Memiliki usaha di bidang makanan yang terus berkembang dari waktu ke waktu merupakan tujuan utama dari setiap pelaku bisnis kuliner. Salah satu faktor penyebab lambat atau cepatnya perkembangan bisnis Anda sangat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan. Untuk mendapatkan hasil pemasaran yang optimal, maka Anda perlu menyusun strategi yang efektif. Di bawah ini akan kita jabarkan 4 tahapan dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis kuliner

 

Lakukan Analisa SWOT

a. Kekuatan (Strenghts)

– Produk unik makanan apa yang akan Anda ciptakan.

– Apakah Anda memiliki standarisasi produk.

– Apakah teknologi yang Anda gunakan untuk menghasilkan    produk yang berkualitas lebih baik dari pesaing.

– Apakah Anda memiliki sistem teknologi informasi yang cepat dan akurat?

– Apakah Anda memiliki sumber daya manusia yang handal?

– Apakah Anda memiliki referensi sumber bahan baku yang berkualitas dengan harga yang murah?

– Apakah Anda mampu menjual produk lebih baik daripada pesaing?

– Apakah Anda mampu melakukan efisiensi biaya di semua lini departemen usaha?

b. Kelemahan (Weaknesses)

Jika pertanyaan di kolom peluang di atas jawabannya tidak, maka kategorikan hal tersebut merupakan kelemahan Anda, coba selidiki apakah pesaing Anda melakukan sesuatu yang lebih baik, dan apakah Anda mampu memperbaikinya, atau bahkah bisa lebih baik daripada mereka.

c. Peluang (Opportunities)

– Kenali produk makanan apa yang sedang menjadi tren saat ini.

– Ketahui peluang jenis produk makanan tertentu yang bisa Anda kembangkan.

– Manfaatkan peluang pasar yang belum dimanfaatkan oleh pesaing.

d. Ancaman (Threats)

– Kenali  manajemen dan teknologi yang Anda gunakan apakah sudah memiliki standarisasi dan dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman atau belum.

– Apakah kemampuan finansial Anda sudah dapat menunjang seluruh aktivitas bisnis yang Anda rencanakan.

 

Integrasikan Marketing Mix

Mengintegrasikan elemen-elemen penting dari pemasaran hingga menjadi suatu kesatuan yang dapat Anda kendalikan dalam rangka meningkatkan penjualan, yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi.

 

Bisnis kuliner mengalami persaingan yang cukup ketat. Mereka yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas, harga bersaing, saluran distribusi yang efektif, dan strategi pemasaran yang handal saja yang bisa meraih konsumen.

 

Pilih Media Promosi yang Tepat

Memasuki kemajuan era digitalisasi, strategi pemasaran yang efektif mulai merambah ke bidang social media. Banyak social media yang bisa Anda gunakan secara gratis. Pilihlah yang sesuai dengan bisnis kuliner yang Anda jalani. Misalnya, jika bergerak di bidang makanan sehat, mungkin usaha kuliner Anda bisa bergabung dengan banyaknya grup-grup diet di berbagai social media, atau jika Anda adalah penyedia jasa makanan khusus anak dan bayi, maka Anda bisa bergabung di grup parenting. Dengan memilih media promosi yang tepat, maka pemasaran bisnis Anda akan efektif dan menghemat biaya.

 

Aplikasikan Pelayanan yang Optimal

Memiliki konsumen yang loyal adalah sebuah keuntungan bagi bisnis kuliner Anda. Ciptakan hubungan yang harmonis dengan semua konsumen yang kita miliki. Biasakanlah untuk menjalin hubungan melalui newsletter atau email dengan konsumen Anda. Buatlah saluran terbuka untuk menampung aspirasi mereka tentang produk dan layanan.

 

Sekali waktu, kirimlah promosi untuk memperkenalkan varian produk makanan baru kepada pelanggan untuk dicoba. Dengan memiliki interaksi yang baik terhadap pelanggan, bisnis kuliner Anda sudah menjalin hubungan harmonis sebagai sebuah strategi marketing.

 

Dari  4 tahapan strategi pemasaran di atas, Anda bisa menilai bahwa sebelum Anda memulai rencana untuk memasarkan sebuah produk, Anda harus memiliki perhitungan keuangan yang cukup baik. Untuk membuat rencana bisnis yang tepat, Anda harus melihat angka pada laporan keuangan bisnis.

 

Jurnal, software akuntansi online akan membantu Anda memiliki laporan keuangan yang akurat untuk mempermudah dalam membuat analisa bisnis, sehingga lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis Anda. Dengan fitur biaya dari Jurnal, Anda juga dapat kemudahan dalam memiliki perencanaan keuangan yang dibutuhkan untuk merealisasikan strategi pemasaran. Info selengkapnya tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author