Daftar Isi

10 Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan Bisnis Online

Tayang 20 Nov 2023

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan bisnis online perusahaan berbasis Android dan juga iOS yang akan diulas oleh Blog Mekari Jurnal.

Dalam menjalankan bisnis, diperlukan kegiatan seperti pencatatan cash flow dan pembuatan laporan keuangan yang akurat serta transparan.

Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan untuk mengatur dan mengelola keuangan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan – baik itu pribadi, instalasi, perusahaan, atau bahkan bisnis.

Aplikasi ini dapat memfasilitasi kemudahan dalam membentuk catatan pemasukan dan pengeluaran.

Data yang disajikan juga kengkap, sehingga memungkinkan Anda untuk menentukan strategi keuangan terbaik untuk bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa aplikasi keuangan yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan Anda melalukan pencatatan dan pengelolaan finansial bisnis secara online.

Seberapa Perlukah Menggunakan Aplikasi Keuangan Perusahaan?

Administrasi keuangan yang baik dapat mengontrol transaksi secara detail sehingga meminimalkan defisit anggaran perusahaan, mempercepat pembuatan laporan keuangan, memudahkan pengecekan, dan tentu akan memudahkan proses analisis laba rugi perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi pengelola keuangan perusahaan, Anda dapat mendapatk keunggulan sebagai berikut:

  • Simpel dan aman. Data Anda bisa diperbarui segera setelah transaksi dilakukan, jadi Anda dapat meminimalkan kesalahan penginputan data yang mungkin terjadi. Berapa aplikasi keuangan online sudah tersertifikasi ISO/IEC/ 27001.
  • Laporan lengkap. Menunjukkan informasi lengkap mengenai aset yang Anda miliki, berapa utang yang harus dibayar, dan apa yang Anda investasikan dalam perusahaan secara online atau offline. Selain itu, laporan keuangan yang dihasilkan juga akan memuat transaksi individu baik itu pemasukan atau pengeluaran dalam jangka waktu tertentu yang dapat membantu Anda menghitung laba dan rugi perusahaan.
  • Efektivitas waktu. Waktu yang biasanya Anda gunakan untuk kegiatan administrasi bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bidang lain di perusahaan Anda karena laporan keuangan dikerjakan secara otomatis oleh sistem itu sendiri atau bahkan mengirimkan faktur profesional dengan mudah, karena ada aplikasi pengelola keuangan yang menyediakan template invoice profesional yang bisa anda personalisasikan dengan logo dan merek perusahaan Anda sendiri.

Cara Menghitung Laba Ditahan dalam Proses Akuntansi keuangan

10 Rekomendasi Aplikasi Keuangan Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola dan mengatur cash flow atau keuangan bisnis maupun pribadi Anda!

1. Mekari Jurnal

Salah satu aplikasi keuangan yang bisa memberikan Anda manfaat seperti di atas adalah aplikasi akuntansi.

Bukan hanya sekedar aplikasi, Jurnal merupakan solusi yang membantu Anda mengelola seluruh masalah keuangan bisnis dengan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Jurnal adalah sebuah aplikasi akuntansi yang dapat membantu usaha kecil dan menengah mengelola keuangan mereka dengan cara yang mudah dan aman di mana Anda tidak perlu mengunduh atau memasang apapun di komputer Anda untuk bisa menggunakan aplikasi akuntansi ini.

Dengan fitur yang dimiliki Mekari Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan yang lengkap dan lebih cepat karena semua sudah tersistem.

Anda hanya perlu mencatat keseluruhan transaksi ke dalam aplikasi ini dan mendapatkan laporan keuangan bisnis yang lengkap dan transparan.

Data yang Anda masukkan  bersifat real time karena Anda bisa langsung menginput data segera setelah terjadinya transaksi.

Hal inilah yang membantu sistem Jurnal  untuk menghasilkan data yang lebih akurat dan bisa dipercaya.

Selain itu, Mekari Jurnal juga tepat untuk Anda yang bekerja dengan mobilitas yang sangat tinggi karena berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk bisa me-review keuangan bisnis Anda kapan pun dan di mana pun.

Meskipun berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data keuangan bisnis Anda karena sudah tersertifikasi, sehingga membuat aplikasi manajemen keuangan ini memiliki keamanan yang setara dengan bank.

Link Download: Android | iOS

rekomendasi aplikasi pengelolaan keuangan terbaik mekari jurnal

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Terbaik Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola urusan finansial perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi akuntansi dengan klik pada tombol di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

2. Klikpajak

Klikpajak merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam melakukan pembayaran dan pelaporan pajak secara online. Keamanan aplikasi ini juga terjamin.

Karena merupakan aplikasi resmi mitra Dirjen Pajak Indonesia yang sudah terdaftar sebagai Application Service Provider (ASP) di Indonesia.

Jika Anda pernah mengalami permasalahan saat pembayaran dan pelaporan pajak seperti:

  • Sulitnya proses pembayaran dan pelaporan pajak karena sistem yang tidak terintegrasi dan terpusat
  • Sulit untuk mencari file pajak yang telah dibayarkan atau dilaporkan sebelumnya
  • Kurangnya informasi tentang peraturan pajak dan khawatir bila bukti lapor tidak sesuai atau bahkan belum terlaporkan ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP),

Maka aplikasi keuangan ini bisa menjadi andalan Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Baca juga: Pencatatan Pajak Sesuai Ketentuan Perundang-undangan

3. Money Lover

Money Lover adalah aplikasi catatan keuangan yang bersifat multiplatform, yang artinya aplikasi ini bisa digunakan di smartphone, tablet, PC, ataupun Web secara online.

Tentu hal ini akan sangat memudahkan Anda sebagai pengguna untuk mengelola keuangan di mana pun dan kapan pun.

Karena itulah, aplikasi ini sangat cocok untuk para pebisnis dengan mobilitas tinggi.

Ada pula di aplikasi ini, kita dapat memantau dan mengategorisasikan pengeluaran dan pemasukan setiap harinya serta membuat berbagai perencanaan seperti anggaran dan tagihan.

Pengkategorisasian ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan untuk tiap kategori yang berbeda dan menentukan anggaran di awal agar keuangan bisnis Anda menjadi lebih sehat.

Yang nantinya, semua itu dapat ditampilkan dalam laporan keuangan yang jelas dan detail sehingga memudahkan Anda memahami keuangan dengan lebih baik serta menganalisa cash flow dalam bisnis Ada.

App laporan keuangan ini bisa Anda dapatkan di Playstore untuk Android ataupun Appstore untuk iOS secara gratis atau berbayar untuk versi pro.

Link Download: Android | iOS

aplikasi pengatur keuangan

4. Monefy 

Selain Money Lover, aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan bisnis secara online adalah Monefy.

Aplikasi ini dibuat simpel tapi menarik untuk memudahkan dan memanjakan Anda dalam pengoperasiannya,

Keunggulan dari aplikasi ini adalah berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda, seperti penambahan akun yang memudahkan Anda untuk memisahkan keuangan bisnis dan pribadi ataupun menambah atau menghapus suatu kategori bila memang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Monefy juga dilengkapi dengan widget yang akan memudahkan Anda memasukan data transaksi tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Link Download: Android | iOS

aplikasi manajemen finansial pribadi dan bisnis

5. Money Manager Expense & Budget

Tidak jauh berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya, Money Manager juga menawarkan kemudahan pengelolaan keuangan seperti membuat laporan keuangan, meninjau data keuangan baik harian, mingguan dan bulanan, serta mengelola aset yang Anda miliki.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Money Manager adalah penerapan sistem pembukuan ganda, yang berarti tidak memungkinkan adanya kesalahan dalam sistem pencatatan keuangan bisnis atau selisih yang muncul sehingga ini menjadikan laporan keuangan yang dihasilkan aplikasi ini akan sangat akurat.

Money Manager juga menyediakan widget yang bisa memberikan informasi keuangan Anda secara garis besar tanpa harus masuk ke dalam aplikasi itu sendiri, yang tentu saja akan memudahkan Anda dalam medapatkan informasi tersebut secara cepat.

Beberapa aplikasi keuangan online yang telah disebutkan tadi semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda untuk memilih aplikasi manajemen keuangan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, mulailah kelola keuangan Anda sekarang juga dengan lebih mudah dan nyaman!

Link Download: Android | iOS

money management apps money manager

6. Pennies

Pennies merupakan salah satu rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan pribadi maupun bisnis berbasis iOS yang bisa melakukan tracking atas pengeluaran sehari-hari.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apa saja tagihan yang harus Anda bayarkan.

Aplikasi ini menawarkan grafik yang menarik dan cukup detil sehingga Anda bisa membandingkan pengeluaran setiap bulannya.

Link Download: iOS

aplikasi pencatat keuangan online

7. Fast Budget

Dengan tampilan yang menarik dan didesain dengan warna-warna yang cerah, aplikasi ini akan memanjakan mata Anda dengan efek animasi dan ikon lain yang menarik.

Anda bisa melihat ringkasan dan kategori budget pengeluaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Link Download: Android | iOS

aplikasi pengatur keuangan online

8. Mint

Dengan tampilan dan dashboard all-in-one menjadikan aplikasi manajemen keuangan yang satu ini populer di kalangan anak muda.

Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari transaksi bank, tagihan bulanan, portfolio invetasi, pinjaman kredit, dan sebagainya.

Anda bisa dengan mudah mengelompokkan anggaran belanja dalam beberapa kategori sehingga perhitungan pengeluaran lebih mudah.

Yang lebih kerennya lagi, aplikasi ini dapat mengirimkan notification sudah membengkak melebihi budget yang telah Anda atur.

Link Download: Android | iOS

rekomendasi pengelolaan keuangan apps intuit mint

9. Spendee

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelola keuangan pribadi dengan melakukan pencatatan pengeluaran lebih akurat.

Spendee dilengkapi dengan grafit menarik sehingga Anda dapat lebih memahami kebiasaan belanja sehari-hari.

Anda juga bisa menetapkan smart budget agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak dalam kategori yang dipilih.

Link Download: Android | iOS

aplikasi pengatur keuangan spendee

 

10. AndroMoney

AndroMoney merupakan salah satu rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan bisnis yang cukup efektif dan ramah terhadap pengguna.

Bagi Anda yang menginginkan dapat mengatur dan memantau keuangan secara rutin dan mudah, AndroMoney dapat menjadi solusi karena telah mendukung penyimpanan berbasis cloud.

Aplikasi ini juga memiliki rating pengguna yang tinggi karena dapat memproyeksikan arus kas Anda untuk dapat memperkirakan saldo akun di masa depan.

Link Download: Android

aplikasi catatan keuangan andromoney

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat aplikasi keuangan untuk bisnis dan perusahaan Anda.

Kini, saatnya Anda beralih menggunakan aplikasi atau software keuangan yang juga merupakan software invoice untuk mengelola keuangan perusahaan dengan baik, seperti Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal menyediakan versi mobile yang dapat membantu Anda mengelola keuangan kapan dan di mana pun.

Dapatkan informasi menarik lainnya mengenai rekomendasi berbagai aplikasi dan software yang dapat menunjang aktivitas akuntansi dan keuangan bisnis Anda, lihat:

  1. Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Indonesia
  2. Aplikasi Kwitansi Gratis Terbaik Android dan iOS
  3. Cek Rekomendasi Ini, Aplikasi Cetak Struk Terbaik 2023
  4. Software Aplikasi Pembukuan Terbaik di Indonesia Untuk Usaha!
  5. Rekomendasi Aplikasi ERP untuk Digunakan Perusahaan

Untuk informasi lebih lengkap mengenai promo dan penawaran menarik setiap bulannya dengan mengunjungi website atau media sosial Mekari Jurnal.

Daftar sekarang untuk menikmati free trial dan merasakan berbagai fitur menarik Mekari Jurnal dengan klik tombol dibawah ini.

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal