Mencari dan mendapatkan pelanggan merupakan salah satu hal sulit saat Anda baru memulai bisnis. Namun, mempertahankan pelanggan akan menjadi lebih sulit lagi. Anda harus memberikan perhatian lebih untuk menciptakan kepuasan dan keloyalan pelanggan. Hal ini akan menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

 

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan pelanggan di tengah persaingan bisnis. Hubungan yang baik dengan pelanggan secara otomatis akan membuat pelanggan loyal, sedangkan pelanggan yang kecewa akan meninggalkan Anda dan berpaling ke penjual lainnya. Untuk menghindari rasa kecewa pelanggan, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan.

 

Berikan Kepastian

Semua orang pasti tidak menyukai ketidakpastian. Coba bayangkan jika Anda berada di posisi pelanggan yang membutuhkan suatu informasi lebih rinci mengenai produk yang ingin dibeli. Pasti sangat menyebalkan bukan? Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang baik, Anda tidak boleh memberikan ketidakpastian kepada pelanggan. Jika ada pertanyaan ataupun informasi yang pelanggan butuhkan, Anda harus dengan sigap dan cepat menjawab dan memberikan semua informasi yang ingin mereka ketahui. Pastikan juga semua informasi tersebut valid sehingga pelanggan tidak akan merasa kecewa dan dibohongi oleh Anda.

 

Lebih Peduli

Semua pelanggan pasti berharap dinomor satukan. Pepatah mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Karena itu, cobalah untuk peduli terhadap semua pelanggan dan jangan pernah sekali pun mengabaikan pelanggan atau calon pelanggan. Berikan pelayanan dengan baik dan jadikan semua pelanggan Anda menjadi istimewa. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dihargai dan tentu mereka tidak akan pernah kecewa terhadap Anda maupun bisnis Anda.

 

Pahami Kebutuhan Pelanggan

Banyak pengusaha yang mengabaikan satu hal ini. Padahal dengan memahami apa yang pelanggan butuhkan, Anda dapat menjual dan mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Cobalah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya mereka cari dan jangan terlalu memikirkan keuntungan besar. Dengan memahami kebutuhan pelanggan, bukan hanya pelanggan yang akan mencari Anda, tapi keuntungan pun akan datang dengan sendirinya.

 

Tepati Janji yang Diberikan

Banyak pengusaha yang mengiming-imingi segudang janji untuk menarik hati pelanggan. Mulai dari janji memberikan bonus, diskon, hadiah, dan lain sebagainya. Namun, dari strategi ini banyak juga pengusaha yang akhirnya mengingkari, sehingga membuat pelanggan kecewa dan pergi meninggalkan produk Anda. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menyesuaikan janji yang Anda berikan dengan kemampuan perusahaan. Meskipun janji tersebut terlihat kecil, jika pelanggan melihat bahwa Anda tepat janji, pelanggan akan tetap loyal dan percaya dengan perusahaan Anda.

 

Layani Semua Pelanggan

Akhir-akhir ini banyak sekali masalah yang mengangkat ras, suku, agama, ataupun budaya. Sebagai pengusaha yang baik, jangan pernah membatasi atau membedakan pelayanan berdasarkan masalah-masalah tersebut. Dengan membatasi pelayanan, Anda sama dengan membatasi keuntungan yang mungkin bisa Anda dapatkan. Cobalah mulai berpikir global untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin hari semakin luas.

 

Cobalah untuk Mengalah

Pelanggan adalah salah satu aset perusahaan yang harus dijaga dengan baik. Mereka berperan penting dalam menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Jadi, ketika ada pelanggan Anda komplain terhadap produk ataupun pelayanan perusahaan Anda, cobalah untuk tetap tenang dan mengalah untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan. Jangan pernah untuk membatah sepatah kata pun, karena itu hanya dapat membuat emosi pelanggan semakin memuncak. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap bisnis dan juga dapat membawa efek negatif terhadap perusahaan. Untuk mempertahan kepercayaan pelanggan, Anda juga dapat memberikan mereka hadiah kecil seperti gratis produk atau voucher belanja, tidak lupa juga untuk meminta maaf atas semua ketidaknyamanan yang mereka rasakan.

 

Tunjukan Sikap Profesional

Sebagai pengusaha, sikap profesional sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan bisnis. Meskipun bisnis yang sedang Anda jalankan terbilang kecil, Anda juga harus tetap memerhatikan profesionalitas kerja dan coba mengoreksi setiap pekerjaan Anda. Dengan menunjukkan sikap profesionalitas, pelanggan akan merasa percaya dengan perusahaan. Hal ini tentu dapat mendukung Anda dalam mengembangkan bisnis. Bukan hanya pelanggan yang akan senang dengan sikap profesional yang kamu berikan. Supplier, investor, hingga karyawan juga sangat membutuhkan sikap profesional Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

 

Berkata dengan Jujur

Kejujuran adalah suatu pondasi dan modal awal terpenting untuk membangun kepercayaan pelanggan. Ketika Anda sengaja berbohong atau menyembunyikan sebuah informasi, itu sama saja Anda memberikan kesempatan untuk pelanggan meninggalkan perusahaan Anda. Sekecil apapun kebohongan yang Anda lakukan, pelanggan akan dengan mudah pergi dan berpaling ke bisnis lainnya. Jadi, cobalah pastikan semua promosi yang perusahaan Anda sampaikan tidak mengandung unsur kecurangan, dan pastikan semua informasi tersebut benar.

 

Itulah 8 hal yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan. Dengan menjaga pelanggan, Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis, karena pelanggan adalah salah satu aset yang harus Anda jaga dan kelola dengan baik, Selain menjaga pelanggan, Anda juga harus menjaga keuangan bisnis untuk memastikan bisnis dapat berjalan dengan baik.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda menjaga dan mengelola keuangan bisnis dengan baik dan tepat. Jurnal akan menyediakan laporan keuangan secara instan yang memudahkan Anda dalam memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal dapat Anda lihat di sini.

Author