Jurnal Enterpreneur

5 Jenis Usaha Dagang yang Paling Menguntungkan

Bisnis usaha dagang dinilai sebagai bisnis yang paling menjanjikan dan menguntungkan. Dengan perencanaan yang matang, kemudahan usaha ini semakin bisa Anda dapatkan. Berikut adalah penjelasan tentang jenis usaha dagang serta contoh perdagangan apa saja yang membawa keuntungan.

Bukanlah menjadi hal yang baru jika dalam berbisnis tentu saja Anda harus mencari keuntungan.

Jika secara matematis, semakin laku produk jualan Anda, maka semakin banyak juga keuntungan yang Anda dapatkan.

Kelola Bisnis Trading dan Distribusi Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian Usaha Dagang

Usaha Dagang adalah bentuk usaha dengan membeli barang dan menjualnya kembali dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Keuntungan dari barang yang dijual diperoleh dengan memperhitungkan biaya distribusi dan operasional.

Dalam menjalankan bisnis, diperlukan berbagai strategi agar tetap bisa bertahan di tengah banyaknya persaingan. Kemudahan dalam bisnis usaha dagang tentu semakin membuka pintu persaingan antar pelaku bisnis.

Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah peluang usaha itu sendiri.

Poin penting yang perlu diperhatikan oleh Anda adalah tingkat persaingan, pelayanan kepada konsumen, dan kualitas barang dagangan.

3 Faktor Penting dalam Berusaha Dagang

Berikut adalah beberapa faktor penting dalan menjalankan usaha perdagangan:

Menyadari Tingkat Persaingan & Ukur Kemampuan

Anda tentunya tidak berdagang seorang diri dan jika jenis usaha dagang sudah ada yang sama dengan penjual lainnya, maka ini merupakan risiko yang harus diadapi.

Biarkan konsumen yang akan menilai antara produk Anda dengan pesaing lainnya dengan berpedoman bahwa Anda tetap sportif dan tidak berupaya mencuranginya.

Pelayanan Untuk Merebut Konsumen

Siapapun pengusaha pasti akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik yang dapat membuat konsumen merasa nyaman.

Ini bertujuan agar konsumen tersebut memberikan nilai bahwa usaha dagang Anda ternyata jauh lebih baik dari segi pelayanan meskipun menjual barang yang sama dengan pedangan lainnya.

Mungkin konsumen yang membeli akan datang berulang kali hanya dengan alasan mereka mendapatkan pelayanan cukup baik serta merasa memperoleh perhatian yang lebih dari Anda.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Secara Lengkap

Kualitas Barang yang Tidak Mengecewakan

Setelah Anda mampu menyikapi persaingan serta berupaya memberikan pelayanan maksimal, selanjutnya adalah menjaga kualitas barang dagangan yang sebisa mungkin tidak pernah mengecewakan pelanggan.

Apapun alasannya, biarpun sudah 100 kali menjual barang yang bagus, bisnis Anda tetap bisa hancur dalam sekejap apabila sekali saja telah kedapatan menjual produk yang mengecewakan konsumen tanpa disadari.

Berusahalah untuk tetap selektif ketika memilih dagangan yang hendak dijual serta selalu cermat dalam memilih supplier yang tepercaya.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jenis Usaha Dagang Yang Paling Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha dagang yang bisa Anda coba:

Usaha Kuliner, Jenis Usaha Dagang Tanpa Modal Besar

jenis dan contoh usaha dagang perdagangan adalah
Jenis usaha dagang yang bisa Anda lakukan adalah menjalankan bisnis kuliner, seperti menjual makanan berat ataupun ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik.

Kebanyakan dari pengusaha kuliner yang sukses merupakan para pelaku usaha yang sudah lama berjualan kemudian mereka telah memiliki pelanggan tetap.

Didukung lagi makanan yang dipasarkan sangat inovatif selain rasanya yang enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif.

Baca juga: 8 Tips Sukses Pemasaran Bisnis Kuliner Online

Usaha Fashion, Jenis Usaha Dagang Yang Selalu Populer

Bisnis Baju Lebaran & Item Lainnya yang Laris di Bulan Puasa
Menurut mereka yang sudah sukses berusaha dagang khususnya di bidang fashion, membuka bisnis fashion sebenarnya cukup mudah dengan memiliki toko/butik yang lebih lengkap daripada semua toko di sekitarnya.

Lokasi toko fashion Anda harus berada di tempat strategis dan bisa di akses dengan mudah oleh pengunjung.

Yang sering menjadi kendala dari jenis usaha dagang ini adalah Anda yang masih pemula dan belum memiliki modal melimpah apalagi tidak ada investor yang menjadi pemodal bisnis fashion tersebut.

Namun, Anda bisa memulai dengan merintisnya dari target yang kecil. Perhatikan juga tren yang ada agar dapat lebih mudah menarik perhatian pelanggan.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Fashion dengan Metode Analisis SWOT

Usaha Gadget atau Barang Elektronik

jenis dan contoh usaha dagang perdagangan adalah

Menyikapi apa yang sedang terjadi pada era teknologi digital seperti sekarang ini, tentunya kita mengetahui bahwa ada gadget baru dan elektronik keluar setiap harinya.

Memiliki gadget terbaru kadang sudah menjadi suatu keharusan bagi kalangan tertentu, sehingga menjadi jenis usaha dagang yang cukup menguntungkan.

Apabila Anda tertarik masuk ke dalam dunia teknologi dan ingin memulai usaha dagang atau membuka toko elektronik, maka hal terpenting yang harus diperhatikan adalah modal.

Dapatkan pembiayaan baik secara tunai maupun kredit untuk bisa memenuhi kebutuhan modal usaha ini yang tentunya akan bernilai sangat besar.

Anda mungkin ingin menggunakan tabungan pribadi atau juga dapat menghubungi bank untuk mengajukan pinjaman uang dengan catatan masih dalam batas untuk mampu mengembalikannya.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jualan Pulsa dan Kuota Internet

Masih berhubungan dengan pertumbuhan teknologi digital dan jaman yang serba Internet, maka kebutuhan pulsa serta kuota Internet sudah jelas tidak mungkin bisa ditunda lagi.

Berdagang pulsa tidak memerlukan modal yang terlalu besar, bahkan dengan nominal kurang dari 1 juta Anda sudah bisa memulai jenis usaha dagang ini di mana saja dan kapan saja cukup menggunakan smartphone yang sudah ada sebagai sarana transaksinya.

Baca juga: Memahami Akuntansi Perusahaan Dagang dengan Mudah

Bisnis Layanan atau Berjualan Jasa

Tidak hanya barang saja yang mampu diperdagangkan namun jasa pun bisa diperdagangkan.

Tingkat kesibukan masyarakat sekarang ini sudah semakin padat, sehingga banyak sekali jenis aktivitas pribadi yang dulunya bisa dikerjakan sendiri pada akhirnya sudah tidak sempat lagi, dan memerlukan penyedia usaha berbentuk jasa.

Itulah ulasan 5 jenis usaha dagang yang dapat Anda jadikan inspirasi memulai contoh usaha perdagangan. Untuk memudahkan Anda memulai usaha dagang, Anda dapat menggunakan layanan software inventaris barang serta software pembukuan.

Jurnal adalah software akuntansi dan pembukuan usaha yang memberikan kemudahan dalam membantu mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Dengan begitu, Anda akan terbantu dalam memonitor dan mengembangkan bisnis di mana pun dan kapan pun. Dapatkan juga free trial 14 hari dari Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Di atas adalah penjelasan tentang apa saja jenis usaha dagang serta contoh perdagangan yang bisa Anda coba. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo