Aset merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya aset yang dimiliki perusahaan, bisnis dapat terus beroperasi dengan lancar. Aset bukan hanya dalam bentuk uang tunai, tanah, bangunan, peralatan, ataupun perlengkapan. Namun aset juga dapat berupa sumber daya manusia seperti karyawan dan pelanggan. Dua aset tersebutlah yang dapat membantu bisnis terus beroperasi dengan lancar. Lalu, apa pentingnya kedua aset ini dalam suatu perusahaan? Simak jawabannya di bawah ini.

Karyawan sebagai Aset Perusahaan

Karyawan adalah salah satu aset terpenting bagi perusahaan. Dengan kepuasan dari karyawan terhadap perusahaan, tidak menutup kemungkinan bagi karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Tak hanya itu, karyawan juga memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis perusahaan, seperti:

 

  • Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, setiap karyawan memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan ini, karyawan dapat meningkatkan kualitas kerja mereka masing-masing yang secara otomatis juga dapat meningkatkan daya saing perusahaan.
  • Memberikan Inovasi Baru, perusahaan terkadang mengalami jalan buntu ketika ingin mengembangkan bisnisnya, disinilah peran penting seorang karyawan. Dengan kreativitas karyawan, perusahaan dapat membuat inovasi dalam bisnisnya yang tentunya akan memengaruhi keberlangsungan dan juga perkembangan bisnis.
  • Menjaga Citra Perusahaan, karyawan sangat berpengaruh dalam menjalin hubungan antara pihak internal maupun eksternal. Dengan adanya hubungan baik yang dijalin antara karyawan dan pihak lain, perusahaan akan mendapatkan citra yang baik juga dari pihak-pihak tersebut.

Pelanggan sebagai Aset Perusahaan

Selain karyawan, pelanggan juga merupakan aset penting bagi perusahaan. Suatu bisnis tidak akan dapat berjalan tanpa adanya pelanggan. Perusahaan dapat kehilangan barang dagang dan aset fisik lainnya, namun ketika perusahaan masih memiliki pelanggan, terutama yang loyal terhadap perusahaan, bisnis akan terus berjalan.

 

  • Menambah Pendapatan Perusahaan, tanpa adanya pelanggan, perusahaan tidak akan mendapatkan pendapatan. Hal ini tentu membuat buruknya arus kas pada suatu bisnis yang juga dapat menghambat perkembangan bisnis dan mengganggu operasional bisnis.
  • Memberikan Insight Baru, pelanggan yang loyal terhadap perusahaan biasanya akan memberikan informasi tentang apa yang mereka butuhkan. Dari informasi tersebut, perusahaan dapat mengembangkan produknya dan memanfaatkan peluang yang ada sesuai kebutuhan pelanggan.
  • Menjadi Inspirasi Perusahaan, perusahaan yang mengenal pelanggannya dengan baik dapat lebih mudah melihat dan menemukan hal-hal baru. Temuan ini dapat digunakan perusahaan untuk mendapatkan ide-ide baru yang fresh untuk membuat sebuah inovasi dari segi produk, pemasaran, pelayanan, dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa alasan, kenapa karyawan dan pelanggan menjadi aset yang harus dijaga dengan baik. Selain dua aset sumber daya manusia tersebut, perusahaan juga harus mengelola dan menjaga aset perusahaan lainnya seperti tanah, bangunan, sertifikat, merek, dan lain sebagainya. Jurnal merupakan software akuntansi online yang mampu membantu dan mempermudah Anda dalam mengelola dan menjaga aset perusahaan Anda. Dengan Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan aset secara real-time yang memudahkan Anda dalam memonitor daftar aset tetap dengan harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai aset di masa sekarang. Untuk info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda temukan di sini.

Author