8 Tips Sukses Pemasaran Bisnis Kuliner Online

Kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang diprediksi akan terus berkembang. Ini karena kuliner adalah kebutuhan pokok dimana setiap orang sampai kapan  pun akan terus membutuhkan makanan dan minuman. Kini banyak usaha makanan yang dipasarkan melaui saluran online tanpa harus repot membangun warung atau restoran. Lalu bagaimana pemasaran bisnis kuliner online dapat dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

Anda sebagai pemilik bisnis kuliner dituntut lebih kretif dan inovatif khususnya untuk pemasaran bisnis kuliner Anda. Agar dapat bertahan di pasar kuliner saat ini Anda memerlukan strategi pemasaran bisnis kuliner yang komprehensif sehingga memberikan dampak yang signifikan. Dengan strategi pemasaran bisnis kuliner online yang sesuai, Anda dapat membangun, memperluas dan meningkatkan penjualan. Berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk bisnis kuliner online Anda.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Peran Psikologi Warna dalam Bisnis Kuliner

 

Gunakan Media Sosial

Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi dan pemasaran produk apapun termasuk kuliner. Selain karena penggunaannya yang cuma-cuma, media sosial juga menjadi tempat interaksi masyarakat saat ini. Menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial yang aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia.

Manfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook,Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya. Perbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh konsumen Anda. Di media sosial Anda bisa menunjukkan daftar pilihan menu, wujud hidangan informasi terbaru terkait bisnis kuliner Anda, event serta penawaran menarik.

 

Daftarkan di Aplikasi Layanan Pencarian Restoran

Aplikasi layanan pencarian restoran muncul dengan tujuan untuk mempermudah orang-orang menemukan ide kuliner untuk dinikmati. Tentu saja aplikasi ini juga menjadi kabar baik bagi Anda sebagai pemilik bisnis kuliner. Untuk memberikan referensi kepada penikmat kuliner, Anda dapat mempromosikan bisnis kuliner Anda dengan mendaftarkan diri. Dengan mendaftarkan diri, bisnis kuliner Anda akan muncul pada daftar pencarian dan dapat menjadi lebih dikenal masyarakat.

Selain itu aplikasi ini pun akan membantu merekomendasikan, menyediakan kolom ulasan, panduan serta layanan pemesanan bisnis kuliner Anda. Di Indonesia sendiri, aplikasi layanan pencarian restoran sudah menjamur. Ada berbagai nama yang cukup terkenal seperti Zomato, Pergikuliner, Mangan, Foodsessive, Wakuliner, Trip Advisor, Restaurant Finder dan lain sebagainya.

 

Kerja Sama dengan Layanan Pesan Antar

Selain aplikasi layanan pencarian restoran, kini aplikasi layanan antar juga menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kuliner Anda. Terdapat dua aplikasi paling terkenal di Indonesia yakni Gofood dan Grabfood yang bisa Anda manfaatkan. Jutaan pengguna kedua aplikasi ini akan dapat melihat bisnis kuliner Anda yang tentu saja akan sangat mempengaruhi penjualan produk kuliner Anda.

 

Menggaet Food Influencer

Food influencer yang mempunyai jumlah followers yang banyak bisa jadi cara efektif untuk mengajak orang-orang membeli produk Anda. ditambah lagi dengan kemampuan mereka meampilkan makanan agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Anda bisa mengirimi makanan gratis kepada influencer yang seuai dengan target pasar Anda dan minta mereka mangulasnya di media sosial mereka.

Baca juga: Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat Sebagai Strategi Pemasaran

 

Mengikuti Event

Walaupun Anda memasarkan makanan secara online, tidak ada salahnya jika mengikuti event-event offline agar lebih dikenal. Mengikuti event seperti food bazaar, food festival dan lain sebagainya akan memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas lagi baik bagi mereka yang kerap menggunakan media online maupun yang tidak. Jangan lupa cantumkan media sosial dan nama restoran online Anda.

 

Berikan Promo dan Diskon

Cara ini dipastikan selalu efektif menarik konsumen karena tidak ada yang tidak menyukai promo dan diskon. Ada banyak variasi promo dan diskon yang bisa diaplikasikan di bisnis kuliner Anda. Bisa dengan memberikan gratis produk setelah pembelian jumlah tertentu, pemotongan harga, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya. Perhitungkan pula pemberian diskon ini secara matang agar tidak menimbulkan kerugian.

 

Tampilkan Foto yang Menarik

Kekuatan promosi kuliner online baik di media sosial, aplikasi layanan pencarian restoran dan aplikasi layanan pesan antar salah satunya dari foto makanan yang menarik. Oleh karena itu unggah foto makanan Anda yang paling menarik dan menggugah selera. Untuk membuat foto makanan menggugah selera tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, cukup dengan kamera ponsel Anda. Bisa dibantu dengan pencahayaan yang benar, background foto agar terlihat lebih profesional dan aplikasi edit foto.

Baca juga: Tips Membuat Foto Produk Profesional dengan Smartphone

 

Tampilkan Review atau Testimoni

Tampilkan review atau testimoni konsumen Anda baik itu yang berbentuk pujian maupun kritik. Tampilkan pujian konsumen tersebut sebagai untuk memberikan bukti kepada orang-orang bahwa kelezatan makanan dan kualitas layanan Anda memang yang terbaik. Sementara itu tampilkan kritik yang dibarengi dengan respon cepat Anda untuk menunjukkan keprofesionalan Anda dalam melayani keluhan konsumen. Manfaatkan kritik tersebut untuk membangun dan bukan untuk menjatuhkan reputasi Anda.

 

Rasa yang Utama

Sebagus apapun promosi dan tampilan yang diberikan, jika rasa makanan tidak memuaskan, konsumen tidak akan kembali lagi untuk membeli produk Anda. Maka dari itu rasa adalah salah satu fokus utama Anda agar bisnis kuliner Anda tetap berkembang. Pakai bahan-bahan terbaik, uji coba rasa, dan lakukan inovasi untuk memberikan kejutan rasa kepada konsumen.

Memaksimalkan pemasaran harus dibarengi juga dengan manajemen bisnis yang baik agar hasil yang diperoleh dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Kini manajemen bisnis khususnya pengelolaan keuangan semakin mudah untuk dikerjakan denagn adanya software akuntansi Jurnal . Jurnal hadir dengan fitur yang lengkap mulai dari laporan keuangan lengkap, pengelolaan penawaran, pemesanan dan penagihan, manajemen aset, manajemen gudang dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga.

 

[adrotate banner=”23″]


PUBLISHED05 Nov 2019
Desra
Desra

SHARE THIS ARTICLE: