Dalam menjalankan bisnis pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah rekonsiliasi bank. Kegiatan ini biasanya dilakukan rutin untuk mencocokkan informasi catatan kas menurut perusahaan dan juga mutasi bank. Rekonsiliasi bank  juga dapat diartikan sebagai kegiatan merinci perbedaan terhadap catatan transaksi perusahaan yang ada di bank dengan catatan yang dimiliki oleh perusahaan dengan pihak bank berupa rekening koran atau biasa disebut bank statement.

Melakukan proses rekonsiliasi tidaklah sulit, namun membutuhkan banyak waktu dan ketelitian. Hal ini tentu dapat membuat waktu Anda terbuang sia-sia, dan mungkin saja ada hal penting lainnya yang seharusnya bisa menjadi fokus Anda saat ini. Kini, Anda tidak perlu lagi repot dalam melakukan rekonsiliasi bank. Jurnal dengan fitur Rekonsiliasinya mempermudah Anda dalam melakukan pencocokan terhadap kas yang keluar dan masuk dengan uang yang keluar/masuk di akun bank Anda.

Hanya dengan menghubungkan rekening bank Anda dengan Jurnal, Anda tidak perlu lagi repot melakukan proses rekonsiliasi secara manual. Melalui fitur Cash Link, Jurnal membantu proses rekonsiliasi (pencocokan) perusahaan Anda hanya dalam 2 step, yaitu penarikan mutasi secara otomatis dan langsung diteruskan dengan pencocokan otomatis (smart reconciliation). Hal ini tentunya semakin mempermudah dan mempercepat proses yang berjalan di perusahaan/bisnis Anda.

 

Apa itu Fitur Cash Link?

Cocokkan Transaksi Bisnis Lebih Mudah & Cepat dengan Fitur Rekonsiliasi BankCash Link adalah fitur yang mempermudah proses rekonsiliasi bank, di mana mutasi rekening bank (feeds) Anda dapat ditarik secara otomatis ke Jurnal setiap harinya. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mencetak mutasi rekening untuk melakukan rekonsiliasi bank. Untuk itu, Jurnal telah bekerja sama dengan beberapa bank perihal penarikan data mutasi rekening otomatis ini. Daftar bank yang telah bekerja sama dengan Jurnal:

  1. BCA
  2. BNI
  3. Bank Mandiri
  4. CIMB Niaga

Seluruh kerja sama yang ada di Jurnal merupakan kerja sama yang resmi antara Jurnal dengan Bank terkait. Sehingga, Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai masalah keamanan, karena Jurnal menjamin seluruh transaksi Anda akan disimpan dengan aman.

 

Keuntungan Menggunakan Fitur Cash Link

Cocokkan Transaksi Bisnis Lebih Mudah & Cepat dengan Fitur Rekonsiliasi BankDengan menggunakan fitur Cash Link, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pencocokan transaksi langsung atas uang keluar-masuk di akun bank Anda. Beberapa keuntungan lain yang Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Hemat waktu pencocokan atau rekonsilasi transaksi perusahaan

Fitur Direct Feeds di Jurnal memungkinkan Anda untuk melakukan pencocokan secara langsung dengan cepat dan akurat. Sehingga, Anda dapat menghemat waktu pencocokkan untuk semua jenis transaksi di perusahaan. Anda juga tidak perlu takut akan keamanan akun bank perusahaan, karena Anda dapat mengatur peran sesuai tanggung jawab masing-masing.

2. Pencocokan otomatis dan penjurnalan langsung

Dengan adanya fitur “Bank Rules” atau pengaturan ketentuan rekonsilasi Bank, seluruh hasil rekonsiliasi akan langsung tercatat di Jurnal berdasarkan aturan yang telah Anda buat sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat langsung melakukan pencocokan otomatis sesuai dengan aturan tersebut.

3. Tidak perlu impor data bank secara manual

Dengan menghubungkan akun Bank dengan Jurnal, Anda tidak perlu lagi melakukan impor data bank secara manual. Anda dapat langsung menarik mutasi yang ada di bank secara otomatis dan berkala.

4. Meminimalisir human error

Jurnal sudah menyiapkan fitur ini sebaik-baiknya untuk meminimalisir human error pada saat pencocokkan. Jurnal juga akan memberitahukan alasan ketika terdapat ketidakcocokan saat melakukan rekonsiliasi.

5. Update Cash Flow secara berkala

Dengan menggunakkan fitur rekonsiliasi bank, Anda dapat dengan mudah melihat update dari Cash Flow atau pergerakan arus kas di perusahaan Anda. Hal ini dikarenakan pergerakan uang keluar-masuk akan terus terupdate secara otomatis pada akun Jurnal Anda.

 

Cara Mulai Menggunakan Cash Link di Jurnal

Cocokkan Transaksi Bisnis Lebih Mudah & Cepat dengan Fitur Rekonsiliasi BankUntuk mulai menggunakan fitur Cash Link, Anda hanya perlu melakukan set up akun bank yang akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi bisnis. Anda dapat melihat cara penggunaan lengkapnya melalui guidebook dan tutorial kami di bawah ini:

  1. Cara mengajukan Direct Feeds
  2. Melakukan pemetaan kas (cash mapping)
  3. Rekonsiliasi bank otomatis di Jurnal
  4. Menyiapkan aturan rekonsilasi bank di Jurnal
Author