5 Jenis Laporan Keuangan Wajib Dimiliki Perusahaan

Ketahui apa itu pengertian, fungsi, bentuk, format dan jenis laporan keuangan sederhana yang adalah wajib dimiliki oleh perusahaan yang akan dijelaskan secara lengkap di Blog Mekari Jurnal.

Setiap perusahaan baik itu – kecil atau besar, bergerak di bidang jasa ataupun dagang – pasti membutuhkan yang namanya laporan keuangan.

Laporan ini sangat penting karena menunjukan kondisi finansial suatu entitas pada suatu periode tertentu.

Setiap detail atau informasi yang terdapat dalam format laporan keuangan sangat dibutuhkan untuk evaluasi perusahaan, sehingga proses pembuatannya tidak boleh diabaikan.

Laporan akuntansi ini juga menjadi acuan bagaimana kinerja perusahaan dalam satu periode.

Dengan adanya informasi tersebut, bisa diketahui berapa banyak laba dan rugi yang didapat perusahaan dalam satu periode.

Oleh karena itu, pemahaman tentang laporan keuangan sangat penting bagi pemiliki bisnis agar bisa membuatnya dengan akurat.

pengertian, fungsi, dan jenis laporan keuangan

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Keuangan?

Pengertian laporan keuangan adalah sebuah catatan informasi keuangan suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi kinerja usaha atau perusahaan tersebut.

Di dalamnya berisi pencatatan transaksi baik itu transaksi pembelian, penjualan, maupun transaksi bisnis lainnya yang bernilai ekonomi dan moneter.

Laporan bisnis perusahaan ini biasanya akan dibuat dalam periode tertentu saja, apakah dibuat setiap sebulan sekali, setiap satu tahun sekali, atau setiap periode tertentu tergantung dari kebijakan perusahaan.

Biasanya perusahaan membuatnya ketika periode akuntansi perusahaan mereka memasuki akhir.

Laporan akuntansi ini bisa dibuat secara manual atau menggunakan software akuntansi seperti Mekari Jurnal.

Ketika Anda memahami kondisi keuangan dengan laporan yang ada, Anda dapat memantau perkembangan bisnis Anda.

Informasi terkait format laporan keuangan sederhana sendiri tidak hanya digunakan oleh pemilik atau pun manajemen tetapi pihak-pihak lain juga dapat menggunakannya.

Yang paling penting adalah semua transaksi dicatat dengan akurat sehingga jenis laporan keuangan memiliki perhitungan yang tepat.

Karena keuntungan, kerugian, bahkan pembayaran pajak perusahaan tergantung isi laporan keuangan tersebut.

jenis laporan keuangan dan komponennya

Contoh Laporan Keuangan Ringkasan Bisnis Pada Aplikasi Akuntansi Mekari Jurnal

Untuk lebih memahami terkait topik ini, berikut pengertian menurut para ahli mengenai definisi dari laporan keuanganitu sendiri:

  • Menurut Munawir 1995:2
    Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut
  • Menurut Hanafi 2003:69
    Menurut Hanafi, yang dimaksud dengan laporan keuangan adalah informasi yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan, mulai dari investor atau calon investor sampai dengan manajemen perusahaan itu sendiri. Laporan ini akan memberikan informasi mengenai profitabilitas, risiko, timing aliran kas, yang kesemuanya akan mempengaruhi harapan pihak-pihak yang berkepentingan.
  • Menurut Munawir 1995:5
    Laporan keuangan merupakan laporan yang terdiri dari neraca dan perhitungan laba-rugi serta perubahan modal dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu, sedangkan perhitungan laporan laba-rugi memperlihatkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan serta biaya yang terjadi selama tertentu, dan laporan perubahan modal menunjukan sumber dan penggunaan atau alasan-alasan yang menyebabkan perubahan modal perusahaan.
  • Menurut Ridwan Inge (2003:68)
    Ridwan Inge mengatakan suatu laporan yang menggambarkan hasil dari proses akuntansi yang digunakan sebagai alat komunikasi antar data keuangan atau aktivitas perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data-data atau aktivitas tersebut.

Baca juga : Cara Membuat Laporan Terkait Keuangan di Excel, Lebih Mudah Anti Ribet!

Apa Fungsi dan Tujuan Dibuatnya Sebuah Laporan Keuangan?

Tujuan juga fungsi dari keberadaan laporan keuangan dalam akuntansi ini sendiri yaitu untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan usaha atau perusahaan secara keseluruhan dalam periode tertentu.

Dimana hasil dari laporan ini akan digunakan oleh pengguna informasi laporan ini, juga semua stakeholder yang berkepentingan.

Hasilnya bisa digunakan untuk evaluasi ataupun melakukan pencegahan jika ternyata kondisi keuangan perusahaan sedang bermasalah atau memerlukan suatu tindakan.

Adapun pihak-pihak berkepentingan yang sering menggunakan laporan keuangan dan mendapatkan manfaat yaitu investor, kreditor, pemerintah bahkan masyarakat umum.

Selain tujuan tersebut, adapun fungsi lain dari laporan keuangan adalah:

1. Untuk evaluasi kondisi perkembangan bisnis dan usaha

Untuk melakukan evaluasi perkembangan bisnis dan usaha, tentu harus ada data acuan yang digunakan.

Salah satu yang bisa digunakan adalah bentuk laporan yang didalamnya berisi informasi keuangan perusahaan ini.

Dengan menggunakan data informasi keuangan perusahaan pada peridode tertentu, akan terlihat kondisi perusahaan sebenarnya.

Misalnya, dalam laporan laba rugi, akan terlihat apakah kondisi perusahaan sedang untung atau rugi.

contoh laporan keuangan ms excel (2)

2. Untuk menilai kondisi bisnis, apakah perlu modal tambahan

Setelah diketahui kondisi usaha sedang rugi atau untung, dapat diputuskan apakah perlu ditambah modal pada usaha tersebut.

Sebagai contoh, dengan mengetahui kondisi usaha atau bisnis dari bentuk laporan keuangan dalam akuntansi, bisa diputuskan apakah akan diberi tambahan modal untuk ekspansi bisnis atau perusahaan memerlukan modal tambahan untuk menutupi kerugian yang terjadi.

3. Sebagai laporan pertanggungjawaban kepada stakeholder

Laporan terkait informasi keuangan perusahaan ini biasanya juga digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada berbagai stakeholder.

Misalnya jika pada perusahaan terbuka, investor dan pemegang saham akan menggunakan laporan ini untuk melihat kondisi perusahaan.

Jadi, laporan ini adalah pertanggung jawaban sebuah perusahaan untuk memberi informasi kondisi perusahaan kepada stakeholder.

Karena data ini penting, maka sebagian besar perusahaan menggunakan software pencatat keuangan perusahaan untuk membantu pekerjaan mereka.

Ini juga sebagai bentuk untuk memperlihatkan kalau perusahaan tersebut adalah perusahaan kredibel dan bisa dipercaya.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan usaha atau perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

5 Jenis Laporan Keuangan Sederhana,Wajib Dimiliki Perusahaan

Menurut standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, terdapat 5 jenis atau format laporan keuangan akuntansi sederhana yang biasa digunakan oleh berbagai tipe usaha, yaitu adalah: 

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi (income statement atau profit and loss statement) merupakan jenis laporan keuangan yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui posisi laba dan rugi perusahaan sehingga dapat menilai kinerja keuangan

Laporan ini dibuat untuk bagi pemimpin perusahaan sebagai bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Dari informasi yang ada pada laporan ini akan diketahui apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode akuntansi.

Selain untuk mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan.

Biasanya laporan laba rugi ini berisi informasi seputar pendapatan, beban, laporan harga pokok produksi, beban pajak, laba atau rugi perusahaan.

Blog_Jurnal-Laporan_Keuangan_INFOGRAFIK_1

Ada dua cara yang digunakan untuk menyusun laporan laba rugi perusahaan, yang pertama adalah single step atau yang juga dikenal dengan cara bertahap dan juga multiple step atau cara langsung.

  • Single step

Bentuk laporan keuangan laba rugi single step lebih sederhana sehingga biasanya digunakan pada skala bisnis yang tidak terlalu besar.

Pada format ini semua pendapatan dan keuntungan yang didapat ditempatkan di bagian awal laporan laba rugi kemudian dikurangi dengan seluruh beban atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Selisih antara total pendapatan dan total beban inilah yang menunjukan laba-rugi perusahaan pada periode tersebut.

Persamaan yang digunakan adalah

Penghasilan Bersih = (Pendapatan + Keuntungan) – (Beban + Kerugian)

  •  Multiple step

Bentuk laba rugi multiple step lebih kompleks

Untuk membuat laporan laba rugi multiple step, pertama Anda harus memisahkan transaksi operasional dan non-operasional.

Selanjutnya Anda harus membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang berkaitan.

Setelah itu Anda baru dapat menghitung laba operasionalnya.

Laba operasional akan menunjukan perbedaan antara aktivitas biasa dan aktivitas insidentil atau ekstra ordinari.

Laporan laba rugi multiple step menggunakan beberapa rumus akuntansi untuk mengetahui nilai akhir pada laba bersih seperti:

Laba kotor = Penjualan bersih – Harga pokok penjualan

Pendapatan operasional = Laba kotor – Biaya operasional 

Penghasilan bersih – Penghasilan operasi + Item non operasonal

Untuk mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang laporan ini, silahkan baca artikel lengkap tentang jenis, cara membuat, dan contoh laporan laba rugi di sini.

jenis laporan keuangan laba rugi

2. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal atau ekuitas merupakan jenis laporan keuangan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih sebuah usaha selama satu periode akuntansi.

Laporan ini berisi tentang besarnya perubahan modal keuangan yang terjadi sehingga Anda dapat memiliki gambaran terhadap perencanaan perusahaan kedepan.

Pada saat awal pendirian perusahaan, Anda sebagai pemilik perusahaan pasti menyetorkan modalnya.

Selama beroperasi tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerjanya.

Misalnya, jika pada periode berjalan perusahaan mengalami kerugian maka modal akan berkurang.

Sebaliknya jika perusahaan mengalami keuntungan, modal akan bertambah.

5 elemen laporan perubahan modal

Komponen yang diperlukan untuk membuat jenis laporan keuangan perubahan modal adalah: 

  • Modal yang dimiliki perusahaan di awal periode berjalan
  • Pengambilan dana pribadi oleh pemilik bisnis, serta jumlah laba dan rugi bersih dalam periode tersebut.

Jadi sebelum membuat laporan perubahan modal, perusahaan perlu membuat laporan laba rugi terlebih dahulu.

Dalam laporan ini, Anda juga dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tidak hanya perubahan nya saja.

Beberapa data yang diperlukan untuk membuat laporan ini adalah modal awal, prive atau pengambilan dana pada periode tersebut dan total laba atau rugi bersih yang diperoleh.

Untuk lebih memahami tentang bagaimana cara membuat laporan perubahan modal, baca selengkapnya di sini!

Contoh laporan keuangan perubahan modal pada aplikasi mekari jurnal

3. Laporan Neraca

Seperti namanya, neraca atau balance sheet merupakan salah satu jenis laporan keuangan sederhana yang terdiri dari beberapa informasi yang menunjukkan posisi dan informasi keuangan sebuah usaha atau perusahaan.

Dalam laporan neraca, Anda akan melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan rinci.

Dengan kata lain, elemen dalam laporan neraca hanya tiga akun tersebut yang telah disebutkan.

Laporan neraca sangat penting bagi perusahaan agar bisa merencanakan proyek kedepan.

Lihat langsung contoh laporan keuangan lengkap untuk berbagai jenis usaha!

3 elemen neraca

Untuk menyusun laporan keuangan neraca perusahaan, terdapat beberapa komponen neraca yang perlu disiapkan yaitu jumlah aktiva baik berupa harta atau aset, kewajiban berupa hutang, dan ekuitas atau modal perusahaan.

Dalam neraca juga terdapat 3 unsur yaitu aset, liabilitas (liability), dan ekuitas.

Untuk membuat neraca, Anda dapat menggunakan pedoman persamaan dasar akuntansi yaitu:

Aset = Kewajiban + Modal

Aset untuk sisi aktiva lancar sementara kewajiban dan modal untuk sisi pasiva. Ingat, antara sisi aktiva dan pasiva harus seimbang.

Informasi selengkapnya tentang laporan neraca keuangan (balance sheet) dan cara membuatnya dapat Anda pelajari di sini.

contoh laporan neraca perusahaan dagang

 

4. Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan akuntansi yang keempat yakni laporan arus kas atau cash flow statement, yaitu laporan yang memberikan informasi tentang aliran kas yang masuk dan keluar pada sebuah usaha.

Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang.

Sumber laporan arus kas ada bermacam-macam, misalnya dari hasil kegiatan operasional perusahaan, kas perusahaan, hingga pendanaan atau pinjaman yang didapat oleh perusahaan.

3 elemen laporan arus kas

Laporan keuangan arus kas sederhana terdiri dari 3 aktivitas utama yaitu adalah:

  • Aktivitas Operasi (Operating Activities)

Merupakan arus kas yang terdiri dari kegiatan operasional usaha atau perusahaan.

Dengan kata lain, aktivitas ini dapat diperoleh dengan memasukkan nilai dari pengaruh kas/bank pada transaksi yang dilibatkan dalam penentuan keuntungan dengan menghitung laba bersih.

Contohnya seperti, penjualan barang dan jasa dari pelanggan, pembelian persediaan, dan lainnya.

  • Aktivitas Investasi (Investing Activities)

Aktivitas investasi ini berkaitan dengan aktivitas arus kas yang dihasilkan dari penjualan atau pun pembelian aktiva tetap.

  • Aktivitas Pendanaan (Financing Activities)

Seperti namanya, aktivitas pendanaan merupakan aktivitas kas yang berasal dari penambahan modal perusahaan.

Untuk menghitung aktivitas ini, Anda dapat memasukkan nilai penambahan atau pengurangan kas yang berasal dari kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik.

Agar mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang apa yang dimaksud dengan laporan arus kas, cara membuat, dan contohnya, silahkan baca di sini.

contoh tabel laporan arus kas

Perlu Anda ketahui juga, Mekari Jurnal memiliki fitur terkait laporan arus kas yang mudah digunakan bagian staf akuntansi untuk memonitor perkembangan bisnis anda.

Jadi Anda bisa kelola kas & transaksi lebih mudah dan akurat dengan aplikasi Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan (CALK) merupakan salah satu jenis laporan keuangan suatu entitas perusahaan atau usaha.

Namun,  laporan ini sebenarnya bukanlah hal yang wajib dibuat oleh perusahaan.

Biasanya perusahaan yang membuat catatan atas laporan keuangan adalah perusahaan-perusahaan dengan skala besar atau perusahaan yang sudah go public.

Tujuan pembuatan laporan terkait informasi keuangan di perusahaan ini adalah untuk memberikan penjelasan yang rinci.

Terutama tentang hal-hal yang ada pada jenis laporan bisnis lainnya seperti yang telah disebutkan, sehingga letaknya biasanya ada pada bagian paling belakang.

Laporan ini akan memudahkan Anda dalam memahami tentang informasi laporan yang lainnya karena isinya yang sangat rinci.

Tidak heran jika bentuk dari CALK ini sangat tebal dan terdiri dari banyak halaman.

Pelajari selengkapnya tentang catatan atas laporan keuangan di artikel ini.

contoh catatan atas laporan keuangan

 

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula, Ikuti Langkah Ini!

Buat Laporan Keuangan Secara Otomatis dengan Software Akuntansi Mekari Jurnal

Agar lebih mudah dalam membuat laporan keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan fitur aplikasi akutansi Mekari Jurnal.

Dengan adanya software akuntansi, perusahaan tidak perlu lagi membutuhkan waktu lama untuk menyusun laporan keuangan.

Mekari Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti pelaporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi fiskal, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Selain itu, Jurnal juga memiliki fitur lengkap yang mendukung pengelolan informasi terkait posisi keuangan di perusahan Anda seperti:

  • Permudah kendali bisnis Anda dengan dashboard performa bisnis di aplikasi Mekari Jurnal yang dapat disesuaikan. Dashboard ini bisa menampilkan informasi keuangan perusahaan dengan instant dan bisa diakses dari perangkat mobile.
  • Mekari Jurnal juga bisa menampilkan laporan terkait kondisi keuangan perusahaan Anda secara komprehensif, akurat, dan bisa anda unduh/expor ke format lain ( excel, pdf, dll ) dengan mudah. Anda juga bisa mengelompokkan transaksi sesuai kebutuhan, dan membagi juga membatasi hak akses ke fitur laporan Jurnal sesuai kebutuhan Anda.
  • Menggunakan fitur laporan di Mekari Jurnal bisa menghemat banyak waktu, menghindarkan dari kesalahan manusia, dan mempercepat pemrosesan hingga pembuatan laporan tersebut. Anda pun bisa fokus pada pengembangan bisnis agar menjadi lebih maju.

Coba gratis sekarang software akuntansi online terbaik di Indonesia, untuk dapat membantu menjalankan sistem akuntansi perusahaan dengan mudah dan praktis.

Dapatkan promo diskon hingga 30% untuk berlangganan Jurnal Paket Enterprise+, khusus untuk bulan ini saja!

Dapatkan juga free 3x training dan 1x data preparation yang akan memudahkan Anda dalam penggunaan Jurnal.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

langganan jurnal sekarang, dapatkan diskonnya

Kesimpulan

Kelima bentuk dan jenis laporan keuangan sederhana tersebut memiliki fungsi dan peran tersendiri dalam agenda pelaporan keuangan usaha atau bisnis.

Biasanya, setiap perusahaan memiliki kebutuhan masing-masing sehingga penggunaan laporan tersebut berbeda-beda.

Penggunaan harus didasari oleh kebutuhan perusahaan, maka penting bagi bagian akuntansi untuk mengetahui fungsi dari masing-masing jenis laporan keuangan secara jelas, sehingga tidak perlu mengeluarkan usaha yang percuma atau gagal menghasilkan laporan dengan informasi yang liable.

Selain itu, para staf akuntansi juga harus menyiapkan susunan laporan yang berkesinambungan satu dengan yang lain agar proses informasi keuangan di akuntansi perusahaan menjadi tertata dengan baik.

Memahami pengertian dan komponen yang terdapat di dalam laporan keuangan mungkin mudah.

Namun pembuatannya bisa membutuhkan berhari-hari karena setiap data transaksi harus tercatat secara lengkap agar tidak ada yang salah dalam perhitungannya.

Selain itu, proses penyusunan juga harus menyesuaikan dengan periode akuntansi perusahaan.

Nah, di atas telah dibahas mengenai apa yang dimaksud dengan laporan keuangan beserta jenis dan komponen yang umumnya digunakan berbagai lini usaha, baik itu perusahaan dagang, jasa, ataupun manufaktur.

Semoga bisa berguna untuk Anda yang membutuhkannya.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo