Tidak hanya produk, marketing, atau customer service yang harus diperhatikan seorang pemilik bisnis. Masalah keuangan adalah salah satu hal penting dan tidak boleh dianggap remeh oleh seorang pemilik bisnis. Salah mengelola keuangan, pembukuan yang berantakan, kurangnya kontrol, atau pun pengetahuan yang kurang baik terhadap akuntansi dapat mengakibatkan bisnis tidak berjalan sesuai rencana dan bahkan dapat mengakibatkan kebangkrutan.

 

Tapi, tidak semua pemilik bisnis memiliki latar belakang akuntansi atau mengerti akuntansi. Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang merekrut orang yang ahli di bidang akuntansi. Tidak ada salahnya merekrut seorang ahli akuntansi, namun sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu memahami laporan keuangan yang berguna saat Anda ingin mengambil keputusan yang tepat bagi bisnis Anda.

 

Jurnal, sebuah software akuntansi online yang yang aman, praktis, dan dapat diandalkan untuk mengelola laporan keuangan bisnis kecil maupun menengah. Dengan Jurnal, Anda akan lebih mudah dalam mengatur administrasi dan operasional perusahaan, sehingga Anda dapat lebih fokus melakukan hal penting dalam mengembangkan bisnis Anda. Lalu apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software akuntansi Jurnal?

 

Laporan Keuangan Instan

Seperti yang telah dibahas di atas, dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda tidak akan direpotkan lagi dengan penyusunan keuangan bisnis. Hanya dengan sekali klik, laporan keuangan dapat Anda lihat secara instan. Ada beberapa laporan yang bisa Anda dapatkan seperti, Laporan Neraca, Laporan Laba-Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Piutang & Utang, Laporab Penjualan & Pembelian, dan juga Laporan Biaya.

Dengan laporan yang Anda terima dari Jurnal, Anda dapat dengan mudah melihat ringkasan rekonsiliasi bank, perubahan ekuitas, dan juga neraca saldo secara otomatis. Mudah bukan?

 

CashLink

Dengan fitur ini, Jurnal akan membantu Anda untuk memonitor arus kas masuk dan keluar yang memudahkan Anda untuk merencanakan bisnis dengan lebih matang. Tambahkan akun bank Anda, catat transaksi kas dan bank (transfer, terima uang, dan kirim uang), serta lakukan rekonsiliasi untuk memastikan informasi yang diterima telah seimbang.

 

Monitor Biaya Pengeluaran

Siapa bilang mengatur biaya pengeluaran itu sulit? Dengan software akuntansi Jurnal, Anda dapat mengatur biaya pengeluaran bisnis Anda dengan mudah. Selain dapat menjaga biaya pengeluaran tetap terlacak, Anda juga dapat menyimpan bukti pembayaran dengan fitur ‘attachment’ pada software Jurnal.

Jurnal juga memiliki opsi ‘tag’ yang memudahkan Anda untuk mengelompokkan seluruh biaya yang berhubungan dengan proyek dan melacak jumlah biaya yang dikeluarkan untuk proyek tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membuat jadwal berulang untuk transaksi yang terjadi secara teratur, seperti Internet, gaji, listrik, dan lain sebagainya.

 

Monitor Stok Barang

Dengan fitur Stok Barang pada software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan kalkulasi persediaan secara langsung, seperti jumlah stok barang, perhitungan persediaan, harga jual rata-rata, dan pemberitahuan saat stok kosong. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengetahui barang apa yang paling diminati oleh konsumen Anda. Dan yang terpenting laporan stok barang ini terjadi secara real-time dan memudahkan Anda saat sedang melakukan stok opname.

 

Catatan Penjualan dan Pembelian

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda dapat dengan mudah memonitor transaksi penjualan dan pembelian yang terjadi dalam bisnis Anda. Jurnal juga dilengkapi fitur invoice dengan 11 desain profesional yang dapat Anda sesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan fitur ini, Anda juga dapat memonitor utang dan piutang yang terjadi dalam bisnis Anda.    

 

Pengaturan Aset Tetap
Aset perusahaan terkadang mengalami penambahan atau bahkan mengalami penyusutan nilai. Laporan aset perusahaan ternyata merupakan hal penting yang harus diketahui oleh pemilik bisnis untuk memaksimalkan aset tersebut agar tidak mengalami penyusutan nilai secara berlebih. Dengan software akuntansi Jurnal, Anda dapat dengan mudah  mengatur aset perusahaan Anda secara otomatis, dari turun hingga naiknya nilai aset. Anda juga dapat melakukan proses pembelian aset dan pembuangan aset tetap kapan pun.
 

Daftar Akun Fleksibel

Dengan software akuntansi Jurnal ini, Anda dapat mendaftarkan hingga 5 akun berbeda secara gratis sesuai dengan paket yang Anda daftarkan. Multi akun ini memudahkan Anda atau karyawan Anda dalam melakukan tugasnya masing-masing. Misalnya, staf pembelian Anda hanya dapat mengisi bagian pembelian, dan staf penjualan hanya dapat mengisi bagian penjualan, dan lain sebagainya.

 

Keamanan & Bantuan Terjamin

Tak perlu khawatir akan keamanan data keuangan Anda, karena Jurnal telah memiliki sistem keamanan informasi yang terakreditasi dan tersertifikasi ISO/IEC 27001. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu melakukan backup data karena data Anda selalu dibackup secara otomatis oleh Jurnal. Dan jika Anda mendapatkan kesulitan dalam menjalankan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan bantuan melalui live chat online.

 

Akses Mudah

Tak hanya fitur-fitur di atas, dengan Jurnal Anda juga akan dipermudah untuk memonitor keuangan bisnis Anda kapan pun dan di mana pun. Dengan browser di ponsel, tablet, maupun laptop, Anda dapat mengakses seluruh fitur yang tersedia di Jurnal kapan pun dalam satu genggaman.

 

Itu dia berbagai fitur yang akan Anda dapatkan dengan mudah melalui software akuntansi Jurnal. Dengan Jurnal, Anda dapat memonitor keuangan bisnis Anda dengan mudah, aman, dan praktis di mana pun dan kapan pun. Hanya dengan Rp149.000,- Anda dapat menikmati berbagai fitur yang memudahkan bisnis Anda mulai sekarang. Daftar sekarang juga di www.jurnal.id dan mulai bisnis Anda lebih baik sekarang juga!