sistem akuntansi untuk membantu membuat laporan keuangan bisnis. Jurnal adalah aplikasi akuntansi yang dapat membantu bisnis UMKM dalam membuat laporan keuangan secara instan dengan mudah, cepat, aman dan nyaman. Dengan Jurnal, Anda juga tidak perlu meminta laporan keuangan secara langsung oleh admin ataupun accounting Anda karena Anda dapat memonitornya secara realtime di mana pun dan kapan pun. Temukan fitur lain tentang Jurnal di sini.


PUBLISHED08 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: