9 Tips Sukses Pemasaran Bisnis Kuliner Online Cara memasarkan produk makanan secara online memang memiliki caranya tersendiri agar bisa mendapatkan pelanggan yang setia. Selain itu, Kotler & Keller (2016) juga berpendapat bahwa peluang bisnis kuliner termasuk besar karena makanan dan minuman merupakan industri kebutuhan dasar yang terus berkembang, bisnis ini juga bisa menciptakan inovasi dan keunikan tersendiri berdasarkan pasar yang kompetitif. Apa saja strategi marketing atau pemasaran bisnis kuliner dan cara memasarkan produk makanan secara online agar bisnis makin ramai dan untung? Anda sebagai pemilik bisnis kuliner online dituntut lebih kreatif dan inovatif khususnya untuk strategi marketing Anda. Agar dapat bertahan di pasar kuliner saat ini Anda memerlukan strategi pemasaran bisnis kuliner yang komprehensif sehingga memberikan dampak yang signifikan. Kini banyak usaha makanan yang dipasarkan melaui saluran online tanpa harus repot membangun warung atau restoran. Lalu bagaimana pemasaran bisnis kuliner online dapat dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini. Dengan strategi pemasaran bisnis kuliner online yang sesuai, Anda dapat membangun, memperluas dan meningkatkan penjualan. Berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk bisnis kuliner online Anda. Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya di sini! Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Kelola Bisnis Makanan Online Mudah dengan Mekari Jurnal 9 Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online Berikut adalah 9 cara memasarkan produk makanan secara online sebagai bagian dari strategi marketing atau pemasaran bisnis kuliner: 1. Gunakan Media Sosial Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi dan pemasaran produk apapun termasuk kuliner. Selain karena penggunaannya yang cuma-cuma, media sosial juga menjadi tempat interaksi masyarakat saat ini. Menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial yang aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia. Manfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook,Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya. Perbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh konsumen Anda. Di media sosial Anda bisa menunjukkan daftar pilihan menu, wujud hidangan informasi terbaru terkait bisnis kuliner Anda, event serta penawaran menarik. 2. Daftarkan di Aplikasi Layanan Pencarian Restoran Aplikasi layanan pencarian restoran muncul dengan tujuan untuk mempermudah orang-orang menemukan ide kuliner untuk dinikmati. Tentu saja aplikasi ini juga menjadi kabar baik bagi Anda sebagai pemilik bisnis kuliner. Untuk memberikan referensi kepada penikmat kuliner, Anda dapat mempromosikan bisnis kuliner Anda dengan mendaftarkan di aplikasi layanan pencarian restoran. Dengan mendaftarkan bisnis kuliner, restoran Anda akan muncul pada daftar pencarian dan dapat menjadi lebih dikenal masyarakat. Selain itu aplikasi ini pun akan membantu merekomendasikan, menyediakan kolom ulasan, panduan serta layanan pemesanan bisnis kuliner Anda. Di Indonesia sendiri, aplikasi layanan pencarian restoran sudah menjamur. Ada berbagai nama yang cukup terkenal seperti Zomato, Pergikuliner, Mangan, Foodsessive, Wakuliner, Trip Advisor, Restaurant Finder dan lain sebagainya. Mendaftarkan resotran Anda di aplikasi ini merupakan cara memasarkan produk makanan secara online yang efektif. 3. Kerja Sama dengan Layanan Pesan Antar Selain aplikasi layanan pencarian restoran, kini aplikasi layanan antar juga menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kuliner Anda. Terdapat dua aplikasi paling terkenal di Indonesia yakni Gofood dan Grabfood yang bisa Anda manfaatkan. Jutaan pengguna kedua aplikasi ini akan dapat melihat bisnis kuliner Anda yang tentu saja akan sangat mempengaruhi penjualan produk kuliner Anda. 4. Menggaet Food Influencer, cara promosi atau memasarkan produk makanan online Food influencer yang mempunyai jumlah followers yang banyak bisa jadi cara efektif untuk mengajak orang-orang membeli produk Anda. Ditambah lagi dengan kemampuan mereka menampilkan menjadi lebih menarik dan menggugah selera membuat orang-orang tertarik ingin mencoba. Anda bisa mengirimi makanan gratis kepada influencer yang seuai dengan target pasar Anda dan minta mereka mangulasnya di media sosial mereka. Baca juga: Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat Sebagai Strategi Pemasaran 5. Mengikuti Event Walaupun Anda memasarkan makanan secara online, tidak ada salahnya jika mengikuti event-event offline agar lebih dikenal. Mengikuti event seperti food bazaar dan food festival untuk memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas lagi baik bagi mereka yang kerap menggunakan media online maupun yang tidak. Jangan lupa cantumkan media sosial dan nama restoran online, agar konsumen bisa menjangkau bisnis Anda. Baca juga: 5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Kue 6. Berikan Promo dan Diskon Diskon dan promo menjadi cara yang selalu efektif untuk menarik konsumen karena semua orang menyukai potongan harga yang mereka beli. Ada banyak variasi promo dan diskon yang bisa diaplikasikan di bisnis kuliner Anda. Bisa dengan memberikan gratis produk setelah pembelian jumlah tertentu, pemotongan harga, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya. Perhitungkan pula pemberian diskon ini secara matang agar tidak menimbulkan kerugian. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! 7. Tampilkan Foto yang Menarik Kekuatan promosi kuliner online baik di media sosial, aplikasi layanan pencarian restoran dan aplikasi layanan pesan antar salah satunya dari foto makanan yang menarik. Oleh karena itu unggah foto makanan Anda yang paling menarik dan menggugah selera. Untuk membuat foto makanan menggugah selera tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, cukup dengan kamera ponsel Anda juga bisa. Bisa dibantu dengan pencahayaan yang benar, background foto agar terlihat lebih profesional dan aplikasi edit foto. 8. Tampilkan Review atau Testimoni Cara memasarkan produk makanan online selanjutnya adalah dengan menampilkan review atau testimoni konsumen Anda baik itu yang berbentuk pujian maupun kritik. Tampilkan pujian konsumen tersebut sebagai untuk memberikan bukti kepada orang-orang bahwa kelezatan makanan dan kualitas layanan Anda memang yang terbaik. Sementara itu tampilkan kritik dan bersamaan dengan pelayanan yang responsif membuat konsumen semakin percaya dan nyaman bertransaksi di restoran Anda. Manfaatkan kritik tersebut untuk membangun, bukan untuk menjatuhkan reputasi Anda. 9. Rasa yang Utama Sebagus apapun promosi dan tampilan yang anda sajikan di media sosial, jika rasa makanan tidak memuaskan, konsumen tidak akan kembali lagi untuk membeli produk Anda. Maka dari itu rasa adalah salah satu fokus utama Anda agar bisnis kuliner Anda tetap berkembang. Pakai bahan-bahan terbaik, uji coba rasa, dan lakukan inovasi untuk memberikan kejutan rasa kepada konsumen. Memaksimalkan pemasaran harus dapat dengan menggunakan strategi marketing bisnis yang baik, agar hasil yang diperoleh dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan teratur dan maksimal. Kini, dalam strategi marketing online khususnya pengelolaan keuangan semakin mudah dan efektif dengan menggunakan software akuntansi khusus pembukuan seperti Mekari Jurnal . Anda juga bisa menggunakan jasa ini untuk mengelola strategi marketing bisnis makanan online yang Anda miliki agar bisnis dapat terkelola dengan efektif dan lancar. Mekari Jurnal hadir dengan fitur yang lengkap, mulai dari laporan keuangan, contoh pembukuan untuk usaha kecil, pengelolaan penawaran, pemesanan dan penagihan, manajemen aset, manajemen gudang dan lain sebagainya. Mekari Jurnal juga dapat mengelola kebutuhan bisnis Anda, mulai dari software akuntansi perusahaan dagang, perusahaan jasa, hingga perusahaan manufaktur. Tunggu apalagi? Dapatkan semua informasi tentang software kasir Mekari Jurnal dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Poster Pengelolaan Strategi Marketing untuk Bisnis Makanan Online Itulah 9 cara memasarkan produk makanan secara online sebagai bagian dari strategi marketing atau pemasaran bisnis kuliner. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi. Referensi: Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2016, Marketing Management.