Mekari Jurnal
Daftar Isi
16 min read

Laporan Keuangan: Pengertian, Fungsi, Jenis, Format

Tayang 06 Jan 2024
Diperbarui 02 Februari 2024

Ketahui apa itu pengertian, fungsi, bentuk, format dan contoh jenis laporan keuangan sederhana yang adalah wajib dimiliki oleh perusahaan yang akan dijelaskan secara lengkap di Blog Mekari Jurnal.

Setiap perusahaan baik itu – kecil atau besar, bergerak di bidang jasa ataupun dagang – pasti membutuhkan yang namanya laporan keuangan / financial statement.

Laporan ini sangat penting karena menunjukan kondisi finansial suatu entitas pada suatu periode tertentu.

Setiap detail atau informasi yang terdapat dalam format laporan keuangan sangat dibutuhkan untuk evaluasi perusahaan, sehingga proses pembuatannya tidak boleh diabaikan.

Laporan akuntansi ini juga menjadi acuan bagaimana kinerja perusahaan dalam satu periode.

Dengan adanya informasi tersebut, bisa diketahui berapa banyak laba dan rugi yang didapat perusahaan dalam satu periode.

Oleh karena itu, pemahaman tentang laporan keuangan beserta contoh yang ada sangat penting bagi pemiliki bisnis agar bisa membuatnya dengan akurat.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Pengertian laporan keuangan adalah sebuah format catatan informasi keuangan suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi kinerja usaha atau perusahaan tersebut.

Di dalamnya berisi pencatatan transaksi baik itu transaksi pembelian, penjualan, maupun transaksi bisnis lainnya yang bernilai ekonomi dan moneter.

Laporan bisnis perusahaan ini biasanya akan dibuat dalam periode tertentu saja, apakah dibuat setiap sebulan sekali, setiap satu tahun sekali, atau setiap periode tertentu tergantung dari kebijakan perusahaan.

Biasanya perusahaan membuatnya ketika periode akuntansi perusahaan mereka memasuki akhir.

Laporan akuntansi ini bisa dibuat secara manual atau menggunakan software akuntansi terbaik seperti Mekari Jurnal seperti pada contoh gambar tangkapan layar di bawah ini.

Laporan Keuangan: Pengertian, Fungsi, Jenis, Format

Ketika Anda memahami kondisi keuangan dengan laporan yang ada, Anda dapat memantau perkembangan bisnis Anda.

Informasi terkait contoh format laporan keuangan sederhana sendiri tidak hanya digunakan oleh pemilik atau pun manajemen tetapi pihak-pihak lain juga dapat menggunakannya.

Yang paling penting adalah semua transaksi dicatat dengan akurat sehingga jenis laporan keuangan memiliki perhitungan yang tepat.

Karena keuntungan, kerugian, bahkan pembayaran pajak perusahaan tergantung isi laporan tersebut.

Untuk lebih memahami terkait topik ini, berikut pengertian menurut para ahli mengenai definisi dari laporan keuangan itu sendiri:

  • Menurut Munawir 1995:2
    Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut
  • Menurut Hanafi 2003:69
    Menurut Hanafi, yang dimaksud dengan laporan keuangan adalah format informasi yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan, mulai dari investor atau calon investor sampai dengan manajemen perusahaan itu sendiri. Laporan ini akan memberikan informasi mengenai profitabilitas, risiko, timing aliran kas, yang kesemuanya akan mempengaruhi harapan pihak-pihak yang berkepentingan.
  • Menurut Munawir 1995:5
    Laporan keuangan merupakan laporan yang terdiri dari neraca dan perhitungan laba-rugi serta perubahan modal dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu, sedangkan perhitungan laporan laba-rugi memperlihatkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan serta biaya yang terjadi selama tertentu, dan laporan perubahan modal menunjukan sumber dan penggunaan atau alasan-alasan yang menyebabkan perubahan modal perusahaan.
  • Menurut Ridwan Inge (2003:68)
    Ridwan Inge mengatakan suatu format laporan yang menggambarkan hasil dari proses akuntansi yang digunakan sebagai alat komunikasi antar data keuangan atau aktivitas perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data-data atau aktivitas keuangan tersebut.

Pahami Berbagai Contoh Format Laporan Keuangan dengan Mudah Lewat Tutorial Video!

Apakah Anda ingin mempelajari hal ini dengan cara yang lebih menarik dan interaktif?

Jangan lewatkan tutorial video menarik dari kami yang akan membahas topik ini dengan jelas dan mudah dipahami.

Dalam tutorial video di bawah ini, Anda akan diajak dalam perjalanan audiovisual yang memikat untuk memahami laporan keuangan dengan lebih baik.

Dalam video tutorial di atas, Anda akan menemukan:

  1. Pengenalan Laporan Keuangan: Kami akan memperkenalkan Anda pada laporan keuangan dan mengapa laporan ini penting bagi sebuah perusahaan. Anda akan memahami jenis-jenis laporan yang umum digunakan dan tujuan di balik setiap laporan tersebut.
  2. Membaca Neraca: Kami akan membahas dengan rinci tentang neraca, salah satu laporan utama. Anda akan belajar cara membaca dan menginterpretasi setiap komponen dalam neraca, seperti aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik.
  3. Memahami Laporan Laba Rugi: Kami akan menjelajahi laporan laba rugi yang memberikan gambaran tentang pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Anda akan belajar bagaimana menganalisis pendapatan, biaya, laba bersih, dan margin keuntungan dalam laporan laba rugi.
  4. Arus Kas: Kami akan membahas pentingnya laporan arus kas dan bagaimana menginterpretasi aliran kas masuk dan keluar perusahaan. Anda akan memahami perbedaan antara arus kas dari operasi, investasi, dan pendanaan, serta dampaknya terhadap likuiditas perusahaan.
  5. Tips dan Trik: Kami akan memberikan tips dan trik praktis dalam menganalisis laporan keuangan. Anda akan belajar bagaimana mengidentifikasi tren, menghitung rasio keuangan penting, dan membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang terkandung dalam laporan tersebut.

Video tutorial ini dirancang untuk memudahkan pemahaman Anda tentang berbagai contoh laporan keuangan secara menyeluruh.

Dengan penggunaan audiovisual yang menarik, kami akan memastikan Anda dapat mengikuti dengan mudah dan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang topik ini.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang laporan keuangan melalui tutorial video kami yang menarik ini.

Dapatkan wawasan baru dan keterampilan yang berharga untuk menghadapi tantangan dunia keuangan dengan percaya diri!

Apa Tujuan Dibuatnya Sebuah Laporan Keuangan?

Tujuan juga fungsi dari keberadaan laporan keuangan dalam akuntansi ini sendiri yaitu untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan usaha atau perusahaan secara keseluruhan dalam periode tertentu.

Dimana hasil dari laporan ini akan digunakan oleh pengguna informasi laporan ini, juga semua stakeholder yang berkepentingan.

Hasilnya bisa digunakan untuk evaluasi ataupun melakukan pencegahan jika ternyata kondisi keuangan perusahaan sedang bermasalah atau memerlukan suatu tindakan.

Adapun pihak-pihak berkepentingan yang sering menggunakan laporan keuangan sesuai format berlaku dan mendapatkan manfaat yaitu investor, kreditor, pemerintah bahkan masyarakat umum.

Selain tujuan tersebut, adapun fungsi lain dari laporan keuangan adalah:

1. Untuk evaluasi kondisi perkembangan bisnis dan usaha

Untuk melakukan evaluasi perkembangan bisnis dan usaha, tentu harus ada data acuan yang digunakan.

Salah satu contoh yang bisa digunakan adalah bentuk laporan yang didalamnya berisi informasi keuangan perusahaan ini.

Dengan menggunakan data informasi keuangan perusahaan pada peridode tertentu, akan terlihat kondisi perusahaan sebenarnya.

Misalnya, dalam laporan laba rugi, akan terlihat apakah kondisi perusahaan sedang untung atau rugi.

2. Untuk menilai kondisi bisnis, apakah perlu modal tambahan

Setelah diketahui kondisi usaha sedang rugi atau untung, dapat diputuskan apakah perlu ditambah modal pada usaha tersebut.

Sebagai contoh, dengan mengetahui kondisi usaha atau bisnis dari bentuk format laporan keuangan dalam akuntansi, bisa diputuskan apakah akan diberi tambahan modal untuk ekspansi bisnis atau perusahaan memerlukan modal tambahan untuk menutupi kerugian yang terjadi.

3. Sebagai laporan pertanggungjawaban kepada stakeholder

Laporan terkait informasi keuangan perusahaan ini biasanya juga digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada berbagai stakeholder.

Misalnya jika pada perusahaan terbuka, investor dan pemegang saham akan menggunakan laporan ini untuk melihat kondisi perusahaan.

Jadi, laporan ini adalah pertanggung jawaban sebuah perusahaan untuk memberi informasi kondisi perusahaan kepada stakeholder.

Karena data ini penting, maka sebagian besar perusahaan menggunakan software pencatat keuangan perusahaan untuk membantu pekerjaan mereka.

Ini juga sebagai bentuk untuk memperlihatkan kalau perusahaan tersebut adalah perusahaan kredibel dan bisa dipercaya.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi terbaik Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan usaha atau perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

5 Jenis Laporan Keuangan Wajib Ada Di Perusahaan Format Sederhana Hingga Kompleks

Menurut standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, terdapat 5 jenis atau format laporan keuangan akuntansi sederhana yang biasa digunakan oleh berbagai tipe usaha, yaitu adalah: 

1. Format Laporan Laba Rugi

Pengertian laporan laba rugi ( income statement atau profit and loss statement ) merupakan jenis laporan yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui posisi laba dan rugi perusahaan sehingga dapat menilai kinerja keuangan

Laporan ini dibuat untuk bagi pemimpin perusahaan sebagai bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Dari informasi yang ada pada laporan ini akan diketahui apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode akuntansi.

Selain untuk mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan.

Biasanya laporan laba rugi ini berisi informasi seputar pendapatan, beban, laporan harga pokok produksi, beban pajak, laba atau rugi perusahaan.

2 Elemen laporan laba rugi

Ada dua contoh cara yang digunakan untuk menyusun laporan laba rugi perusahaan, yang pertama adalah single step atau yang juga dikenal dengan cara bertahap dan juga multiple step atau cara langsung.

Single step

Bentuk laporan keuangan laba rugi single step lebih sederhana sehingga biasanya digunakan pada skala bisnis yang tidak terlalu besar.

Pada format ini semua pendapatan dan keuntungan yang didapat ditempatkan di bagian awal laporan laba rugi kemudian dikurangi dengan seluruh beban atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Selisih antara total pendapatan dan total beban inilah yang menunjukan laba-rugi perusahaan pada periode tersebut.

Persamaan yang digunakan adalah

Penghasilan Bersih = ( Pendapatan + Keuntungan ) – ( Beban + Kerugian )

 Multiple step

Bentuk laba rugi multiple step lebih kompleks.

Untuk membuat laporan laba rugi multiple step, pertama Anda harus memisahkan transaksi operasional dan non-operasional.

Selanjutnya Anda harus membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang berkaitan.

Setelah itu Anda baru dapat menghitung laba operasionalnya.

Laba operasional akan menunjukan perbedaan antara aktivitas biasa dan aktivitas insidentil atau ekstra ordinari.

Laporan laba rugi multiple step menggunakan beberapa rumus akuntansi untuk mengetahui nilai akhir pada laba bersih seperti:

Laba kotor = Penjualan bersih – Harga pokok penjualan

Pendapatan operasional = Laba kotor – Biaya operasional 

Penghasilan bersih – Penghasilan operasi + Item non operasonal

Untuk mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang proses pembuatan laporan ini, silahkan baca artikel lengkap tentang jenis, cara membuat, dan contoh laporan laba rugi di sini.

jenis laporan keuangan laba rugi

2. Format Laporan Perubahan Modal

Pengertian laporan perubahan modal atau ekuitas merupakan jenis laporan keuangan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih sebuah usaha selama satu periode akuntansi.

Pada format laporan ini berisi tentang besarnya perubahan modal keuangan yang terjadi sehingga Anda dapat memiliki gambaran terhadap perencanaan perusahaan kedepan.

Pada saat awal pendirian perusahaan, Anda sebagai pemilik perusahaan pasti menyetorkan modalnya.

Selama beroperasi tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerjanya.

Misalnya, jika pada periode berjalan perusahaan mengalami kerugian maka modal akan berkurang.

Sebaliknya jika perusahaan mengalami keuntungan, modal akan bertambah.

5 elemen laporan perubahan modal

Komponen yang diperlukan untuk membuat jenis format laporan perubahan modal adalah: 

  • Modal yang dimiliki perusahaan di awal periode berjalan
  • Pengambilan dana pribadi oleh pemilik bisnis, serta jumlah laba dan rugi bersih dalam periode tersebut.

Jadi sebelum membuat laporan perubahan modal, perusahaan perlu membuat laporan laba rugi terlebih dahulu.

Dalam laporan ini, Anda juga dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tidak hanya perubahan nya saja.

Beberapa data yang diperlukan untuk membuat laporan ini adalah modal awal, prive atau pengambilan dana pada periode tersebut dan total laba atau rugi bersih yang diperoleh.

Untuk lebih memahami tentang bagaimana cara membuat laporan perubahan modal, baca selengkapnya di sini!

Contoh laporan keuangan perubahan modal pada aplikasi mekari jurnal

3. Format Laporan Keuangan Neraca

Seperti namanya, pengertian neraca atau balance sheet merupakan salah satu jenis laporan keuangan sederhana yang terdiri dari beberapa informasi yang menunjukkan posisi dan informasi keuangan sebuah usaha atau perusahaan.

Sebagai contoh, dalam laporan neraca, Anda akan melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan rinci.

Dengan kata lain, elemen dalam laporan neraca hanya tiga akun tersebut yang telah disebutkan.

Laporan neraca sangat penting bagi perusahaan agar bisa merencanakan proyek kedepan.

3 elemen neraca

Untuk menyusun format laporan neraca perusahaan, terdapat beberapa komponen neraca yang perlu disiapkan yaitu jumlah aktiva baik berupa harta atau aset, kewajiban berupa hutang, dan ekuitas atau modal perusahaan.

Dalam neraca juga terdapat 3 unsur yaitu aset, liabilitas ( liability ), dan ekuitas.

Untuk contoh laporan keuangan neraca, bisa Anda temukan pada gambar di bawah ini:

contoh laporan neraca perusahaan dagang

Untuk membuat neraca, Anda dapat menggunakan pedoman persamaan dasar akuntansi yaitu:

Aset = Kewajiban + Modal

Aset untuk sisi aktiva lancar sementara kewajiban dan modal untuk sisi pasiva.

Ingat, antara sisi aktiva dan pasiva harus seimbang.

Informasi selengkapnya tentang laporan neraca keuangan (balance sheet) dan cara membuatnya dapat Anda pelajari di sini.

4. Format Laporan Keuangan Arus Kas

Jenis laporan keuangan akuntansi yang keempat yakni laporan arus kas atau cash flow statement, yaitu format laporan yang memberikan informasi tentang aliran kas yang masuk dan keluar pada sebuah usaha.

Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang.

Sumber laporan arus kas ada bermacam-macam, misalnya dari hasil kegiatan operasional perusahaan, kas perusahaan, hingga pendanaan atau pinjaman yang didapat oleh perusahaan.

Dalam format yang standar, laporan keuangan arus kas sederhana terdiri dari 3 aktivitas utama yaitu adalah:

Aktivitas Operasi (Operating Activities)

Merupakan arus kas yang terdiri dari kegiatan operasional usaha atau perusahaan.

Dengan kata lain, aktivitas ini dapat diperoleh dengan memasukkan nilai dari pengaruh kas/bank pada transaksi yang dilibatkan dalam penentuan keuntungan dengan menghitung laba bersih.

Contohnya seperti, penjualan barang dan jasa dari pelanggan, pembelian persediaan, dan lainnya.

Aktivitas Investasi (Investing Activities)

Selanjutnya yaitu aktivitas investasi ini berkaitan dengan aktivitas arus kas yang dihasilkan dari penjualan atau pun pembelian aktiva tetap.

Aktivitas Pendanaan (Financing Activities)

Seperti namanya, aktivitas pendanaan merupakan aktivitas kas yang berasal dari penambahan modal perusahaan.

Untuk menghitung aktivitas ini, Anda dapat memasukkan nilai penambahan atau pengurangan kas yang berasal dari kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik.

Agar mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang apa yang dimaksud dengan laporan arus kas, cara membuat, dan contohnya, silahkan baca di sini.

contoh tabel laporan arus kas

Perlu Anda ketahui juga, Mekari Jurnal memiliki fitur terkait laporan arus kas yang mudah digunakan bagian staf akuntansi untuk memonitor perkembangan bisnis anda.

Jadi Anda bisa kelola kas & transaksi lebih mudah dan akurat dengan aplikasi Mekari Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

5. Format Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Pengertian catatan atas laporan keuangan ( CALK ) merupakan salah satu jenis laporan keuangan suatu entitas perusahaan atau usaha.

Namun, format laporan ini sebenarnya bukanlah hal yang wajib dibuat oleh perusahaan.

Biasanya perusahaan yang membuat catatan atas laporan keuangan adalah perusahaan-perusahaan dengan skala besar atau perusahaan yang sudah go public.

Tujuan pembuatan laporan terkait informasi keuangan di perusahaan ini adalah untuk memberikan penjelasan yang rinci.

Terutama tentang hal-hal yang ada pada jenis laporan bisnis lainnya seperti yang telah disebutkan, sehingga letaknya biasanya ada pada bagian paling belakang.

Laporan ini akan memudahkan Anda dalam memahami tentang informasi laporan yang lainnya karena isinya yang sangat rinci.

Tidak heran jika bentuk dari CALK ini sangat tebal dan terdiri dari banyak halaman.

Pelajari selengkapnya tentang CALK di artikel ini.contoh catatan atas laporan keuangan

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula, Ikuti Langkah Ini!

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Dalam Format PDF dan Excel

Berikut ini adalah beberapa contoh laporan keuangan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia:

Contoh Studi Kasus Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Untuk penjelasan selengkapnya tentang laporan keuangan perusahaan jasa

Di bawah ini adalah contoh laporan keuangan perusahaan jasa yang bergerak di bidang servis motor:

contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan jasa

 

contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan jasa

 

contoh laporan keuangan arus kas perusahaan jasa

contoh laporan perubahan modal perusahaan jasa

Sedangkan untuk laporan keuangan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor, Anda bisa melihat contoh sederhana di bawah ini:

Kini Buat Berbagai Laporan Keuangan Secara Otomatis dengan Software Akuntansi Mekari Jurnal Lebih Mudah!

Agar lebih mudah dalam membuat laporan keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan fitur aplikasi akutansi Mekari Jurnal.

Dengan adanya aplikasi laporan keuangan, perusahaan tidak perlu lagi membutuhkan waktu lama untuk menyusun laporan tersebut.

Mekari Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti pelaporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi fiskal, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Selain itu, Jurnal juga memiliki fitur lengkap yang mendukung pengelolan informasi terkait posisi keuangan di perusahan Anda seperti:

  • Permudah kendali bisnis Anda dengan dashboard performa bisnis di aplikasi Mekari Jurnal yang dapat disesuaikan. Dashboard ini bisa menampilkan informasi keuangan perusahaan dengan instant dan bisa diakses dari perangkat mobile.
  • Mekari Jurnal juga bisa menampilkan laporan terkait kondisi keuangan perusahaan Anda secara komprehensif, akurat, dan bisa anda unduh/expor ke format lain ( excel, pdf, dll ) dengan mudah. Anda juga bisa mengelompokkan transaksi sesuai kebutuhan, dan membagi juga membatasi hak akses ke fitur laporan Mekari Jurnal sesuai kebutuhan Anda.
  • Menggunakan fitur laporan di Mekari Jurnal bisa menghemat banyak waktu, menghindarkan dari kesalahan manusia, dan mempercepat pemrosesan hingga pembuatan laporan tersebut. Anda pun bisa fokus pada pengembangan bisnis agar menjadi lebih maju.

Coba gratis sekarang software akuntansi online terbaik di Indonesia, untuk dapat membantu menjalankan sistem akuntansi perusahaan dengan mudah dan praktis.

Dapatkan promo diskon untuk berlangganan Jurnal Paket Enterprise+!

Dapatkan juga free 3x training dan 1x data preparation yang akan memudahkan Anda dalam penggunaan Jurnal.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal, mencoba demo gratis Mekari Jurnal atau pelajari lebih lanjut dengan mengetuk banner di bawah ini.

 

Fungsi dan Manfaat Laporan Keuangan Untuk Bisnis

Laporan sederhana ataupun kompleks memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis.

Berikut ini adalah beberapa fungsi laporan keuangan untuk bisnis:

Menyediakan Informasi Keuangan

Berfungsi memberikan informasi tentang kinerja keuangan bisnis, termasuk pendapatan, biaya, laba, dan arus kas.

Informasi ini membantu pemilik bisnis dan pemangku kepentingan lainnya dalam memahami kondisi keuangan perusahaan.

Pengambilan Keputusan

Laporan keuangan akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.

Dengan menganalisisnya, pemilik bisnis dapat mengevaluasi kinerja bisnis, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan yang cerdas dalam hal pengelolaan keuangan, investasi, atau pengembangan bisnis.

Evaluasi Kinerja

Laporan ini akan membantu dalam mengevaluasi kinerja bisnis secara keseluruhan.

Dengan membandingkan kinerja keuangan saat ini dengan tahun sebelumnya atau dengan pesaing industri, pemilik bisnis dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Menilai Kelayakan Keuangan

Laporan keuangan sederhana juga membantu dalam menilai kelayakan keuangan bisnis.

Pemilik bisnis dapat melihat rasio keuangan seperti rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas untuk mengevaluasi kemampuan bisnis dalam memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

Menarik Investor atau Pemberi Pinjaman

Laporan yang akurat dan terpercaya dapat meningkatkan kepercayaan investor atau pemberi pinjaman dalam bisnis.

Laporan keuangan yang positif dan stabil dapat memperkuat daya tarik bisnis untuk mendapatkan investasi atau pinjaman tambahan.

Pemenuhan Kewajiban Hukum dan Perpajakan

Laporan ini juga penting dalam memenuhi kewajiban hukum dan perpajakan.

Pemerintah memerlukan laporan yang lengkap dan akurat untuk kepentingan perpajakan dan pelaporan kepada otoritas terkait.

Transparansi dan Akuntabilitas

Laporan keuangan membantu menciptakan transparansi dan akuntabilitas dalam bisnis.

Pemilik bisnis harus dapat mengungkapkan informasi keuangan secara jelas kepada pemangku kepentingan seperti pemegang saham, karyawan, atau mitra bisnis lainnya.

Dengan fungsi-fungsi yang penting ini, laporan keuangan menjadi alat yang sangat berharga dalam pengelolaan keuangan bisnis dan dalam membantu pemilik bisnis membuat keputusan yang tepat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis mereka.

jenis laporan keuangan dan komponennya

Contoh Laporan Keuangan Ringkasan Bisnis Pada Aplikasi Akuntansi Mekari Jurnal

Infografis Laporan Keuangan

Untuk rangkuman singkat terkait topik ini, Anda dapat melihat infografis berikut:

Infografis terkait laporan keuangan.

Kesimpulan

Kelima bentuk dan jenis laporan keuangan sederhana tersebut memiliki fungsi dan peran tersendiri dalam agenda pelaporan keuangan usaha atau bisnis.

Biasanya, setiap perusahaan memiliki kebutuhan masing-masing sehingga penggunaan laporan tersebut berbeda-beda.

Penggunaan harus didasari oleh kebutuhan perusahaan, maka penting bagi bagian akuntansi untuk mengetahui fungsi dari masing-masing jenisnya secara jelas.

Sehingga tidak perlu mengeluarkan usaha yang percuma atau gagal menghasilkan laporan dengan informasi yang liable.

Selain itu, para staf akuntansi juga harus menyiapkan susunan laporan yang berkesinambungan satu dengan yang lain agar proses informasi keuangan di akuntansi perusahaan menjadi tertata dengan baik.

Memahami pengertian dan komponen yang terdapat di dalamnya mungkin mudah.

Namun pembuatannya bisa membutuhkan berhari-hari karena setiap data transaksi harus tercatat secara lengkap agar tidak ada yang salah dalam perhitungannya.

Selain itu, proses penyusunan juga harus menyesuaikan dengan periode akuntansi perusahaan.

Nah, di atas telah dibahas mengenai apa yang dimaksud dengan laporan keuangan beserta jenis dan komponen yang umumnya digunakan berbagai lini usaha, baik itu perusahaan dagang, jasa, ataupun manufaktur.

Semoga bisa berguna untuk Anda yang membutuhkannya.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal