Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Manfaat Asuransi Bisnis dalam Urusan Pengelolaan Usaha Anda!

Tayang 02 Jun 2023
Diperbarui 16 Oktober 2023

Ketahui berbagai peran dan manfaat asuransi bisnis bagi perkembangan perusahaan Anda mulai dari sekarang!

Perjalanan suatu bisnis tentunya akan mengalami pasang surut dalam menuju suatu tujuan. Mulai dari keuntungan besar hingga kerugian yang besar pula.

Tentunya dengan adanya asuransi bisnis dapat memberikan manfaat untuk mengelola segala resiko yang mungkin terjadi dan dampak kerugian yang terjadi.

Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko secara finansial yang dilakukan dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain.

Bukan hanya itu, asuransi juga dapat merangsang pertumbuhan bisnis, mencegah kerugian, pengendalian kerugian, memiliki manfaat sosial dan sebagai tabungan.

Simak ulasan mengenai asuransi bisnis serta peran dan manfaatnya hanya di Blog by Mekari Jurnal berikut ini!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Apa Itu Asuransi Bisnis?

Menurut Kemenkopukm, asuransi bisnis adalah merupakan sebuah produk asuransi yang berfokus dalam memberikan perlindungan dan pengendalian resiko pada usaha bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Sistem kerja asuransi bisnis yaitu dengan aktif berperan dalam mengalihkan berbagai resiko bisnis, menunjang proses pengumpulan dana, dan harga premi yang seimbang.

Resiko dalam bisnis seperti terjadinya kerusakan, kehilangan profit, kerugian/kerusakan, dan resiko lainnya yang tercantum dalam aturan polis.

Beberapa asuransi bisnis yang Anda temukan di Indonesia yang menunjang beberapa sektor dan bidang, di antaranya adalah asuransi gangguan bisnis, asuransi kompensasi pekerja, asuransi properti, dan asuransi tanggung jawab hukum terhadap publik.

Kenapa Bisnis Juga Membutuhkan Asuransi dan Apa Manfaatnya?

manfaat asuransi bisnis dalam pengelolaan perusahaan anda!

Sebagai pengusaha yang ingin mengasuransikan bisnisnya, Anda akan mendapatkan dua perlindungan asuransi yaitu asuransi jiwa dan kesehatan untuk Anda dan juga asuransi properti untuk bisnis Anda.

Asuransi jiwa dan kesehatan dapat menanggung keluarga dan karyawan Anda jika tiba-tiba terjadi musibah pada Anda sebagai pengusaha.

Sedangkan, Asuransi properti untuk bisnis dapat menanggung kerugian pada bisnis seperti kebakaran, bencana, pencurian, huru hara, dan sebagainya.

Tanpa asuransi, setiap kerugian pasti akan terasa berat, apalagi itu semua harus Anda tanggung secara keseluruhan.

Namun, dengan asuransi bisnis, kerugian yang perusahaan Anda terima akan lebih ringan, karena ada pihak penanggung yang akan mengganti kerugian yang terjadi dalam bisnis sesuai dengan perjanjian awal.

Lalu apa saja manfaat asuransi untuk sebuah bisnis?

Jaminan Pengiriman Barang

Risiko bisnis dapat terjadi di mana saja dan dalam bentuk apa saja, salah satunya adalah risiko dalam pengiriman barang baik dalam jalur darat, laut, maupun udara.

Dengan memiliki asuransi bisnis, pihak asuransi akan menanggung segala risiko yang terjadi dan membantu Anda menghadapi segala kerugian finansial akibat terjadinya sebuah risiko.

Perlindungan Risiko

Dengan memiliki asuransi bisnis, Anda akan dapat lebih mudah melindungi bisnis yang sedang Anda kelola.

Tujuan dari adanya asuransi, bisnis Anda akan terlindungi dari berbagai risiko, gangguan, bencana, dan lainnya yang dapat menimbulkan sebuah kerugian finansial ataupun non finansial.

asuransi bisnis memberikan perlindungan resiko

Baca Juga : Kerugian Bisnis yang Tidak Memiliki Laporan Keuangan

Pengganti Kerugian

Setiap risiko yang diterima pasti menimbulkan kerugian, baik itu kecil maupun besar.

Dengan asuransi bisnis, kerugian besar dalam bisnis pun akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Dengan begitu, Anda dapat terus menjalankan bisnis tanpa harus memikirkan kerugian perusahaan.

Memberikan Pondasi yang Kokoh

asuransi memberikan bantuan fondasi yang kokoh terhadap bisnis

Asuransi bukan hanya memberikan manfaat dalam hal jaminan atas perlindungan risiko bisnis, tapi juga bisa menjadi pondasi yang dapat memperkuat bisnis itu sendiri.

Dengan asuransi bisnis, Anda dapat lebih fokus mengembangkan bisnis tanpa harus memikirkan berbagai risiko finansial bisnis.

Itulah empat manfaat yang bisa didapat dengan mendaftarkan bisnis Anda ke perusahaan asuransi.

Setelah memiliki asuransi, Anda dapat lebih tenang dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Namun, untuk mengembangkan bisnis, Anda juga harus mulai membuat laporan keuangan.

Dengan laporan keuangan yang baik, Anda akan mendapatkan informasi yang berguna sebagai acuan dalam membuat keputusan bisnis.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat menyediakan laporan keuangan secara lengkap dan instan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola transaksi keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Dengan aplikasi akuntansi berbasis mobile by Mekari Jurnal, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan tepat dan cepat dimanapun Anda berada. Informasi lengkap tentang Mekari Jurnal, dapat Anda temukan di sini.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal