Pengertian Manajemen Strategi: Manfaat dan Langkah Menyusunnya

Saat Anda sedang menjalankan suatu bisnis, tentunya Anda ingin memperoleh profit yang besar. Nah, Anda bisa memperoleh profit tersebut secara lebih cepat dengan cara menerapkan manajemen strategi dalam jangka waktu panjang.

manajemen strategi

Lantas, apa itu manajemen strategi, apa saja hal yang harus dilakukan dalam membuat manajemen strategi? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang manajemen strategi di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Manajemen Strategi

Pada dasarnya, manajemen strategi adalah proses dalam pengambilan keputusan, menerapkan tindakan dan mengevaluasi hal apa saja yang sudah dilakukan secara baik agar bisa mencapai tujuan jangka panjang perusahaan.

Proses ini dilakukan secara kontinyu dengan cara mengevaluasi dan juga mengontrol internal bisnis, melakukan analisis kompetitor, serta menetapkan strategi untuk bisa bersaing dengan baik.

Setelah itu, dilanjutkan dengan mengevaluasi kembali strategi secara lebih teratur agar bisa menentukan tindakan yang nantinya akan dilakukan serta memantau perkembangannya atau diganti dengan menggunakan strategi lain.

Strategi tersebut harus bisa diterapkan oleh seluruh pihak perusahaan agar bisa menghadapi persaingan dan menampilkan keunggulan perusahaan.

Konsep perspektif nantinya akan digunakan saat masalah belum muncul atau sebagai suatu perencanaan yang memang harus dikembangkan. Sedangkan konsep deskriptif akan diterapkan agar bisa menyelesaikan masalah yang harus diselesaikan oleh perusahaan.

Saat perusahaan sudah mengetahui dan memahami visinya, maka sumber daya yang tepat bisa ditempatkan pada bagian yang tepat agar bisa mencapai tujuan dari rencana perusahaan. Adanya keputusan dan komitmen pada perencanaan strategis mampu memperkuat posisi perusahaan di dalam persaingan pasar dalam jangka waktu yang panjang.

Tentunya hal tersebut akan memberikan keuntungan finansial. Perusahaan yang terus menilai performa dengan menggunakan blueprint perusahaan akan memperoleh respon dan bisa beradaptasi secara cepat dengan kekuatan pasar.

Manajemen strategi akan membantu perusahaan menjadi lebih proaktif dan jadi tidak reaktif dalam menentukan perkembangan perusahaan di masa depan.

Keuntungan Manajemen Strategi Untuk Perusahaan

Untuk perusahaan, ada banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan saat menjalankan manajemen strategi dengan baik, yaitu:

  • Memberikan keunggulan yang tinggi daripada kompetitor karena sifatnya yang proaktif, sehingga mampu merespon dan menyadari perubahan yang ada di pasar secara cepat.
  • Menjaga tujuan perusahaan agar bisa diraih dengan berbagai proses yang jelas dan dinamis dalam mendesain strategi dan menerapkannya
  • Membantu performa perusahaan yang mengarah pada perkembangan secara terus-menerus.
  • Menciptakan tim yang kompak dengan menerapkan komunikasi dan implementasi strategi secara bersama-sama menuju tujuan perusahaan.
  • Menerapkan strategi yang mampu membantu pihak manajemen perusahaan agar lebih sadar pada tren dan tantangan industri, sehingga kedepannya bisa lebih siap dalam menjawab tantangan di masa depan.

Manfaat Manajemen Strategi

Manfaat utama dari menjalankan manajemen strategi adalah agar bisa membantu perusahaan dalam membuat strategi yang lebih baik dengan pendekatan yang lebih logis, rasional dan sistematis untuk setiap opsi yang nantinya ditemukan.

Perusahaan yang menggunakan manajemen dan sistem perencanaan yang baik menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hal profitabilitas, produktivitas, dan penjualan.

Selain itu, manfaat lain dari menerapkan manajemen strategi adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pandangan yang objektif terkait masalah manajemen perusahaan
  • Menekan dampak perubahan yang bisa membawa kerugian pada perusahaan.
  • Membantu memilih keputusan besar yang mampu mendukung tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  • Mendesain kerangka kerja untuk komunikasi internal pada setiap individu.
  • Memberikan pendekatan yang lebih kooperatif, terintegrasi dan antusias agar bisa mengatasi masalah dan peluang lainnya.

4 Langkah Manajemen Strategi yang Efektif

Tentunya perusahaan mempunyai tujuannya masing-masing, pun dengan manajemen strateginya. Berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat manajemen strategi yang efektif adalah sebagai berikut:

  1. Menetapkan Visi dan Misi

Tahap awal yang diperlukan dalam membuat manajemen strategi adalah menjelaskan tujuan perusahaan dan juga menggunakannya sebagai tolak ukur untuk performa dan perkembangan perusahaan. Visi perusahaan harus dibuat secara spesifik, bisa ditindaklanjuti dan terukur dengan tepat.

Dengan membuat visi secara detail, maka perusahaan bisa menjabarkan fokus bisnis yang bisa berbentuk profit perusahaan dan bagaimana cara dalam memimpin pasar industri. Menentukan tujuan yang efektif dan melibatkan setiap karyawan dalam tujuan perusahaan yang mampu meningkatkan performa dan motivasi setiap karyawan.

  1. Merumuskan Strategi

Langkah selanjutnya dalam membuat manajemen strategi adalah merumuskan strategi serta menganalisis SWOT. Analisis strategi harus fokus pada kekuatan dan juga kelemahan perusahaan, peluang yang mampu memberikan profit, serta ancaman yang mungkin akan terjadi pada perusahaan.

Dengan melakukan analisa tersebut, maka perusahaan bisa menentukan tindakan yang lebih tepat untuk bersaing di pasar.

Berbagai hal yang harus ditingkatkan dan juga memantau keunggulan pesaing nantinya akan membantu perusahaan untuk bisa mengembangkan berbagai ide agar bisa mengalahkan pesaing dan merespon kondisi pasar yang bergerak dinamis.

Dalam tahapan ini, Anda harus melakukan identifikasi eksternal perusahaan yang mencakup sosial dan budaya masyarakat, kondisi ekonomi, politik dan pemerintahan, serta teknologi dan tingkat kompetitif.

Perubahan yang ada pada kehidupan sosial dan budaya akan berdampak pada pembentukan tren sosial dan budaya baru yang hadir ditengah masyarakat. Termasuk didalamnya cara hidup, bekerja, memproduksi dan mengkonsumsi barang serta jasa, sehingga akan berdampak pada keperluan konsumen dan strategi dalam melaksanakannya.

Pihak pemerintah sebagai pembuat regulasi, deregulasi, pemberi subsidi dan pencipta lapangan kerja memberikan dampak yang serius pada perusahaan, termasuk pada perubahan undang-undang dan tarif nominal pajak.

Selain itu, teknologi yang semakin canggih dan berkembang dengan cepat akan berdampak pada perusahaan, baik itu pengurangan ataupun penambahan biaya lain yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Selain harus melakukan identifikasi faktor eksternal, sebagai pebisnis Anda juga harus melakukan identifikasi faktor internal perusahaan. Contohnya seperti pemasaran, keuangan, manajemen, penelitian dan pengembangan, operasional, serta sistem informasi manajemen.

  1. Menerapkan Strategi

Strategi yang sudah dibuat harus bisa diterapkan dengan baik agar bisa memastikan perkembangan, keberlanjutan dan ekspansi perusahaan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi adalah mengembangkan struktur dan sistem, mengalokasi sumber daya, mengawasi perubahan manajemen, melakukan strategi manajemen risiko, mengembangkan proses pengambilan keputusan, mengembangkan project manajemen, memperkuat kemampuan bersaing, mengomunikasikan strategi, dan mengelola SDM dengan baik.

  1. Evaluasi Strategi

Tahap yang paling akhir dalam melakukan manajemen strategi adalah melakukan analisa dan menilai performa strategi perusahaan agar nantinya bisa memutuskan, apakah harus terus menggunakan strategi yang sudah ada ataupun membuat strategi yang baru. Tindakan yang tepat akan membantu pihak perusahaan dalam beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di pasar.

Evaluasi ini harus dilakukan secara berkala. Tahap ini menjadi proses berkelanjutan untuk perusahaan agar bisa meninjau metrik performa kinerja dan juga menerapkan intervensi bila nantinya memang dibutuhkan.

Evaluasi rencana strategi ini akan memberikan gambaran pada perusahaan terkait adanya potensi kegagalan dan juga rencana yang nantinya akan ditetapkan.

Keterampilan Manajemen Strategi

Manajemen strategi memerlukan keterampilan kepemimpinan yang mampu membuat keputusan utama, mengatasi hambatan atau masalah yang ada, serta memanfaatkan peluang secara maksimal.

Pihak eksekutif perusahaan tidak hanya memerlukan kemampuan analisa yang tajam, namun juga memerlukan kemampuan untuk aktif dengan para stakeholders.

Keterampilan lain yang diperlukan adalah memotivasi setiap karyawan untuk bisa menerapkan strategi yang sudah dibuat. Dengan mengembangkan keterampilan di dalam manajemen strategi, maka nantinya para eksekutif perusahaan bisa menciptakan nilai yang tinggi untuk perusahaan.

Contoh Manajemen Strategi

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak perusahaan yang mulai menerapkan penjualan online agar bisa terus bertahan di pasar dan memperoleh pemasukan.

Setiap pebisnis harus bisa beradaptasi di tengah kondisi seperti ini dengan cara mengandalkan pemesanan online karena tidak bisa melakukan transaksi secara langsung di toko offline.

Banyak dari mereka juga yang membuat strategi pemasaran dan kampanye yang efektif agar tidak kehilangan pelanggan dan tetap menghasilkan persentase ROI yang baik untuk perusahaan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang pengertian, manfaat, tahapan, dan contoh manajemen strategi yang mungkin bisa Anda terapkan pada perusahaan Anda.

Dalam melakukan manajemen strategi, faktor internal yang ada di dalamnya, seperti audit keuangan dan juga akuntansi, adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik oleh manajemen perusahaan.

Dengan mempunyai sistem pencatatan dan laporan keuangan yang baik, Anda akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi, menentukan strategi dan membuat rencana keuangan dalam jangka waktu yang panjang.

Dalam hal ini, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi keuangan online dan bisnis dari Jurnal by Mekari. Kenapa? Karena Jurnal by Mekari akan membantu Anda dalam membuatlaporan keuangan secara mudah dengan fitur otomatis, cepat dan akurat.

Jurnal.id sebagai salah satu aplikasi akuntansi android dengan laporan keuangan yang memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo