Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Tarif Pajak yang Berlaku di Indonesia, Apa Saja?

Tayang 06 Mar 2019
Diperbarui 02 November 2023

Apa saja unsur dan juga tarif pajak yang berlaku di Indonesia? Baca selengkapnya di Blog Mekari Jurnal.

Kelancaran dan keberhasilan pembangunan suatu negara merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Salah satu bentuk tanggung jawab masyarakat kepada negara adalah dengan membayar pajak.

Pajak merupakan suatu sumber dana pemerintah untuk melakukan pembangunan, baik di pemerintah pusat maupun tingkat daerah yang sudah diatur undang-undang.

Pajak adalah iuran rakyat kepada negara berdasarkan undang-undang.

Menurut Charles E.McLure, pajak adalah kewajiban finansial atau retribusi yang dikenakan terhadap wajib pajak (orang pribadi atau badan usaha).

Kelola Pajak Dengan Mudah & Cepat Melalui Aplikasi Pajak Online Mekari Jurnal, Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Unsur-Unsur Pajak

Berikut ini adalah yang merupakan unsur-unsur pajak:

  • Subjek Pajak

Subjek pajak adalah orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan termasuk pemungut pajak atau pemotong pajak tertentu, misalnya pegawai, pengusaha, dan perusahaan.

  • Wajib pajak

Adalah orang atau badan yang menurut undang-undang memiliki kewajiban seperti mendapatkan/mencari nomor pokok wajib pajak (NPWP) di Direktorat Jendral Pajak (Dirjen Pajak) guna menghitung besarnya pajak dan menyetorkan sejumlah dana pajak ke kas negara.

  • Objek Pajak

Adalah benda atau barang yang menjadi sasaran pajak contohnya mobil, rumah, dan sebagainya.

  • Tarif Pajak

Pengenaan besarnya pajak yang harus dibayarkan subjek pajak atas objek pajak yang menjadi tanggungannya.

Tarif umumnya dinyatakan dengan persentase. Semua jenis pajak mempunyai tarif yang berbeda-beda. Misalnya tarif PPh 21 yang kini sebesar 5% untuk lapisan UU Pajak Penghasilan dari Rp0 sampai dengan Rp50 juta.

Perbedaan tarif pajak disesuaikan dengan sistem pajak Indonesia yang menggunakan sistem progresif yang disusun sesuai kebijakan pemerintah sesuai keadaan ekonomi negara dan program pembangunan.

Jenis Tarif Pajak yang Ada di Indonesia

Berikut ini adalah jenis-jenis tarif pajak yang berlaku di Indonesia:

  • Tarif pajak progresif, adalah pemungutan pajak dengan persentase yang semakin meningkat mengikuti pertambahan jumlah pendapatan yang dikenakan pajak.
  • Tarif pajak degresif, adalah pemungutan pajak dengan unsur persentase yang semakin kecil dengan semakin besarnya jumlah pendapatan yang dikenakan pajak.
  • Tarif pajak proporsional, adalah pemungutan pajak dengan persentase tetap, berapapun jumlah pendapatan yang digunakan sebagai dasar pengenaan pajak.
  • Tarif pajak tetap, pemungutan pajak dengan besar yang sama untuk semua jumlah.

Dengan demikian, besarnya pajak yang terutang tidak tergantung pada jumlah yang dikenakan pajak. Contoh dari unsur jenis pajak tetap ini adalah bea meterai.

Pajak merupakan suatu kewajiban sekaligus bentuk pengabdian dan peran aktif warga negara dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional.

Baca juga: 6 Jenis Pajak Beserta Cara Pengelolaannya

Untuk memudahkan perhitungan pajak, baik bagi usaha milik perorangan maupun badan usaha, maka dibutuhkan pencatatan keuangan secara tertib dari awal usaha.

Jurnal software akuntansi online, adalah solusi pencatatan keuangan yang baik bagi usaha Anda. Melalui Jurnal, Anda bisa memperoleh laporan keuangan secara instan dan realtime.

Anda juga bisa melakukan pengecekan stok barang untuk mendukung program inventory perusahaan dengan aplikasi inventaris barang dan mengirimkan faktur melalui aplikasi Jurnal dengan 11 desain profesional yang dapat Anda pilih. Dapatkan free trial 14 hari sekarang juga.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan tentang pengertian, unsur, dan juga tarif pajak yang berlaku di Indonesia. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal