Jurnal Enterpreneur

8 Tips Sukses Pemasaran Bisnis Kuliner Online

Kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang diprediksi akan terus berkembang. Ini karena kuliner adalah kebutuhan pokok dimana setiap orang sampai kapan  pun akan terus membutuhkan makanan dan minuman. Apa saja strategi marketing atau pemasaran bisnis kuliner dan cara memasarkan produk makanan secara online agar bisnis makin ramai dan untung?

Anda sebagai pemilik bisnis kuliner dituntut lebih kretif dan inovatif khususnya untuk pemasaran bisnis kuliner Anda.

Agar dapat bertahan di pasar kuliner saat ini Anda memerlukan strategi pemasaran bisnis kuliner yang komprehensif sehingga memberikan dampak yang signifikan.

Kini banyak usaha makanan yang dipasarkan melaui saluran online tanpa harus repot membangun warung atau restoran. Lalu bagaimana pemasaran bisnis kuliner online dapat dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

Dengan strategi pemasaran bisnis kuliner online yang sesuai, Anda dapat membangun, memperluas dan meningkatkan penjualan. Berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk bisnis kuliner online Anda.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

8 Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Berikut adalah 8 cara memasarkan produk makanan secara online sebagai bagian dari strategi marketing atau pemasaran bisnis kuliner:

Gunakan Media Sosial

Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi dan pemasaran produk apapun termasuk kuliner.

Selain karena penggunaannya yang cuma-cuma, media sosial juga menjadi tempat interaksi masyarakat saat ini.

Menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial yang aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia.

Manfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook,Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya.

Perbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh konsumen Anda. Di media sosial Anda bisa menunjukkan daftar pilihan menu, wujud hidangan informasi terbaru terkait bisnis kuliner Anda, event serta penawaran menarik.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Peran Psikologi Warna dalam Bisnis Kuliner

Daftarkan di Aplikasi Layanan Pencarian Restoran

Aplikasi layanan pencarian restoran muncul dengan tujuan untuk mempermudah orang-orang menemukan ide kuliner untuk dinikmati.

Tentu saja aplikasi ini juga menjadi kabar baik bagi Anda sebagai pemilik bisnis kuliner. Untuk memberikan referensi kepada penikmat kuliner, Anda dapat mempromosikan bisnis kuliner Anda dengan mendaftarkan diri.

Dengan mendaftarkan diri, bisnis kuliner Anda akan muncul pada daftar pencarian dan dapat menjadi lebih dikenal masyarakat.

Selain itu aplikasi ini pun akan membantu merekomendasikan, menyediakan kolom ulasan, panduan serta layanan pemesanan bisnis kuliner Anda.

Di Indonesia sendiri, aplikasi layanan pencarian restoran sudah menjamur. Ada berbagai nama yang cukup terkenal seperti Zomato, Pergikuliner, Mangan, Foodsessive, Wakuliner, Trip Advisor, Restaurant Finder dan lain sebagainya.

Mendaftarkan resotran Anda di aplikasi ini merupakan cara memasarkan produk makanan secara online yang efektif.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kerja Sama dengan Layanan Pesan Antar, cara memasarkan produk makanan online yang efektif

Selain aplikasi layanan pencarian restoran, kini aplikasi layanan antar juga menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kuliner Anda.

Terdapat dua aplikasi paling terkenal di Indonesia yakni Gofood dan Grabfood yang bisa Anda manfaatkan.

Jutaan pengguna kedua aplikasi ini akan dapat melihat bisnis kuliner Anda yang tentu saja akan sangat mempengaruhi penjualan produk kuliner Anda.

Menggaet Food Influencer, cara promosi atau memasarkan produk makanan online 

Food influencer yang mempunyai jumlah followers yang banyak bisa jadi cara efektif untuk mengajak orang-orang membeli produk Anda.

ditambah lagi dengan kemampuan mereka meampilkan makanan agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Anda bisa mengirimi makanan gratis kepada influencer yang seuai dengan target pasar Anda dan minta mereka mangulasnya di media sosial mereka.

Baca juga: Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat Sebagai Strategi Pemasaran

Mengikuti Event

Walaupun Anda memasarkan makanan secara online, tidak ada salahnya jika mengikuti event-event offline agar lebih dikenal.

Mengikuti event seperti food bazaar, food festival dan lain sebagainya akan memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas lagi baik bagi mereka yang kerap menggunakan media online maupun yang tidak.

Jangan lupa cantumkan media sosial dan nama restoran online Anda.

Baca juga: 5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Kue

Berikan Promo dan Diskon

Cara ini dipastikan selalu efektif menarik konsumen karena tidak ada yang tidak menyukai promo dan diskon. Ada banyak variasi promo dan diskon yang bisa diaplikasikan di bisnis kuliner Anda.

Bisa dengan memberikan gratis produk setelah pembelian jumlah tertentu, pemotongan harga, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya. Perhitungkan pula pemberian diskon ini secara matang agar tidak menimbulkan kerugian.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Tampilkan Foto yang Menarik

Kekuatan promosi kuliner online baik di media sosial, aplikasi layanan pencarian restoran dan aplikasi layanan pesan antar salah satunya dari foto makanan yang menarik.

Oleh karena itu unggah foto makanan Anda yang paling menarik dan menggugah selera. Untuk membuat foto makanan menggugah selera tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, cukup dengan kamera ponsel Anda.

Bisa dibantu dengan pencahayaan yang benar, background foto agar terlihat lebih profesional dan aplikasi edit foto.

Baca juga: Tips Membuat Foto Produk Profesional dengan Smartphone

Tampilkan Review atau Testimoni

Cara memasarkan produk makanan online selanjutnya adalah dengan menampilkan review atau testimoni konsumen Anda baik itu yang berbentuk pujian maupun kritik.

Tampilkan pujian konsumen tersebut sebagai untuk memberikan bukti kepada orang-orang bahwa kelezatan makanan dan kualitas layanan Anda memang yang terbaik.

Sementara itu tampilkan kritik yang dibarengi dengan respon cepat Anda untuk menunjukkan keprofesionalan Anda dalam melayani keluhan konsumen.

Manfaatkan kritik tersebut untuk membangun dan bukan untuk menjatuhkan reputasi Anda.

Baca juga: Pentingnya Memahami Food Cost dalam Bisnis Restoran

Rasa yang Utama

Sebagus apapun promosi dan tampilan yang diberikan, jika rasa makanan tidak memuaskan, konsumen tidak akan kembali lagi untuk membeli produk Anda.

Maka dari itu rasa adalah salah satu fokus utama Anda agar bisnis kuliner Anda tetap berkembang.

Pakai bahan-bahan terbaik, uji coba rasa, dan lakukan inovasi untuk memberikan kejutan rasa kepada konsumen.

Memaksimalkan pemasaran harus dibarengi juga dengan manajemen bisnis yang baik agar hasil yang diperoleh dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

Kini manajemen bisnis khususnya pengelolaan keuangan semakin mudah untuk dikerjakan denagn adanya software akuntansi Jurnal by Mekari .

Jurnal hadir dengan fitur yang lengkap mulai dari laporan keuangan lengkap, aplikasi pembukuan usaha kecil, pengelolaan penawaran, pemesanan dan penagihan, manajemen aset, manajemen gudang dan lain sebagainya.

Tunggu apalagi? Dapatkan semua informasi tentang Jurnal  dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Itulah 8 cara memasarkan produk makanan secara online sebagai bagian dari strategi marketing atau pemasaran bisnis kuliner.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo