Jurnal Enterpreneur

Pengertian dan Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Salah satu laporan yang penting dalam akuntansi perusahaan adalah catatan atas laporan keuangan (CALK). Apa itu pengertian, jenis, tujuan, unsur atau komponen dan cara membuat catatan atas laporan keuangan? Simak penjelasannya di Blog Jurnal by Mekari.

Laporan keuangan perusahaan berisi tentang angka-angka yang mungkin sulit untuk dimengerti jika tidak tersedia catatan atas laporan keuangan.

Nah, dengan pembukuan atau pencatatan tersebut, Anda bisa memahami laporan keuangan perusahaan dengan lebih mudah.

Untuk tahu lebih lanjut tentang catatan laporan keuangan, yuk simak ulasannya berikut ini.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian Catatan Atas Laporan Keuangan Adalah

Catatan atas laporan keuangan (CALK) adalah catatan atau informasi tambahan yang ditambahkan ke bagian akhir laporan keuangan.

Hal ini bertujuan agar tersedia  tambahan informasi kepada pembaca.

Fungsi lain dari catatan atas laporan keuangan adalah membantu menjelaskan perhitungan item tertentu yang ada di laporan keuangan sehingga bisa memberikan nilai komprehensif terhadap kondisi keuangan sebuah perusahaan.

Bukan hanya itu saja, melalui catatan ini perusahaan bisa menyajikan informasi tentang hutang piutang, kelangsungan usaha, kewajiban kontinjensi, dan informasi kontekstual lainnya.

Baca juga: Sistem Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan

Unsur-unsur Catatan Laporan Atas Keuangan

Membuat catatan atas laporan keuangan tidaklah sembarangan. Harus ada unsur-unsur yang wajib dimasukkan ke dalam catatan tersebut.

Nah, apa sajakah unsur-unsur itu? Berikut penjelasannya.

1. Unsur Umum/Penjelasan Perusahaan

Unsur pertama yang harus ada yaitu unsur umum/penjelasan perusahaan.

Pada unsur ini, Anda harus menjelaskan sejarah dan latar belakang berdirinya perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda juga harus menjelaskan tentang AD/ART, visi misi, status badan hukum, penawaran saham, dan kebijakan lainnya.

2. Kebijakan Akuntansi 

Unsur selanjutnya yaitu kebijakan akuntansi seperti asumsi dasar dalam penyusunan laporan keuangan, pengukuran laporan keuangan, multi currency, dan lain sebagainya.

3. Kebijakan Standar Akuntansi Keuangan

Unsur ini terdiri dari kepatuhan laporan keuangan kepada aturan-aturan di SAK. Apa itu SAK?

SAK adalah singkatan dari Standar Akuntansi Keuangan.

Peraturan yang ada dalam SAK sudah mencantumkan apa saja yang harus tertulis di laporan keuangan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Informasi Kebijakan Fiskal/Keuangan

Unsur selanjutnya yaitu informasi terkait kebijakan keuangan. Apa isi informasi dari unsur yang satu ini?

Unsur ini menyajikan informasi tentang:

  • Ekonomi makro
  • Kebijakan ekonomi
  • Pencapaian target APBD/APBN
  • Hambatan perusahaan untuk mencapai target.

Baca juga: Mengenal Tentang Laporan Pajak Tahunan di Indonesia

5. Ikhtisar Pencapaian Kinerja

Ikhtisar berarti rangkuman atau ringkasan dari pencapaian kerja yang sudah dilakukan oleh perusahaan dalam periode tertentu.

6. Pengguna Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan juga memiliki unsur pengguna laporan keuangan. Unsur ini berisi orang-orang yang bisa membaca dan menggunakan laporan keuangan.

Contoh orang yang bisa menggunakan laporan keuangan yaitu pemerintah, investor, dan masyarakat.

Selain berisi 6 unsur di atas, catatan laporan keuangan juga bisa berisi informasi lainnya yang apabila tidak dijelaskan maka akan menyesatkan pembaca/publik.

Contoh informasi lain tersebut yaitu penggabungan dan pemekaran entitas, pergantian manajemen, kesalahan pencatatan sebelumnya, dan lain sebagainya.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Cara Membuat Catatan Atas Laporan Keuangan adalah

Nah, setelah Anda tahu pengertian dan unsur dari catatan atas laporan keuangan, yuk ketahui juga bagaimana cara membuat sesuai dengan aturan SAK EMKM 2016:43.

1. Perhatikan Struktur 

Struktur catatan laporan keuangan (CALK) yang pertama yaitu adalah gambaran umum perusahaan.

Struktur ini berisi tentang beberapa informasi tentang pendirian perusahaan yang terdiri dari informasi tentang:

  • Nomor dan tanggal akta pendirian
  • Riwayat ringkas perusahaan
  • Lokasi kegiatan
  • Bidang usaha utama perusahaan
  • Tanggal mulainya beroperasi perusahaan.

Selain itu, bagan ini juga berisi informasi tentang penawaran umum efek perusahaan yang berisi tanggal efektif penawaran umum perdana, jenis dan jumlah efek yang ditawarkan, tempat pencatatan efek perusahaan, dan kebijakan perusahaan.

Ada juga informasi tentang informasi direksi, komisaris, karyawan, serta struktur perusahaan dan anak perusahaan dalam bagan ini.

Baca juga: Pentingnya Laporan Keuangan Tahunan Bagi Perusahaan

2. Penerapan Pernyataan dan Interpretasi SAK

Selanjutnya, Anda harus membuat penerapan pernyataan dan interpretasi SAK yang sesuai dengan aturan yang berlaku pada saat itu.

3. Kebijakan Akuntansi Penting 

Pada bagian catatan informasi ini harus tertulis dasar penyusunan, kepatuhan terhadap SAK, aset tetap, piutang usaha, dan masih banyak lainnya.

4. Informasi Tambahan dalam Pos yang Disajikan

Catatan atas laporan keuangan juga berisi tentang informasi tambahan dalam pos yang sudah tersajikan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana

Tujuan Catatan Atas Laporan Keuangan

Apa sajakah tujuan dari catatan laporan keuangan? Berikut penjelasannya.

1. Memberikan informasi sumber daya

Tujuan pertama yaitu untuk memberikan informasi tentang sumber daya yang tersedia untuk bisnis, seperti kapasitas produksi, cadangan kas, jam kerja, inventaris, mekanisme pengiriman, persentase WIP (work in progress), dan lainnya.

Informasi ini membantu dalam pemahaman bisnis yang lebih baik karena perubahan dalam pemanfaatan sumber daya membantu para stakeholders untuk mengambil keputusan keuangan.

2. Memberikan Informasi potensi penghasilan

Catatan laporan keuangan juga harus mengisyaratkan tentang potensi penghasilan bisnis.

Dengan aset dan kewajiban ekonomi, manajemen dapat memutuskan tingkat ekspansi.

Ketiga komponen laporan keuangan secara bersamaan harus memberikan informasi tentang kapasitas pendapatan entitas.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Dasar pengambilan keputusan 

Catatan atas laporan keuangan juga bertujuan untuk menjadi dasar untuk pengambilan keputusan oleh stakeholders perusahaan, seperti pemilik perusahaan, pemerintah, direktur, karyawan, pelanggan, pemasok, penyedia keuangan dan masyarakat luas.

Karyawan perlu mengambil keputusan apakah akan tetap bekerja atau tidak.

Pelanggan perlu mengambil keputusan apakah akan memberi lebih banyak pesanan atau tidak.

Pemasok perlu memikirkan apakah akan memasok atau tidak.

Penyedia keuangan juga harus mengambil keputusan apakah layak untuk memberikan pinjaman kepada entitas atau tidak dan seterusnya.

Baca juga: Mengelola Laporan Persediaan Lebih Simple dengan Software Akuntansi Online

4. Melaporkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan

Pemilik perusahaan tidak punya waktu untuk menghadiri operasi bisnis setiap harinya, sehingga pemilik perusahaan pun menunjuk manajemen untuk menantikan entitas tersebut.

Keuangan yang kuat merupakan gambaran efektivitas dan efisiensi pengambilan keputusan oleh manajemen.

Efektivitas berarti apakah tujuan tercapai atau tidak.

Jadi, pemilik dapat berpikir apakah keputusan yang diambil oleh mereka dalam menunjuk manajemen sudah tepat atau perlu ada perubahan.

Efisiensi berarti apakah target tercapai dalam waktu yang wajar.

Pemilik dapat memikirkan keputusan mereka dengan mengamati rasio laba kotor dan rasio laba bersih beberapa tahun terakhir.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5. Meningkatkan pemahaman pengguna akhir

Pengguna akhir berarti pemilik atau untuk siapa laporan keuangan disusun.

Semua undang-undang, peraturan, standar akuntansi, kerangka akuntansi, ada di catatan atas laporan keuangan untuk memastikan pemahaman pengguna akhir.

Laporan keuangan adalah ringkasan dari kegiatan operasional perusahaan selama periode tertentu dan oleh karena itu diperlukan untuk menyediakan berbagai penjelasan untuk membantu pemilik memahami laporan dengan baik.

6. Tujuan Lainnya

Tujuan lainnya dari catatan atas laporan keuangan yaitu membantu menyelesaikan perselisihan yang timbul antara berbagai pihak.

Selain itu, catatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan informasi tentang kredibilitas entitas di dunia keuangan.

Catatan laporan keuangan juga bertujuan untuk memutuskan apakah saat yang tepat untuk mengganti aset perusahaan dengan aset baru yang memiliki peningkatan kapasitas.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk memutuskan apakah akan berinvestasi di entitas lain untuk memperluas kerajaan dan untuk membantu pemerintah dengan informasi tentang pembayaran pajak, dan lainnya.

Baca juga: Seberapa Penting Software Catatan Keuangan untuk Pengusaha F&B

Buat Catatan Atas Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi Jurnal

laporan catatan laporan jurnal keuangan dari aplikasi perkantoran jurnal adalah

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam membuat jurnal umum perusahaan dagang atau jurnal lainnya secara manual.

Anda dapat menggunakan Software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Baiklah, sekian ulasan tentang apa itu pengertian catatan atas laporan keuangan (CALK), unsur, manfaat, dan juga struktur cara membuat yang adalah penting dan semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo