Jurnal Enterpreneur

Mengenal Sistem Inventory & Cara Mudah Pengelolaannya

Apa itu inventory? Arti Inventory, secara harafiah adalah persediaan. Sementara itu, artinya sistem inventory (system inventory) adalah pengaturan persediaan, dan berkaitan dengan aktivitas logistik sebuah perusahaan.

Kegiatan dari sistem tersebut termasuk dalam pengecekan dan penyediaan stok bahan baku atau barang setengah jadi ataupun barang jadi, demi kelancaran proses produksi atau pemenuhan permintaan pelanggan.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu Inventory?

Arti dari inventory adalah barang yang dikelola oleh perusahaan dengan tujuan untuk dijual.

Inventory dapat berupa bahan mentah yang dibeli dan diubah menjadi sesuatu yang sama sekali baru.

Selain itu bisa juga berupa produk massal yang diuraikan menjadi bagian-bagian penyusunnya dan jual secara terpisah.

Bahkan bisa menjadi sesuatu yang sama sekali tidak berwujud: perangkat lunak, misalnya.

Jenis-Jenis Inventory Adalah

Ada banyak jenis inventory tergantung dengan apa barang atau produk yang Anda jual. Berikut ini adalah beberapa jenis inventory:

  • Barang jadi / barang untuk dijual: Produk yang Anda jual ke pelanggan.
  • Bahan baku: Persediaan yang Anda gunakan untuk membuat barang jadi.
  • Work in Process: Pada dasarnya, barang yang belum jadi – persediaan yang merupakan bagian dari proses manufaktur.
  • Barang MRO: MRO adalah singkatan dari pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian. Barang ini adalah inventory yang  digunakan untuk mendukung proses produksi.
  • Stok pengaman: Persediaan tambahan yang Anda simpan untuk mengatasi kekurangan pemasok atau lonjakan permintaan.

Mulai Kelola Toko Online dengan Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaat Sistem Inventory (Inventory System) Adalah

Sistem inventory berguna untuk menentukan jumlah persediaan yang optimal dengan biaya total yang minimal.

Persediaan atau inventory meliputi bahan mentah atau bahan baku, bahan pembantu, bahan dalam proses atau work in process, suku cadang, dan barang jadi atau finished good, karena timbulnya ketidakpastian permintaan, ketidakpastian pasokan supplier, dan ketidakpastian waktu pemesanan.

Dalam manajemen persediaan adanya sistem inventory (inventory system)ini memiliki beberapa manfaat:

Menghindari Kekurangan Bahan (Out Of Stock)

Jika pelanggan datang untuk membeli barang dagangan, kemudian perusahaan tidak mempunyai barang tersebut artinya tidak adanya sistem inventory yang baik, maka perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan.

Untuk menghindari situasi tersebut, perusahaan harus mempunyai persedian barang yang terkontrol.

Meningkatkan Pemasaran

Jika perusahaan mempunyai persediaan barang dagangan yang lengkap, maka pelanggan/calon pelanggan akan terkesan dengan kelengkapan barang dagangan yang Anda tawarkan.

Reputasi perusahaan bisa meningkat. Disamping itu, jika perusahaan selalu mampu memenuhi keinginan pelanggan pada saat dibutuhkan, maka kepuasan pelanggan semakin baik dan perusahaan semakin untung.

Kelola Bisnis Trading dan Distribusi Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Peningkatan Pelayanan

Pelanggan tidak hanya meminta kecepatan pengantaran, tetapi juga ketepatan dan kepercayaan.

Adanya pengintegrasian stok barang dengan penjualan melalui sistem inventory adalah akan memungkinkan otomatisasi untuk memenuhi permintaan dengan mudah.

Hal ini menjamin bahwa produk yang benar berada di tempat yang benar pada waktu yang tepat.

Perusahaan akan dapat merespon permintaan pelanggan secara cepat karena otomatis akan selalu terhubung dengan adanya ketersediaan barang di gudang maupun di toko.

Baca juga: Kenali Apa Itu Inventory Management System dan Metode Penggunaan

Kontrol Persediaan & Ambil Keputusan

Sistem inventory memungkinkan adanya fleksibilitas dari distribusi dan penyimpanan barang-barang secara menyeluruh sehingga adalah memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengontrol persediaan sesuai dengan bisnis mereka.

Adanya akses instan terhadap data-data penting meliputi ketersediaan persediaan, jumlah yang ada, jumlah yang harus dipesan lagi, dan biaya yang dapat diketahui pada saat itu juga terhadap persediaan, akan mempermudah perusahaan mengambil keputusan terkait persediaan barang yang harus mereka miliki dan besarnya biaya yang harus dibayarkan.

apa itu arti inventory artinya adalah

Proses Manajemen Inventory Adalah

Proses manajemen inventory melibatkan pelacakan dan pengendalian stok saat bergerak dari pemasok Anda ke gudang Anda ke pelanggan Anda.

Berikut adalah lima tahapan utama yang harus diikuti dalam menjalankan manajemen inventory:

  1. Pembelian: Proses ini bisa berarti membeli bahan mentah untuk diubah menjadi produk, atau membeli produk untuk dijual tanpa perlu perakitan
  2. Produksi: Membuat produk jadi Anda dari bagian-bagian penyusunnya. Tidak setiap perusahaan akan terlibat dalam manufaktur – grosir, misalnya, mungkin melewatkan langkah ini sepenuhnya
  3. Stok penyimpanan: Menyimpan bahan mentah Anda sebelum diproduksi (jika diperlukan), dan barang jadi Anda sebelum dijual
  4. Penjualan: Menyerahkan barang ke tangan pelanggan, dan menerima pembayaran
  5. Pelaporan: Bisnis Anda perlu mengetahui berapa banyak yang dijual, dan berapa banyak uang yang dihasilkan dari setiap penjualan

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Teknik Manajemen inventory Adalah

Terlepas dari ukuran bisnis Anda, menerapkan beberapa teknik manajemen inventaris umum ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mengendalikan stok Anda. Berikut beberapa yang perlu dipertimbangkan:

  • Just-in-time (JIT) inventory. JIT melibatkan kepemilikan saham sesedikit mungkin, meniadakan biaya dan risiko yang terlibat dengan menyimpan sejumlah besar stok di tangan.
  • Analisis inventory ABC. Teknik ini bertujuan untuk mengidentifikasi inventory yang menghasilkan keuntungan bagi Anda, dengan arti mengklasifikasikan barang ke dalam berbagai tingkatan.
  • Dropshipping. Bisnis yang menggunakan dropshipping pada dasarnya melakukan outsourcing semua aspek pengelolaan stok – dengan beberapa manfaat tetapi beberapa kelemahan utama.
  • Pengiriman massal. Teknik ini didasarkan pada asumsi bahwa membeli dalam jumlah besar lebih murah. Metode ini bagus jika bisnis yakin bahwa produk mereka akan laku tetapi dapat menimbulkan tantangan ketika permintaan tiba-tiba berubah.
  • Backorder. Backorder adalah ketika pelanggan memesan stok yang belum tersedia. Pemesanan di awal artinya dapat memengaruhi kontrol inventory.
  • Konsinyasi. Teknik ini memungkinkan pengirim, biasanya grosir, untuk memberikan barang mereka kepada penerima barang, biasanya pengecer, tanpa penerima barang membayar barang di muka. Penerima barang masih memiliki barang, dan penerima barang hanya membayar ketika mereka benar-benar menjualnya. Ini terdengar bagus tetapi juga membawa risiko besar.
  • Mengait menyilang. Sistem ini secara virtual menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan persediaan. Produk dikirim ke gudang di mana mereka disortir dan disiapkan untuk pengiriman segera. Biasanya dimuat ulang ke truk lain di gudang yang sama dan dikirim untuk pengiriman segera.
  • Penghitungan siklus. Teknik ini artinya adalah melibatkan penghitungan sejumlah kecil inventory pada hari tertentu tanpa melakukan secara keseluruhan. Metode ini membantu bisnis Anda secara teratur memvalidasi tingkat inventaris yang akurat dalam perangkat lunak manajemen inventaris Anda

Baca juga: Manfaat Software Akuntansi untuk Sistem Inventory Bisnis

Cara Mudah Mengelola Inventory dengan Jurnal

Arti inventory system biasanya meliputi pencatatan apa produk yang dijual, harga produk yang akan dijual itu, harga produk yang diterima kembali/ retur barang, harga pokok persediaan, dibeli, pencatatan permintaan dan pengeluaran barang gudang, serta sistem stok opname barang atau perhitungan fisik persediaan.

Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan jika menggunakan sistem dan aplikasi stok gudang yang baik.

Untuk mempermudah manajer operasional dalam mengelola persediaan dan mempercepat pengambilan keputusan oleh manajemen maka perusahaan dapat menggunakan bantuan program stok barang online seperti yang dimiliki Jurnal by Mekari.

Melalui fitur persediaan, Jurnal akan membantu usaha Anda memiliki fitur secara mudah melalui:

  1. Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.
  2. Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.
  3. Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.
  4. Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.
  5. Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Baca juga : Tips Bisnis : Kiat UKM Kelola Stok Barang saat Krisis Jelang Lebaran

Untuk memahami manfaat manajemen inventory secara lebih dalam, Anda dapat mengikuti pelatihan online GRATIS yang diselenggarakan oleh Mekari University, platform penyedia layanan edukasi berbasis teknologi untuk membantu para pemilik bisnis dan profesional meningkatkan kemampuannya.

Melalui Mekari University, Anda akan memperoleh wawasan lebih luas terkait topik pengelolaan keuangan, manajemen akuntansi, administrasi HR, dan strategi pengelolaan pajak korporasi.

Caranya, cukup mendaftar melalui website Mekari University, kemudian pilih kelas online sesuai dengan topik yang Anda inginkan. Untuk info selengkapnya, tekan banner di bawah ini.

Melalui penjelasan di atas mudah-mudahan Anda bisa paham tentang apa itu inventory yang artinya adalah persediaan. Sistem inventory memiliki arti pengaturan persediaan, dan berkaitan dengan logistik.

Ikuti media sosial Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi!

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo