Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

6 Cara untuk Menghindari Bisnis Bangkrut

Tayang 17 Apr 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Bagaimana cara menghindari atau mengatasi kebangkrutan bisnis? Simak tipsnya dari Blog Mekari Jurnal!

Menjalankan suatu bisnis merupakan sebuah tantangan. Untuk mencapai kesuksesan, Anda harus cerdas dalam melihat dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

Jika Anda kurang tekun dalam menjalankan bisnis, kemungkinan bisnis bangkrut bisa saja terjadi.

Dalam menjalankan bisnis memang pasti ada naik dan turunnya, sesekali pasti Anda akan berhadapan dengan tantangan.

Mulai dari kerugian, hingga target bisnis yang tidak terpenuhi, semua harus dilihat secara positif. Hal-hal tersebut bisa Anda lihat sebagai masa pembelajaran untuk bisnis Anda kedepannya.

Saat bisnis sedang terpuruk, Anda harus bisa mencari cara agar bisnis bisa bangkit kembali.

Jangan sampai terlalu lama di posisi tersebut, karena tidak baik untuk bisnis Anda, dan bisa berpotensi bisnis bangkrut. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kebangkrutan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Melakukan Evaluasi Terhadap Bisnis

6 Cara untuk Menghindari Bisnis Bangkrut

Jika menurut Anda bisnis mengalami kemunduran, coba lakukan evaluasi terhadap bisnis Anda. Lihat secara umum, apa yang menyebabkan bisnis Anda tidak berkembang.

Anda juga bisa berdiskusi dengan tim, atau investor (jika ada). Meminta evaluasi dari klien juga tidak ada salahnya.

Lakukan pengecekan secara berkala terhadap produk yang Anda tawarkan, layanan yang disediakan, harganya, hingga kualitasnya apakah sudah baik atau belum.

Dari situ, Anda bisa tahu bagian mana yang harus diperbaiki secepat mungkin untuk mencegah bisnis bangkrut.

Jika masalahnya sudah ditemukan, Anda bisa mulai memperbaiki masalah tersebut agar kondisi finansial perusahaan membaik.

Pertimbangkan Ide Dari Karyawan

Tips selanjutnya agar terhindar dari kebangkrutan bisnis adalah dengan mengatasi hal ini dengan cara mendengarkan ide dari karyawan Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak boleh bersikap egois, cobalah dengan mendengarkan pemikiran tim Anda.

Karena ide yang bisa jadi belum terpikirkan oleh Anda untuk mengembangkan performa perusahaan bisa saja disampaikan oleh karyawan.

Mulailah dengan mengadakan diskusi terhadap tim, dari situ Anda bisa bertanya mulai dari bagaimana cara untuk meningkatkan bisnis perusahaan.

Berikanlah kesempatan kepada mereka untuk berkontribusi lebih pada perusahaan. Namun, Anda tidak perlu mengumbar bahwa bisnis terancam bangkrut, agar tidak menimbulkan kekhawatiran pada karyawan.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Minta Pendapat Dari Profesional

Setelah mendapat masukan dari karyawan, Anda bisa mencoba untuk mencari bantuan dari kalangan profesional. Cobalah untuk berdiskusi dengan pengusaha yang sukses dalam mendirikan bisnisnya.

Meskipun mereka memiliki bisnis yang sukses, pasti mereka pernah menghadapi masalah dalam bisnisnya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berdiskusi dengan orang yang sudah pernah berbisnis, untuk mendapatkan pandangan baru dalam berbisnis.

Penting bagi Anda sebagai seorang pemilik bisnis untuk melihat masalah bisnis dari berbagai perspektif, sehingga Anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis Anda kedepannya.

Bahkan jika Anda beruntung, bisa saja para profesional ini merasa bahwa bisnis yang Anda dirikan memiliki potensi untuk berkembang, sehingga mereka menawarkan bantuan dengan cara finansial untuk mengatasi kebangkrutan bisnis.

Baca juga: Debt to Equity Ratio: Pengertian, Rumus, dan Perhitungannya

Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Cara Mengatasi Kebangkrutan Bisnis

Dengan teknologi yang kini sudah berkembang pesat, media sosial memiliki andil yang cukup besar dalam keberhasilan suatu bisnis.

Masyarakat dari berbagai kalangan kini mempunyai akses yang mudah terhadap internet, dan menghabiskan banyak waktu mereka di media sosial. Itulah mengapa media sosial memegang peran penting.

Media sosial bisa menjadi strategi marketing yang efektif dan terjangkau bagi bisnis Anda. Buatlah akun di berbagai jaringan media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter.

Anda juga harus tetap aktif di akun media sosial bisnis Anda untuk memberikan konten-konten menarik, serta mengenalkan produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Lewat media sosial, Anda bisa menarik calon pelanggan dengan cukup mudah. Jika Anda tidak keberatan untuk mengeluarkan biaya, cobalah gunakan fitur iklan berbayar, agar konten Anda bisa muncul di halaman orang lain.

Tingkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Bisnis yang Anda dirikan tentu tidak ada gunanya jika tidak memiliki pelanggan atau klien. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mengetahui target pasar, dan ekspektasi mereka terhadap bisnis yang Anda jalani.

Hal ini sangat penting sebagai cara agar terhindar dalam mengatasi kebangkrutan bisnis.

Coba tanyakan kepuasan mereka terhadap bisnis Anda, dan apa yang sekiranya perlu ditingkatkan. Dari situ, Anda bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Pelanggan atau klien merupakan faktor penting dalam bisnis, sehingga Anda perlu mendengarkan suara mereka.

Selang berjalannya waktu, bisnis Anda akan membaik karena pelanggan merasa terdengar dan hal ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi calon klien.

Baca juga: Hindari Rasa Kecewa Pelanggan dengan Cara Berikut Ini!

Tingkatkan Efisiensi Sebagai Cara Mengatasi Kebangkrutan Bisnis

cara mengatasi kebangkrutan bisnis

Tingkatkan efisiensi dengan melakukan penghematan dalam pengeluaran rutin. Keuangan menjadi hal yang harus dijaga dengan ketat jika bisnis Anda sedang berada dalam kondisi yang kurang baik.

Maka dari itu, kurangilah biaya operasional yang sekiranya kurang penting demi keberlangsungan bisnis kedepannya.

Tapi, hal ini bukan berarti Anda harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap beberapa karyawan. Walaupun umum dilakukan, namun hal ini bukanlah keputusan yang baik, karena Anda justru harus menyiapkan uang pesangon untuk karyawan yang di PHK, dan justru akan menambah pengeluaran.

Cobalah berhemat dari pengeluaran dana rekreasi kantor, penggunaan listrik, atau cari supplier bahan baku yang lebih terjangkau.

Jika Anda sudah menerapkan tips-tips di atas, cara lain yang paling jitu untuk menghindari bisnis bangkrut tentunya lebih disiplin terhadap keuangan perusahaan.

Jangan sampai uang perusahaan habis untuk hal-hal yang tidak penting. Catat segala transaksi, dan tentukan anggaran untuk setiap keperluan.

Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan layanan software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan seperti Jurnal. Dengan berbagai fitur seperti manajemen aset, hingga membuat laporan keuangan, dan pembuat invoice akan membuat Anda semakin terbantu dalam mengurus keuangan bisnis. Fitur-fitur lain dari Jurnal seperti misalnya aplikasi inventaris barang bisa Anda lihat lebih lanjut di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kebangkrutan bisnis. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal