Daftar Isi

Ini Alasan Bisnis Membutuhkan Software Laporan Keuangan!

Tayang 29 Jul 2023
Diperbarui 16 Oktober 2023

Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia, baik secara pribadi maupun dalam dunia bisnis. Penggunaan teknologi untuk memudahkan pekerjaan adalah hal yang lumrah, salah satunya menggunakan software laporan keuangan sebagai penunjang bisnis.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Rahmayuni pada tahun 2017 yang berjudul “Analisis Komparasi Proses Laporan Keuangan Secara Manual dan Menggunakan Aplikasi Komputer Akuntansi” pada UKM Balikpapan menunjukkan pencatatan menggunakan aplikasi komputer lebih efisien dibanding pencatatan secara manual.

Mengapa Perlu Menggunakan Software Laporan Keuangan?

Penggunaan software akuntansi dalam bisnis tentu dapat memudahkan Anda dalam melakukan pelaporan keuangan, begitu pula dengan penggunaan software laporan keuangan yang sudah terintegrasi secara sistematis dengan software akuntansi itu sendiri.

Salah satu faktornya karena pencatatan manual harus melalui berbagai tahapan yang panjang untuk bisa menghasilkan sebuah laporan keuangan, seperti harus menyiapkan semua bukti transaksi sebelum melakukan pencatatan.

Di mana pencatatan transaksi tersebut harus ditulis tepat berdasarkan waktu terjadinya transaksi sebelum kemudian melakukan posting dan lain sebagainya.

Sedangkan proses laporan keuangan dari tahap awal seperti pencatatan transaksi dengan software laporan keuangan lebih mudah dilakukan karena Anda hanya perlu memasukkan data dan kemudian software tersebut yang akan memproses laporan keuangan secara otomatis.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Mekari Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal Software Akuntansi Online Terpercaya

Jenis-jenis Laporan dalam Software Laporan Keuangan

Salah satu contoh dari software laporan keuangan yang memiliki fitur lengkap adalah Mekari Jurnal, dengan Jurnal maka Anda dapat membuat berbagai laporan keuangan seperti:

  • Laporan Neraca Keuangan, dimana pada jenis laporan ini Anda dapat mencantumkan aset, utang/kewajiban dan ekuitas yang Anda miliki sehingga memudahkan Anda mengetahui kondisi keuangan bisnis.
  • Laporan Laba & Rugi, laporan keuangan ini memungkinkan Anda untuk mencantumkan transaksi individu berupa total pendapatan serta pengeluaran.
  • Laporan Arus Kas, pada laporan keuangan ini Anda dapat mengukur kas yang digunakan oleh perusahaan dan menunjukkan perpindahan kas tersebut pada periode waktu tertentu.
  • Laporan Rekonsiliasi Bank, laporan ini dapat menunjukkan ringkasan rekonsiliasi bank pada semua akun kas dan bank dan juga perubahan saldo kas dan bank yang belum dicatat atau diidentifikasi.
  • Laporan Persediaan Barang, bagi sebuah bisnis, khususnya bisnis retail. Informasi mengenai persediaan barang merupakan hal yang penting. Oleh karena itu laporan persediaan barang merupakan hal yang sangat penting dimiliki.
  • Laporan Neraca Percobaan, pada laporan ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai saldo dari setiap akun. Termasuk saldo awal, pergerakan dan saldo akhir dari periode yang ditentukan sehingga Anda dapat memastikan keseimbangan debit dan kredit dari keseluruhan daftar akun.
  • Laporan Pembeliaan/Pengeluaran, pentingnya laporan pembelian/pengeluaran adalah karena laporan ini dapat menunjukkan besaran pengeluaran bisnis Anda selama periode tertentu sehingga dapat meminimalisir adanya pengeluaran yang tidak teranggarkan.
  • Laporan Performa Bisnis, bagi sebuah bisnis laporan performa ini sangat penting karena terkait dengan dana yang diberikan investor terhadap bisnis.
  • Laporan Potongan Pajak, dengan laporan potongan pajak dalam software keuangan maka Anda dapat dengan mudah melakukan laporan pajak setiap tahunnya.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Keuntungan Penggunaan bagi Pebisnis

Menurut Rahardja, Aini dan Hardini (2018), berdasarkan kesimpulan yang diambil dalam penelitian yang berjudul “Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjangan Pencatatan Laporan Keuangan” adalah:

  • Adanya software akuntansi online dinilai dapat mempermudah akuntan dalam menginput data transaksi ke dalam sistem, di mana data transaksi tersebut dapat langsung di import ke dalam sistem sehingga lebih efisien.
  • Adanya software akuntansi online dinilai dapat mengurangi banyaknya penggunaan kertas untuk membuat sebuah laporan keuangan apabila terdeteksi kesalahan. Karena akuntan hanya tinggal mengedit data yang salah, maka data tersebut akan dihitung kembali secara otomatis untuk dijadikan sebuah laporan keuangan.
  • Pengamanan data yang digunakan dalam software akuntansi online sangat baik sehingga kerahasiaan data dapat dipastikan tersimpan dengan baik, tidak perlu lagi khawatir data akan diambil dan di sabotase oleh orang lain karena hanya pemilik akun yang dapat mengakses data.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Ms. Excel

Software Akuntansi Terbaik Seperti Mekari Jurnal Dibutuhkan Bisnis

Selain itu,  software laporan keuangan dianggap sangat dibutuhkan bagi Anda yang memerlukan fleksibilitas dalam menjalankan bisnis.

Biasanya pada mereka yang baru memulai bisnis namun masih tetap bekerja, software laporan keuangan bisa membantu otomatisasi bisnis.

Dengan demikian, masa transisi antara bekerja dan bisnis bisa berlangsung baik.

Software Mekari Jurnal merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan laporan keuangan dengan lebih mudah dan praktis.

Jurnal juga menyediakan berbagai fitur pendukung bisnis yang mampu mendorong perkembangan usaha Anda.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk software akuntansi online di website aplikasi laporan keuangan Mekari Jurnal.

Itulah alasan kenapa software laporan keuangan penting bagi usaha Anda!

Baca juga: Software Keuangan Perusahaan Manufaktur Harus Punya Fitur Ini!

Aplikasi Komputer Akuntansi Memiliki Peran Penting Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Bisnis

Aplikasi komputer akuntansi memainkan peran yang sangat penting dalam penyusunan laporan keuangan sebuah organisasi. Ini terutama berlaku untuk bisnis besar dan bahkan bisnis kecil yang semakin mengandalkan teknologi untuk mengelola informasi keuangan mereka. Berikut adalah peran utama aplikasi komputer akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan:

  1. Pencatatan Transaksi Keuangan: Aplikasi komputer akuntansi memungkinkan perusahaan untuk mencatat transaksi keuangan secara rapi dan efisien. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, data transaksi seperti penjualan, pembelian, gaji karyawan, dan lain-lain dapat diinput dengan mudah. Hal ini menghindari kesalahan yang mungkin terjadi dalam pencatatan manual dan memastikan akurasi data.
  2. Pelacakan Akun dan Saldo: Aplikasi komputer akuntansi dapat secara otomatis melacak saldo rekening dan menghitung saldo akhir, yang merupakan informasi penting dalam penyusunan laporan keuangan. Hal ini mempermudah pencarian dan pemantauan posisi keuangan perusahaan secara keseluruhan dan individu.
  3. Penyusunan Laporan Keuangan Berkala: Aplikasi akuntansi komputer memungkinkan perusahaan untuk secara otomatis menyusun laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas pada periode tertentu, seperti bulanan, kuartalan, atau tahunan. Ini menghemat waktu dan upaya yang dibutuhkan dalam menyusun laporan-laporan ini secara manual.
  4. Penghitungan Pajak: Aplikasi komputer akuntansi sering kali memiliki fitur yang memungkinkan perusahaan untuk menghitung pajak yang harus dibayar dan menghasilkan laporan pajak yang diperlukan oleh otoritas pajak. Ini memastikan bahwa perusahaan mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku.
  5. Pengintegrasian Data: Aplikasi komputer akuntansi dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem bisnis lainnya, seperti sistem inventarisasi atau sistem manajemen pelanggan (CRM). Ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana transaksi bisnis mereka memengaruhi keuangan mereka secara keseluruhan.
  6. Pengendalian Internal: Aplikasi komputer akuntansi sering kali memiliki fitur pengendalian internal yang memungkinkan perusahaan untuk menetapkan izin dan batasan akses ke sistem. Ini membantu mencegah penipuan dan pelanggaran kebijakan internal yang mungkin terjadi.
  7. Analisis Keuangan: Aplikasi komputer akuntansi dapat menghasilkan laporan keuangan dengan berbagai bentuk grafik dan analisis. Ini membantu manajemen dalam menganalisis kinerja keuangan perusahaan dan mengambil keputusan yang lebih baik.
  8. Pemantauan Utang dan Piutang: Perangkat lunak akuntansi membantu perusahaan dalam memantau utang yang harus dibayar kepada pemasok dan piutang yang harus diterima dari pelanggan. Hal ini penting dalam mengelola arus kas dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meminimalkan risiko.
  9. Audit dan Kepatuhan: Aplikasi komputer akuntansi seringkali memfasilitasi proses audit internal dan eksternal. Data yang tersimpan dalam sistem dapat dengan mudah diakses oleh pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan audit, sehingga memastikan bahwa laporan keuangan akurat dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
  10. Penyimpanan Aman dan Backup: Data keuangan yang dihasilkan oleh aplikasi komputer akuntansi biasanya tersimpan secara aman dengan opsi pencadangan yang dapat diandalkan. Hal ini melindungi informasi keuangan perusahaan dari potensi kehilangan atau kerusakan.

Secara keseluruhan, aplikasi komputer akuntansi memungkinkan perusahaan untuk mengelola informasi keuangan mereka dengan lebih efisien, akurat, dan efektif. Dengan begitu, perusahaan dapat menyusun laporan keuangan yang akurat dan memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan seperti pemilik, investor, dan otoritas pajak.

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal