Jurnal Enterpreneur

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor dengan Excel

Bagaimana cara membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor (konstruksi)? Berikut adalah contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor dalam bentuk Excel yang bisa kamu download.

Laporan keuangan adalah salah satu hal penting yang ada di dalam perusahaan. Dapat dikatakan jika laporan keuangan ini dijadikan acuan terhadap sukses tidaknya proyek yang telah dilakukan.

Laporan keuangan harus dilaporkan dengan baik dan jelas. Lalu, bagaimana contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang baik dan benar?

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara membuat laporan keuangan yang mudah dipahami.

Ada beberapa poin yang harus ditulis dan dilampirkan di dalam laporan. Tujuannya adalah agar pembaca laporan mudah menangkap laporan tanpa adanya kesalahpahaman makna di dalamnya.

Selain contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor, di bawah ini juga akan dijelaskan mengenai jenis laporan keuangan perusahaan kontraktor.

Dari sini, Anda dapat mengetahui perbedaan laporan keuangan perusahaan konstruksi dengan jenis perusahaan lain.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor

Sebelum masuk dalam pembahasan contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor, Anda harus mengetahui jenis laporan yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenis laporan keuangan pada perusahaan kontraktor

1. Laporan Posisi Keuangan 

Jenis laporan keuangan perusahaan kontraktor yang pertama adalah mengenai posisi keuangan. Laporan ini juga seringkali disebut dengan Statements of Financial Position.

Laporan posisi keuangan merupakan sebuah jenis laporan yang didalamnya menjelaskan posisi aset, modal, hingga kewajiban perusahaan. Perusahaan membuat laporan ini pada akhir periode.

Di dalam laporan ini, Anda diharuskan untuk melaporkan aset, kas, piutang usaha, piutang retensi, dan tagihan bruto pemberi kerja.

Selain itu, dalam posisi keuangan juga dapat menuliskan piutang, persediaan, uang muka, pajak, dan lain sebagainya.

Baca juga: Laporan Stok Barang: Pengertian, Manfaat, Contoh, Cara Membuat

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang apa saja yang harus disertakan dalam laporan posisi keuangan perusahaan kontraktor serta contoh:

  • Kas, jumlah uang tunai pada perusahaan yang terdiri dari kas kecil dan kas site proyek
  • Bank, saldo di dalam bank contohnya seperti Bank BCA, BRI, Mandiri, dll.
  • Piutang usaha, saldo piutang sementara yang berhubungan dengan kegiatan operasi.
  • Persediaan, nilai persediaan barang perusahaan kontraktor contoh bahan baku dan stok barang.
  • Biaya dibayar dimuka, contohnya seperti PPN.
  • Aktiva tetap
  • Akumulasi penyusutan aset tetap
  • Utang usaha
  • Modal disetor, besaran yang disetor untuk melaksanakan kegiatan operasional.
  • Saldo laba ditahan dan saldo laba tahun berjalan.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

2. Laporan Laba Rugi 

perusahaan kontraktor

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor memang sangat menarik untuk dibahas. Tahukah Anda apa itu laporan laba rugi dalam sebuah perusahaan?

Jenis laporan ini biasa disebut dengan Statements of Profit or Loss. Laporan ini melaporkan laba dan rugi perusahaan dalam periode tertentu.

Laporan laba rugi ini meliputi beberapa elemen didalamnya yang wajib untuk dituliskan. Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor memang menuliskan dengan jelas perhitungan laba rugi sehingga mendapatkan hasil yang akurat.

Adapun hal yang harus dituliskan pada laporan ini adalah:

  • Pendapatan bersih: Hasil penjualan bersih selama periode tersebut.
  • Beban pokok penjualan, sebagai contoh terdiri dari material proyek, beban proyek, dan beban upah tenaga harian proyek.
  • Beban umum dan administrasi, terdiri dari gaji, BPJS, biaya kantor, BBM, tol, parkir, penyusutan aktiva tetap, dll.
  • Beban penjualan, terdiri dari iklan, promosi, ekspedisi, dll.

Disisi lain, Anda juga harus menyertakan laporan tertulis mengenai beban usaha, pendapatan bunga, selisih kurs, beban pajak penghasilan final, pendanaan, serta pemulihan penurunan nilai instrumen keuangan.

Anda harus menuliskannya dengan sejujurnya untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Excel Lengkap

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal atau perubahan ekuitas juga mempunyai nama lain Statement of Changes in Equity.

Laporan ini menampilkan perubahan ekuitas yang terjadi di dalam sebuah perusahaan dalam periode akhir.

4. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau Statements of Cash Flows adalah jenis laporan yang menyajikan cash flow dalam aktivitas operasi sebuah perusahaan.

Selain itu, laporan ini juga melaporkan investasi dan pendanaan dalam perusahaan.

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor dalam hal arus kas memang membutuhkan rincian yang luas.

Dalam konteks ini, Anda sebagai penulis laporan harus melaporkan penerimaan kas dari pelanggan, pembayaran kepada pemasok, pembayaran kepada direksi dan karyawan, penerimaan bunga, hingga kas bersih yang diperoleh perusahaan.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Pada contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor ini juga dikenal sebagai Notes to the Financial Statements. Catatan atas laporan keuangan adalah jenis laporan keuangan yang didalamnya menjelaskan rincian kondisi sebuah perusahaan.

Adapun poin yang dituliskan dalam laporan ini adalah waktu berdiri perusahaan, legalitas, alamat, jenis usaha, hingga manajemen perusahaan.

Baca juga: 4 Jenis Laporan Keuangan yang Penting untuk Bisnis Anda

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor dan Poin Penting Didalamnya

Tahukah Anda jika sebenarnya contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor itu mudah untuk dituliskan? Anda hanya perlu mengetahui hal-hal apa saja yang ada di dalam laporan.

Usahakan dalam membuat laporan harus disesuaikan berdasarkan fakta yang ada. Jangan menuliskan data palsu atau yang membingungkan.

Dalam menuliskan contoh laporan keuangan kontraktor excel memang banyak dilakukan. Anda dapat melaporkan semua perhitungan di dalam Microsoft Excel.

Buat tabel yang jelas dan lampirkan diagram pendukung laporan. Berikut adalah poin penting di dalam contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor.

  1. Menuliskan Kategori Produk

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang pertama harus menuliskan kategori produk. Sesuaikan dengan berjalannya perusahaan masing-masing.

Seperti yang diketahui bahwa kategori produk pada perusahaan kontraktor ini sangat banyak. Adapun kategori yang termasuk didalamnya adalah jika perusahaan kontraktor arsitektur maka tuliskan keterlibatan teknologi, bahan, dan lain sebagainya.

Semua kategori yang diperlukan dalam pembiayaan pengerjaan kontraktor harus dituliskan serinci mungkin. Hal ini agar tidak ada kesalahpahaman dalam memahami pengeluaran atau produk yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek kontraktor.

  1. Menuliskan Waktu Aktivitas Perusahaan

Poin penting kedua yaitu Anda harus menuliskan waktu aktivitas perusahaan. Seperti banyak diketahui contoh laporan keuangan kontraktor excel membuat semua data tersusun rapi.

Anda dapat melaporkan proses keluar masuknya aktivitas perusahaan dengan menuliskan tanggal, bulan, dan tahun.

Penulisan ini akan mendukung poin kategori produk dalam prosesnya keluar dan masuk dalam waktu  catatan yang jelas.

Ketika ada penanggalan aktivitas dalam sebuah perusahaan, maka data yang ada dianggap valid karena semuanya tertulis dengan lengkap dan jelas.

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

  1. Menuliskan Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor memang dibuat sejelas mungkin untuk memudahkan pemahaman antara beberapa belah pihak.

Dalam menuliskan laporan keuangan, jangan lupa untuk memperhitungkan catatan pemasukan dan pengeluaran. Tuliskan setiap pemasukan dari client, dan pengeluaran untuk membeli bahan proyek.

Pisahkan antara tabel pemasukan dan pengeluaran. Ini ditujukan agar Anda lebih mudah dalam perhitungan laba dan rugi yang akan diperhitungkan pada tahap selanjutnya.

Contoh laporan keuangan kontraktor Excel akan memudahkan Anda dalam memasukkan data pemasukan dan pengeluaran dalam tampilan yang rapi dan mudah dipahami.

Baca juga: Manfaat Besar dari Software Akuntansi bagi Kontraktor

  1. Menuliskan Perhitungan Laba dan Rugi

Poin penting yang berikutnya adalah menuliskan perhitungan laba dan rugi. Jika Anda melihat contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang baik dan benar maka pasti akan dituliskan mengenai pelaporan laba atau rugi.

Berdasarkan fakta yang ada, pembaca laporan pasti fokus awal tertuju pada poin laba dan rugi.

Anda harus benar-benar memperhitungkan laba dan rugi dengan baik berdasarkan data kategori yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Anda juga harus memahami dengan baik bagaimana perhitungan untuk mendapatkan hasil proyek tersebut membawa laba atau tidak.

Jangan tergesa-gesa dalam memperhitungkan dan menuliskan poin ini untuk mendapatkan hasil baca yang maksimal.

Baca juga: Contoh Laporan Laba Rugi Pada Perusahaan Dagang

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor dalam Excel

Contoh laporan keuangan perusahan kontraktor memang perlu dijelaskan serinci mungkin.

Dalam laporan keuangan perusahaan, Anda harus menuliskan posisi keuangan, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Semuanya harus dituliskan dengan rapi dan jelas untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi laporan.

1. Contoh Laporan Keuangan Arus Kas Perusahaan Kontraktor Excel

contoh laporan keuangan arus kas perusahaan kontraktor

2. Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi Perusahaan Kontraktor Excel

 

contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan kontraktor

 

3. Contoh Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Kontraktor Excel

contoh laporan posisi keuangan perusahaan kontraktor excel

Download Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor dalam File Excel

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung saja download contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor (konstruksi) dalam bentuk file excel dengan menekan tombol di bawah ini.

DOWNLOAD

Buat Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah dengan Software Akuntansi Jurnal

Bagi Anda yang tidak mau repot, Anda bisa menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal by Mekari untuk membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor Anda.

Tentunya Anda akan menghemat banyak tenaga dan waktu dibandingkan harus mempelajari kembali contoh rumus-rumus di Ms. Excel dalam membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor (konstruksi).

Jurnal dilengkapi fitur-fitur yang dapat mengintegrasikan nominal yang Anda input dalam proses pencatatan keuangan sehari-hari dan akan menghasilkan laporan keuangan seperti laba rugi, arus kas, perubahan modal secara otomatis.

Tersedia juga aplikasi pencatatan stok barang dan manajemen inventory sehingga Anda dapat memonitor perputaran stok barang di bisnis Anda.

Buktikan langsung dengan mencoba Jurnal gratis selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini. Anda juga bisa menghubungi sales kami untuk mendapatkan penjelasan lebih detail.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan lengkap tentang cara membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor dengan Ms. Excel serta rumus, contoh, dan file untuk Anda download.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo