Software Akuntansi bagi Kontraktor: Perhatikan 5 Hal Ini

Usaha jasa kontraktor sangat berperan dalam pembangunan rumah, gedung, dan bangunan lain. Kontraktor atau biasa dikenal sebagai pemborong menjadi salah satu profesi yang bisa menghasilkan banyak pendapatan. Untuk itu, pelaku usaha membutuhkan software akuntansi kontraktor untuk menunjang bisnisnya.

Kendati demikian, kontraktor juga rawan mengalami kerugian jika tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Hal ini karena sistem perputaran dana kontraktor terjadi dengan cepat. Masalah keuangan lain yang sering terjadi dalam usaha kontraktor adalah kesalahan penghitungan biaya pembangunan.

Seorang kontraktor harus pandai memprediksi biaya pembangunan rumah atau gedung agar bisa memberikan nilai kontrak yang sesuai kepada klien. Jika terjadi kesalahan dalam penghitungan prediksi anggaran, kontraktor berpotensi mengalami kerugian yang besar.

Fungsi Software Akuntansi untuk Kontraktor

Memilih Program Accounting: On-Premise atau SaaS?

Maka itu, pelaku jasa kontraktor perlu menggunakan software akuntansi sebagai solusi yang tepat untuk bisnisnya. Software akuntansi dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bisa membantu kontraktor menjalankan bisnis dengan baik.

Berikut adalah beberapa fungsi software akuntansi untuk kontraktor:

Baca Juga:

Memudahkan Dalam Memantau Arus Utang Piutang

Utang piutang adalah hal yang krusial, tidak hanya untuk kontraktor tetapi juga untuk segala jenis bisnis. Dengan melakukan pemantauan terhadap utang piutang bisnis, paling tidak bisa mencegah kerugian yang mungkin bisa terjadi.

Software akuntansi yang dilengkapi dengan fitur untuk memantau utang piutang akan memudahkan kontraktor memperhitungkan kondisi bisnis yang sedang berjalan. Dari perhitungan tersebut, bisa diambil keputusan yang tepat untuk bisnis.

 

Tata Kelola Faktur Pembayaran

Pencatatan transaksi adalah bagian penting dari setiap laporan keuangan. Setiap transaksi pembayaran perlu dicatat sebagai bukti yang bisa dipegang perusahaan. Pengelolaan faktur pembayaran tidak perlu dilakukan secara manual dengan menggunakan software akuntansi online.

Software akuntansi akan secara otomatis mencatat transaksi tersebut dengan mengelola data untuk digunakan sebagai pelaporan keuangan. Tata kelola ini tidak perlu dilakukan secara manual dan pastinya memudahkan kontraktor.

 

Mempermudah Penyesuaian Transaksi dengan Laporan Keuangan

Karena transaksi sudah dicatat secara otomatis, maka setiap proses laporan keuangan bisa diproses dengan mudah. Data transaksi yang telah tercatat tidak perlu lagi ditulis ulang. Bahkan software akuntansi akan mengelola data transaksi dengan perhitungan yang akurat.

Software akuntansi yang memiliki fitur transaksi dan laporan keuangan akan sangat membantu kontraktor menjalankan bisnis. Sehingga kontraktor tidak perlu lagi dipusingkan dengan pencatatan transaksi dan laporan keuangan yang membutuhkan waktu lama dan rumit.

 

Memantau Detail Aset Kontraktor

Monitoring aset tidak perlu lagi dilakukan secara manual dengan software akuntansi. Kontraktor bisa tetap menjalankan bisnis dan memantau aset secara detail kapanpun dan di manapun dengan mudah. Software akuntansi juga memberikan perhitungan detail aset secara akurat.

Dengan adanya fitur pemantauan aset dalam software akuntansi, kontraktor bisa memperhitungkan penyusutan aset serta berapa lama sebuah aset akan bertahan. Dengan demikian, kontraktor bisa mengambil langkah tepat untuk aset yang mereka miliki.

 

Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi bank bisa menjadi proses yang sangat rumit bagi pemilik usaha. Perhitungan yang rumit dan akurat sangat diperlukan karena sedikit kesalahan bisa berakibat fatal. Perhitungan secara manual bisa menimbulkan human error yang berdampak bagi perusahaan.

Software akuntansi bisa membantu proses rekonsiliasi bank agar mengurangi kesalahan. Dengan software akuntansi, perhitungan menjadi lebih akurat dan juga otomatis sehingga proses bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Tanpa terjadi kesalahan kecil.

Software akuntansi dapat membantu kontraktor dalam banyak hal. Terutama dalam hal akuntansi bisnis yang merupakan hal penting dalam suatu bisnis. Fitur-fitur di dalam software akuntansi merupakan fitur yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan akuntansi sebuah perusahaan. Jadi kontraktor bisa menggunakannya dengan mudah.

Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda yang menjalankan usaha jasa kontraktor dalam mengelola akuntansi perusahaan. Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau lakukan demo coba gratis Jurnal selama 14 hari.

Banner Blog


PUBLISHED04 Aug 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: