Jurnal Enterpreneur

8 Fitur Wajib Software Akuntansi sebagai Pertimbangan Anda!

Banyak pelaku usaha yang mulai menyadari bahwa melibatkan teknologi dalam operasional bisnis dapat menguntungkan terutama dalam segi kecepatan dan akurasi. Ya, terutama aplikasi akuntansi dengan segala fitur-nya. Salah satu fitur software akuntansi yang digunakan untuk menampilkan laporan keuangan adalah Jurnal.

Namun seringkali pelaku usaha mengabaikan dua poin penting dalam memilih software akuntansi. Pertama, software akuntansi tersebut mudah digunakan dan dipelajari oleh penggunanya.

Kedua, software akuntansi harus memiliki fitur yang menguntungkan bagi penggunanya. Itu artinya, fitur yang disediakan benar-benar profesional dan siap memenuhi kebutuhan bisnis di masa depan.

Lantas, fitur seperti apa yang harus ada dalam software akuntansi? Tanpa berlama-lama lagi ini dia fitur yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih software akuntansi!

Coba Gratis Software Akuntansi Jurnal, Pelajari Fiturnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fitur Laporan Keuangan Pada Software Akuntansi

Tentunya fitur yang digunakan untuk menampilkan laporan keuangan dalam software akuntansi adalah fitur laporan keuangan.

Namun satu hal yang harus Anda perhatikan adalah kemampuan dalam melakukan proses akuntansi double entry dan juga akuntansi akrual.

Fitur penting lainnya adalah laporan neraca untuk mengetahui dan menganalisis posisi kondisi keuangan Anda.

Laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan buku besar, laporan arus kas dan yang terpenting adalah laporan jurnal.

Selain otomasi laporan, tentunya software akuntansi harus memiliki fleksibilitas yaitu dengan adanya akun multi-level.

Dengan adanya akun multi-level, Anda bisa membuat akun induk dan sub-akun sehingga laporan keuangan Anda lebih mendetail bahkan pada anggaran per-departemen.

Software akuntansi terbaik juga memiliki fleksibilitas tinggi dimana data dapat diganti secara otomatis dan menghindari adanya human error.

Satu hal yang penting dalam fitur laporan keuangan adanya Chart of Accounts yang memungkinkan pengguna mengatur akun-akun yang tercatat.

Bukan hanya perkara penyusunan laporan keuangan, namun dari laporan keuangan tersebut Anda bisa melihat performa bisnis Anda dalam satu periode penjualan.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fitur Budgeting Pada Software Akuntansi

Fitur yang tidak kalah penting adalah fitur manajemen anggaran atau budgeting. Penganggaran merupakan aktivitas penting dalam bisnis yang seringkali mislead dalam penyusunannya.

Dengan adanya fitur manajemen anggaran, Anda bisa membuat anggaran tak bersisa atau anggaran bersisa yang nantinya akan disesuaikan dengan periode aktivitas.

Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah perhitungan anggaran laba rugi untuk melakukan forecasting keuntungan atau kerugian yang didapat pada satu periode aktivitas.

Baca juga: Manajemen Anggaran (Budgeting): Panduan Dasar Lengkap

Fitur Purchasing 

Fitur Software Akuntansi Ini Harus Menjadi Pertimbangan, Apa Saja?

Dalam berbisnis, tidak mungkin Anda tidak melakukan pembelian atau purchasing. Pembelian merupakan nadi bagi pergerakan bisnis.

Tidak ada pembelian, bisnis tidak berjalan. It’s a true law of business.

Oleh karena itu, fitur pembelian atau purchasing merupakan kewajiban yang harus tersemat dalam software akuntansi.

Fitur pembelian juga harus membantu penggunanya untuk melihat status transaksi. Misalnya pembelian yang belum dibayar, pembelian jatuh tempo dan juga pelunasan dalam kurun waktu tertentu.

Hal ini akan mempermudah pengguna untuk mengetahui kondisi pembelian yang belum dan akan dibayarkan.

Fitur purchasing atau pembelian juga harus memberikan fleksibilitas yaitu dengan menambahkan deposit pemesanan untuk beberapa pembelian.

Selain fitur-fitur tersebut, sebuah software akuntansi yang andal juga harus memiliki fitur pembuatan faktur dan retur pembelian, pengiriman pembelian, pembelian berdasarkan beberapa supplier dan produk, dan juga pelacakan daftar pengeluaran.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fitur Manajemen Utang dan Piutang

Utang dan piutang selalu akan terjadi dalam kegiatan bisnis. Bahkan di kehidupan sehari-hari Anda pasti pernah berhutang dan dihutangi (piutang).

Dengan fitur manajemen utang-piutang Anda bisa merekam dan juga melihat usia utang Anda kepada supplier dan juga usia piutang dari konsumen baik dari transaksi akrual maupun transaksi pembelian.

Anda juga bisa membuat laporan piutang yang meliputi nama pelanggan, nomor dan tanggal manufaktur, tanggal jatuh tempo, nominal transaksi, hingga sista tagihan terutang.

Selain itu, Anda bisa membuat laporan utang kepada supplier atau vendor untuk mengetahui dan mengontrol kapan hutang Anda jatuh tempo dan juga mengetahui utang mana yang sudah dan belum dibayar.

Baca juga: Software Akuntansi Berbasis Cloud, Solusi Cerdas Pebisnis Modern

Fitur Manajemen Persediaan Pada Software Akuntansi

 

Fitur yang tidak kalah penting dalam software akuntansi yaitu fitur aplikasi inventory barang.

Dengan fitur ini Anda dapat melakukan stock opname, mengetahui nilai dan kuantitas stok barang persediaan, rincian persediaan seperti SKU dan juga waktu keluar barang.

Dengan adanya fitur ini, Anda bisa lebih mengontrol dan melakukan forecasting persediaan barang Anda di gudang terlebih di masa-masa krisis yang mengharuskan Anda menyimpan barang lebih lama atau menghabiskannya dengan cepat.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Blog_Jurnal_Cara_Praktis_Melakukan_Manajemen_Stok_Barang_INFOGRAFIK-1

Fitur Rekonsiliasi Bank

Fitur Software Akuntansi Ini Harus Menjadi Pertimbangan, Apa Saja?

Fitur yang tidak kalah penting yang harus tersemat dalam software akuntansi adalah adanya fitur laporan rekonsiliasi bank.

Hal ini penting untuk menyamakan laporan pencatatan dan informasi terkait keuangan perusahaan dengan laporan bank tiap akhir bulan.

Pada rekonsiliasi bank, Anda harus memverifikasi apakah jumlah pada laporan bank sesuai dengan jumlah dalam rekening kas perusahaan dalam buku besar umum.

Dengan fitur rekonsiliasi bank, Anda tidak lagi perlu mengalami error atau data pencatatan yang tercecer ketika melakukan rekonsiliasi bank dengan cara manual.

Baca juga: Tips Mudah Mendeteksi Kesalahan pada Neraca Saldo yang Tidak Seimbang

Integrasi dengan Software Lain

Hal yang perlu diperhatikan adalah adanya fitur integrasi dengan software lain. Seperti pada Jurnal yang memiliki integrasi dengan software kasir untuk pencatatan transaksi, software HR untuk payroll karyawan, dan juga software perpajakan untuk laporan pajak.

Adanya integrasi seperti ini, membuat segala aktivitas bisnis Anda mulai bottom-line, organisasi hingga kewajiban perpajakan mudah dilakukan.

Bagaimana arus kas mempengaruhi perkembangan bisnis Anda? Simak selengkapnya melalui ebook Cara Mudah Kembangkan Bisnis Lewat Pengelolaan Arus Kas yang dapat Anda unduh gratis!

Keamanan

Software akuntansi terbaik juga harus memiliki fitur keamanan terbaik. Misalnya memungkinkan untuk melakukan audit dengan multi-user login.

Selain itu karena software akuntansi itu berbasis data, sertifikasi ISO 27001 tentang information security management dan terdaftar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO).

Jika software tersebut telah terdaftar dan tersertifikasi oleh badan resmi, bisa dikatakan keamanan data yang diolah pada software terjamin.

Baca juga: 5 Keunggulan Menggunakan Software Toko untuk Bisnis

Fitur Software Akuntansi Lainnya

Fitur-fitur lainnya seperti multi currency apabila ada transaksi dengan menggunakan mata uang asing. Lalu ada fitur laporan ringkasan aset tetap beserta akumulasi penyusutannya.

Selain itu ada fitur pencatatan penjualan dengan cashback atau fitur reimbursement. Fitur-fitur pelengkap namun sejatinya penting ini harus menjadi pertimbangan ketika Anda memilih sebuah software akuntansi.

Bagaimana?

Fitur-fitur yang telah disebutkan di atas merupakan fitur wajib yang harus ada dan terintegrasi di dalam sebuah software akuntansi terbaik.

Selain fitur-fitur di atas, ada satu hal yang perlu Anda pertimbangkan yaitu kemampuan dan kebutuhan usaha Anda. Misalnya saja dari segi bisnis yang Anda jalankan, skala bisnis Anda, seberapa cepat perputaran uang Anda.

Salah satu software akuntansi yang memiliki fitur lengkap seperti yang sudah disebutkan di atas adalah Jurnal by Mekari.

Selain itu, Jurnal by Mekari terdiri dari beberapa paket layanan yang dapat menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan usaha Anda.

Terbagi dari tiga paket yang terdiri dari starter dan pro untuk UKM dan juga enterprise untuk skala bisnis yang lebih besar.

Anda bisa mengajukan demo secara gratis dan juga konsultasi dan pelatihan software akuntansi di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Di atas adalah beberapa fitur software akuntansi salah satunya digunakan untuk menampilkan laporan keuangan.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

 

 

 

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo