Membuat bisnis itu bukan hanya soal modal, keberanian, ataupun bakat. Membuat bisnis itu harus bisa melihat dan memanfaatkan peluang yang ada di depan mata. Sama halnya dengan Agus Mulyono, pendiri kartunama.net. Sebelum mendirikan kartunama.net, Agus pernah bekerja di sebuah perusahaan mesin cetak digital. Agus merasa bahwa ia tidak bisa berkembang kalau hanya bekerja menjual mesin. Hingga pada tahun 2004, Agus memutuskan untuk keluar dan membuat usaha sendiri.

 

Awal Perjalanan kartunama.net

Pertama kali memulai bisnis, Agus menjual variable data printing, namun hingga tahun kedua bisnis ini tidak menghasilkan sehingga Agus memutuskan untuk menutupnya. Pada 2006, Agus melihat peluang saat mengunjungi salah satu vendor yang bekerja sama dalam bisnis variable data printing miliknya. Di sana, Agus melihat banyaknya pesanan kartu nama dan itulah awal mula Agus memutuskan untuk berbisnis kartu nama. Hal yang pertama ia lakukan adalah membeli domain dan membuat website kartunama.net.

 

Perjuangan Memasarkan kartunama.net

Untuk menjual produknya Agus merasa kesulitan, ia mulai memasarkan kartunama.net dengan mengirimkan email setiap satu minggu sekali melalui mailing list yang telah ia kumpulkan. Tak hanya itu, Agus juga memasarkan kartunama.net dengan membagikan brosur dengan bentuk kartu nama ke terminal bus, jembatan penyebrangan, halte-halte, dan seluruh tempat yang banyak dikunjungi oleh pekerja kantoran. Saat itu, Agus hanya memiliki dua pilihan yaitu malu atau tidak bisa makan.

 

Belajar dari Kesalahan

Setiap pengusaha pasti pernah membuat kesalahan dalam berbisnis. Kesalahan terbesar Agus selama berbisnis adalah terlalu banyak berasumsi. Di mana, ia berpikir bahwa “Setiap ada produk bagus, pasti market akan berdatangan untuk membelinya”. Namun, asumsi Agus ternyata salah, ia harus terus memasarkan produknya untuk membuat calon pelanggannya tertarik dan ingin membeli kartu nama dengannya. Memasarkan kartunama.net adalah tantangan terbesar bagi Agus. Namun, berkat perjuangannya, Agus berhasil menjual kartu nama pertama kalinya ke Colliers Indonesia.

 

Selalu Membuat Inovasi Baru

Inovasi sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Sesuai dengan misinya, Agus ingin membuat pelanggannya berpikir bahwa “memiliki kartu nama itu mudah dan cepat”. Dengan misinya tersebut, Agus selalu memberikan dan membuat inovasi dari segi website, produksi, hingga distribusi. Selain memanfaatkan kurir internal, Agus juga memanfaatkan jasa kurir online untuk membantunya dalam proses distribusi. Hal ini tentu dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggannya.

 

Karyawan Bantu Kembangkan Bisnis

Karyawan adalah salah satu aset penting perusahaan. Dengan memahami hal itu, Agus mempercayakan operasional bisnisnya kepada seluruh karyawannya. “Mereka sudah sebagus saya, dan saya percaya”, berkat rasa percayanya, Agus memiliki 7 karyawan loyal yang siap membantu dalam mengembangkan bisnisnya.

 

Mempercayakan Keuangannya dengan Jurnal

Selain mempercayakan operasional kepada karyawannya, Agus juga mempercayakan keuangan perusahaannya dengan Jurnal. Menurut Agus, Jurnal dapat membantunya lebih fokus membuat inovasi-inovasi terbaru untuk mengembangkan bisnis. Tak hanya itu, Agus juga merasa bahwa Jurnal adalah salah satu tools penting yang dapat membantu menjalankan bisnisnya.

 

Dengan menggunakan Jurnal, Agus dapat memonitor dan melihat laporan keuangan perusahaannya secara real-time di mana pun dan kapan pun. Sehingga, ia dapat lebih mudah dalam membuat rencana untuk mengembangkan bisnisnya lewat laporan keuangan yang telah disiapkan oleh Jurnal.

 

Jurnal, software akuntansi online yang memberikan kemudahan bagi pengusaha dalam mengelola keuangan bisnisnya di mana pun dan kapanpun. Untuk info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat dilihat di sini.

Author