Jurnal Enterpreneur

Aset Penting dalam Perusahaan dan Strategi Menjaganya

Aset perusahaan adalah semua sumber ekonomi atau kekayaan yang dimiliki oleh entitas yang diharapkan mampu memberi manfaat usaha di masa mendatang.

Sumber ekonomi atau kekayaan tersebut adalah sumber daya yang dimiliki, baik dalam bentak atau hak kuasa yang didapatkan di masa lalu sehingga dapat memberi manfaat di masa mendatang.

Aset dapat diakui jika semua sumber ekonomi dapat diukur dengan satuan mata uang, baik rupiah, dolar, atau mata uang lainnya. Aset merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan.

Dengan adanya aset yang dimiliki perusahaan, bisnis dapat terus beroperasi dengan lancar.

Aset bukan hanya dalam bentuk uang tunai, tanah, bangunan, peralatan, ataupun perlengkapan. Namun aset juga dapat berupa sumber daya manusia seperti karyawan dan pelanggan.

Dua aset tersebutlah yang dapat membantu bisnis terus beroperasi dengan lancar. Lalu, apa pentingnya kedua aset ini dalam suatu perusahaan? Simak jawabannya di bawah ini.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola aset perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Karyawan sebagai Aset Penting Perusahaan

Karyawan adalah salah satu aset terpenting bagi perusahaan. Dengan kepuasan dari karyawan terhadap perusahaan, tidak menutup kemungkinan bagi karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Tak hanya itu, karyawan juga memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis perusahaan, seperti:

  • Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, setiap karyawan memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan ini, karyawan dapat meningkatkan kualitas kerja mereka masing-masing yang secara yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan.
  • Memberikan Inovasi Baru, perusahaan terkadang mengalami jalan buntu ketika ingin mengembangkan bisnisnya. Dengan kreativitas karyawan, perusahaan dapat membuat inovasi dalam bisnisnya yang akan memengaruhi keberlangsungan dan juga perkembangan bisnis.
  • Menjaga Citra Perusahaan, karyawan sangat berpengaruh dalam menjalin hubungan antara pihak internal maupun eksternal. Dengan adanya hubungan baik yang dijalin antara karyawan dan pihak lain, perusahaan akan mendapatkan citra yang baik juga dari pihak-pihak tersebut.

Baca juga: Kenali Setiap Jenis Aset yang Anda Miliki untuk Kemudahan Pengelolaannya

aset perusahaan usaha adalah

Pelanggan sebagai Aset Perusahaan

Selain karyawan, pelanggan juga merupakan aset penting bagi perusahaan. Suatu bisnis tidak akan dapat berjalan tanpa adanya pelanggan.

Perusahaan dapat kehilangan barang dagang dan aset fisik lainnya, namun ketika perusahaan masih memiliki pelanggan, terutama yang loyal terhadap perusahaan, bisnis akan terus berjalan.

  • Menambah Pendapatan Perusahaan, tanpa adanya pelanggan, perusahaan tidak akan mendapatkan pendapatan. Hal ini tentu membuat buruknya arus kas pada suatu bisnis yang juga dapat menghambat perkembangan bisnis dan mengganggu operasional bisnis.
  • Memberikan Insight Baru, pelanggan yang loyal terhadap perusahaan biasanya akan memberikan informasi tentang apa yang mereka butuhkan. Dari informasi tersebut, perusahaan dapat mengembangkan produknya dan memanfaatkan peluang yang ada sesuai kebutuhan pelanggan.
  • Menjadi Inspirasi Perusahaan, perusahaan yang mengenal pelanggannya dengan baik dapat lebih mudah melihat dan menemukan hal-hal baru. Temuan ini befungsi untuk mendapatkan ide-ide baru yang fresh dalam membuat sebuah inovasi dari segi produk, pemasaran, pelayanan, dsb.

Itulah beberapa alasan, kenapa karyawan dan pelanggan menjadi aset yang harus dijaga dengan baik.

Selain dua aset sumber daya manusia tersebut, perusahaan juga harus mengelola dan menjaga aset perusahaan lainnya seperti tanah, bangunan, sertifikat, merek, dan lain sebagainya.

Baca juga: Revaluasi Aset, Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Sebelum Menjual Aset

bisnis makanan ringan

Strategi yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Aset Perusahaan

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda rencanakan untuk menjaga aset perusahaan.

Asuransikan Bisnis

Asuransi tidak hanya penting untuk diri pribadi ataupun karyawan, asuransi juga bagian penting dari bisnis. Cobalah memulai untuk membuat anggaran untuk mengasuransikan bisnis Anda dengan perusahaan asuransi yang tepat.

Dengan adanya asuransi, Anda akan dimudahkan ketika mendapatkan sebuah masalah dalam bisnis. Pastikan Anda mendapatkan polis asuransi yang tepat dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Pilih Entitas yang Tepat

Bisnis yang beroperasi dengan kepemilikan tunggal bukanlah pilihan terbaik untuk menjaga sebuah aset. Karena dengan kepemilikan tunggal, aset pribadi juga akan terkena gugatan potensial dari departemen perpajakan.

Oleh karena itu, menyiapkan suatu entitas seperti perseroan terbatas merupakan langkah penting yang harus dilakukan untuk menjaga aset sekaligus mengembangkan bisnis.

Pisahkan Rekening Pribadi & Perusahaan

Selain memudahkan dalam mengelola arus kas, memisahkan rekening pribadi dan perusahaan juga dapat memudahkan Anda dalam mengelola aset perusahaan.

Tak hanya rekening pribadi, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki buku cek untuk bisnis. Menggunakan nama, perusahaan pada setiap dokumen juga dapat menjaga catatan perusahaan yang biasa digunakan disetiap pertemuan bisnis.

Terapkan Sistem Kontrak yang Tepat

Pernahkah Anda menyadari bahwa kreditur dapat dengan mudah menjatuhkan perusahaan beserta asetnya ketika pengusaha mulai bersikap lengah? Beberapa kreditur biasanya akan membuat sistem kontrak yang didalamnya dipenuhi dengan kecurangan.

Untuk itu, sebagai pengusaha, Anda harus lebih cermat dan teliti ketika ingin membuat ataupun membaca kontrak. Anda harus membuat sistem perjanjian kontrak dengan prosedur yang benar dan tepat.

Perjanjian kontrak, tidak hanya untuk perjanjian kerja sama, tapi juga untuk perjanjian sewa menyewa, jual beli, dan lain sebagainya.

Selain itu, janganlah mudah percaya dengan perjanjian yang hanya diucapkan di mulut, jika perlu Anda dapat menyewa jasa notaris atau penasihat hukum yang bisa menjadi saksi perjanjian kontrak bisnis Anda.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang mampu membantu dan mempermudah Anda dalam mengelola dan menjaga aset perusahaan Anda, seperti pada aplikasi pembukuan.

Selain itu Jurnal sebagai software inventaris juga dapat memudahkan Anda dalam mengelola aset perusahaan.

Jurnal bahkan dapat berperan sebagai aplikasi inventaris barang maupun software keuangan perusahaan yang terbaik dan terpercaya.

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan aset secara real-time yang akan menampilkan daftar aset tetap dengan harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai aset tersebut.

Itulah pengertian aset perusahaan yang adalah penting bagi keberlangsungan usaha. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Inspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo