6 Ide Bisnis Kuliner Kekinian dan Tips Memulai Bagi Pemula

Ketahui ide bisnis kuliner kekinian untuk mendapatkan keuntungan serta apa saja hal yang perlu Anda perhatikan untuk memulai usaha Anda!

Memulai usaha kuliner akan menjadi salah satu bisnis yang paling menantang untuk dilakukan.

Banyak pengusaha yang gagal dalam menjalankan bisnis kuliner di tahun pertamanya. Walaupun terdengar berat, masih banyak cara agar bisnis kuliner Anda berjalan sustainable.

Tentunya Anda membutuhkan riset, perencanaan, modal, ketajaman intuisi bisnis, dan ketekunan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis kuliner Anda.

6 Peluang Bisnis Kuliner yang Bisa Anda Ikuti untuk Memulai Bisnis

Memulai bisnis kuliner tidak hanya berlaku untuk orang-orang yang memiliki hobi memasak, orang yang tidak bisa memasak, namun mencintai dan tekun menjalankan bisnis kuliner juga bisa memulai bisnis di industri ini.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak boleh sembarang dalam memilih jenis makanan/minuman yang ingin dijual.

Cobalah lihat peluang bisnis yang sesuai dengan target yang ingin Anda tuju dan teruslah membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis. Berikut adalah beberapa peluang bisnis kuliner yang bisa menjadi pilihan.

Martabak Mini

Martabak adalah salah satu makanan yang digemari berbagai kalangan dan usia. Jika Anda ingin mengincar target anak-anak atau siswa di sekolah, Anda dapat memulai bisnis martabak mini.

Dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga martabak biasanya, martabak mini dapat menarik anak-anak untuk membeli.

Untuk memberikan daya tarik lebih, Anda dapat membuat topping yang berbeda, misalnya menambahkan es krim atau selai cokelat kekinian.

Warung Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang paling diminati berbagai kalangan di Indonesia. Bisnis kedai kopi ini cocok di buka di mana pun, di desa hingga di perkotaan.

Modal untuk memulai bisnis ini pun tidak cukup banyak, jika Anda belum mampu menyewa toko atau tempat, Anda dapat menjual kopi keliling menggunakan motor.

Untuk memulai bisnis ini, Anda juga harus membuang jauh-jauh gengsi dalam diri. Dengan gengsi yang tinggi, sampai kapan pun Anda tidak akan bisa memulai bisnis apa pun.

Katering Rumahan

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang yang menginginkan segalanya serba instan, termasuk makanan.

Bisnis ini memiliki target yang cukup luas, dari anak-anak sekolah, perkantoran, hingga masyarakat umum. Jika Anda hobi memasak, cobalah manfaatkan peluang bisnis katering rumahan ini.

Anda dapat mencoba bisnis katering sehat yang saat ini sedang tren di Indonesia.

Banyak masyarakat yang telah menyadari akan pentingnya kesehatan, namun mengolah makanan sehat bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu banyak dari mereka yang memanfaatkan katering rumahan. Jadi, tunggu apalagi?

Manfaatkan hobi Anda sekarang juga.

Aneka Gorengan

Siapa yang tidak tertarik dengan makanan semua kalangan ini. Gorengan merupakan makanan dengan harga yang murah dan cocok dinikmati kapan pun.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak terlalu sulit, modalnya pun tidak terlalu banyak. Pesaing bisnis ini pun cukup banyak, di pedesaan hingga perkotaan bisnis ini sangat mudah untuk dijumpai.

Untuk menarik pelanggan, cobalah untuk membuat gorengan lebih kreatif, misalnya singkong goreng keju, pisang goreng rempah, cireng berbagai bentuk, tahu pedas, tahu bulat, dan lain sebagainya.

Dengan menjual gorengan dengan berbagai keunikan tentu dapat menarik calon pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli.

Cemilan Kekinian

Mengemil adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh semua orang. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di sore ataupun malam hari. Jika Anda dapat melihat peluang ini di sekitar lingkungan rumah atau kantor, cobalah untuk memanfaatkannya.

Anda dapat memulai bisnis makanan ringan kekinian seperti bakso bakar, sosis bakar, makaroni pedas, keripik pedas, fresh cake, dan lain sebagainya.

Memulai bisnis ini pun tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak, namun keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa lebih dari dua kali lipat.

Minuman Segar

Memulai bisnis minuman segar adalah salah satu peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Bisnis minuman ini bisa terbilang sangat mudah. Bisnis ini sangat dicari dan diminati kalangan anak-anak, remaja, hingga mahasiswa.

Dalam bisnis ini, Anda dapat menjual aneka minuman segar seperti bubble drink, es cokelat kekinian, jus buah, es doger, es podeng, dan lain sebagainya.

Anda juga dapat mempopulerkan kembali minuman tradisional seperti jahe, bajigur, sekoteng, ataupun bandrek dengan tampilan yang lebih modern untuk menarik daya beli pelanggan.

Tips Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Berikut adalah tips yang dapat membantu pengusaha memulai, mengoperasikan, dan menumbuhkan bisnis kuliner dengan sukses.

Perjelas Konsep yang Anda Bangun

Anda harus tahu bagaimana caranya produk Anda terkesan, terlihat, dan terdengar unik dan tentunya lebih baik daripada produk kompetitor lain.

Butuh intuisi dan kreativitas lebih untuk memikirkan seperti apa lini produk unik yang Anda ingin tawarkan kepada pelanggan.

Ketika Anda berhasil menemukan suatu resep produk yang unik, bisa dipastikan titik terang bagi suksesnya bisnis Anda akan terbuka.

Lakukan Riset Mendalam

Industri kuliner pada umumnya sangat kompetitif sehingga sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset sebelum memulai.

Ikuti event seminar yang dibuat oleh komunitas bisnis kuliner untuk menggali informasi sedalam-dalamnya.

Cobalah mencari tahu alasan apa saja yang bisa membuat bisnis Anda berhasil dan gagal.

Tidak lupa untuk menyelidiki bagaimana pengusaha lain membangun bisnis kuliner dengan cara yang berbeda dan belum Anda ketahui sebelumnya.

Ikuti diskusi dalam forum-forum komunitas adalah untuk menilai kebutuhan pasar dan opini pelanggan tentang bisnis kuliner sekarang ini.

Melakukan riset akan membantu Anda menentukan target pasar, dan mengidentifikasi faktor-faktor risiko terbesar.

Sehingga Anda dapat menyelesaikan permasalahan yang Anda alami di tengah perjalanan bisnis Anda.

Buat Rencana Bisnis Kuliner Anda Secara Rinci

Tidak ada struktur baku dalam membuat rencana bagi bisnis Anda.

Selalu memperbarui rencana bisnis Anda seiring dengan berkembangnya pasar usaha kuliner akan membantu Anda menyesuaikan keunggulan bisnis Anda dengan peluang yang ditawarkan pasar.

Ini juga dapat membantu Anda mengatasi risiko ancaman yang muncul dengan lebih baik. Rencana bisnis juga dibutuhkan ketika Anda sedang berkomunikasi dengan orang lain seperti pelanggan, mitra, dan investor.

Jika Anda ingin bisnis kuliner Anda dipercaya, Anda harus dapat meyakinkan mereka bahwa Anda tahu apa yang Anda jelaskan lewat rencana bisnis Anda.

Ketahui Target Pasar untuk Bisnis Kuliner Anda

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kunci keberhasilan saat merintis bisnis kuliner adalah mengenal siapa target pasar Anda.

Mengetahui target dari bisnis akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dengan cepat karena Anda dapat merencanakan berbagai hal seperti jenis produk, alur bisnis yang ideal, hingga strategi untuk berkampanye dan melakukan promosi.

Sebagai contoh, apabila calon pembeli yang Anda targetkan untuk bisnis Anda adalah kawula muda, maka Anda dapat mengikuti tren kuliner terkini yang tengah digrandungi oleh mereka sehingga daya tarik bisnis Anda akan semakin kuat.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan gaya komunikasi dalam promosi bisnis Anda dengan perkembangan zaman.

Ketahui Regulasi Hukum yang Berlaku

Ketahuilah dan kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi mengenai regulasi hukum dan peraturan terkait produk kuliner di negara domisili Anda.

Dari Undang-Undang Ketenagakerjaan hingga Undang-Undang Keamanan Pangan yang dapat memiliki pengaruh besar pada keberhasilan operasional usaha kuliner Anda.

Patuhi peraturan dan hukum yang berlaku. Seperti salah satunya mendapatkan lisensi terhadap produk makanan Anda. Hal ini akan mengomunikasikan kepada pelanggan bahwa produk Anda aman untuk dikonsumsi.

Dapatkan Pendanaan untuk Modal Bisnis Kuliner

Tidak semua bisnis membutuhkan modal awal dari investor, terutama jika Anda memulai bisnis kuliner berskala kecil.

Namun, ada berbagai pilihan seperti produk kredit usaha mikro dari berbagai bank swasta atau konvensional. Jika Anda ingin mencari produk investasi lain, maka mulai rencanakan sejak dini.

Gunakan rencana bisnis Anda sebagai dasar untuk proposal pinjaman atau rencana investasi. Investor dan pemberi pinjaman tentunya ingin tahu segala aspek mengenai bisnis atau usaha kuliner Anda.

Serta bersikaplah realistis mengenai berapa banyak nominal modal yang benar-benar Anda butuhkan.

Pertimbangkan secara matang biaya-biaya dan segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk membangun operasional bisnis Anda.

Jangan sampai terlihat overbudget, karena itu akan menyulitkan Anda sendiri ketika Anda harus melunasi pinjaman-pinjaman Anda.

Pilih Lokasi Strategis untuk Bisnis Kuliner Anda

Jika Anda memiliki sebuah tempat usaha sendiri di lokasi yang strategis, mungkin akan sangat mengutungkan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki hal tersebut, sedangkan uang sewa tempat usaha di lokasi strategis biasanya sangat mahal.

Jika ini adalah termasuk salah satu permasalahan Anda untuk memulai bisnis, tidak perlu khawatir, Anda mungkin bisa mencari partner yang memiliki lokasi strategis, kemudian bermitra dengan sistem bagi hasil.

Cara kedua, Anda bisa mulai memikirkan untuk membuka usaha kuliner kecil menggunakan sistem booth yang tidak membutuhkan banyak modal sekaligus uang sewa lahan yang relatif kecil.

Dengan menggunakan booth, Anda bisa berjualan di lokasi strategis misalanya di halaman minimarket, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya sewa tempat.

Menu Andalan

Banyak yang memutuskan untuk memulai usaha kuliner disebabkan oleh banyaknya keuntungan yang ditawarkan. Hal ini memang sangat umum, mengingat setiap hari orang pasti butuh makan.

Namun tahukah Anda bahwa persaingan di dunia kuliner juga sangat ketat, memiliki ciri khas yang membuat pelanggan tertarik mudah mengingat produk adalah sebuah nilai lebih.

Oleh karena itu, butuh menu andalan sebagai ciri khas usaha kuliner Anda.

Menu andalan tidak harus sesuai dengan standar kekinian dengan citarasa internasional. Anda bisa mengusung menu–menu lokal yang unik tapi memiliki nilai lebih.

Pastikan Anda telah menguji coba menu tersebut dan mendapat pengakuan baik dari orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Promosi yang Tepat

Strategi pemasaran bisnis kuliner adalah bagian terakhir dari sebuah usaha yang harus segera dilakukan ketika usaha tersebut mulai berjalan.

Promosi memegang peranan penting agar produk kita lebih dikenal terlebih dahulu sebelum mereka datang ke tempat usaha kuliner Anda.

Hal yang paling penting untuk kita pahami dari bidang promosi ini adalah sebuah efektivitas.

Promosi yang dilakukan harus tepat sasaran, gunakan media yang sesuai dengan target pemasaran Anda.

Jika target pemasaran Anda adalah orang tua atau pegawai kantoran, Anda bisa mulai menawarkan atau menyebarkan brosur ke kantor-kantor terdekat lokasi usaha Anda.

Kelola Keuangan dengan Baik

Usaha apapun butuh pengelolaan keuangan yang baik tidak terkecuali dengan usaha kuliner.

Mengingat usaha ini terkadang penjualannya agak susah untuk dihitung secara manual terlebih jika mulai diserahkan pada pihak lain seperti karyawan, maka ada baiknya Anda mulai memikirkan untuk menginvestasikan usaha Anda dengan sebuah software akuntansi yang bisa membantu untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Itulah keenam peluang bisnis kuliner yang dapat Anda pilih untuk memulai bisnis. Perlu diingat, dalam menjalankan bisnis kuliner, Anda juga harus selalu membuat inovasi baru dari segi menu, kualitas, tampilan, hingga rasa baru yang dapat memikat hati pelanggan.

Dalam menjalankan bisnis makanan/minuman, dibutuhkan strategi bisnis yang matang dan pengelolaan keuangan yang tersistem.

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi F&B yang membantu Anda mengelola usaha makanan dan minuman lebih mudah dan fokus, karena Jurnal sebagai software inventory Indonesia akan memudahkan Anda dengan pengelolaan keuangan yang otomatis, cepat, dan akurat.

Ingin segera memulai bisnis makanan dan minuman? coba Jurnal sekarang, dapatkan kemudahannya secara gratis hingga 14 hari!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo